10 Novel Teenlit Indonesia Terbaik Wajib Kamu Baca!

10 novel teenlit Indonesia terbaik

Buat kamu yang penasaran apa saja sih novel-novel teenlit terbaik di Indonesia? Ini dia rekomendasi 10 Novel Teenlit Indonesia Terbaik. Dijamin bakal bikin perasaan kamu campur aduk!

Kata teenlit sendiri adalah singkatan dari Teen Literature yang merupakan sastra populer bertema kehidupan remaja dengan segala macam kisah yang dialami oleh anak remaja pada umumnya.

Contoh kisah-kisah yang dialami oleh anak remaja misalnya seperti masalah dengan orang tua, sekolah, sahabat, pacar bahkan bergumul dengan jati dirinya sendiri.

Sudah mulai penasaran ya? Yuk langsung aja cek di bawah ini!

Pacaran, Lisma Laurel (2018)

Pacaran-novel-terbaik-indonesia

Karya novel ini ditulis oleh Lisma Laurel pada tahun 2018. Novel ini bercerita tentang seorang gadis berpendirian teguh, tidak mau menghabiskan waktu untuk pacaran yang bernama Ralin.

Pendirian tersebut merupakan sebuah pendirian yang dibangun karena pernah memiliki rasa traumatis yang akhirnya membuat remaja tersebut memilih untuk tidak mau pacaran. Akankah Ralin berhasil berdamai dengan dirinya sendiri? Akankah ia berani untuk melangkah?

Jingga dan Senja, Esti Kinasih (2010)

Jingga-dan-senja-novel-terbaik-indonesia

Novel ini menceritakan 2 anak remaja yang bernama Ari dan Tari. Mereka dipertemukan dalam suasana “perang” dimana Ari sedang tawuran dengan sekolah lain.

Konflik utama mulai terjadi ketika Angga, musuh sekolah Ari sekaligus musuh pribadi Ari berusaha mendekati gadis bernama Tari, yang merupakan junior Ari.

Selama ini Ari dikenal sebagai orang yang tidak peduli terhadap lawan jenis. Namun, tiba-tiba berusaha mendapatkan Tari dengan berbagai cara.

Semakin Ari mendekati Tari, justru Tari semakin berusaha menjauh.Bisakah Ari mendapatkan hati Tari? Apakah Angga menjadi penghambat untuk hubungan mereka? 

Baca juga:  Baca Manga Kimetsu no Yaiba Bahasa Indonesia

Refrain, Winna Efendi (2009)

Refrain-novel-terbaik-indonesia

Siapa disini yang pernah jatuh cinta dengan sahabatnya sendiri? Kalau kamu salah satu orangnya, wajib banget baca novel ini.

Novel ini menceritakan tentang Nata dan Niki yang sudah menjadi sahabat sejak kecil. Mereka sering menghabiskan waktu bersama hingga akhirnya ketika beranjak dewasa, mereka menyadari bahwa mereka jatuh cinta satu sama lain.

Lalu, bagaimana dengan hubungan persahabatan mereka? Akankah mereka memilih untuk tetap menjadi sahabat satu sama lain atau justru sebaliknya?

Signy, Dhea Safira (2019)

Seorang remaja perempuan bernama Signy yang kaku dan sangat serius dalam menjalani hidup bertemu dengan seorang remaja laki-laki bernama Arlov, yang kepribadiannya sangat berbeda 180 derajat dengan Signy.

Signy terlahir dari keluarga yang berkecukupan. Ia memiliki 2 orang kakak yang sudah lulus dari universitas ternama di Jerman dan kini kedua kakaknya menjadi arsitek, sama seperti ayah mereka.

Hidup Signy bisa dibilang jauh dari kata santai hingga akhirnya Arlov memberi nasihat kepada Signy bahwa hidup itu harus seimbang. Ada saatnya untuk relaks dan bercanda.

Apakah mereka bisa beradaptasi satu sama lain? Apakah Signy akan menemukan tujuan hidupnya yang sebenarnya?

Mariposa, Luluk HF (2018)

Mariposa-novel-teenlit-terbaik

Mariposa karya Luluk HF bercerita tentang Natasha Kay Loovy atau akrab dipanggil Acha dan Iqbal Guana Fredy. Mereka dipertemukan di olimpiade fisika dan kimia mewakili sekolah mereka masing-masing.

Siapa sangka jika dari pertemuan olimpiade tersebut justru timbul benih-benih cinta dari Acha? Tokoh Acha pada novel ini terkesan sangat agresif, bahkan ia rela pindah sekolah hanya untuk dekat dengan Iqbal.

Kegalauan yang mendalam mulai terjadi ketika sang ketua osis yang berwajah tampan bernama Juna jatuh hati kepada Acha hingga Acha sendiri mulai menyerah untuk mendekati Iqbal. Namun anehnya, Iqbal merasa kehilangan akan sosok Acha. Tapi Iqbal juga ingin mewujudkan cita-citanya menjadi astronot dengan melanjutkan kuliah di London.

Baca juga:  Baca Manga One Piece Chapter 986 Bahasa Indonesia

Lantas, bagaimana kelanjutan hubungan Acha dan Iqbal? Akankah Iqbal mengakui perasaannya kepada Acha? Atau Acha memilih merelakan Iqbal dan memilih Juna?

Novel ini juga diangkat ke layar lebar oleh sutradara Fajar Bustomi pada tahun 2020. Kamu juga bisa download filmnya dan langsung Nonton Mariposa

Morning Light, Windhy Puspitadewi (2010)

morning-light-novel-terbaik-indonesia

Morning Light merupakan karya dari Windhy Puspitadewi. Bercerita tentang perjalanan 4 orang yang sedang mencari jati diri mereka. Mereka adalah Sophie, Agnes, Julian dan Devon. Bisa dibilang mereka empat sekawan.

Masing-masing dari mereka memiliki cerita yang unik dalam masa pencarian jati dirinya. Tapi dibalik dari keunikan tersebut, ternyata mereka memiliki satu hal yang sama yaitu ‘terbayang oleh orang lain’.

Terlepas dari pencarian jati diri masing-masing, novel ini tentu mengandung konflik romansa satu sama lain, yang pastinya akan membuat kamu gemas sendiri saat membacanya.

Minoel, Ken Terate (2015)

minoel novel teenlit indonesia terbaik

Pernah ngerasain gimana rasanya lagi di titik terendah dalam hidup, lalu ada seseorang yang kasih perhatian lebih sama kamu? Hal ini dialami oleh Minoel, seorang gadis yang memiliki dua orang sahabat bernama Yola dan Lilis.

Dari mereka bertiga, Minoel lah satu-satunya yang tidak pernah pacaran. Minoel tumbuh menjadi anak yang kurang percaya diri karena kakinya yang cacat, keadaan ekonominya juga jauh dari kecukupan serta tidak terlalu pintar dalam pelajaran.

Namun, dari segala kekurangannya, Minoel memiliki suara yang indah yang berhasil membuat seorang laki-laki bernama Akang tertarik kepada dirinya.

Tidak bertahan lama, perasaan bahagia Minoel hanya bertahan sesaat saja. Satu-satunya laki-laki yang tertarik kepada dirinya justru juga menjadi orang yang paling sering menyakiti dirinya. Akankah Minoel tetap bertahan? Atau akankah Akang berubah menjadi lebih baik?

Let Go, Windhy Puspitadewi (2009)

Let-go-novel-terbaik-indonesia

Satu lagi novel karya dari Windhy Puspitadewi yang berjudul “Let Go”. Novel ini akan membuat perasaan kamu jadi campur aduk.

Baca juga:  Baca Manga One Piece 982 Bahasa Indonesia Gratis!

“Kau tahu apa artinya kehilangan? Yakinlah, kau tak akan pernah benar-benar tahu sampai kau sendiri mengalaminya”

Jika kebanyakan novel menceritakan persahabatan antara perempuan dan laki-laki, lain halnya dengan novel yang satu ini yaitu menceritakan tentang persahabatan dua orang laki-laki yang bernama Raka dan Nathan. Mereka dipertemukan di sekolah dan terpaksa menjadi pengurus mading sekolah.

Kamu akan belajar banyak mulai dari impian, kejujuran, dan ketegaran dari persahabatan mereka. Menarik bukan?

3600 Detik, Charon (2008)

3600-detik-novel-terbaik-indonesia

Bagaimana rasanya ketika kedua orangtuamu bercerai? Sedih, marah, dan kecewa? Hal yang sama dirasakan oleh Sandra yang harus menghadapi pahitnya kenyataan bahwa kedua orangtuanya tidak bisa hidup bersama lagi.

Dalam sekejap, hidup Sandra berubah total menjadi tidak teratur dan pembangkang. Hal ini ia lakukan untuk menyakiti hati mamanya.

Namun, semua kembali berubah sejak Leon yang merupakan teman sekolah Sandra mulai hadir di kehidupan Sandra.

Setiap proses yang Sandra alami membawa pesan moral yang begitu berharga untuk setiap pembacanya. Bisakah Sandra berdamai dengan dirinya sendiri? Apa makna dari 3600 detik untuk Sandra?

Rahasia Bintang, Dyan Nuranindya (2006)

Rahasia-bintang-novel-terbaik-indonesia

Menaruh kepercayaan hingga harus merasakan kekecewaan yang membekas sampai beranjak dewasa, itulah yang dirasakan oleh Keysha.

Saat kecil, Keysha memiliki seorang sahabat yang bernama Reno. Karena satu dan lain hal, Reno harus pergi meninggalkan Keysha.

Siapa sangka karena kejadian tersebut, Keysha tumbuh menjadi seseorang yang tidak percaya lagi adanya sosok sahabat.

Tapi bagaimana jika ada seseorang yang berhasil menyembuhkan luka itu? Membuat Keysha kembali percaya dan lebih hidup dari sebelumnya.

Penutup

Itulah 10 rekomendasi novel teenlit Indonesia versi sushi.id. Kira-kira novel apa yang belum kamu baca? Kamu bisa dapatkan novel-novel di atas di toko buku terdekat atau bisa juga melalui online di e-commerce favorit kamu!

Written by Salmon Team

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
film ernest prakasa

5 Film Ernest Prakasa Terbaik, Angkat Isu Sosial dan Bullying

Lirik Lagu Pelangi di matamu Jamrud

Lirik Pelangi di Matamu yang Dipopulerkan oleh Jamrud