5 Film Batman Keren Sebelum Menyaksikan The Batman

I’m Batman…

film batman keren sebelum nonton The Batman

Inilah 5 film Batman keren sebelum menyaksikan film The Batman yang dibintangi oleh Robert Pattinson (The Twilight Saga).

Memang sih, film The Batman yang dibintangi oleh Robert Pattinson masih akan rilis 4 Maret 2022. Tapi gak memungkiri, hype yang telah diberikan oleh trailer-nya yang dirilis beberapa bulan lalu, bukan main-main tingginya.

Selain itu, event DC Fandome akan dilaksanakan 16 Oktober 2021 mendatang. Yang mana pada event ini nanti, kemungkinan besar, kita akan menyaksikan rilisan trailer kedua dan detail lain dari The Batman.

Oh ya, kita juga akan menyambut film The Flash DCEU, pada tanggal 4 November 2022. Seperti kita ketahui, film solo pertama The Flash ini, juga akan menampilkan beberapa Batman. Yang mana salah satunya, adalah Michael Keaton (Batman, Batman Returns).

Dan juga tak ketinggalan, pada tanggal 18 September 2021 lalu, kita-kita yang fanboy, baru saja merayakan Batman Day. Jadi dengan semua faktor ini, maka gak salah jika penulis melalui artikel ini memberikan rekomendasi 5 film Batman yang penulis anggap keren banget dan wajib tonton.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut adalah rekomendasi 7 film Batman keren yang dimaksud tersebut.

Batman (1989)

Film Batman keren sebelum menyaksikan The Batman pertama, adalah film Batman pertama yang dibintangi oleh Michael Keton (Beetlejuice) ini.

Film arahan Tim Burton (Beetlejuice) ini, mengisahkan kemunculan pertama Batman di kota Gotham. Sebelumnya, warga Gotham, hanya mendengar rumor tentang “kelelawar raksasa” saja.

Nah pada saat yang sama, gangster Jack Napier (Jack Nicholson) ditugaskan oleh bosnya, Carl Grissom (Jack Palance) untuk mencuri bukti kriminal mereka di Axis Chemical. Padahal sih ini semua hanya jebakan.

Alasan Grissom mengirim Jack dan anak buahnya ke Axis yang sesungguhnya, adalah untuk membunuh Jack karena, telah tidur dengan wanita simpanan Grissom, Alicia Hunt (Jerry Hall). Namun semuanya terlambat. Karena Kepolisian Gotham dan Batman sudah keburu menyergap lokasinya.

Dan ketika Batman dan Napier akhirnya berhadapan satu lawan satu, pertarungan keduanya berakhir dengan Napier yang kecemplung ke cairan kimia berbahaya. Selamat, Napier pun memiliki tampilan yang selalu tersenyum.

Baca juga:  River Where the Moon Rises, Drama Saeguk Bertema Cinta dan Ambisi

Iapun kemudian mengadposi nama Joker. Dan Napier setelah membunuh Grissom, langsung melakukan niatannya menguasai kot Gotham. Spesifiknya, membuat satu penduduk Gotham tertawa hingga tewas dengan campuran gas Smylex-nya.

Dan tentunya Batman langsung bergerak untuk menghentikan niat gila Joker ini. Banyak sekali faktor yang membuat Batman keren banget. Tapi 2 yang paling utama adalah akting keren seluruh aktornya, dan juga konsep dan visi goth Burton yang tak disangka pas banget.

Dengan fakta-fakta tersebut, maka gak heran jika Batman adalah film “jadul” Batman yang paling berkesan.

Batman Returns (1992)

Film Batman keren sebelum menyaksikan The Batman selanjutnya, adalah sekuel Batman 1989 ini. Masih menampilkan Michael Keaton sebagai Batman, kini si manusia kelelawar harus berhadapan dengan 2 musuh baru, The Penguin (Danny DeVito) dan Catwoman (Michelle Pfeiffer).

Dan bisa kita katakan, kisah asal usul kedua villain bernama asali Oswald Cobblepot dan Selina Kyle ini, jauh lebih dalam dan emosional dibandingkan asal-usul Joker di film sebelumnya. Atau dengan kata lainnya, membuat kita terasa emosional lagi, relatable.

Intinya, Oswald dan Selina, menjadi villain ikonik tersebut karena keduanya seakan gak dianggap apa-apa sama sekali oleh sekitarnya. Nah karena faktor tersebut, maka tak heran, jika Batman dalam film inipun, juga jauh lebih “baper” ketika menghadapi keduanya.

Sama seperti film Batman, Batman Returns, lagi-lagi menampilkan arahan gothic fantastis dari Burton, dan juga penampilan memukau dari seluruh aktornya. Chemistry Keaton dengan seluruh lawan mainnya terutama Pfeiffer, benar-benar luar biasa.

Baca juga:  Ceriakan Hari Ini dengan Podcast Pasar Kaget di RCTI+

Sehingga, gak heran jika banyak yang menganggap sekuel ini jauh lebih keren daripada film pertamanya.

Batman Forever (1995)

Memang, pasca Batman dan Batman Returns, rasanya drop banget ketika melihat konsep dan tonal yang ditampilkan oleh film Batman arahan Joel Schumacher (St. Elmo’s Fire) ini.

Bagaimana tidak? Dari yang tadinya kita melihat kekelaman yang amat sangat, kini kita menyaksikan sosok dan kisah Batman yang jauh lebih light.

Bahkan dalam film ini, kita menyaksikan Batman (Val Kilmer) senyum setelah secara creepy, malam-malam datang menghampiri rumah gebetan barunya, Dr. Chase Meridian (Nicole Kidman). WHAT THE…?

Tapi untungnya semua kelenyehan itu, tertutupi dengan kisah origin karakter-karakter pendukung filmnya yang dikemas secara menarik. Ada kisah asal-usul villain stres, Edward Nygma yang kemudian menjadi The Riddler (Jim Carrey), yang terobsesi untuk bisa memasarkan perangkat manipulasi pikirannya.

Juga ada kisah asal-usul remaja pintar akrobat yatim piatu, Dick Grayson (Chris O’ Donnell) yang setelah tinggal bersama Bruce Wayne, kemudian menjadi sidekick-nya, Robin. Kesemuanya ini ditambah lagi dengan performa karismatik dari Carrey dan Tommy Lee Jones (Captain America: The First Avenger) sebagai rekan villain Riddler, Harvey Dent aka Two-Face.

Oh ya, hampir ketinggalan, jangan lupakan juga dua lagu yang menjadi soundtrack utama film ini yang sangat populer hingga detik ini, ‘Kiss From a Rose’ dari Seal dan juga, ‘Hold Me, Thrill Me, Kiss Me, Kill Me’ dari U2.

 

Batman Begins (2005)

Ketika mendengar sutradara asal Inggris yang film-film membuat otak “berolahraga”, Christopher Nolan (Memento), akan menangani reboot Batman ini, tak memungkiri banyak fans yang merasa skeptis.

Baca juga:  Spoiler One Piece Chapter 995: Keinginan Kaido untuk Mati

Keskeptisan ini bukan hanya karena masih banyak, yang belum familiar dengan karya-karya Nolan, juga hal ini dikarenakan rasa traumatis yang masih dirasakan oleh fans setelah dikecewakan oleh Scumacher melalui sekuel Batman Forever, Batman & Robin (1997).

Namun pada akhirnya, keskeptisan tersebut berubah menjadi gemuruh tepuk tangan penuh pujian setelah Batman Begins dirilis. Film ini sih, pada dasarnya lagi-lagi film asal-usul (origin) dari si manusia kelelawar. Namun Nolan, sukses mengemasnya dengan sangat grounded.

Atau dengan kata lain, asal-usulnya terlihat dan terasa sangat realistis. Lalu penampilan Christian Bale (American Psycho) sebagai Batman barunya, terlihat sama mengerikan dan intimidatifnya seperti yang Keaton lakukan 15 tahun yang lalu.

Oh ya, jangan lupakan juga dengan Liam Neeson (Star Wars Episode 1: The Phantom Menace) dan Cillian Murphy (A Quiet Place Part II), yang sama-sama memerankan 2 villain Batman, Ra’s al Ghul dan Scarecrow, yang juga, sama-sama intens dan menyeramkan dalam memerankannya.

The Dark Knight (2008)

Dan inilah film Batman keren sebelum menyaksikan The Batman yang harus banget-banget, kamu saksikan. Sekuel Batman Begins ini, bisa dikatakan adalah sekuel sempurna. Tidak hanya untuk standar sekuel Batman atau film superhero, namun juga standar sekuel film pada umumnya.

Mengapa? Film ini menampilkan kisah Batman yang jauh lebih kompleks, mengerikan, dan mencekam. Ya, kalau kita saksikan filmnya, mungkin inilah film Batman yang memiliki tonal sedikit horor.

Tentunya, salah satu faktornya juga karena penampilan memukau dari Heath Ledger (10 Things I Hate About You) sebagai Joker-nya. Apa, kamu belum nonton juga film ini? Langsung saja deh gaes, jangan buang-buang waktu lagi oke?

Itulah tadi 5 film Batman keren sebelum menyaksikan The Batman yang harus kita saksikan. Selamat menyaksikan ya geng!

Leave a Reply

Loading…

Written by Marvin Ciputra

nonton my dear brothers

Nonton My Dear Brothers (2021) Drama China Subtitle Indonesia

nonton girlfriend 2020 drama china sub indo

Nonton Girlfriend 2020 Drama China Sub Indo