15 Film Animasi Terbaik Dunia Yang Wajib Ditonton!

film animasi terbaik

Animasi seringkali diasosiasikan sebagai hiburan anak-anak. Namun, benarkah animasi hanya menarik untuk hiburan bagi penonton anak-anak saja? Film animasi apa saja yang kalian ketahui? Artikel ini akan membahas dan memberikan 15 rekomendasi film animasi terbaik dunia yang wajib kalian tonton! 

Kalian ingat tidak perasaan menyenangkan ketika menonton film animasi ketika masih anak-anak atau remaja dulu? Sebelum kebanyakan dari kita beralih kepada tontonan film yang dianggap lebih cocok untuk orang dewasa. 

Pandangan bahwa film animasi lebih layak dikonsumsi untuk penonton yang lebih muda ini umumnya juga berasal dari anggapan bahwa film animasi hanya menyampaikan kisah-kisah ringan yang tidak bisa diapresiasi secara serius. 

Padahal sangat banyak sutradara dan penulis di luar sana yang memilih film animasi untuk mengadaptasi ide-ide mereka. Pilihan untuk membuat film animasi biasanya disebabkan karena pencipta ide seperti sutradara dan penulis merasa lebih leluasa dan tidak menemukan kendala atau batasan untuk merealisasikan ide dan cerita mereka seperti yang biasa didapati dalam medium selain animasi. 

Ini menandakan bahwa film animasi adalah medium yang sama seriusnya dengan jenis-jenis film lain. Jadi, gaes, apalagi yang menghalangi kalian untuk menikmati film animasi? 

Rekomendasi Film Animasi Terbaik Dunia

Menonton film animasi dapat membantu kita untuk menemukan kembali rasa semangat yang menyenangkan dan melatih imajinasi yang mungkin saja sudah ditumpulkan oleh kehidupan sehari-hari. Lalu sebaiknya memulai dari mana?

Tidak perlu bingung! Penulis sudah merangkum rekomendasi film animasi dunia yang wajib kalian tonton! Berikut ini daftarnya!

Mary and Max (2009) 

film animasi terbaik mary and max
Mary and Max (2009)

Mary and Max adalah film animasi stop-motion bergenre komedi-drama tahun 2009 yang merupakan film animasi pertama bagi sutradara Adam Elliot. 

Film ini menceritakan tentang persahabatan yang unik antara Mary, seorang gadis kesepian berumur delapan tahun yang berasal dari Melbourne dan Max, seorang pria obesitas berumur 44 tahun yang tinggal di New York.

Mereka hanya mengenal satu sama lain sebagai sahabat pena dan persahabatan mereka selama 20 tahun diwarnai dengan berbagai kisah lucu dan mengharukan. Akankah Mary bertemu dengan Max pada akhirnya?

Spirited Away (2001) 

film animasi terbaik spirited away
Spirited Away (2001)

Membicarakan film daftar animasi terbaik dunia tidak lengkap rasanya kalau tidak menyebut karya Hayao Miyazaki. Spirited Away adalah film animasi fantasi dari Jepang yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan dibuat oleh Studio Ghibli

Spirited Away bercerita tentang Chihiro, seorang gadis berumur 10 tahun yang pindah ke kota baru. Tanpa sengaja kemudian Chihiro dan kedua orang tuanya memasuki dunia roh. Setelah orang tuanya diubah menjadi babi oleh Yubaba, seorang penyihir kejam, Chihiro harus bekerja di pemandian air panas milik Yubaba sambil berusaha mencari cara agar dia dan keluarganya dapat kembali ke dunia manusia.

Film ini tercatat sebagai film paling sukses di sejarah perfilman Jepang dengan pendapatan 347 juta dollar dan meraih Piala Oscar untuk film animasi terbaik di ajang penghargaan Academy Awards ke-75.

Kemenangan Spirited Away ini juga merupakan yang pertama bagi film animasi tradisional dua dimensi yang tidak berbahasa Inggris di Academy Awards.

Grave of The Fireflies (1988) 

Grave of The Fireflies (1988)

Nah, Studio Ghibli tidak hanya memiliki Hayao Miyazaki, tapi juga sutradara hebat seperti Isao Takahata. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Grave of The Fireflies yang memperlihatkan keadaan Jepang di penghujung Perang Dunia Ke-2.

Film animasi ini menceritakan kisah mengharukan tentang sepasang kakak-beradik, Seita dan Setsuko yang harus bertahan hidup di masa-masa mendekati akhir perang.

Film ini identik dengan gekiga (gambaran dramatis), salah satu gaya penceritaan visual yang seringkali digunakan oleh anime dan manga (animasi dan komik jepang) untuk menceritakan tema-tema serius seperti masa-masa memprihatinkan pasca Perang Dunia ke-2 di Jepang.

Kalau ngga kuat cerita sedih lebih baik nonton sendirian agar lebih puas menangis pada saat menonton, ya, gaes!

Toy Story (1995) 

film animasi terbaik toy story
Toy Story (1995)

Siapa yang tidak tahu dengan Toy Story? Film animasi tahun 1995 yang disutradarai oleh John Lester dan distribusikan oleh Walt Disney ini merupakan film pertama yang membesarkan reputasi Pixar sebagai salah studio animasi terbaik dunia.

Toy Story bercerita tentang kehidupan rahasia para mainan ketika manusia tidak melihat.

Cerita berfokus pada petualangan dan konflik antara boneka cowboy bernama Woody dan action-figure astronaut bernama Buzz Lightyear, keduanya bersama teman-teman mereka adalah mainan milik seorang anak bernama Andy.

Kesuksesan Toy Story mendorong Pixar untuk membuat 3 sequel yang mengikuti film ini dan masih berfokus pada petualangan yang dialami mainan-mainan milik Andy.

Coco (2017)

film animasi terbaik coco
Coco (2017)

Coco adalah film animasi sukses lainnya dari Pixar yang dirilis pada tahun 2017 lalu.

Coco bercerita tentang Miguel yang bermimpi untuk menjadi seorang musisi meskipun keluarganya memiliki pantangan dan larangan yang keras terhadap musik.

Merasa putus asa dalam perjalanan mencapai mimpinya, Miguel tanpa sengaja memasuki Dunia Orang Mati yang menakjubkan.

Di Dunia Orang Mati ini Miguel mengalami petualangan seru untuk menemukan jati diri dan suatu rahasia tentang keluarganya. Wah, rahasia apa itu? 

Akira (1988) 

Akira (1988)

Akira merupakan film animasi tahun 1988 bertema post-apocalyptic cyberpunk yang ditulis dan disutradarai oleh Katsuhiro Otomo berdasarkan manga yang dibuatnya.

Berlatar di masa depan fiksional tahun 2019, kisah Akira berfokus pada Kaneda, seorang ketua geng motor dan sahabatnya sedari kecil, Tetsuo, yang tiba-tiba mendapat kekuatan telekinesis yang luar biasa setelah kecelakaan.

Kekuatan baru ini memicu serangkaian kejadian di tengah-tengah pemberontakan dan kekacauan di sebuah metropolis futuristik bernama Neo-Tokyo. 

Akira dikenal dan dikagumi atas pencapaian visualnya dalam animasi. Hal ini juga membuat Akira dianggap sebagai salah satu film animasi terbaik sepanjang masa dan mendorong meningkatnya popularitas anime di luar Jepang.

Ghost in The Shell (1995)

Ghost in The Shell (1995)

Masih dengan film animasi Jepang bertema cyberpunk, Ghost in The Shell adalah anime yang disutradarai Mamoru Oshii berdasarkan manga yang dikarang oleh Masamune Shirow.

Film ini berlatar Jepang di masa depan, tahun 2029, berkisah tentang Motoko Kusanagi, seorang cyborg sekaligus agen satuan badan kepolisian yang memburu seorang hacker misterius yang mengancam keamanan data di dunia dimana kesadaran manusia bergantung pada teknologi bionik.

Ghost in The Shell memadukan tema-tema filosofis tentang identitas diri dengan pertanyaan tentang kemajuan teknologi. Dengan tema-tema cukup berat tersebut, sama halnya dengan Akira, Ghost in The Shell adalah film animasi yang lebih cocok untuk diapresiasi oleh penonton dewasa.

The Nightmare Before Christmas (1993)

film animasi terbaik the nightmare before christmas
The Nightmare Before Christmas (1993)

Kembali ke film animasi stop-motion yang memiliki banyak pilihan menarik, The Nightmare Before Christmas tentunya adalah salah satu yang terbaik. Film animasi tahun 1993 karya kolaborasi Henry Sellick dan Tim Burton ini merupakan sebuah film dark-fantasy dengan unsur komedi yang dapat dinikmati oleh semua umur.

Bercerita tentang Jack Skellington, raja di sebuah tempat bernama “Halloween Town” yang dihuni oleh makhluk-makhluk menyeramkan seperti monster, hantu, penyihir dan semua yang identik dengan perayaan Halloween.

Pada suatu hari Jack Skellington merasa bosan dan hampa dengan perayaan Halloween dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Kunjungan tidak sengajanya ke “Christmas Town” sebuah kota bertema Natal dimana Santa Klaus berada, memberinya ide untuk menukar Halloween dan memberikan Natal untuk seluruh dunia.

Hanya satu masalahnya, Jack dan penghuni Halloween Town tidak mengerti apa itu Natal dan hanya tahu cara merayakan Halloween!

Dengan visual yang menakjubkan dan unik, The Nightmare Before Christmas merupakan salah satu film animasi terbaik yang dianggap sebagai cult-classic dan meninggalkan pengaruh besar dalam kebudayaan populer.

Coraline (2009) 

Coraline (2009)

Masih dengan film animasi stop-motion bertema dark-fantasy, Coraline yang diproduksi oleh Studio LAIKA dan juga disutradarai oleh Henry Sellick ini merupakan pilihan yang sayang untuk dilewatkan.Coraline diadaptasi dari buku cerita berjudul sama.

Baca juga:  Cara Download Musik di YouTube | Mudah, Cepat, & Hi-Res!

Film animasi ini menceritakan tentang Coraline, seorang gadis berjiwa petualang yang menemukan sebuah dunia ideal di balik sebuah pintu kecil di rumah barunya.

Dunia ini begitu menyenangkan hingga Coraline hampir tidak menyadari sebuah rahasia mengerikan yang tersembunyi dalam dunia tersebut. Wah, gaes, sebuah deskripsi yang cukup mendebarkan, ya?

Kimi no Na wa/Your Name (2016) 

film-animasi-terbaik-kimi-no-na-wa
Kimi no Na Wa/ Your Name (2016)

Kimi no Na Wa atau Your Name dalam rilisan internasionalnya, adalah sebuah film animasi Jepang tahun 2016 yang melejitkan nama Makoto Shinkai sebagai sutradara di kancah internasional.

Kimi no Na Wa merupakan film animasi bergenre fantasy-romance yang bercerita tentang seorang pemuda SMA di Tokyo dan seorang gadis SMA di kota terpencil yang tiba-tiba bertukar tubuh dan mempengaruhi hidup satu sama lain.

Kisah mengharukan mereka terus berlanjut untuk saling mengenal dan memahami diri masing-masing sementara sebuah komet dalam perjalanan menabrak bumi, wah, apa yang akan terjadi?

Summer Wars (2009) 

Summer Wars (2009)

Summer Wars adalah film animasi fiksi-ilmiah tahun 2009 dari Jepang yang disutradarai oleh Mamoru Hosoda.

Film ini berkisah tentang Kenji seorang pemuda SMA yang merupakan seorang jenius dalam bidang matematika.

Suatu hari senior perempuannya, Natsuki Shinohara, membawanya untuk berpura-pura menjadi pacar di perayaan ulang tahun nenek Natsuki di rumah keluarga mereka.

Namun pada saat di sana, Kenji dituduh terlibat dalam insiden hacking dunia virtual oleh sebuah kecerdasan buatan yang mengancam akan mengacaukan dunia.

Bagaimana petualangan musim panas Kenji, Natsuki serta keluarga besar Shinohara dalam menyelamatkan dunia?

Paprika (2006) 

Paprika (2006)
Paprika (2006)

Pernah kagum dengan efek visual di film Inception? Nah, film animasi tahun 2006 dari Jepang ini seringkali disebut sebagai sumber “contekan” dari Inception karya Christopher Nolan ini.
Paprika merupakan film animasi fiksi-ilmiah yang disutradarai oleh Satoshi Kon dan diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Yasutaka Tsutsui.

Paprika menceritakan tentang bagaimana di masa depan, sebuah alat bernama “DC Mini” memungkinkan manusia untuk mengalami, melihat dan masuk ke dalam mimpi manusia lain.

Tim peneliti yang bekerja dalam pengembangan “DC Mini” dikepalai oleh Dokter Asuka Chiba, mulai menggunakan alat tersebut dan alter ego-nya, “Paprika,” untuk secara diam-diam menolong pasien-pasien di luar fasilitas penelitian dan dalam prosesnya terlibat dalam sebuah kekacauan dan insiden yang menegangkan. Apa yang terjadi dalam petualangan antar realitas dan dunia mimpi ini?

Fantasia (1940)

Fantasia (1940)
Fantasia (1940)

Membicarakan film animasi terbaik dari barat tentu saja tidak terlepas dari pencapaian Walt Disney. Studio animasi dari Amerika Serikat ini telah menjadi bagian dari budaya populer yang sangat berpengaruh di seluruh dunia.

Salah satu pencapaian artistik studio ini adalah Fantasia yang pertama kali dirilis tahun 1940. Fantasia adalah film yang menginterpretasikan berbagai karya musik klasik barat ke dalam sekumpulan animasi.

Salah satu yang paling dikenal dari kumpulan klip animasi ini adalah “The Sorcerer’s Apprentice” yang menampilkan Mickey Mouse sebagai murid ceroboh dari seorang penyihir. Menonton Fantasia adalah pengalaman yang sangat menyenangkan dalam mengenal karya-karya pelopor film animasi di Barat. 

Chicken Run (2000) 

Chicken Run (2000)
Chicken Run (2000)

Rekomendasi film animasi stop-motion lainnya yang wajib ditonton adalah Chicken Run. Film animasi tahun 2000 ini disutradari oleh Peter Lord dan diproduksi oleh studio animasi terkenal, Aardman Animation. Pernah nonton serial animasi Wallace and Gromit? Aardman Animations adalah studio animasinya.

Chicken Run berkisah tentang sekelompok ayam petelur yang bertemu dengan seekor ayam Jantan bernama Rocky. Melihat Rocky sebagai jalan keluar, mereka lalu merencanakan pelarian dari peternakan tempat mereka tinggal. Pelarian ini harus segera dilakukan sebelum pemilik peternakan membuat semua ayam petelur itu menjadi pie untuk usaha bisnis barunya.

Kisah seru bagaimana sekelompok binatang bekerjasama dalam merancanakan sebuah pelarian besar-besaran adalah pengalaman yang dijamin tidak akan bisa dilupakan!

Persepolis (2007) 

Persepolis (2007)
Persepolis (2007)

Nah, film animasi terakhir ini walaupun sebagian besarnya diproduksi di Perancis tapi dibuat dan disutradarai oleh seorang penulis novel grafis asal Iran, Marjane Satrapi.

Persepolis adalah film animasi yang diadaptasi dari novel grafis otobiografi karya Marjane Satrapi dengan judul yang sama. Persepolis bercerita tentang pengalaman seorang gadis yang tumbuh besar dan mencari jati dirinya di tengah-tengah berbagai gejolak politik dan revolusi di Iran.

Film animasi ini telah meraih pengakuan internasional dan bahkan sempat mendapat nominasi piala Oscar bersama dengan Ratatouille dari Pixar.

Penutup

Nah, gaes, itu tadi adalah rekomendasi 15 film animasi terbaik dunia yang wajib kalian tonton versi Sushi.id. Penulis berharap rekomendasi di atas dapat menunjukkan sifat universal animasi sekaligus menumbuhkan lagi minat kalian, pembaca dewasa, untuk menikmati film animasi.

Jangan lupa untuk mengikuti artikel-artikel menarik lainnya seputar film Animasi di Sushi.id!

Written by Cottonmouth

A freelance Illustrator and writer. Currently working as one of SEO writers for Sushi.id.

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
Belajar Masak Masakan Korea K-Food Makanan Korea Acara Wajib di Nonton

Mau Belajar Masak Makanan Korea? 5 Acara ini Wajib Kamu Nonton!

fakta film marvel lebih bermoral daripada dc

6 Fakta Film Marvel Lebih Bermoral Dibanding DC