Memori HP kamu sudah penuh dengan aplikasi dan game? Atau karena memori internal HP kamu kecil sehingga enggak bisa nyimpen banyak aplikasi? Nah, kalau hal ini yang sedang kamu alami, kami punya solusi mengatasi memori internal penuh dengan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD atau SD card tanpa root!

Kalau kamu pernah mendengar bahwa memindahkan aplikasi ke kartu SD harus dengan root, sebenarnya bisa juga dipindahkan tanpa harus root. Memang bagi sebagian orang yang bisa melakukannya, cara memindahkan aplikasi ke SD Card bisa dengan mudah dan cepat dilakukan.

Akan tetapi, bagi kebanyakan orang yang enggak berani atau enggak bisa melakukan root namun ingin memindahkan aplikasi ke kartu SD, berikut ini kami berikan langkah-langkahnya.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD dengan Application Manager

Untuk artikel ini, kami mencoba untuk menunjukan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di HP Samsung A7 (2018). Menurut pemahaman kami, mungkin cara ini juga bisa digunakan di HP Samsung terbaru lainnya atau HP-HP brand lain. Dan, tinggal kamu sesuaikan saja.

Ada 5 langkah yang harus kamu lakukan agar aplikasi di HP Android kamu bisa dipindahkan ke memori eksternal atau kartu SD. Langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya.

Apabila Kartu SD atau SD Card kamu sebelumnya digunakan di HP lain, sebaiknya di format dahulu guna memastikan bahwa kartu memori eksternal tersebut siap digunakan dan mencegah adanya error. Atau apabila kartu SD yang akan kamu gunakan baru dan setelah kamu memasukannya ke HPmu langsung muncul pilihan mau di-format atau tidak, sebaiknya pilih “yes” .

Langkah 1: Masuk ke Menu “Settings/Pengaturan”

cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal

  • Setelah kamu memasukkan kartu SD ke HP Android, kamu masuk ke menu Settings atau Pengaturan.

Langkah 2: Pilih “Apps”

memindahkan aplikasi ke kartu Sd

  • Selanjutnya, kamu gulir atau scroll ke bawah layar kamu dan pilih menu Apps atau Aplikasi.

Langkah 3: Pilih Aplikasi atau Game yang Ingin Dipindahkan

memindahkan aplikasi ke kartu SD

  • Kamu pilih aplikasi atau game yang ingin kamu pindahkan dari memori internal ke memori eksternal. Memang harus satu persatu dan saran saja, sebaiknya pilih aplikasi dan game yang paling banyak menghabiskan memori.

Langkah 4: Pilih “Storage” dan Klik “Change”

memindahkan aplikasi ke SD Card

  • Setelah kamu pilih aplikasi atau game yang ingin kamu pindahkan ke kartu SD/memori eksternal, klik Storage lalu klik Change.

Langkah 5: Pilih dan Klik “SD card”

  • Langkah selanjutnya, ganti storage location atau tempat penyimpanan ke kartu SD atau SD Card.

Langkah 5: Pilih “Move” dan Tunggu Hingga Selesai

  • Langkah terakhir adalah pilih Move, persis seperti pada gambar di atas.
  • Setelah itu, tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Kemudian, kamu ulangi lagi langkah-langkah di atas untuk aplikasi dan game lainnya yang ingin kamu pindahkan ke kartu SD.

Sebagai catatan: Tidak semua aplikasi atau game bisa dipindahkan ke kartu SD atau memori eksternal dengan cara ini. Sepanjang yang kami ketahui, hanya beberapa aplikasi dan game saja. Aplikasi yang tidak bisa dipindahkan di antaranya Chrome, Google Drive, Google Docs, Facebook, GMail, Google Maps, dan YouTube.

Apa yang Perlu Diketahui Sebelum Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD?

Dilansir dari laman TomsGuide, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum kamu memindahkan aplikasi dan game ke kartu SD di HP Android kamu.

Pertama, tidak semua perangkat Android memungkinkan kamu untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD. Kebanyakan HP flagship tidak bisa memindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal. Pasalnya, biasanya HP flagship sudah dibekali memori internal yang cukup besar.

Adapun fitur tersebut biasanya ditemukan di HP midrange dan perangkat entry level atau HP yang dapat menggunakan penyimpanan ekstra.

Kedua, meskipun ponsel cerdas kamu mendukung fitur tersebut , tidak semua aplikasi dan game bisa dipindahkan. Aplikasi besar seperti game masih meninggalkan sebagian besar datanya di penyimpanan internal.

Misalnya, Asphalt 8 menempatkan hanya 64MB data pada kartu SD dan masih ada sekira 1,4 GB yang tersisa di memori internal HP atau tablet Android kamu.

Ketiga, apabila kamu ingin menggunakan kembali kartu SD dari HP lama kamu ke HP baru kamu sebaiknya kamu format dahulu kartu SD tersebut. Dilansir dari Androidcentral, jika kartu SD kamu di bawah class 10 sebaiknya kamu beli yang baru.

Pasalnya, bila kamu tetap menggunakan kartu SD di bawah class 10 di HP barumu, ini akan membuat aplikasi yang menggunakan kartu SD tersebut lambat membaca data, sehingga akan memakan waktu lebih lama untuk menyalin atau meng-copy file yang kamu suka. Selain itu, ada kemungkinan pula kamu tidak dapat menggunakannya kamera kamu untuk foto burst.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD ini memang dapat menghemat memori kamu, terutama jika kamu memiliki banyak aplikasi yang diinstal.

Tips Memilih Kartu SD atau MicroSD yang Tepat untuk HP Android

Kalau kamu belum memiliki kartu SD dan ingin membelinya guna menambah ruang penyimpanan di HP kamu, kami punya tips memilih kartu SD atau microSD yang tepat.

Pertama, yang perlu kamu ketahui adalah perbedaan dua jenis kartu SD atau microSD yakni SDHC dan SDXC. Perbedaan antara keduanya adalah rentang kapasitas yang mereka berikan. Kartu SDHC memiliki kapasitas 2GB hingga 32GB. Sementara kartu SDXC dapat berkisar dari 32GB hingga 2TB.

Kedua, kamu cek terlebih dahulu maksimum kapasitas penyimpanan memori eksternal HP kamu. Ada beberapa HP yang hanya bisa menerima memori eksternal maksimum 216 GB, ada yang 512 GB, dan ada pula yang 1 TB.

Ketiga, pilih kecepatan kartu SD karena kecepatan atau speed class sangat berpengaruh terhadap seberapa cepat memori tersebut membaca data. Pilih kartu SD yang class 10, UHS-1 Class 1, atau UHS-1 Class 3. Sebagai informasi, kepanjangan dari UHS adalah Ultra High Speed.  Berikut ada kecepatan kartu SD berdasarkan class:

  • Class 10: 10MB/s; foto burst dan up to 1080p video files.
  • UHS-1 Class 1: 10MB/s; live video dan 1080p video files.
  • UHS-1 Class 3: 30MB/s; live video dan up to 4K video files.

Penutup

Itu dia cara memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa root dengan mudah dan cepat. Kalau kamu belum memiliki kartu SD, kamu bisa beli secara online di aplikasi belanja online seperti Lazada, Tokopedia, JD.ID, dan lain sebagainya. Terkadang kamu bisa mendapatkan kartu SD dengan harga miring melalui Flash Sale di aplikasi-aplikasi tersebut, lho!

Ikuti terus informasi seputar Teknologi terbaru dari Sushi.id.


Nasution

IR grad student. Former Content Writer for big companies and small startups. SEO Writer for Sushi.id.

%d bloggers like this: