10 Film Action Terbaik Dunia yang Paling Seru dan Menegangkan

film action terbaik

Mulai dari Mad Max: Fury Road (2015) hingga Seven Samurai (1954), deretan film action terbaik versi Sushi.id ini bakal mengiburmu lewat adegan perkelahian, perjuangan para tokoh utama, dan alur cerita yang menarik.

Film action atau laga merupakan salah satu jenis film yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Sarat dengan adegan seru, menegangkan dan bahkan sampai memacu adrenalin, tak ayal film jenis ini seringkali memuncaki posisi teratas box office internasional.

Nah, kali ini kami mau ulas deretan film action terbaik sepanjang masa. Adapun film-film yang kami pilih ini tidak hanya film action Hollywood, namun ada juga film Jepang, Tiongkok, dan Indonesia.

Film Action Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Penasaran dengan film action apa saja yang Sushi.id rekomendasikan? Yuk, langsung saja simak daftarnya.

Mad Max: Fury Road (2015)

film action terbaik hollywood mad max fury road

Mad Max: Fury Road merupakan film keempat dari serial film Mad Max yang ditulis, disutradarai, dan diproduseri oleh George Miller.

Di film Fury Road ini, Max Rockatansky (Tom Hardy) akan berkelana di gurun paska-apokaliptik. Max tidak sendirian, dia ditemani dengan kapten AWOL yang bernama Imperator Furiosa (Charlize Theron).

Keduanya mencoba untuk kabur dari pemimpun kultus bernama Immortan Joe (Hugh Keays-Byrne) dan pasukannya yang mengendarai di truk lapis baja.

Sepanjang film kamu akan melihat pertarungan super seru yang bakal bikin tegang.

Bisa dikatakan, Mad Max: Fury Road memiliki segala unsur action mulai dari tembak-tembakan, kejar-kejaran, ledakan, dan penjahat yang mengerikan.

    • Tayang: 15 May 2015 (USA)
    • Rumah Produksi: Kennedy Miller Mitchell
    • Distributor: Warner Bros. Pictures (International)
    • Durasi: 2 jam
    • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
    • Rating IMDB: 8,1/10

Die Hard (1988)

die hard 1988

Berikutnya adalah Die Hard. Film yang dibintangi Bruce Willis ini disebut sebagai salah satu film action Hollywood terbaik yang pernah ada.

Sebagaimana kita ketahui bersama, belakangan ini film-film action menceritakan seorang pahlawan atau orang yang spesial karena alasan tertentu.

Nah, film Die Hard itu berbeda, geng. Karena film ini menampilkan orang biasa yang kebetulan ada di tempat dan waktu yang salah.

Die Hard dirilis pada tahun 1988 dan merupakan film perdana dari serial film Die Hard. Film ini menceritakan seorang polisi yang sedang tidak bertugas bernama Jon McClane (Bruce Willis) yang terpaksa harus menjalani misi untuk menghabisi teroris yang dipimpin oleh Hans Gruber (Alan Rickman) pada malam natal.

Kalau kamu ingin melihat Bruce Willis ketika masih muda, film ini wajib banget kamu tonton!

Selain itu, Die Hard juga berhasil masuk nominasi Academy Awards atau piala Oscar untuk kategori Best Sound Effects Editing, Best Film Editing, Best Sound, dan Best Visual Effects.

      • Tayang: 20 July 1988 (USA)
      • Rumah Produksi: Gordon Company dan Silver Pictures
      • Distributor: 20th Century Fox
      • Durasi: 2 jam 12 menit
      • Genre: Action, Thriller
      • Rating IMDB: 8,2/10
Baca juga:  Nonton The Good Detective (2020) Sub Indo, Streaming Online

Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)

film action terbaik dunia

Selanjutnya ada film asal Tiongkok. Ya, Crouching Tiger, Hidden Dragon adalah film asing yang mengukir sejarah di Amerika Serikat (highest-grossing foreign-language).

Film ini digarap oleh sutradara kenamaan Hollywood asal Tiongkok Ang Lee dan dibintangi oleh aktor dan aktris Tiongkok ternama sebut saja Chow Yun-fat dan Zhang Ziyi.

Film ini secara keseuluruhan menceritakan Li Mu Bai (Chow Yun-fat), seorang jago kung fu dan ahli pedang. Dia selama ini melakukan perjalanan untuk memburu Jade Fox untuk membalaskan dendamnya.

Akan tetapi, setelah sekian lama dia memutuskan untuk pensiun (meletakkan pedangnya) karena selalu merasakan kesedihan. Kemudian, dia menyerahkan pedang pusaka yang dia miliki kepada Yu Shu Lien (Michelle Yeoh) untuk diserahkan kepada Tuan Te (Sihung Lung).

Setelah menyerahkan pedang itu kepada Tuan Te, tidak lama berselang pedang itu dicuri oleh wanita bertopeng yang misterius (Zhang Ziyi).

Film ini menerima banyak pujian dari para kritikus film internasional dan puncaknya, Crouching Tiger, Hidden Dragon berhasil memenangkan lebih dari 40 penghargaan di ajang penghargaan internasional termasuk Academy Awards untuk kategori Best Foreign Language Film, Best Art Direction, Best Original Score, dan Best Cinematography.

      • Tayang: 12 January 2001 (USA)
      • Distributor: Sony Pictures Releasing
      • Durasi: 2 jam
      • Genre: Action, Adventure, Fantasy
      • Rating IMDB: 7,8/10

Seven Samurai (1954)

seven samurai 1954

Sekarang kita beralih ke Jepang. Memang ini adalah film jadul tapi Seven Samurai merupakan salah satu film action terbaik yang Jepang miliki.

Film yang mengangkat genre drama samurai ini ditulis, diedit, dan disutradarai oleh Akira Kurosawa. Kurosawa adalah sutradara terbaik yang Jepang pernah miliki dan dianggap sebagai filmmakers paling berpengaruh dalam sejarah perfilman.

Seven Samurai mengambil latar di tahun 1586 pada periode Sengoku. Secara keseluruhan film ini menceritakan para petani di desa yang mempekerjakan tujuh ronin (samurai tak bertuan) untuk mengalahkan bandit-bandit yang mencuri hasil panen mereka.

Sejak perilisannya hingga saat ini, Seven Samurai terus menduduki peringkat tinggi dalam daftar salah satu film terbaik sepanjang masa, seperti pada BFI’s Sight & Sound dan polling Rotten Tomatoes.

Film ini juga terpilih sebagai film berbahasa asing terbaik dalam polling kritik BBC tahun 2018. Seven Samurai hingga saat ini masih menjadi film yang sangat berpengaruh.

      • Tayang: 19 November 1956 (USA)
      • Rumah Produksi dan distributor: Toho
      • Durasi: 3 jam 27 menit
      • Genre: Action, Adventure, Drama
      • Rating IMDB: 8,6/10

Raiders of the Lost Ark (1981)

raiders of the lost ark

Salah satu film Indiana Jones yang wajib kamu tonton minimal sekali seumur hidup adalah Raiders of the Lost Ark. Dirilis pada 1981, film pertama dari waralaba Indiana Jones ini disutradarai oleh Steven Spielberg dan dibintangi oleh Harrison Ford.

Raiders of the Lost Ark menceritakan Indiana Jones atau Indy (Harrison Ford), seorang arkeolog yang pergi ke pedalaman hutan untuk mencari artefak Golden Idol.

Baca juga:  Nonton Pandemic (2016) Sub Indo, Film Streaming

Setelah mendapatkan artefak kuni itu, arkeolog saingannya Rene Belloq (Paul Freeman) ternyata sudah menanti Indy di luar hutan bersama dengan penduduk asli.

Rene memaksa Indy untuk menyerahkan artefak itu. Kemudian Indy kabur ke Amerika Serikat. Di kampus tempatnya mengajar, Indy didatangi dua orang tak dikenal dan memberitahu bahwa mentornya sedang diburu tentara Nazi yang mencari tongkat bernama Ark of The Covenant.

Raiders of The Lost Ark mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi, termasuk Academy Awards untuk kategori Best Art Director, Best Film Editing, Best Sound, Best Sound Effects Editing, dan Best Visual Effects.

      • Tayang: 12 June 1981 (USA)
      • Rumah Produksi: Lucasfilm Ltd.
      • Distributor: Paramount Pictures
      • Durasi: 1 jam 55 menit
      • Genre: Action, Adventure |
      • Rating IMDB: 8,4/10

Black Panther (2018)

film action terbaik 2018 black panther

Tak bisa dipungkiri Black Panther adalah salah satu film terbaik yang diproduksi Marvel Studios. Selain menghadirkan cerita yang paling mendebarkan, film ini juga menampilkan adegan penuh aksi dengan efek visual yang memanjakan mata.

Black Panther menceritakan pangeran T’Challa (Chadwick Boseman) yang harus kembali ke negara asalnya (negara fiktif bernama Wakanda). Ia dipanggil pulang untuk menggantikan ayahnya yang meninggal sebagai raja Wakanda yang baru.

Sutradara Ryan Coogler mengemas film ini dengan sangat sempurna mulai dari pengembangan karakternya hingga jalan cerita yang menarik.

Bahkan, Richard Roeper dari Chicago Sun-Times menyebut Black Panter adalah salah satu film superhero terbaik di abad ini!

      • Tayang: 16 February 2018 (USA)
      • Rumah Produksi: Marvel Studios
      • Durasi: 2 jam 14 menit
      • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
      • Rating IMDB: 7,3/10

John Wick (2014)

film action terbaik 2014 john wick

Film ini adalah film pertama dari trilogi John Wick. Dirilis pada 2014, John Wick disutradarai oleh sutradara yang memang terkenal sering membuat film action-thriller bernama Chad Stahelski.

Film John Wick menampilkan banyak adegan berantem yang durasinya panjang ditambah dengan adegan tembak-tembakan.

Film ini menceritakan John Wick (Keanu Reeves) yang mencari pria yang masuk ke rumahnya, mencuri mobil, dan membunuh anjing kesayangannya. Nah anjing ini adalah hadiah dari istri John yang telah meninggal.

John Wick mendapatkan banyak review positif dari para kritikus film dan mereka menyebut bahwa ini adalah salah satu penampilan terbaik Keanu Reeves.

Kesuksekan film pertamanya ini berlanjut pada John Wick: Chapter 2 dan John Wick: Chapter 3 – Parabellum. Bahkan John Wick 4 akan segera dirilis pada 2021.

      • Tayang: 24 October 2014 (USA)
      • Rumah Produksi: Summit Entertainment, Thunder Road Pictures, dan 87Eleven Productions
      • Durasi: 1h 41min
      • Genre: Action, Crime, Thriller
      • Rating IMDB: 7,4/10

The Dark Knight (2008)

the dark knight 2008

Nah, buat kamu penggemar Batman, film kedua dari trilogi Batman garapan Christopher Nolan yakni The Dark Knight merupakan salah satu film action terbaik bertemakan superhero.

Dalam film ini musuh Bruce Wayne/Batman (Christian Bale) adalah Joker (Heath Ledger) dan Two-Face (Aaron Eckhart).

Secara keseluruhan, The Dark Knight mengisahkan gimana Batman bersama dengan polisi James Gordon (Gary Oldman) bekerja sama untuk melawan organisasi kriminal di Gotham, tetapi diancam oleh anarkis yang dikenal sebagai Joker, yang berusaha untuk merusak pengaruh Batman dan mengubah kota menjadi kacau.

Baca juga:  Baca Manga Kimetsu no Yaiba Bahasa Indonesia

Kami sendiri bisa mengatakan bahwa The Dark Night merupakan film superhero terbaik bahkan film-film Marvel hingga saat ini belum bisa mengalahkannya.

Christopher Nolan mengemas film ini dengan sangat apik ditambah score yang digarap Hans Zimmer dan James Newton-Howard bisa membuat siapapun yang mendengarnya merasa invincible.

      • Tayang: 18 July 2008 (USA)
      • Rumah Produksi: Warner Bros. Pictures
      • Durasi: 2 jam 30 menit
      • Genre: Action, Crime, Drama
      • Rating IMDB: 9,0/10

Star Wars: Episode IV – A New Hope (1974)

star wars episode iv new hope

Dari waralaba Star Wars yang sangat fenomenal hingga saat ini, kami memilih film Star Wars: Episode IV – A New Hope.

Film yang disutradarai oleh George Lucas ini berfokus pada perjalanan Luke Skywalker (Mark Hamill) bersama dengan Han Solo (Harrison Ford) dan Master Jedi Obi-Wan Kenobi (Alec Guinness) yang mencoba untuk membebaskan Princess Leia (Carrie Fisher) dari Sith Lord Darth Vader.

Hingga saat ini film Star Wars: Episode IV – A New Hope merupakan film keempat dengan pendapatan terbesar di dunia dan pada 1975 menerima 10 nominasi Oscar termasuk Best Picture. Dari 10 nominasi, film ini berhasil membawa pulang tujuh piala Oscar.

Star Wars: Episode IV – A New Hope dianggap sebagai salah satu film terhebat sepanjang masa dan yang terbaik di antara semua film Star Wars.

      • Tayang: 25 May 1977 (USA)
      • Rumah Produksi: Lucasfilm
      • Distributor: 20th Century Fox
      • Durasi: 2 jam 1 menit
      • Genre: Action, Adventure, Fantasy
      • Rating IMDB: 8,6/10

The Raid: Redemption (2011)

film action terbaik indonesia

Kami sendiri tak mau ketinggalan memasukkan film action terbaik Indonesia yakni The Raid: Redemption yang sekaligus melambungkan nama aktor laga Indonesia ke kancah dunia.

The Raid: Redemption disutradari oleh Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais. Film ini menceritakan sebuah tim pasukan khusus yang ditugaskan untuk menyerbu apartemen. Apartemen ini adalah tempat persembunyian gembong narkotik.

Pertama kali The Raid: Redemption dipublikasi pada Festival Film Internasional Toronto dan para kritikus memuji film ini sebagai salah satu film laga terbaik.

The Raid: Redemption menampilkan adegan pertarungan yang sangat menantang dan penuh darah bahkan sampai membuat penulis sendiri gregetan.

      • Tayang: 13 April 2012 (USA)
      • Rumah Produksi: PT. Merantau Films dan XYZ Films
      • Durasi: 1h 41min
      • Genre: Action, Thriller
      • Rating IMDB: 7,6/10

Penutup

Nah, itulah dia beberapa rekomendasi film action terbaik sepanjang masa dan ter-update di tahun 2020 yang tak boleh kamu lewatkan.

Sebenarnya selain kesepuluh film di atas masih banyak film action lainnya seperti Gladiator, The Matrix, Bourne Identity, Casino Royale, dan film Avengers.

Nah, apakah kamu setuju sama film-film yang sudah penulis ulas? Kalau kamu punya rekomendasi lainnya jangan sungkan untuk sampaikan pendapatmu di kolom komentar yang ada di bawah, ya!

Ikuti terus artikel seputar Film hanya di Sushi.id!

Written by Andin A.

Former content writer for big companies and small startups. Currently working as SEO Writer for Sushi.id. Sometimes I read politics and international affairs. Contact me: [email protected]

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
Film Romantis Hollywood Tersedih

5 Film Romantis Hollywood Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

10 Pria Terganteng Dunia Ada di Korea, BTS Jin Nggak Termasuk?