Banjir Penghargaan, Ini 5 Drama dan Film Terbaik Kim Go-eun

banjir penghargaan ini 5 drama dan film terbaik kim go eun

Tanggal 2 Juli merupakan hari yang istimewa bagi Kim Go-eun. Aktris cantik asal Korea Selatan ini tengah merayakan hari ulang tahunnya yang ke-29 menurut perhitungan usia internasional dan 30 tahun menurut perhitungan usia Korea Selatan.

Kim Go-eun telah malang melintang di dunia hiburan sejak tahun 2012. Ia memulai karirnya dengan membintangi film layar lebar berjudul A Muse ketika usianya masih 21 tahun.

Sejak saat itu, namanya kian melambung dan semakin dicintai berkat kemampuan aktingnya yang memukau di setiap film dan drama Korea yang dibintanginya. Tak sedikit penghargaan yang telah ia terima dari berbagai ajang penghargaan bergengsi di Korea Selatan.

Drama Korea dan Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Kim Go-eun

Terakhir, Kim Go-eun beradu akting dengan aktor tampan Lee Min-ho di drama Korea, The King: Eternal Monarch. Perannya sebagai Jung Tae-eul dan Luna menuai decak kagum penonton.

Nah, aktris kelahiran Seoul, 2 Juli 1991 ini tak hanya sukses dalam drama tersebut, loh. Sebelumnya, dia juga telah membintangi beberapa film layar lebar dan drama yang banjir penghargaan.

Lantas apa saja sih film dan drama yang pernah Kim Go-eun bintangi dan sukses? Langsung simak, yuk!

A Muse (2012)

banjir penghargaan ini 5 drama dan film terbaik kim go eun A Muse 2012

Film ini adalah film pertama yang Kim Go-eun bintangi. Kala itu, usianya masih 21 tahun dan sebelumnya tidak pernah membintangi film atau drama. Pengalaman akting yang dia miliki hanya berperan di drama sekolah saja.

Baca juga:  5 Aktor dan Aktris Korea yang Terlibat Skandal Hingga Hiatus, No. 3 Terlibat Prostitusi Anak!

Dia berhasil mendapatkan peran di film ini ketika mengikuti sebuah audisi secara acak dan ternyata diterima. Kim Go-eun mengalahkan sekitar 300 kandidat untuk peran ini.

Dalam film A Muse dia berperan sebagai Eun-gyo, seorang siswi SMA berusia 17 tahun yang ditemukan tengah tertidur di depan rumah penulis puisi berusia 70 tahun. Setelah itu, sang penulis menjadi tergila-gila dengan Eun-gyo.

Go-eun mengaku merasa cemas dan malu sebelum syuting. Namun ketika, kamera dinyalakan dia berkata benar-benar tenggalam dalam karakter yang dia perankan.

Sang sutradara, Jung Ji-woo, juga mengakui kehebatan akting Go-eun meski minim pengalaman.

“Ekspresi wajahnya di beberapa adegan terakhir film ini (A Muse) sangat berbeda dari yang ada di awal. Saya ingin mengabadikan momen ketika dia (Go-eun) menyadari betapa berharganya dia bagi dirinya sendiri dan orang lain,” ujar Ji-woo.

Melalui A Muse, Kim Go-eun berhasil memenangkan sejumlah penghargaan aktris pendatang baru terbaik di ajang 9 ajang penghargaan bergengsi di antaranya 49th Grand Bell Awards, 33rd Blue Dragon Film Awards, dan 8th Jecheon International Music & Film Festival.

Coin Locker Girl (2015)

banjir penghargaan ini 5 drama dan film terbaik kim go eun Coin Locker Girl 2015

Film Korea terbaik yang Kim Go-eun pernah bintangi selanjutnya adalah Coin Locker Girl. Dalam film garapan Han Jun-hee ini, Go-eun beradu akting dengan aktor dan aktris papan atas Korea seperti Kim Hye Soo, Um Tae Goo, Park Bo Gum, dan Go Kyung Pyo.

Go-eun memerankan seorang gadis miskin bernama Il Young. Il Young seringkali menjalankan tugas berbahaya dan terkadang ilegal untuk ibunya, seorang rentenir dan penjahat yang terlibat dalam perdagangan manusia.

Suatu hari, dia bertemu Suk Hyun (Park Bo Gum). Keduanya pun akhirnya menjalin persahabatan yang dekat dan perasaan Il Young terhadap Suk Hyun mulai berkembang menjadi rasa sayang.

Baca juga:  Sederet Aktris Korea yang Berani Tampil Tanpa Make-up, Tetap Cantik?

Melihat Go-eun sebagai Il Young, semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu aktris papan atas Korea Selatan. Dia berhasil mengubah Il Young dari gadis dingin dan gelap menjadi gadis muda yang berhati hangat.

Berkat aktingnya yang memukau di film Coin Locker Girl, Go-eun diganjar sejumlah penghargaan di antaranya aktris terbaik di ajang 24th Buil Film Awards dan Fantasia Award di ajang 19th Bucheon International Fantastic Film Festival.

Cheese in the Trap (2016)

banjir penghargaan ini 5 drama dan film terbaik kim go eun Cheese in the trap 2016

Go-eun memulai debutnya di pertelevisian melalui serial drama Cheese in the Trap yang diadaptasi dari webtoon. Di drama ini ia berperan sebagai Hong Seol, seorang mahasiswa beasiswa.

Drama ini menceritakan kehidupan dan hubungan sekelompok mahasiswa, khususnya Hong Seol (Kim Go-eun) dan seniornya Yoo Jung (Park Hae-jin). Hong Seoul berupaya untuk mencari pekerjaan paruh waktu sembari menjalani kehidupan sebagai anak dan kakak perempuan yang baik.

Awalnya, Kim Go-eun menolak membintangi drama ini namun pada akhirnya dia menerimanya. Aktris Bae Suzy juga sempat ditawarkan untuk berperan sebagai Hong Seoul namun menolaknya.

Apiknya akting Go-eun sebagai Hong Seol, membuatnya memenangkan penghargaan 52nd Baeksang Arts Awards untuk kategori aktris terbaik (televisi).

Go-eun berhasil menampilkan dan menggambarkan kehidupan mahasiswa di Korea Selatan. Bahkan, terlihat sangat realistis.

Goblin (2016-2017)

banjir penghargaan ini 5 drama dan film terbaik kim go eun goblin 2016-2017

Goblin ditulis oleh salah satu penulis ternama di industri drama Korea, Kim Eun-sook. Oleh karenanya, ikut berperan dalam drama ini seolah-olah seperti memastikan kesuksesan Go-eun.

Dalam drama ini lagi-lagi, ia berperan sebagai murid SMA bernama Ji Eun Tak yang memiliki kemampuan bisa melihat orang yang telah meninggal. Kemudian, dia bertemu Kim Shin (Gong Yoo), seorang goblin.

Baca juga:  Nonton The King Eternal Monarch Episode 13 Sub Indo

Ketika seorang goblin berhasil menemukan pengantinnya, kehidupan abadi di bumi akan berakhir. Setelah Eun Tak dan Kim Shin benar-benar jatuh cinta, hal tersebut menjadi kenyataan yang sulit diterima.

Melalui drama ini, nama Kim Go-eun berhasil masuk ke dalam nominasi aktris terbaik (televisi) pada 53rd Baeksang Arts Awards dan Top Excellence Award, Actress pada 10th Korea Drama Awards.

Tune In For Love (2019)

banjir penghargaan ini 5 drama dan film terbaik kim go eun Tune in for Love 2019

Dalam film ini, kamu bakal melihat sisi lembut Kim Go-eun. Dia berperan sebagai Kim Mi-soo, seorang gadis yang membantu orangtuanya menjalankan toko roti.

Pada suatu hari, seorang pria bernama Hyun Woo (Jung Hae In) datang ke toko rotinya untuk mencari pekerjaan paruh waktu dan keduanya jatuh cinta.

Tapi, kisah cinta mereka tidaklah berjalan mulus. Mereka harus berpisah karena keduanya ingin meraih cita-cita masing-masing. Hingga akhirnya keduanya menemukan waktu yang tepat untuk bisa bersama. Namun lagi-lagi masa lalu Hyun-woo mengacaukan hubungannya dengan Mi-soo.

Perannya sebagai Mi-soo membuat Kim Go-eun masuk ke dalam nominasi aktris terbaik dalam ajang penghargaan Chunsa Film Art Awards 2020.

Penutup

Itulah dia beberapa film dan drama Korea yang pernah dibintangi Kim Go-eun.

Dari berbagai film dan drama yang telah penulis sebutkan di atas, peran Kim Go-eun mana yang jadi favoritmu?

Jangan lupa share, like, dan komen artikel ini, ya!

 

Written by Elok Nuri

Anak DKV menyukai sastra dan puisi, dunia Tulisan mulai di geluti sejak santri, aktif di kegiatan komunitas sosial dan jurnalis.

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
Ghibli vs Disney

9 Fakta Film Anime Studio Ghibli, Lebih Baik dari Disney?

baca manga naruto

Baca Komik Naruto Bahasa Indonesia, Gratis!