8 Fakta Menarik Liu YiFei, Pemeran Utama Film Mulan!

Tidak terasa seminggu lagi sudah bulan September. Itu berarti penantian untuk nonton film Mulan sebentar lagi berakhir! Tapi sebelum nonton filmnya, kenalan dulu yuk dengan pemerannya. Ini dia 8 Fakta Menarik Liu YiFei, Pemeran Utama Film Mulan!

Menjadi pemeran utama dalam Film Mulan (2020), menghantarkan nama Liu YiFei hingga sampai Hollywood!

Mulan: Ketangguhan yang Diuji Wabah Covid-19 dan Isu Politik

Pasalnya, tidak mudah untuk memerankan peran Fa Mulan. Memerankan tokoh ini memerlukan kondisi fisik dan mental yang kuat, serta kemampuan seni peran yang tidak main-main.

Berbagai audisi diselenggarakan oleh pihak Disney, hingga akhirnya memutuskan peran Mulan akan diberikan kepada artis kelahiran 25 Agustus 1987 ini.

Kritikan dan pujian diterima oleh Liu YiFei, bahkan dari awal namanya digadang sebagai pemeran utama. Banyak yang bilang peran ini sangat cocok dengannya, mengingat ia disebut-sebut sebagai Generasi Keempat Artis China Terbaik.

Tapi sindiran juga bertubi-tubi menimpanya. Salah satunya kritik soal kewarganegaraannya. Masa pemeran utama film sejarah China, malah diperankan oleh orang China berpaspor Amerika Serikat?

Beragam serangan berita negatif, fitnah sampai hoax juga banyak beredar di dunia maya. Ada yang bilang semua itu bertujuan untuk menjatuhkan nama baik Liu Yi Fei.

Alhasil kita dibuat binggung! Apalagi si artis cantik asal Negeri Tirai Bambu ini malas menanggapi berita-berita tersebut. Pihak rumah produksipun tidak banyak berkomentar.

Nah dari pada binggung, langsung cek aja yuk 8 Fakta Menarik Liu YiFei, Pemeran Utama Film Mulan! Dijamin bikin kamu terkesima!

Lahir dari Keluarga Broken-Home

Liu Yi Fei (刘亦菲) lahir pada tanggal 25 Agustus 1987 di Rumah Sakit Tong Ji, kota Wuhan. Ia adalah anak tunggal dari pasangan suami istri yang kaya raya dan punya latar belakang pendidikan tinggi.

Baca juga:  7 Film Kerajaan Korea Terbaik dan Tersukses Sepanjang Masa

An Shao Kang, ayahnya adalah seorang diplomat yang menjabat sebagai Seketaris Kedutaan China di Perancis. Ia juga aktif mengajar sebagai dosen untuk jurusan bahasa Perancis.

Sedangkan ibunya, Liu Xiao Li adalah seorang penari. Mereka berdua memutuskan bercerai saat Liu Yi Fei berusia 10 tahun. Alhasil sejak saat itu, ia dibesarkan seorang diri oleh ibunya.

Tiga Kali Ganti Nama

Pasca perceraiannya kedua orang tuanya, Liu Yi Fei yang saat itu berusia 10 tahun kemudian diadopsi oleh keluarga ibunya.

Iapun berganti nama dari “An Feng”, nama dengan marga ayahnya; menjadi “Liu Ximei Zi”, mengikuti marga ibunya.

Namun, nama Liu Ximei Zi tidak bertahan lama sebelum akhirnya diganti kembali.

Dari nama Liu Ximei Zi, ia kembali berganti nama menjadi Liu Yi Fei di usia 15 tahun. Tepat sebelum berkuliah di Beijing Film Academy.

Sekolah Di Amerika Serikat, Sampai Dapat Ijin Tinggal (Citizenship)!

Tahun 1997, ia dan ibunya memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat. Saat itu, ia berusia 10 tahun.

Itu juga awal mula nama Crystal Liu muncul. Ia tinggal di kota Queens, New York selama 5 tahun dan bersekolah di SMP Louis Pasteur 67.

Menetap di kota yang sama selama 5 tahun membuat Crystal dan ibunya mendapatkan kesempatan untuk punya ijin tinggal.

Merekapun mengajukan diri di tahun 2002, dan mereka sah memiliki citizenship Amerika Serikat.

Kembali Ke China Demi Akting

Tidak lama setelah mendapatkan warganegara Amerika Serikat, ia kembali ke China dan memutuskan untuk masuk Beijing Film Academy di usianya ke 15 tahun.

Baru masuk kuliah, Liu Asudah ditawari untuk berperan dalam beragam drama. Drama pertamanya adalah The Story of a Noble Family (2003), drama romantis sejarah yang diangkat dari novel Zhang Hen Sui dengan judul yang sama.

Baca juga:  15 Film Indonesia Terbaik dan Terlaris Sepanjang Masa

The Story of a Noble Family ini disiarkan di CCTV dan berhasil meraih rating tertinggi di tahun itu. Otomatis membuat namanya mulai dikenal di negara Tirai Bambu.

Ditahun yang sama, ia berperan sebagai Wang YuYan dalam drama “Demi Gods and Semi Devils” (2003), hasil adaptasi dari novel karya Louis Cha.

Drama ini sukses meraih penghargaan sebagai drama China paling populer di Taiwan, dengan rating 5,69. Berkat perannya sebagai Wang Yu Yuan, ia bahkan digelari sebagai “Fairy Sister” oleh penggemarnya di Taiwan.

Dari Drama Beralih Ke Film

Puncak kejayaan karir Liu Yifei di dunia drama berada di tahun 2006, di tahun yang sama ketika ia lulus dari Beijing Film Academy.

Memerankan peran Xiao Long Nu dalam drama “The Return Of The Condor Heroes”, Liu berhasil meraih simpati rakyat Tiongkok. Bahkan meraih penghargaan dalam 6th China Golden Eagle TV Art Festival.

Di tahun 2007, ia pertama kali muncul di layar lebar sebagai pemeran utama. Film “The Forbidden Kingdom” yang juga diperankan oleh Jackie Chan dan Jet Li, menjadi saksi debut pertamanya dalam dunia perfilman.

Kerja kerasnya berbuah manis di tahun 2012, saat ia berperan sebagai Ling Ju dalam film sejarah “The Assasins”.

Setelah 11 tahun berkarya, Liu Yi Fei akhirnya berhasil meraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik di 5th Macau International Movie Festival.

Karir Menyanyi Dan Album Jepang

Di tahun 2006, Liu bekerja sama dengan Sony Music Entertainment Jepang merilis single pertamanya, berjudul “Mayonaka no Door”.

Tidak berapa lama, ia merilis album debutnya “Liu Yi Fei” di beberapa negara di Asia, seperti China, Taiwan, Hongkong dan negara-negara di ASEAN.

Serta perilisan album Jepang pertamanya di tahun yang sama, saat single-nya “Mayonaka no Door” terpilih sebagai lagu tema untuk animasi “Demashita! Powerpuff Girls Z” tayang di TV Tokyo.

Baca juga:  7 Drama Korea Terbaik dan Tersukses di 2020

Pernah 3 Kali Adu Akting Dengan Aktor Korea

Siapa yang tidak kenal dengan aktor dan penyanyi solo Rain? Tapi taukah teman-teman kalau Rain pernah beradu akting dengan Liu Yifei?

Ia dan Rain pernah berkolaborasi dalam film “For Love Or Money” (2014), yang diangkat dari novel Hongkong dengan judul yang sama.

Tidak hanya dengan Rain saja, aktris berusia 32 tahun ini juga pernah menjadi lawan main Song Seung Heon dalam film berjudul “The Third Way Of Love” di tahun 2015.

Bahkan mereka berdua sempat berpacaran lama setelah film ini dirilis, sebelum akhirnya putus karena kesibukannya masing-masing.

Kepopulerannya dalam film “The Third Way Of Love” menghantarkannya memenangkan penghargaan dalam 16th Chinese Film Media Awards.

Ia juga ditunjuk menjadi duta pertama merek Dior untuk wilayah China. Juga, duta untuk jam mahal bergengsi asal Swiss, TISSOT.

Di tahun 2016, Liu Yifei kembali dengan film meloromantis “So Young 2: Never Gone”. Kali ini ia beadu peran dengan Kris Wu, mantan anggota grup idol EXO. Wah!

Kembali Ke Dunia Drama Setelah 12 Tahun!

Akhir tahun 2017 dunia hiburan China tidak hanya digeparkan perihal berita soal film Mulan, tapi juga dengan berita bakal kemunculan Liu Yifei di dunia drama.

Tentunya hal ini mengejutkan banyak pecinta drama China, khususnya drama sejarah. Pasalnya sudah 12 tahun lewat dari drama terakhirnya.

Ia dicanangkan akan kembali ke dunia drama China melalui “The Love Hypnosis”, sebagai Lu Man Sheng.

The Love Hypnosis (2020) mengisahkan tentang perjalanan menjalankan misi dan kisah cinta antara Lu Man Sheng dan Ye Shen (Jing Boran) yang terjadi di awal jaman Republikan.

Penanyangannya kapan masih dirahasiakan, yang pasti total episodenya mencapai 40 episode loh!

Written by Winny

a daughter, a scout, an enterpreneur, a social worker, a part-time writer, a history enthusiast!

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
nonton a clockword orange sub indo

Nonton Film A Clockwork Orange Sub Indo, Full Movie

film indonesia komedi romantis

7 Film Indonesia Komedi Romantis Terbaik yang Paling Lucu