Cara Mudah Menggabungkan Subtitle dengan Film di Laptop dan Android

cara menggabungkan subtitle dengan film

Pesatnya perkembangan dunia perfilman mancanegara membuat kita semakin mudah untuk mendapatkan tontonan berkualitas dari berbagai negara, baik di Asia, Australia, Eropa, dll. Mulai dari drama Korea, anime Jepang, film Hollywood, film Bollywood, atau film-film dari Timur Tengah sudah mendapatkan ruang tersendiri di Indonesia.

Berbagai film luar negeri yang masuk di Indonesia tentunya dibuat menggunakan bahasa negara asalnya, atau setidaknya pasti menggunakan bahasa internasional yakni Bahasa Inggris. Bagi poliglot atau mereka yang menguasai beberapa bahasa asing, hal ini mungkin bisa ditangani. Meskipun demikian, poliglot pun tidak menguasai semua bahasa, kan?

Nah, untuk mempermudah memahami pembicaraan dalam film maupun drama dengan bahasa asing, kita memerlukan subtitle atau terjemahan untuk menonton. Tanpa subtitle mungkin kita hanya akan melihat gerakan tubuhnya, namun sering kali melewatkan quote-quote indah para pemain. Sayang bangeeet, kan?

Subtitle ini juga bisa membantu kamu dalam belajar bahasa, lho! Misalnya kamu sedang belajar Bahasa Inggris, maka bisa menggunakan subtitle Bahasa Inggris untuk menonton film berbahasa Inggris supaya mengerti penulisan katanya. Atau untuk kamu para pecinta drama Korea, bisa menggunakan subtitle Bahasa Inggris atau bahasa lain yang sedang kamu pelajari.

Namun sayangnya ketika kita download film, subtitle ini biasanya masih terpisah dari film yang ingin kita tonton sehingga kita perlu memasukkan sendiri subtitle ke dalam filmnya. Ada beberapa cara yang digunakan untuk menggabungkan subtitle dengan film, baik jika kamu menonton di laptop maupun melalui hp androidmu.

Menggabungkan subtitle dengan film di laptop bukanah hal yang sulit dilakukan. Tapi bagaimana jika menonton pakai hp? Tenang, sebelum kita bahas cara menggabungkan subtitle dengan film di laptop, kita akan bahas terlebih dahulu cara menggabungkan subtitle dengan film di android. Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

3 Cara Mudah Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan subtitle dengan film di hp android. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

Baca juga:  Nonton Intense Love (2020) Chinese Drama Sub Indo

Menggunakan MX Player

Cara pertama yakni menggunakan aplikasi tambahan bernama MX Player. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Download MX Player di Playstore
  • Buka aplikasinya lalu cari film yang ingin di tonton.
  • Buka file video yang mau ditonton, jangan lupa untuk pause terlebih dahulu.
  • Klik ikon menu pada pojok kanan atas lalu pilih Subtitle, pilih Open.
  • Cari tempat menyimpan folder berisi subtitle dan pilih subtitle tersebut.
  • Nanti Secara otomatis subtitle akan muncul ketika film di play

cara menggabungkan subtitle dengan film di hp android

Menggunakan Aplikasi HandBrake

Aplikasi HandBrake adalah tool gratis yang banyak digunakan untuk kompresi video. Ukuran aplikasi ini juga sangat kecil, hanya sekitar 12 MB saja. Selain kompresi, ternyata HandBrake juga bisa digunakan untuk menggabungkan subtitle ke film dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi HandBrake.
  • Masukkan file filmnya (bisa file mp4, mkv dan sebagainya)

Cara Menggabungkan Subtitle Film di HP Android Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan dua aplikasi di atas, kamu juga bisa menggabungkan subtitle dengan film secara manual. Berikut ini langkah-langkah lengkapnya:

  • Samakan nama file subtitle dengan nama file video. Hal tersebut memungkinkan aplikasi ini akan mendeteksi secara otomatis dan secara langsung aplikasi ini akan menampilkan subtitle film tersebut.
  • Masukan subtitle dan film atau video dalam satu folder.
  • Selanjutnya putar film dan klik icon setting, pilih tampilkan subtitle.
  • Dan selamat menikmati

Menonton menggunakan hp memang lebih mudah karena ukurannya yang kecil. Namun menonton dengan laptop bisa memberikan gambar dengan ukuran lebih besar sehingga kamu bisa lebih puas saat menonton.

Nah, berikut ini cara menggabungkan subtitle dengan film jika kamu menonton menggunakan laptop.

2 Cara Menggabungkan Video dan Subtitle di Laptop

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba langsung, mulai dari yang menggunakan software maupun tanpa software atau aplikasi pun juga ada. Simak ulasan lengkapnya, ya!

Baca juga:  Nonton Streaming Forget You Remember Love (2020) Sub Indo

Tanpa Aplikasi

Menggabungkan video dengan subtitle di laptop sebenarnya sangat mudah, tinggal drag and drop saja sudah bisa. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, lebih tepatnya file subtitle yang berbentuk srt atau ass.

Itu merupakan sebuah file yang berisikan sebuah teks atau subtitle pada suatu film. Pastikan pada film tersebut sudah ada file srt atau file subtitle. Jika belum ada silahkan download. Selanjutnya ikuti cara di bawah ini:

  • Buka film dengan menggunakan software pemutar film bawaan atau software tambahan
  • Jika film sudah dibuka, kemudian cari subtitlenya
  • Berikutnya klik kiri, tahan, dan seret file ke video, selanjutnya drop atau lepas di video yang sedang diputarseret subtitle
  • Apabila sudah, maka secara otomatis subtitle akan tayang

cara menggabungkan subtitle dengan film di laptop

Catatan: Jika belum ada subtitlenya, maka silahkan ulangi lagi film dari awal alias dari 0. Biasanya secara otomatis akan muncul dengan sendirinya.

Menggunakan Software MkvToolNIX

Berikutnya untuk menggabungkan video dan subtitle di laptop kamu bisa menggunakan software yang bernama MkvToolNIX. Aplikasi ini bener-benar ampuh dalam menggabungkan file. Untuk berikutnya silahkan ikuti langkahnya berikut ini :

  • Pertama silahkan download software tersebut di situs mkvtoolnix
  • Berikutnya silahkan instal di perangkat laptop kalian
  • Apabila sudah selesai instal, dilanjut dengan menjalankan software tersebut
  • Lalu pada bagian kanan akan ada tulisan add, silahkan klik
  • Berikutnya akan muncul jendela baru, disitu silahkan pilih video dan subtitle yang ingin kamu gabungkan
  • Selanjutnya silahkan pilih buka
  • Lalu pilih saja start mixingstart mixing MkvToolNIX
  • Maka secara otomatis akan terproses, dan video akan ada subtitlenya.

cara menggabungkan subtitle dengan film di laptop

Penutup

Ternyata banyak sekali cara untuk menggabungkan subtitle dengan film, ya. Hal ini tentu memudahkan kita untuk menonton film dengan berbagai macam bahasa. Selain itu, cara menggabungkan subtitle dengan film pun mudah, bukan?

Baca juga:  Link Nonton Duda Pujaan Dara (2017) Full Episode

Nah, sekarang tunggu apa lagi. Yuk, tonton film favoritmu dengan subtitle. Jangan lupa untuk like  dan bagikan artikel ini, ya! Dan nantikan ulasan lainnya hanya di Sushi.id.

 

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Fitri Wahyuningsih

Fitri si naturalis. Punya pondok kayu sederhana di pegunungan dan menghabiskan masa tua dengan bercocok tanam adalah mimpinya.

drama korea tentang keluarga

10 Drama Korea Tentang Keluarga, Bikin Nangis dan Sayang Ortu

nonton Again My Life

Link Nonton Again My Life (2022) Sub Indo, Full Episode