7 Fakta Menarik Trio K-Hiphop Grup ‘Homies’ dan 2 Lagunya yang Menceritakan Pengalaman Tentang Kerasnya Hidup

Kali ini, Sushi mau memperkenalkan kepada readers, tentang grup trio K-hiphop ‘Homies’ yang baru debut pada tahun 2019 silam. Grup ini beranggotakan 3 rapper yaitu YDP Chin, YDP CK, dan YDP Louie.

Masa pandemi tidak menghalangi Homies dikenal luas warga Korea Selatan. Baru 1 tahun debut, Homies sudah berhasil menyabet penghargaan K-Hiphop Awards 2021 dengan nominasi New Artist of The Year. Kok bisa?

Tanpa berlama-lama, Sushi langsung sharing tentang Homies lebih luas lagi lewat fakta-fakta menarik, apa yang membuat grup ini dikenal luas dan lagu-lagu dari Homies yang berbagi pengalaman tentang kerasnya hidup. Yuk simak!

Fakta Menarik Tentang Homies

YDP, Nama Panggung atau Nama Asli? | Umur

YDP merupakan singkatan dari Young Day Passion. Mereka bertiga memutuskan untuk memasukan kata ‘YDP’ di masing-masing nama panggung mereka. Sedangkan nama asli mereka antara lain adalah Ahn Sang-jin (YDP Chin), Chae Kang-min (YDP Louie), dan Jo Kang-hee (YDP CK).

Readers percaya nggak, mereka semua baru umur 21 tahun lho. Mereka bertiga lahir di tahun 2000. Ada yang seumuran?

Cerita di Balik Homies Terbentuk

credit: HIPHOP PLAYA

… so we started this by bracing ourselves.

CK, Chin dan Louie merupakan teman sekolah yang tumbuh bersama di kota Suji-do. Menghabiskan masa muda bersama membuat mereka bertiga memutuskan untuk membuat sebuah grup trio yang dinamakan Homies.

Louie menceritakan bahwa ia bertumbuh dikeluarga yang tidak mampu, sampai membuat ia tidak memiliki kesempatan untuk bercita-cita ataupun bermimpi. Bertemu dengan CK dan Chin ia mempunyai kesempatan untuk mengembangkan diri di dunia hiphop. CK yang melihat potensi bagaimana Louie berkarya pun merekrutnya dan terbentuklah grup trio, yang sebelumnya direncanakan hanya berdua saja, CK dan Chin.

(source: Hiphopplaya)

Anggota Terpendam Homies

Kidstone (Kiri Bawah) / Bluffer (Kanan Bawah)
credit: CK_homies / Hiphop Playa

Biarpun Homies dikenal sebagai grup trio, tetapi sebenarnya Homies beranggotakan 5 orang, lho. Anggota lainnya adalah Bluffer (Hyun Seung Jae) yang merupakan music video director dibalik MV-MV Homies. Dan yang terakhir adalah Kidstone (Jo Dong Hee), beatmaker grup sekaligus saudara kembar dari YDP CK.

Baca juga:  Tips Diet Ala Artis Korea, Satu di Antaranya dengan Berpuasa?

Ciri Khas Homies

credit: Hiphop Playa

Our material poverty is our core theme, but we do think about poverty of the mind.

Bukan cuman sekedar mindset, tetapi faktor inilah yang membuat Homies berbeda dari artist-artist lainnya. Memanfaatkan dan menerjemahkan realita hidup, keadaan lingkungan sekitar dan kesederhanaan kedalam karya-karyanya, itulah yang menjadi konsep utama dari Homies.

Dimulai dari pembuatan MV yang memanfaatkan rumah tinggal mereka sendiri dan peralatan musik seadanya, hingga penulisan lirik lagu yang tidak jauh dari kisah perjalanan hidup mereka.

Suara Emas Masing-Masing Anggota

Memiliki warna suara yang berbeda membuat grup ini semakin unik. Pasti readers tidak kesulitan dalam membedakan suara dari ketiga rapper ini.

YDP Chin memiliki deep voice atau biasanya dikenal sebagai low tone rapper, biasanya Chin bertugas menyanyikan hook lagu. CK mengatakan bahwa Chin memiliki tekniknya sendiri dalam membawakan hook dan pengucapan kata.

Suara YDP Louie justru bertolak belakang dengan Chin, ia memiliki suara yang tipis, melengking dan cenderung tinggi dalam menyanyikan verse rap-nya.

Sedangkan suara YDP CK menjadi penengah antara suara Chin dan Louie, tidak terlalu deep namun tidak terlalu tinggi. CK sering membawakan verse rap-nya dengan teknik singing-rap. 

Spesial Direkrut Agensi Yng and Rich Records

Pada bulan Juni 2019, rapper Superbee dan Uneducated Kid menyelenggarakan acara rap survival secara eksklusif bernama, Superbee Rap Academy yang menghadiahkan pemenang untuk bergabung dalam agensi Yng and Rich Records milik rapper Superbee dan Uneducated Kid.

Homies mengikuti acara survival Superbee Rap Academy dan berhasil sampai ke tahap finalis memenangkan juara dua dengan juara pertamanya dimenangkan oleh rapper Lee Dong Seok (999nilbog). Melihat potensi dari Homies, membuat Superbee secara spontan menentang aturan acara untuk merekrut Homies. 

Ghetto Kids | Album yang Menjadi Turning Point Karir Homies

Pada 15 Mei 2020, Homies merilis album ke-3 nya yang berjudul “Ghetto Kids”. Homies merilis MV dari salah satu lagunya yang berjudul ‘Siren’. Tak disangka, ‘Siren’ mendapat perhatian khusus dari warga Korea Selatan. Bagaimana tidak? Alur cerita dan arti dari lagu tersebut sangat menyentuh, dan based on true story dari pengalaman anggota Homies.

Album ini menggambarkan kehidupan Chin, Louie, dan CK layaknya sebagai ‘Ghetto Kids’. Ghetto merupakan istilah bagian kecil dari sebuah kota yang berisikan orang minoritas atau terisolasi. Menggambarkan para anggota sebagai Ghetto Kids dari sebuah kota kecil, mereka juga menceritakan bagaimana bertumbuh dan bertahan hidup bersama dengan latar belakang keluarga yang berbeda.

Baca juga:  5 Makanan Yang Paling Sering Muncul di Serial Drama Korea

Homies mulai di undang diberbagai acara ternama K-hiphop seperti Hiphopplaya, Hiphople, dan Dingo Freestyle. Bahkan mereka juga memenangkan nominasi New Artist of The Year di acara K-Hiphop Awards 2021 dengan album ‘Ghetto Kids’ ini.

Lantunan musik dan arti lagu Siren mampu mengiris hati pendengar, lho. Sushi bakal bahas beberapa bagian dari lagu ini di section selanjutnya ya.

Lagu Tentang Pengalaman Anggota Menghadapi Kerasnya Hidup

Terhitung usia anggota Homies yang masih muda, anggota sudah pernah merasakan berbagai jenis manis dan pahitnya hidup. Manis dan pahit dituangkannya kedalam beberapa lagu Homies. Sushi akan jabarkan beberapa arti dan makna dari lagu-lagu tersebut.

Siren (2020)

credit: namu.wiki

… never could report, i could only pray. How i feel? Tired, just trying not to soak my white shirt red 

Pada bagian hook lagu, Chin mengatakan bahwa masa mudanya ia hanya bisa berdoa dan berharap baju putihnya tidak menjadi ‘merah’ yang artinya menghindari kekerasan dan darah. Sebelumnya ia menjelaskan ketika masih kecil pasti anak-anak di ‘cap’ tidak tahu dan tidak bisa berbuat apa-apa yang membuat kita percaya dan bergantung kepada orang yang lebih tua. Terkadang orang yang lebih tua pun belum tentu baik dan benar. Makna dari kata-kata ini di terjemahkan juga kedalam MV-nya.

Shut up, you know ma pain. Let’s be comfortable, now we safe, earn it all, stack my chips. Finally in front of others.

Hook Chin disambung oleh verse rap CK dengan makna menenangkan bahwa segala sesuatu dilewati bersama pastinya tidak akan berat. Keinginan untuk melukai diri seperti ‘cutting’ pun hanya terlintas dibenak bila semuanya di lewati bersama.

Mom, take me off from the family tree if i can’t earn anything. In that case, i’m better off dead, i’m graduating proverty soon.

Dilanjutkan oleh Louie yang lebih mengancam dirinya sendiri jika ia belum bisa menghasilkan apa-apa, lebih baik ia keluar dari keluarganya. Makna dari verse-nya adalah kegigihannya untuk sukses dan mengubah masa depannya menjadi lebih baik.

Baca juga:  Sederet Aktris Korea yang Berani Tampil Tanpa Make-up, Tetap Cantik?

Daily Laborer (2020)

credit: namu.wiki

Daily Laborer adalah salah satu track dari single album ‘Goliath’ (2020). Lagu ini menceritakan tentang nostalgia para anggota dimana susahnya untuk mencari uang namun dari pengalaman itulah yang membuat mereka merasakan kesuksesan. Biarpun uang bukan segalanya, namun realita berkata lain.

…when i was 16 years old, i couldn’t get my daily wage, thrown back to the street again. The poor hungry boy chose to steal from the convenience store. That guy now makes enough money

Diawali oleh nostalgia dari Chin dimana ia pernah bekerja paruh baya namun tidak dibayar karena dianggap masih muda dan tidak bisa menghasilkan apa-apa, sampai ia harus mencuri untuk makan.

Poor nights makes you into a rich guy, you already know. So cold i had to sleep with my padding jumper on it’s all in the past. A poor guy looked at us and said you became the heroes

Dilanjuti oleh verse CK dengan makna bahwa kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Only hiphop and the street accepted this poor beggar…

I don’t blame it on anyone, i just hated my previous existence. A nightmare was much better than my reality and that beggar made it here through his efforts.

Bagaimana rasanya sebuah mimpi buruk lebih baik dari realita hidup? Itulah yang pernah dirasakan Louie dan hiphop lah yang bisa membantu Louie dan anggota Homies menjadi diri yang lebih baik.

 

Masih banyak lagi lagu-lagu Homies yang menceritakan pengalaman-pengalaman mereka, tapi untuk saat ini cukup 2 lagu dulu ya. Kalian bisa searching di Spotify dengan keyword artist “homieduel”.

Sebagai penutup Sushi mau sharing live performance mereka di acara K-Hiphop Awards 2021 sebagai ucapan terima kasih atas kemenangan mereka untuk nominasi New Artist of The Year. Homies juga banyak berterima kasih kepada pendengar yang sudah mendukung karya-karya mereka. Yuk intip keseruan interaksi mereka dipanggung~

 

 

 

 

 

Lima Drama Korea Terbaru yang Siap Tayang di April 2021

nonton penthouse 2

Nonton Penthouse 2 (2021) Sub Indo, Streaming Full Episode