3 Alasan Film Eternals Dilarang Tayang di Negara Arab

Benarkah Disney menolak permintaan penyensoran adegan yang mengandung LGBTQ?

film eternals dilarang tayang negara arab

Film Marvel terbaru, Eternals, dilarang tayang di Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Bahrain and Oman. Sebelumnya, film ini dijadwalkan tayang pada 11 November 2021 mendatang.

Berita terkait pelarangan Eternals di negara Arab tersebut muncul pada hari Kamis (4/11/2021). Diam-diam film tersebut telah dihapus dari situs resmi.

Sementara itu, di negara Arab lain seperti Uni Emirat Arab (UEA), film ini masih berstatus akan segera hadir.

Alasan Film Eternals Dilarang Tayang

Berikut ini adalah alasan mengapa film Eternals dilarang tayang di negara Arab.

Menampilkan LGBTQ

Beberapa sumber mengatakan bahwa penyebab film Eternals dilarang tayang di negara mayoritas muslim tersebut karena menampilkan LGBTQ.

Sebagai informasi, bahwa film ini merupakan film pahlawan super Marvel pertama yang menampilkan pahlawan penyuka sesama jenis atau homoseksual.

Dalam satu adegan, karakter, Phastos (diperankan oleh Brian Tyree Henry) terlihat mencium mesra suaminya Ben (diperankan oleh Haaz Sleiman).

Sejauh ini, homoseksual adalah tindakan terlarang di negara-negara Arab. Maka dari itu, film yang berkaitan atau menampilkan LGBTQ kerap kali dilarang tayang.

Tahun lalu, film Onward garapan Pixar juga dilarang tayang di Kuwait, Oman, Qatar, dan Arab Saudi karena memiliki adegan yang merujuk pada lesbian.

Benarkah Permintaan Pengeditan Ditolak Disney?

Dilansir dari THR, ada rumor yang mengatakan bahwa sebelumnya lembaga sensor film lokal telah meminta untuk dilakukan penyensoran kepada pihak Disney, akan tetapi Disney tidak bersedia melakukannya.

Di pihak lain ada yang mengatakan bahwa pelarangan ini tanpa alasan. Hingga artikel ini ditulis belum ada yang mengonfirmasi kebenaran soal hal tersebut.

Baca juga:  Link Nonton Bridgerton Season 2 (2022) Sub Indo

Sutradara Chloe Zhao Enggan Mengubah Film

Dilansir dari Collider, dalam beberapa wawancara, sutradara Chloé Zhao telah mengungkapkan keinginannya untuk tidak mengubah film, terutama adegan Phastos, suaminya, dan putra mereka.

“Untuk memposisikan keluarga tersebut dalam situasi khusus dan agar momen itu terasa otentik dan nyata… penonton harus merasakan untuk peduli,” kata Zhao dalam sebuah wawancara dengan IndieWire.

Lebih jauh lagi, dia juga menyebut bahwa tidak ada gunanya mengambil adegan tersebut kalau tidak ada yang merasakannya.

Sejauh ini, baik Disney maupun Marvel Studios tidak merilis pernyataan tentang penarikan Eternal dari bioskop di negara Arab.

Respons Aktor terkait Pelarangan Film Eternals

Sejumlah aktor pemeran film Eternals merespons pelarangan tersebut dengan menyebut bahwa mereka bebal dan menyedihkan. Berikut respons dari Haaz Sleiman dan Angelina Jolie.

Haaz Sleiman

Dalam film ini Haaz Sleiman menikah dengan karakter yang diperankan leh Brian Tyree Henry dan bersama-sama keduanya memiliki seorang putra.

Sleiman mengatakan bahwa pelarangan ini membuat dia sedih. Dia pun menyebut tidak menghormati pemerintah semacam itu.

“Mereka telah menunjukkan kepada dunia bahwa mereka bukan hanya aib bagi umat manusia, tetapi juga bagi Tuhan. Semoga ini akan menginspirasi orang-orang Saudi, orang-orang Kuwait dan orang-orang di Qatar untuk melawan,” kata Sleiman kepada Variety.

Angelina Jolie

Sementara itu, Angelina Jolie mengatakan bahwa negara-negara Arab bebal.”Saya masih tidak mengerti bagaimana kita bisa hidup di dunia dan masih ada orang yang tidak bisa melihat keindahan cinta keluarga Phastos,” katanya kepada news.com.au.

Sebelumnya, Marvel juga telah dikritik karena lamban dalam menampilkan LGBTQ dalam film-filmnya. Oleh karena itu, dalam film Avengers: Endgame terdapat beberapa adegan pendek yang menampilkan karakter gay.

Bukan hal yang baru lagi bagi film Hollywood menyensor film yang akan dirilis di negara lain, khususnya negara Asia. Bohemian Rhapsody juga telah menghapus referensi seksualitas Freddie Mercury agar bisa tayang di China.

Baca juga:  7 Fakta dan Ulasan Istimewa Money Heist Babak Terakhir

Kapan Eternals Tayang di Indonesia?

Eternals adalah film ke-26 Marvel Studios. Sinopsis Eternals menceritakan kisah 10 pahlawan super abadi yang telah hidup di Bumi selama 7000 tahun dalam perang melawan Deviants.

Film ini menerima ulasan yang beragam tetapi tetapdipuji karena representasinya dari komunitas yang terpinggirkan. Selain Angelina Jolie dan Haaz Sleiman, Eternals juga dibintangi oleh Salma Hayek, Gemma Chan, Don Lee, Kumail Nanjiani, Lauren Ridloff, dan Brian Tyree Henry.

Untuk Indonesia sendiri, film ini dinyatakan telah lulus sensor dan untuk kapan tayangnya belum dijadwalkan karena pihak Disney Indonesia dan Marvel Studios Indonesia belum memberikan keterangan resmi, selain rating 13 tahun ke atas.*

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Andini Anissa

Co-Founder of Sushi.id with background in Media Relations, Content Writing, and SEO. Contact me: redaksi@sushi.id

drama korea netflix terbaik

10 Drama Korea Netflix Terbaik dan Terpopuler 2021

film korea romantis

20 Film Korea Romantis Terbaik dan Terbaru yang Bikin Baper