6 Drama Korea Tentang Dokter yang Menginspirasi

Dramatisasi dunia medis yang menyentuh cinta dan kemanusiaan.

drama korea tentang dokter

Dunia medis memiliki sumber topik yang bervariasi untuk dijadikan cerita. Drama Korea tentang dokter akan memikat penonton karena penyakit adalah sesuatu yang akan dihadapi setiap manusia.

Bagaimana kecerdasan dan keahlian para dokter dalam menemukan penyakit dan mengobatinya memiliki bobot yang sama dengan cara menghadapi masalah yang bisa dirasakan semua orang.

Kehidupan dari para dokter dan interaksinya dengan pasien akan mudah dimengerti oleh siapa saja karena dekat sekali dengan kenyataan hidup semua orang.

Drakor tentu tidak ketinggalan dalam menggali berbagai topik dan cerita tentang dunia media. Sejauh ini bisa dipilih 6 drakor tentang dokter yang menginspirasi penikmat serial Korea.

6 drama Korea tentang dokter ini akan memberikan banyak gambaran, informasi dan manfaat yang berguna baik bagi penonton awam maupun para praktisi dunia media medis.

Mari kita baca masing-masing ringkasan dari kisah dari drakor tentang dokter yang bisa menginspirasi kamu ini, gengs!

 

Life (2018)

Politik di rumah sakit? Tentu saja ada. Ye Jin-Woo (Lee Dong-Wook), seorang dokter unit gawat darurat di Rumah Sakit Universitas Sangkook adalah sosok yang kharismatik dan disukai semua rekannya.

Ia sangat menghormati direktur rumah sakit, Lee Bo-Hoon (Cheon Ho-Jin). Namun, mendadak semua dikejutkan dengan Lee Bo-hoon yang jatuh dari lantai atas gedung rumah sakit.

Desas-desus yang beredar, direktur menggelapkan dana subsidi pemerintah ke dalam rekening pribadinya sendiri. Hal itu yang mendorongnya untuk bunuh diri walau dr. Ye tidak memercayainya.

Direktur rumah sakit yang barupun datang. Koo Seung-Hyo (Cho Seung-Woo) adalah seorang pebisnis sejati yang menganggap rumah sakit sama persis dengan perusahaan biasa.

Ia mulai melebur departemen-departemen rumah sakit yang ia anggap boros anggaran dan tidak memberikan keuntungan. Hal ini memicu pemogokan kerja staff rumah sakit.

Evolusi Koo sebagai seorang pebisnis yang hanya melihat dari satu sisi diceritakan sangat menarik. Begitu juga hubungan dr. Ye dengan adiknya yang cacat.

Life tidak memusatkan inti cerita pada interaksi pasien-dokter atau penyakit-penyakit yang ditangani. Drakor ini mengupas intrik dan dinamika para dokter di dalam hierarki rumah sakit.

Life bisa ditonton di platform streaming Netflix. Belum daftar? Yuk, buruan berlangganan Netflix.

Doctor Prisoner (2019)

Drama Korea tentang dokter berikutnya adalah Doctor Prisoner. Menceritakan Dr. Na Yi-Je (Nam Koong Min) adalah dokter bedah yang dipecat karena insiden yang tidak ia lakukan. Hal ini mendorongnya untuk menerima tawaran menjadi dokter kepala rumah sakit penjara.

Baca juga:  Nonton Film Interstellar (2014) Sub Indo Full Movie

Setelah bekerja di sana, dr. Na terlibat berbagai kasus yang menunjukkan bahwa para penjahat kelas berat yang kaya raya mendapatkan perlakuan istimewa di dalam penjara.

Para kriminal bergelar ‘VIP’ bisa menikmati hidup mewah dengan fasilitas yang tidak masuk akal untuk ukuran seorang terhukum, yang difasilitasi oleh kepala penjara sendiri yang korup.

Dr. Na harus menghadapi berbagai tantangan selagi menjalankan kewajibannya sebagai dokter. Sumpahnya untuk menyelamatkan nyawa kadang harus berseberangan dengan kepentingan pihak tertentu.

Selain kasus-kasus kesehatan para narapidana yang cukup unik, drakor ini juga mengupas kebobrokan sistem dalam penjara yang digambarkan memihak mereka yang kaya raya.

Doctor Prisoner bisa ditonton di platform streaming VIU dan Netflix

 

Romantic Dr. Kim (2016 & 2020)

Seorang dokter hebat yang eksentrik dengan julukan ‘Tangan Tuhan’, Dr. Boo Yong-Joo mendadak menghilang. Rupanya ia sekarang tinggal di kota terpencil dan dipanggil dr. Kim.

Dr. Kim disebut adalah dokter Romantis, bukan karena ia romantis, tapi karena sikapnya yang kadang seenaknya dan kejujurannya yang kadang bisa disalah artikan oleh mereka yang tidak mengenalnya.

Si dr. Kim yang romantis ini tetap saja seorang ahli bedah hebat yang diincar banyak dokter muda untuk menimba ilmu. Dua dokter muda Kang Dong-joo (Yoo Yeon-seok) dan Yoon Seo-Jung (Seo Hyun-jin) mengikutinya dan menjadikan dr. Kim mentor mereka.

Drakor ini begitu sukses sehingga akhirnya studio memutuskan untuk melanjutkan dr. Kim ke musim kedua. Pemeran dr. Kim, aktor senior Han Suk-kyu kembali lagi walau ada sejumlah pemain baru.

Di musim keduanya, dr. Kim bekerja di sebuah rumah sakit kecil Doldam dan memiliki dua murid baru. Kedua dokter muda ini diperankan oleh aktris Lee Sung-kyung dan Ahn Hyo-seop.

Drama Korea tentang dokter ini memiliki naskah yang menarik dan kuat. Chemistry antar pemainnya sangat baik, menunjukkan perubahan dan kedewasaan para dokter di bawah pendidikan dr. Kim.

Baca juga:  Jinxed At Fist: Dewi Keberuntungan yang Ditunggu

Sikapnya yang lugas tapi simpatik mengungkap idealisme dan hati nuraninya yang mulia. Aksi mereka mengobati pasien digambarkan sangat heroik dan mengharukan.

Romantic Dr. Kim tidak diragukan lagi adalah salah satu drama tentang para dokter terbaik yang bisa ditonton.

Romantic Dr. Kim Season 1 dan 2 bisa ditonton di Netflix

 

Doctors (2016)

Walau drama Korea tentang dokter ini punya porsi romance yang lebih besar, tapi porsi cerita tentang kasus-kasus penyakit dan interaksi dengan para pasiennya masih seimbang.

Percintaan murid dan guru yang berlangsung antara Yoo Hye-jung (Park Shin-hye) dan Hong Ji-hong (Kim Rae-won) juga menarik. Jo-hong menjadi guru karena izin praktiknya sedang disuspensi.

Ia membantu Hye-jung yang saat itu temperamental dan suka bikin onar akibat dibuang oleh orang tuanya. Ia meyakinkan Ji-hong lah yang membuat Hye-jung yakin kalau ia juga bisa berhasil.

Walau saat itu Ji-hong tetap menjada hubungan sebatas murid dan guru, mereka terpisah selama 13 tahun. Mereka bertemu lagi dan kini mereka sama-sama berprofesi sebagai dokter bedah.

Chemistry antara aktris Park Shin-hye dan aktor Kim Rae-won yang meyakinkan membuat kisah percintaannya sangat manis. Selain itu, jenis-jenis penyakit dan dinamika para pasiennya juga bagus.

Uniknya, perbedaan usia yang lumayan jauh antara Kim Rae-won dan Park Shin-hye tidak menjadikan kisah percintaannya menjadi canggung.

Adu akting mereka yang sempurna menunjukkan proses kedewasaan si mantan murid bertemu dengan karakter bijaksana sang dokter muda dengan alamiah.

Doctors bisa ditonton di platform streaming Netflix

 

Doctor John (2019)

Masih ingat drama The Devil Judge? Sebelum membintangi drama rilisan tahun 2021 tersebut, aktor serba bisa Ji Sung berperan sebagai seorang spesialis anastesi yang memiliki karakter menarik. Sikapnya yang arogan diimbangi dengan kejeniusannya dalam mendiagnosa sumber rasa sakit.

Karena ketertarikannya terhadap rasa sakit, John memusatkan perhatiannya ke jenis-jenis rasa sakit akut dan kronis para pasiennya. Ia lalu dibantu oleh dokter muda Cha Yo-han (Lee Se-young).

Dr. Cha memiliki karakter yang bertolak belakang dengan John. Ia cerdas, hangat dan sangat ramah terhadap para pasien.

Berdua, mereka menggunakan perbedaan karakter ini menjadi kombinasi yang efektif untuk mencari tahu penyebab rasa sakit dari pasien-pasien yang datang untuk berobat ke rumah sakit mereka.

Baca juga:  10 Film Kapal Selam Terbaik Tentang AS dan Rusia

Sikap John yang awalnya kaku, dingin dan sulit ditebak akhirnya melunak saat menghadapi dr. Cha. Rasa hormat dan cinta pun akhirnya mulai tumbuh di antara mereka.

Adu akting Ji Sung dengan aktris Lee Se-young juga sangat pas dan menghasilkan chemistry yang sempurna.

Doctor John bisa ditonton di platform streaming Netflix

Hospital Playlist (2020 & 2021)

Drama Korea tentang dokter yang satu ini memfokuskan pada persahabatan antara lima orang dokter spesialis. Mereka bersahabat sejak masuk kuliah dan kini praktik di rumah sakit yang sama.

Hospital Playlist disebut-sebut sebagai drakor medical terbaik asal Korea. Walau terfokus pada persahabatan para dokter, serial ini juga dipadati berbagai kasus medis menarik untuk disimak.

Naskahnya yang kuat dan padat menjadikan drakor ini tontonan yang ringan tapi berisi. Persahabatan kental kelima dokter ini juga diselingi drama para pasien yang menyentuh.

Yang istimewa dari serial ini, kelima dokter yang bersahabat ini selalu latihan band setiap akhir minggu dan memilih satu lagu untuk dibawakan.

Keempat aktor dan aktris utamanya juga bermain musik dan menyanyikan sendiri lagu-lagunya secara live.

Aktor Jo Jung-suk berperan sebagai spesialis bedah umum Lee Ik-jun, Yoo Yeon-seok sebagai spesialis bedah anak-anak Ahn Jeong-won.

Aktor Jung Kyung-ho sebagai spesialis bedah jantung Kim Jun-wan dan Kim Dae-myung sebagai spesialis kandungan Yang Seok-hyeong.

Satu-satunya perempuan di antara mereka, aktris Jeon Mi-do, berperan sebagai spesialis bedah saraf Chae Song-hwa. Dengan sifat dan kelakuan yang khas, masing-masing karakter ini membuat penonton jatuh hati dan mendukung mereka semua.

Hospital Playlist musim 1 dan Hospital Playlist 2 bisa ditonton di platform streaming Netflix.

Penutup

Grey’s Anatomy yang sudah nyaris menyentuh dua dekade, E.R yang membuat George Clooney menjadi superstar dan Scrubs yang memorable adalah bukti bahwa drama tentang dokter sangat populer.

Hal ini karena perhatian penonton langsung terfokus jika ada cerita yang menunjukkan kerapuhan dan kelemahan tubuh manusia. Semua aspek dijadikan pelajaran berharga karena pentingnya kesehatan.

Semoga 6 drakor tentang dokter ini bisa menjadi pengingat bagi kita semua, betapa mahalnya harga tubuh yang sehat.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai pola hidup yang sehat. Kita bisa melakukannya sambil nonton drakor tentang dokter yang keren-keren ini!

 

 

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Naila Fauzia

Boku No Hero Movie 3 Sub Indo

Nonton Boku No Hero Movie 3: World Heroes Mission Sub Indo

film hyun bin

10 Film dan Drama Hyun Bin Terbaik yang Paling Populer