12 Aplikasi Pembersih Sampah, RAM, dan Virus Android Terbaik di 2020 | Anti Lag!

aplikasi pembersih sampah dan virus

HP Android kamu lemot? Mungkin kamu membutuhkan aplikasi pembersih sampah dan Virus untuk perangkat Android kamu. Sebagaimana diketahui, semakin banyaknya aplikasi yang diinstal di perangkat Android maka akan semakin lambat pula kinerjanya.

Hal tersebut disebabkan oleh ruang RAM dan CPU semakin terkuras siring dengan banyaknya aplikasi yang dibaca atau diproses.

Selain karena RAM yang penuh, HP lemot atau hang juga bisa karena virus, file sampah (cache) atau file usang yang memenuhi kapasitas penyimpanan. Untuk itu, perangkat Android kamu perlu dibersihkan dari sampah dan virus tersebut.

Kalau sekarang kamu HP kamu masih terasa lemot, kamu enggak usah khawatir. Dengan menggunakan aplikasi pembersih sampah dan virus untuk HP Android ini, kamu sudah bisa mendapatkan kinerja HP yang enteng kembali. Apa saja aplikasinya?

Rekomendasi Aplikasi Pembersih Sampah, RAM, dan Virus Android Terbaik (Update 2020)

Berikut ini rekomendasi aplikasi pembersih sampah, RAM, dan virus yang ampuh untuk membuang ‘file sampah’ di Android kamu!

1. Device Care

aplikasi pembersih sampah dan virus Android

Device Care adalah aplikasi bawaan HP Samsung yang sudah mendukung Android 9.0 (Android) yang digunakan untuk membersihkan sampah dan virus.

Aplikasi ini memberikan semua yang kamu butuhkan untuk menjaga HP kamu agar berjalan dengan lancar, secara otomatis mengoptimalkan baterai, penyimpanan, RAM, dan keamanan HP kamu.

Saat kamu membuka Device Care, HP kamu akan menjalankan pemeriksaan diagnostik dan memberi kamu skor dari 100. Semakin tinggi skor kamu, maka semakin baik HP kamu dioptimalkan.

Untuk membersihkan sampah dan virus di HP Samsung kamu caranya:

  • Buka Settings atau Pengaturan. Setelah itu, pilih menu Device Care.

aplikasi device cara samsung

Mengoptimalkan HP kamu penting dilakukan untuk memastikan HP kamu beroperasi dalam performa terbaik. S

aat membuka Device Care kamu bisa memilih apa yang ingin dioptimasi seperti mengoptimasi penggunaan baterai, penyimpanan atau memori, RAM, atau apakah ada ancaman virus pada HP kamu.

Baca juga:  Daftar Harga HP OPPO dan Spesifikasinya Terbaru, Januari 2020

Optimalisasi terjadi secara otomatis sekali sehari tetapi juga dapat dimulai secara manual.

2. CCleaner

cccleaner

 

Kalau kamu enggak puas dengan aplikasi bawaan HP, kamu bisa download salah satu aplikasi pembersih sampah untuk Android yakni CCleaner.

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain mengoptimalkan dan mempercepat kinerja HP kamu dengan cara membersihkan sampah, cache aplikasi, folder unduhan, riwayat browser, isi clipboard, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa penggunaan CPU, melihat penggunaan RAM dan ruang penyimpanan internal, dan mengecek sisa baterai dan suhudengan CCleaner. Akan tetapi, CCleaner belum menyediakan fitur yang bisa membersihkan virus.

Meski begitu, aplikasi ini mampu membuat HP kamu bekerja secara optimal! Untuk antivirusnya kamu bisa instal aplikasi lain seperti Kaspersky Mobile.

  • Developer: Piriform
  • Ukuran: 11M
  • OS Minimal: 5.0 dan yang lebih tinggi
  • Jumlah Install: 50.000.000+
  • Rating: 4.6/5.0
  • Download CCleaner

3. Clean Master

cleanmaster

Aplikasi pembersih sampah dan virus selanjutnya adalah Clean Master. Pastinya kamu sudah enggak asing lagi mendengar aplikasi yang satu ini.

Clean Master membantu kamu membersihkan ruang penyimpanan dengan menghapus file sampah, file sisa, dan file usang yang melambatkan HP Android kamu. Dengan aplikasi ini kamu juga dapat menyisakan lebih banyak ruang dengan membersihkan data cache dari aplikasi media sosial.

Selain pembersih sampah, Clean Master juga memiliki fitur pemindai virus yang berguna untu memblokir dan menghapus virus. Ini penting banget untuk mengamankan HP kamu  dari virus dan trojan, serta melindungi privasi kamu.

Fitur lainnya yang disediakan aplikasi ini antara lain keamanan Wi-Fi, optimisasi RAM, dan penghemat baterai.

4. NoxCleaner

aplikasi pembersih sampah dan virus

Nox Cleaner adalah salah satu aplikasi pembersih sampah dan virus terbaik untuk HP Android.

Dilengkapi dengan fitur pembersih sampah(cache), Game Booster, pendingin CPU, pemercepat kinerja RAM, manajer aplikasi, dan foto manager, Nox Cleaner  dapat mengoptimasi kinerja HP Android kamu.

Nox Cleaner juga dilengkapi dengan real time Antivirus yang berfungsi untuk melindungi HP kamu dari malware atau adware berbahaya.

Baca juga:  13 Game MMORPG Android Terbaik dan Paling Seru | Dijamin Nagih

5. AVG Cleaner

aplikasi pembersih sampah dan virus terbaik

Dengan AVG Cleaner, HP Android kamu akan bekerja lebih cepat dan lancar! Aplikasi ini memiliki fitur yakni menghapus aplikasi prainstalasi guna menghemat ruang dan meningkatkan kinerja. Mendapatkan lebih banyak ruang dengan menghapus file lama, hapus instalasi, hapus foto dan video yang tidak diinginkan.

AVG Cleaner juga memiliki fitur penghapus cache atau sampah dan mampu mengidentifikasi aplikasi mana yang memperlambat HP kamu. Aplikasi ini juga bisa menghibernasikan aplikasi-aplikasi untuk memperpanjang daya tahan baterai dan menghemat data seluler.

6. Phone Cleaner

phone cleaner

Phone Cleaner adalah aplikasi pembersih sampah untuk Android yang mampu membuat HP kamu bekerja lebih cepat. Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini antara lain pendingin CPU, pengunci aplikasi, game booster, penghemat baterai, pembersih sampah, dan pembersih RAM.

Akan tetapi, Phone Cleaner enggak memiliki fitur pembersih virus. Oleh karenanya, kamu bisa mendownload aplikasi lain sebagai antivirus seperti Kaspersky Mobile atau Avira Antivirus di Google PlayStore.

7. Clean Booster

clean booster

Aplikasi pembersih sampah dan virus berikutnya adalah Clean Booster. FItur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain pembersih sampah (cache), RAM booster, pendingin CPU, dan pengunci aplikasi.

Kalau kamu ingin aplikasi pembersih virus kamu bisa mendownload-nya sebagai aplikasi tambahan di Google PlayStore.

  • Developer: Cleaner & Booster & Security & Weather
  • Ukuran: 9,4MB
  • OS Minimal: 4.0.3 dan yang lebih tinggi
  • Jumlah Install: 5.000.000+
  • Rating: 4.6/5.0
  • Download Clean Booster

8. Virus Cleaner

virus cleaner

Aplikasi pembersih sampah dan virus selanjutnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Virus Cleaner. FItur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain pembersih virus, pembersih sampah atau cache, dan RAM Booster.

Selain fitur-fitur tersebut, fitur lainnya adalah pengunci aplikasi, keamanan Wi-Fi, dan pendingin CPU.

Baca juga:  10 Game Perang Kerajaan yang Wajib Kamu Coba untuk HP Android

9. All-in-One Toolbox

aplikasi pembersih sampah dan virus

Aplikasi Al-in-one Toolbox juga menyediakan fitur pembersih sampah dan pembersih virus. Selain itu, dengan bantuan aplikasi ini kamu juga bisa mengelola file yang tersimpan di kartu SD, menyembunyikan notifikasi aplikasi yang mengganggu, menyesuaikan aplikasi apa saja yang ingin kamu mulai dengan boot sistem, dan lain sebagainya.

10. Avast Cleanup

download avast cleanup

Avast kini merambah perangkat Android, sehingga kualitasnya sudah enggak perlu diragukan lagi. Dengan Avast Android, kamu bisa mengoptimalkan kinerja HP kamu dengan cara membersihkan sampah (cache), menghapus instalasi aplikasi, dan lainnya.

Untuk antivirusnya, kamu bisa mendownload aplikasi pembersih virus Avast untuk Android di Google PlayStore sebagai aplikasi terpisah.

11. Super Cleaner

aplikasi pembersih sampah dan virus

Super Cleaner mampu membersihkan junk, cache, mempercepat kinerja HP, dan membersihkan virus. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna Android ini juga mampu membersihkan foto, video, lagi, dan dokumen yang duplikat.

12.Virus Cleaner

aplikasi pembersih sampah dan virus
Terakhir adalah aplikasi bernama Virus Cleaner. Aplikasi ini adalah aplikasi pembersih virus untuk HP android yang dapat kamu gunakan secara gratis.
Fiitur lainnya yang disediakan oleh aplikasi Virus Cleaner adalah pembersih sampah, keamanan Wi-Fi, pemercepat kecepatan perangkat, penghemat baterai, pendingin CPU, dan pembersih notifikasi.

Penutup

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi pembersih sampah dan virus untuk Android yang bisa kamu gunakan dan download secara gratis di Google PlayStore! Dari rekomendasi di atas manakah aplikasi favoritmu?

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Nasution.

 

Written by Andin A.

Former content writer for big companies and small startups. Currently working as SEO Writer for Sushi.id. Sometimes I read politics and international affairs. Contact me: [email protected]

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
aplikasi vpn terbaik

10 Aplikasi VPN untuk Android Terbaik, Tercepat, dan Anti Blokir | Update 2020

headset bluetooth terbaik

8 Headset Bluetooth Terbaik dan Murah 2020, Mulai 100 Ribuan!