7 Anime Teromantis dari Shoujo hingga Josei

Anime Teromantis

Mina-san, genki desuka? Bagaimana kabar kalian semua di masa Covid-19 ini? Semoga semuanya sehat – sehat ya! Pada artikel kali ini, kami akan membagikan rekomendasi anime romantis untuk menemani kalian para anime lovers yang di rumah aja karena pandemi yang terjadi di seluruh dunia ini.

Berbicara tentang anime, banyak orang berpikir bahwa tayangan ini hanya diperuntukan untuk anak – anak.

Padahal enggak begitu kan ya, gengs?

Sama seperti manga, anime juga memiliki kategori yang disesuaikan dengan usia target penontonnya.

Memang sebagian besar anime romantis, ditargetkan untuk penonton wanita. Tapi bukan berarti kalian yang pria enggak bisa nonton anime romantis juga ya, gengs!

Anime Teromantis dari Shoujo sampai Josei

Kalian para anime lover pasti sudah sering mendengar atau melihat istilah shoujo dan josei.

Untuk kalian yang belum tahu, sekilas info saja ya, shoujo dan josei merupakan istilah yang biasa digunakan untuk memilah target penikmat dari sebuah anime dan manga.

Shoujo mengatagorikan penikmat berusia 10 hingga 18 tahun sedangkan josei untuk kalian penikmat anime dan manga berusia di atas 18 tahun.

Pada dasarnya, anime shoujo mengangkat tema yang menyenangkan tentang jatuh cinta, persahabatan, maupun pencarian jati diri. Sedangkan cerita josei biasanya mengangkat tema yang lebih serius dan realistis seperti bagaimana cara menghadapi permasalahan yang terjadi dalam kehidupan dan percintaan.

Sekian dulu penjelasannya ya gengs. Kita langsung ke bagian rekomendasi anime teromantis yang bisa menemani kalian yang mulai bosan di rumah saja.

Hachimitsu to Clover (2005)

Anime teromantis pertama kita mulai dengan Hachimitsu to Clover atau Haney & Clover merupakan anime josei yang menceritakan kisah perjuangan beberapa anak kuliah jurusan seni baik dalam hidup maupun percintaan.

Yuuta Takemoto, mahasiswa tingkat dua di universitas seni berteman dengan dua seniornya Shinobu Morita dan Takumi Mayama. Suata hari ketika Yuuta bertemu dengan Hagumi Hanamoto atau Hagu, ia merasa dirinya jatuh cinta pada pandangan pertama pada gadis mungil yang memiliki bakat di bidang seni itu.

Selain itu ada juga Ayumi Yamada, seorang mahasiswi di bidang seni tembikar yang populer. Nantinya, Ayumi yang juga mengenal Yutta, Shinobu, dan Takumi akan berteman dekat dengan Hagu, walau dihatinya Ayumi juga ingin menjadi lebih dekat dengan salah satu dari tiga teman prianya tersebut.

Honey & Clover merupakan tayangan yang patut ditonton karena konflik yang terjadi di dalamnya sangat realistis dan tidak hanya menceritakan tentang cinta namun juga tentang hubungan antar manusia dalam bentuk apapun. Pencarian jati diri juga digambarkan dalam anime yang diadaptasi menjadi film live-action ini, sehingga akan sayang bagi kalian jika tidak menonton tayangan yang menceritakan tentang arti dan tujuan hidup ini.

Clannad (2007)

Anime romantis berikutnya adalah Clannad. Menceritakan tentang Tomoya Okazaki yang dikenal sebagai berandal di sekolahnya karena sering membolos. Tomoya sering membolos karena dirinya merasa kehidupannya di SMA sangat membosankan hingga kehidupannya yang membosankan itu berubah 180 derajat setelah bertemu dengan Nagisa Furukawa.

Nagisa merupakan gadis yang kurang percaya diri. Hal ini karena dirinya yang mengulang kelas dikarenakan absensinya yang tidak memenuhi syarat naik kelas. Alhasil, tinggal lah Nagisa sendirian di sekolah walau teman – teman seangkatannya telah lulus.

Nagisa yang ingin menghidupkan kembali klub teater mendapatkan bantuan dari Tomoya. Berkat kerjasama yang dilakukan mereka berdua, hubungan Nagisa dan Tomoya semakin dekat hingga pada akhirnya timbul perasaan di antara keduanya.

Anime lawas satu ini diadaptasi dari sebuah novel bergambar karangan KEY. Tak hanya anime series, Clannad juga dibuat versi games dan filmnya.

Lovely Complex (2007)

Anime teromantis selanjutnya yang menjadi rekomendasi kami untuk kalian adalah Lovely Complex. Tayangan ini tak hanya berfokus pada kisah romantis namun juga tentang persahabatan.

Koizumi Risa, adalah gadis SMA bertubuh tinggi di atas rata – rata tinggi remaja gadis seumurnya, berbalik dengan Risa, Ootani Atsushi memiliki tinggi di bawah rata – rata tinggi badan laki – laki seumurnya.

Karena perbedaan tinggi badan antara keduanya serta tingkah laku yang sangat comedical, Risa dan Atsushi mendapatkan julukan comedy duo dari guru wali kelasnya. Bahkan teman – teman sekelasnya pun selalu menganggap pertengkaran yang sering terjadi antara Risa dan Atsushi merupakan sebuah sketsa yang sengaja dilakukan untuk hiburan semata, karena keduanya terlihat sangat konyol.

Di sisi lain, walau Risa dan Atsushi sering bertengkar, mereka merupakan teman dekat yang saling mendukung satu sama lain terkait percintaan mereka. Karena tinggi badan mereka yang di luar rata – rata teman sebayanya, Risa dan Atsushi mengalami kesulitan untuk menemukan pasangan untuk mewarnai masa remaja mereka.

Lovely Complex atau biasa disingkat menjadi Love Com ini merupakan tayangan shoujo yang diadaptasi dari manga dengan judul yang sama karangan Aya Nakahara.Genrenya yang berfokus pada kehidupan sehari – hari remaja SMA yang dibumbui dengan unsur komedi dan romantis ini membuat Love Com digemari banyak penontonnya.

Kimi ni Todoke (2009)

Anime berikutnya yang mengankat tema percintaan adalah Kimi ni Todoke, yang merupakan anime romantis bercerita tentang si pemalu Sawako Kuronuma yang dijuluki teman – temannya sebagai Sadako, hantu Jepang dengan penampilan mirip Sawako yang berambut hitam panjang.

Baca juga:  Baca Komik One Piece Chapter 979 Bahasa Indonesia

Karena penampilannya itu, rumor beredar mengenai Sawako yang mampu melihat dan berkomunikasi dengan hantu dan bahkan mengutuk orang. Namun rumor adalah rumor. Sesungguhnya Sawako hanyalah seorang gadis lemah lembut dan pemalu yang ingin berteman dengan teman sekelasnya.

Tetapi sepertinya teman – temannya lebih mempercayai rumor yang beredar. Sawako kesulitan mendapatkan teman hingga akhirnya ia hanya bisa pasrah dengan kesendiriannya di sekolah. Sampai suatu ketika, siswa laki – laki populer di sekolah mengajak Sawako berbicara.

Berbeda dengan teman lainnya, Shouta Kazehaya memanggil Sawako dengan sebutan namanya dan bukan julukannya Sadako. Kehadiran Shouta perlahan mengubah kehidupan Sawako di sekolah menjadi lebih baik dimana akhirnya Sawako memiliki teman dan tidak lagi sendirian.

Sawako yang merasa berterima kasih pada Shouta, mulai mengagumi siswa laki – laki yang periang dan rama ini. Rasa kagum itu semakin tumbuh dan berubah menjadi perasaan suka. Namun ada daya, Sawako yang pemalu tidak memiliki kepercayaan diri untuk mengatakan perasaannya pada Shouta yang tanpa diketahui juga memiliki rasa pada Sawako.

Tak hanya Love Com, Kimi ni Todoke juga merupaka anime adaptasi dari manga karangan Koruho Shiina. Sangking memiliki banyak penggemar, Kimi ni Todoke akhirnya diadaptasi dalam bentuk film live-action yang tayang pada September 2010.

Kaicho wa Maid-sama (2010)

Anime romantis lainnnya yang bisa kalian tonton adalah Kaicho wa Maid-sama atau Maid-sama. Tayangan ini juga berfokus pada kehidupan sehari – hari di sekolah.

Misaki Ayuzawa merupakan ketua OSIS perempuan pertama di SMA Seika yang baru saja beralih dari SMA khusus siswa laki – laki menjadi SMA dengan siswa campuran. Misaki yang ingin melindungi para siswa perempuan dari siswa laki – laki yang masih menjadi siswa mayoritas, bertingkah laku sebagai ketua OSIS yang galak dan disegani di sekolahnya.

Namun siapa sangka, Misaki yang mendapat julukan Ketua Iblis dari para siswa laki – laki ini bekerja paruh waktu di sebuah maid cafe, di mana Misaki harus menggunakan seragam berenda yang lucu dan menggemaskan saat melayani pelanggannya.

Ingin menjaga image-nya di sekolah, Misaki menyembunyikan tentang pekerjaannya tersebut. Sampai suatu ketika, Takumi Usui, seorang siswa yang paling populer dan paling disegani siswa lainnya mendapati Misaki saat bekerja dan sedang mengenakan seragam café tempat ia bekerja paruh waktu.

Sama seperti Love Com dan Kimi ni Todoke, Maid-sama merupakan anime shoujo yang diadaptasi dari manga karangan Fujiwara Hiro. Mulai ditayangkan di TV pada musim semi 2010 lalu, Maid-sama menjadi salah satu anime yang paling digemari penontonnya.

Ao Haru Ride (2014)

Memang kebanyakan anime TV seri merupakan adaptasi dari manga, karena Ao Haru Ride juga merupakan salah satu di antaranya. Sama seperti Kimi ni Todoke, sangking banyaknya respon positif dari penggemarnya, Ao Haru Ride juga dibuat versi film live-action yang tayang pada akhir 2014.

Baca juga:  Baca Manga Black Clover Bahasa Indonesia

Anime romantis satu ini menceritakan tentang pertemuan kembali Futaba Yoshioka dengan Kou Mabuchi. Saat masa SMP, Futaba dan Kou memiliki perasaan terhadap satu sama lain. Namun, situasi memaksa Kou untuk pindah sekolah secara mendadak tanpa sempat mengatakan perasaan mereka masing – masing.

Beberapa tahun berlalu, akhirnya Futaba dipertemukan kembali dengan Kou. Namun pada awalnya, mereka tidak saling mengingat satu sama lain karena sifat dan perilaku mereka yang berubah dan nama Kou yang sebelumnya adalah Tanaka menjadi Mabuchi.

Futaba yang kembali bertemu Kou ingin tahu alasan kepindahannya yang mendadak saat SMP. Dan pada akhirnya Futaba mengetahui alasannya yang mana hal tersebut jugalah yang membuat Kou berubah dari seorang yang ramah menjadi orang yang sangat dingin.

Peduli terhadap cinta pertamanya, Futaba memutuskan untuk menghibur Kou. Namun usahanya ini tidak disambut dengan baik oleh Kou yang terlanjur berubah menjadi laki – laki yang dingin.

Wotaku ni Koi wa Muzukashii (2018)

Wotaku ni Koi wa Muzukashii atau Wotakoi adalah anime romantis yang diadaptasi oleh A-1 Pictures dari webmanga Jepang karya Fujita. Menceritakan tentang kehidupan seorang wanita pekerja kantoran penggemar anime dan manga (otaku) bernama Narumi Momose.

Narumi yang baru saja diterima di kantor barunya berjanji bahwa dirinya akan merahasiakan sisi otaku-nya di hadapan rekan kantornya. Namun hal tersebut sepertinya tidak hanya akan menjadi rahasia yang Narumi sembunyikan sendiri, setelah dirinya bertemu dengan teman sekolahnya Hirotaka Nifuji di kantor barunya yang juga adalah seorang otaku.

Lama tidak bertemu, Narumi dan Hirotaka memutuskan makan malam bersama untuk bercerita tentang kehidupan mereka. Narumi menceritakan kepada Hirotaka bagaimana ia baru saja putus dari pacarnya karena pacarnya tersebut tidak ingin berpacaran dengan seorang otaku.

Hirotaka yang mendengar itu memberikan saran kepada Narumi untuk berpacaran dengan seorang otaku juga. Dan, pada saat itu lah Hirotaka menawarkan dirinya kepada Narumi.

Wotakoi memang merupakan tayangan comedy, namun dibalik itu banyak hal yang terjadi di antara Hirotaka dan Narumi yang kalau dipikir baik – baik adalah hal yang romantis. Selain Hirotaka dan Narumi, ada lagi pasangan otaku lainnya yaitu Hanako Koyanagi dan Tarou Kabakura.

Penutup

Gimana? Kalian tertarik enggak untuk nonton anime teromantis di atas? Untuk nonton tayangan di atas, kalian bisa cek artikel kami mengenai rekomendasi situs nonton streaming anime. Jangan lupa share judul anime teromantis versi kalian di kolom komentar di bawah ya, gengs!

Okay, sekian untuk artikel kali ini dari kami. Sore ja, mata aimashou!

Ikuti terus informasi seputar Film atau artikel menarik lainnya di Sushi.id!

 

 

 

 

Written by June

Had experiences in journalism and marketing field. Born in June, obviously. So, please do send me birthday wishes when the month comes ;)

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
nonton running man 512 Sub Indo

Nonton Running Man 512 Subtitle Indonesia

Nonton Sweet Dreams Drama Malaysia (2019), Episode 1-20