6 Film Hacker Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

film hacker terbaik

Film hacker terbaik yang bercerita tentang dunia komputer memang tidak ada habisnya. Menceritakan pencurian data keamanan dan cybercrime yang berujung pada pengejaran pihak berwajib, seringkali membuat penonton tegang.

Berbagai adegan tidak terduga juga kerap terjadi seperti yang disuguhkan film “Who Am I (2014)” hingga film Hacker (2019).

Selain dua film tersebut, masih ada, loh, beberapa film bertemakan peretas lainnya yang keren-keren. Yuk, dari pada kalian pada penasaran, berikut daftar film yang wajib masuk dalam list tontonan-mu!

Film Hacker Terbaik

Deretan film hacker yang masuk dalam daftar ini dijamin bikin kalian penasaran dan tidak mengecewakan!

Who Am I (2014)

Tidak banyak film bergenre hacker yang menceritakan sebuah adegan cybercrime dari sekelompok anak muda yang menamakan diri mereka “Clay”.

Film Hollywood ini bercerita tentang seorang pemuda jenius dengan masa lalu yang menyedihkan, Benjamin (Tom Schilling) dari sejak kecil tergila-gila dengan komputer dan selalu menanamkan keyakinan pada dirinya “no system is safe” alias tidak ada sistem yang aman.

Perkenalan Benjamin dengan Max (Elyas M’Barek) Stephan (Wotan Wilke Möhring) dan Paul (Antoine Monot Jr.) yang ternyata memiliki ketertarikan pada bidang yang sama, yaitu hacking. Mereka kemudian membentuk kelompok bernama Clay.

Kelompok ini bertujuan ingin dikenal oleh komunitas hacker di seluruh dunia. Berbagai adegan dengan alur cerita yang susah ditebak penuh teka-teki dan kematian ketiga anggota Clay yang ternyata ilusi belaka oleh Benjamin.

Berbagai aksi pertukaran data pembobolan yang diilustrasikan berada dalam gerbong kreta begitu menegangkan.

Benjamin yang aksinya ketahuan lantas menyerahkan diri kepada interpol yang dipimpin oleh Hanne Lindberg (Trine Dyrholm). Di sinilah plot ceritanya dimulai, kemampuan social engineering alias rekayasa sosial oleh Benjamin yang mampu menipu Hanne hanya lewat cerita.

Berbagai penghargaan didapatkan oleh film ini, di antaranya sutradara terbaik pada ajang Baran bo Odar Film Awards 2015, Nominasi aktor terbaik Elyas M’Barek pada ajang Jupiter Award 2015.

Baca juga:  Nonton Film Echelon Conspiracy (2009) Sub Indo

Who Am I: No System is Safe! layak kamu tonton, berbagai adegan tak terduga akan kamu dapatkan di film ini.

Mr. Robot (2015)

Mr. Robot adalah salah satu film hacker terbaik dengan format serial drama televisi yang tayang pertama kali di Amerika Serikat pada bulan Mei 2015 dan dibintangi oleh aktor Rami Malek yang berperan sebagai Elliot Alderson.

Bermula ketika Elliot direkrut oleh kelompok aktivis peretas, Fsociety, dengan tujuan membersihkan semua hutang konsumen dan mengunci data keuangan perusahaan milik konglomerat terbesar di dunia.

Elliot yang seorang ahli keamanan dan jaringan ini ternyata memiliki sisi mental lain, ia menderita kegelisahan sosial serta depresi klinis berkepanjangan yang menyebabkan paranoia dan delusi.

Mr. Robot (Christian Slater), orang yang merekrut Elliot masuk Fsociety ternyata adalah seorang anarkis dan hactivis, penentang korporasi yang menguasai dunia dan salah satu korporasi tersebut merupakan klien perusahaan tempat Elliot bekerja.

Dengan plot cerita begitu epik, serangkaian adegan tidak terduga-duga, penceritaan karakter yang benar-benar dark semakin menegangkan!

Selain adegan yang seru! Serial drama televisi ini mendapat pujian dari para kritikus film serta mendapatkan berbagai macam penghargaan lho!

Penghargaan di antaranya, Golden Globe for Best Television Drama Series, Peabody Award, dan enam nominasi Emmy 2016. Aktor Rami Malek pada serial ini memenangi kategori Outstanding Lead Actor in a Drama Series.

Snowden (2016)

Film Snowden diangkat dari kisah nyata seorang ahli keamanan data dan jaringan asal Amerika Serikat yang mengungkapkan fakta mata-mata di seluruh dunia.

Edward Snowden, seorang karyawan Central Intelligence Agency (CIA) dan menjadi kontraktor untuk National Security Agency (NSA) yang membocorkan informasi program mata-mata rahasia NSA kepada pers.

Film yang tayang pada September 2016 ini menampilkan berbagai macam adegan peretasan ribuan data rahasia dan menyebarkannya ke publik.

Baca juga:  Racket Boys Sudah Tayang, Siap Bertanding di Jajaran Drama Korea Terbaru

Program mata-mata yang super rahasia ini menyebabkan kehebohan di seluruh dunia, bahkan hubungan Amerika dengan negara-negara Eropa menjadi terganggu akibat ulah Snowden.

Snowden yang dianggap berkhianat kepada negaranya menjadi orang yang paling dicari dan bertanggung jawab.

Film yang disutradarai oleh Oliver Stone ini mendapat penghargaan Satellite Awards 2016, kategori Best Screenplay, Adapted.

Blackhat (2015)

Film hacker terbaik yang bergenre cybercrime dipadukan genre action ini bisa dibilang istimewa bagi masyarakat Indonesia, khusunya Jakarta. Pasalnya, beberapa adegan pada film ini diambil di ibu kota serta menampilkan budaya lokal masyarakat.

Film yang disutradarai oleh Michael Mann ini bercerita tentang sekelompok jaringan hacker lintas negara yang melakukan peretasan perusahaan dan pemerintahan.

Mulai dari aksi meretas data-data keuangan yang menyebabkan saham kedelai secara iba-tiba naik hingga 250% hingga peretasan sistem pembangkit tenaga nuklir di China yang menyebabkan reaktor nuklir meledak.

Pemerintah Cina dan FBI akhirnya bekerja sama mengungkapkan siapa dalang di balik peretasan tersebut.

Blackhat yang dibintangi oleh Chris Hemsworth yang memerankan Nicholas Hathaway, seorang hacker profesional yang ditahan pemerintah AS karena aksi pembobolan bank.

Nicholas Hathaway akhirnya dimintai bantuan oleh FBI dan dibebaskan untuk mengungkapkan kelompok hacker yang bertanggung jawab.

Film Blackhat memperoleh berbagai macam penghargaan, di antaranya Huading Award 2015 kategori Best Global Director for a Motion Picture, nominasi Golden Trailer Awards 2015 kategori Best Thriller.

Hacker (2019)

Film yang masuk daftar film peretas terbaik ini berkisah tentang seorang anak kecil berumur 13 tahun, Benjamin yang percaya ibunya sudah meninggal.

Benjamin didoktrin untuk tidak percaya siapapun oleh dinas intelijen rahasia pemerintah Denmark perihal kematian ibunya yang ia yakini selama ini akibat kecelakaan.

Pencarian dan petualangan Benjamin pada akhirnya mengungkapkan sebuah fakta, ternyata ibu Benjamin masih hidup.

Menghadirkan adegan peretasan dan pembobolan data disuguhkan dengan epik pada film ini. Aksi cybercrime oleh kelompok hacker “The Patriots” yang tidak suka dengan pemerintah dan ingin menggulingkannya.

Baca juga:  Mau Voucher Nonton Gratis? Cek Cara Mudahnya di Sini

Plot cerita yang tidak terduga-duga, ternyata kelompok “The Patriots” menyebar diberbagai institusi pemerintah, kepolisian, gubernur bahkan lembaga bisnis sekalipun.

MM, pemimpin kelompok hacker “The Patriots” ternyata menginginkan kendali atas komputer super quantum yang disebut Zeus.

Di bagian inti cerita pada film ini, peran Benjamin begitu menentukan jalannya cerita. Ternyata anak kecil jenius ini adalah orang yang mampu menguasai algoritma untuk menjalankan Zeus.

Film yang tayang perdana pada tahun 2019 ini memenangkan penghargaan film terbaik dalam kategori usia 6-10 tahun di Stockholm Film Festival Junior 2019.

Fifth Estate (2013)

Film Hacker terbaik yang masuk pada daftar artikel ini berikutnya adalah Fifth Estate yang rilis tahun 2013.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang perjalanan WikiLeaks, sebuah situs yang memiliki komitmen mengungkap berbagai rahasia penting di dunia.

WikiLeaks terus membeberkan berbagai informasi dengan menampilkan semua bukti yang tidak pernah diketahui publik, namun tetap merahasiakan identitas pemberi berita.

Film Barat ini mampu menghadirkan biografi efik persahabatan antara dua orang pendiri WikiLeaks, Julian Assange (Benedict Cumberbatch) dan sahabatnya sekaligus co-founder, Daniel Domsheit-Berg (Daniel Bruhl).

Julian digambarkan sebagai sosok aneh namun jenius, yang diakibatkan oleh kehidupan masa lalu yang kelam dan menyedihkan.

Pelajaran berharga yang bisa diambil pada film ini terutama perihal peran teknologi informasi yang mempengaruhi cara pandang masyarakat dunia.

Hanya dengan sebuah website, Julian dan rekannya mampu membuat negara seperti Amerika Serikat kewalahan atas fakta-fakta informasi rahasia yang diungkapkannya.

Film Fifth Estate mendapatkan penghargaan Britannia Awards kategori British Artist of the Year.

Penutup

Nah itulah daftar film hacker yang wajib ada dalam list tontonan-mu!

Kira-kira dari daftar tersebut, ada tidak yang membuat kamu penasaran dan ingin segera menontonnya?

Ikuti terus artikel mengenai film atau artikel menarik lainnya hanya di Sushi.id!

Leave a Reply

Loading…

Written by Tamrin

Penyuka diksi dan seorang data enthusiast, sesekali waktu menulis kata-kata.

film-psikopat-paling-menegangkan

6 Film Psikopat Terbaik yang Paling Menegangkan

nonton tokyo vampire hotel

Nonton Tokyo Vampire Hotel (2017) Sub Indonesia, Full Episode