7 Film Anak-Anak Terbaik yang Seru, Mendidik, dan Inspiratif

film anak-anak

Saat ini tayangan film lebih banyak ditujukkan untuk orang dewasa. Bahkan film kartun saja, seringkali belum tentu baik untuk anak-anak lantaran mengandung adegan kekerasan, perkelahian, dan kata-kata yang tidak sopan.

Membiarkan anak-anak menonton film yang menampilkan perilaku buruk tersebut tentu tidak baik. Oleh karenanya, kita sebagai orang dewasa perlu menyeleksi terlebih dahulu tayangan yang hendak mereka tonton.

Dengan begitu, anak-anak akan mendapatkan berbagai nilai dan pesan positif yang disampaikan, sekaligus bisa meneladani tokoh baik dalam film.

Film Anak-Anak Terbaik

Buat kamu yang sedang mencari tayangan untuk anak-anak, berikut adalah rekomendasi yang cocok ditonton untuk semua umur.

Tak hanya mendidik dan inspiratif, deretan film ini juga memberikan gambaran perilaku yang baik.

Toy Story (1995)

Film garapan studio Pixar Animation ini merupakan film animasi bergenre komedi dan petualangan.

Dirilis pada 1995, film ini mengisahkan petualangan dan rivalitas dua mainan milik Andy Davis yakni Woody dan Buzz Lightyear.

Awalnya, Woody, sebuah mainan cowboy, adalah pemimpin dan mainan favorit Andy. Ketika dia berulangtahun, kedua orangtuanya memberinya kejutan, sebuah mainan pahlawan luar angkasa yang tampak lebih keren, Buzz Lightyear.

Sejak saat itu, Woody merasa cemburu hingga suatu ketika keduanya harus terperangkap di dalam rumah, Sid, tetangga Andy yang suka menyiksa mainan.

Pesan yang ingin disampaikan film Toy Story bahwa anak-anak haruslah mencintai dan merawat mainannya dengan baik.

Lion King (1994)

Film animasi yang kini disebut Disney classic ini dirilis pada 7 Mei 1994 dan disutradarai oleh Roger Allers dan Rob Minkoff.

Baca juga:  Nonton Film The Thaw (2009) Sub Indo Full Movie HD

Lion King menceritakan alur cerita yang menarik tentang kerajaan hewan di Afrika, Pride Rock. Kerajaan ini dipimpin oleh seekor singa jantan bernama Mufasa. Mufasa memiliki anak bernama Simba yang telah ditetapkan sebagai penerus raja hutan.

Akan tetapi, sang paman, Scar, tidak rela kalau keponakannya menjadi raja. Kemudian, Scar bekerja sama dengan Hyena untuk membunuh Mufasa. Scar mengatakan kepada Simba bahwa ayahnya tewas karena dia.

Kemudian Simba kabur dan bertemu dengan Timon dan Pumba yang akhirnya menjadi sahabatnya. Setelah Simba tumbuh menjadi singa jantan yang gagah, dia bersama sahabatnya kembali ke Pride Rock untuk merebut apa yang seharusnya menjadi miliknya.

Film The Lion King menggarisbawahi harapan, cinta, dan pentingnya tanggung jawab.

Mirai (2018)

Film anak-anak selanjutnya adalah Mirai. Film animasi Jepang yang dirilis pada 2018 ini digarap oleh sutradara Mamoru Hosoda dan diproduksi oleh Studio Chizu.

Film ini mengisahkan seorang anak laki-laki bernama Kun. Ketika dia berusia empat tahun, adik perempuannya, Mirai, lahir.

Awalnya dia senang memiliki adik, namun lama kelamaan, Kun menjadi cemburu ketika kedua orangtuanya memberikan perhatian kepada Mirai.

Sepanjang film penonton akan melihat bagaimana Kun yang tadinya seorang anak manja menjadi seorang kakak yang bisa diandalkan.

Mirai mengajarkan betapa pentingnya keluarga dan apa arti mencintai dan dicintai.

Zootopia (2016)

Zootopia adalah film animasi 3D yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Film yang disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore ini mengambil tempat di sebuah dunia, di mana para binatang hidup rukun.

Di dunia ini hiduplah seekor kelinci Juddy Hopps yang bercita-cita ingin menjadi polisi. Suatu ketika, dia bertemu dengan seekor rubah, Nick Wilde dan keduanya bekerja sama untuk mengungkap konspirasi berbahaya yang menyebabkan hilangnya para predator.

Baca juga:  Baca Komik One-Punch Man Bahasa Indonesia Terbaru

Film ini mengajarkan toleransi dan saling percaya kepada teman.Selain itu, anak-anak juga bisa mengenal berbagai macam hewan dari berbagai tempat di dunia.

The Good Dinosaur (2015)

Film besutan studio animasi Pixar ini mengisahkan bagaimana ratusan juta tahun lalu, alih-alih meteor jatuh ke bumi ternyata cuma lewat saja, sehingga spesies dinosaurus masih hidup.

Pada suatu hari dinosaurus remaja bernama Arlo mendapati seorang anak kecil yang merupakan manusia purbakala sedang mencuri persediaan jagung milik keluarganya. Merasa kasihan, Arlo membebaskan anak itu.

Namun, ketika hal itu diketahui ayahnya, sang ayah marah besar dan menyuruh Arlo mengejar anak kecil itu. Arlo berhasil menemukan si anak dan bersama-sama keduanya menempuh petualangan seru.

Pesan moral yang terdapat dalam film The Good Dinosaur antara lain belajar melawan rasa takut, arti dari sahabat sejati, menanamkan rasa tanggung jawab, dan memberikan pengertian bahwa keluarga adalah segalanya.

My Neighbor Totoro (1998)

Selanjutnya, ada film garapan sutradara kenamaan animasi Jepang, Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli bertajuk My Neighbor Totoro.

My Neighbor Totoro menceritakan sebuah keluarga Kusakabe yang memiliki dua orang anak perempuan bernama Satsuki dan Mei.

Kedua anak ini kemudian menjalin persahabatan dengan makhluk ajaib yang disebut Totoro.

Pesan moral yang disampaikan film anak-anak ini adalah sebagai manusia kita harus menjaga alam.

Finding Nemo (2003)

Finding Nemo merupakan salah satu film animasi Pixar Animation Studios yang dirilis pada tahun 2003.

Film ini mengisahkan petualangan seekor ikan clownfish bernama Marlin yang berusaha untuk mencari anaknya, Nemo.

Nemo terpisah dari sang ayah karena nekat berenang ke laut lepas.Tiba-tiba dia tertangkap jaring nelayan dan dijadikan ikan hias.

Baca juga:  Nonton Film Black Panther (2018) Sub Indo, Full Movie

Finding Nemo memperlihatkan kasih sayang orangtua khususnya ayah kepada anak. Hal ini tampak dari perjuangan Marlin yang rela melintasi lautan dan melakukan apa saja demi membawa pulang Nemo.

Penutup

Itulah dia tujuh film yang cocok ditonton bareng anak-anak.

Ikuti terus informasi seputar Film atau artikel menarik lainnya hanya di Sushi.id!

Written by Andin A.

Former content writer for big companies and small startups. Currently working as SEO Writer for Sushi.id. Sometimes I read politics and international affairs. Contact me: [email protected]

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
nonton Anime Maou Gakuin no Futekigousha Shijou Saikyou sub indo

Nonton Anime Maou Gakuin no Futekigousha Shijou Saikyou

film Lee Min Ho

5 Film Korea Lee Min Ho Terbaik dan Terpopuler