10 Film Horor Menyambut Halloween

Pilihan Kisah Terseram Paling Keren

10 Film Menyambut Halloween gambar utama

Ketika Halloween datang, tidak ada yang paling cocok untuk mendukung suasana seram kamu selain film-film horor terbaik. Saat lampu dimatikan, maka petualangan horor kamu akan dimulai. berikut adalah 10 Film Horor Menyambut Halloween

Film horor memang ampuh untuk membuat jantung berdebar kencang, sekaligus membuat kita ingin memeriksa semua sudut-sudut gelap agar aman dari ancaman.

Film horor yang baik adalah film yang bertahan melalui ujian waktu. Kapan pun film itu diulang, tetap akan memberikan pengalaman mengerikan sekaligus asyik buat kamu, keluarga, dan teman-teman.

Film-film horor terbaik apa saja yang jadi favorit Sushi? Ada 10 film horor menyambut Halloween yang layak ditonton ulang berkali-kali.

Sushi sudah memilih beberapa dari Hollywood, dari Jepang, dari Korea, dan tentunya dari negri sendiri.

Apa saja 10 film horor menyambut Halloween yang patut kamu tonton untuk menikmati Halloween tahun ini? Simak dulu artikel ini ya, gengs!

Pengabdi Setan (2017)

10 Film Menyambut Halloween gambar 7

Film ini dibuat ulang oleh sutradara terkemuka Indonesia, Joko Anwar, karena kecintaannya terhadap film klasik berjudul sama yang dirilis tahun 1980.

Horor klasik ini sepertinya mempengaruhi selera dan minat sang sutradara yang memang spesialis film-film horor berkualitas tinggi. Terbukti, remake Pengabdi Setan yang baru sukses besar.

Sekuelnya, Pengabdi Setan Communion yang dirilis belum lama ini berhasil membukukan 6 juta lebih penonton, mendahului bagian pertamanya yang meraih lebih dari 4 juta penonton.

Ceritanya adalah keluarga yang terlibat dalam kegiatan sekte pengabdi setan misterius, yang belum terungkap semua motif dan rencana jahatnya.

Cara Joko Anwar meramu adegan-adegan seram di film ini benar-benar efektif, walau sebenarnya minim CGI atau efek spesial secara teknis. Hasilnya, segala-galanya lebih menyeramkan karena terasa nyata.

Sebelum Iblis Menjemput (2018)

10 Film Menyambut Halloween gambar 9

Jika Joko Anwar terinspirasi dari film horor klasik Indonesia, sutradara Timo Tjahjanto juga memiliki horor favorit yang terasa sekali pengaruhnya dalam horor yang satu ini.

Sebelum Iblis Menjemput memadukan horor supernatural dengan aksi gaya slasher dan gore yang memang jadi kekuatan Timo.

Banyak adegan di film ini yang merupakan penghormatan terhadap film horor klasik Hollywood karya Sam Raimi yang berjudul Evil Dead.

Kisahnya adalah sebuah keluarga yang terjebak di vila ayah mereka di tengah hutan, dan vila tersebut ternyata adalah pusat kejahatan akibat persekutuan ayah mereka yang sudah meninggal dengan iblis.

Film ini dibintangi oleh Chelsea Islan, Pevita Pearce, Karina Suwandhi dan Ayu Laksmi dan juga sukses secara kritik dan komersial.

Baca juga:  Sinopsis film The Boy Behind the Door (2021)

Sinister (2012)

10 Film Menyambut Halloween gambar 2

Di tahun 2022, Scott Derrickson merilis horor terbaru berjudul The Black Phone yang dibintangi aktor Ethan Hawke. Tapi, ini bukan kali pertama Hawke diajak bermain di film karya Derrickson.

Di dalam film Sinister, Ethan Hawke berperan sebagai seorang ayah yang berprofesi sebagai penulis cerita horor. Ia membuat novel-novelnya berdasarkan kisah nyata.

Ia begitu mendalami proses riset novelnya hingga nekad menempati sebuah rumah yang menjadi lokasi kejadian pembunuhan misterius yang menewaskan satu keluarga.

Yang ia akhirnya ketahui adalah, ada kekuatan iblis jahat yang berperan dalam pembantaian keluarga tersebut, dan jumlah keluarga yang menjadi korban ternyata sudah banyak.

Iblis yang diambil dari legenda Babilonia bernama Bagul itu rupanya menargetkan jiwa anak-anak kecil dan bisa masuk ke dunia nyata melewati gambar-gambar dirinya.

The Conjuring (2013)

10 Film Menyambut Halloween gambar 4

Pada tahun 2013, sutradara James Wan memulai franchise The Conjuring, yang lalu menjadi salah satu mesin uang terbesar milik Warner Brothers berkat pengembangan cerita dan tokoh-tokoh di dalamnya.

Aktor Patrick Wilson dan aktris Vera Farmiga memerankan karakter nyata pasangan suami istri Ed dan Lorraine Warren, yang berprofesi sebagai penyelidik peristiwa paranormal.

Mereka juga biasa menangani kasus-kasus yang disebabkan oleh iblis. Bahkan Ed Warren memiliki izin untuk melakukan ritual pengusiran iblis walaupun ia bukan seorang pastur.

Dalam film ini, yang juga berdasarkan kasus nyata pengalaman suami istri Warren, dikisahkan keluarga Perron yang pindah ke rumah baru mereka di daerah peternakan, dan diteror iblis.

Kisahnya berlatar tahun 1971 di daerah Rhode Island, dan film ini dengan cemerlang memberikan kita pengalaman menakutkan yang tidak terlupakan saat teror iblis menyerang keluarga Perron.

The Conjuring sendiri sudah memiliki dua film lanjutan dan dua spin-off karakter yaitu Annabelle dan The Nun, yang masing-masing juga sudah memiliki dua film lanjutan, dan masih akan berlanjut.

The Exorcist (1973)

10 Film Menyambut Halloween gambar 8

Film ini diangkat berdasarkan adaptasi novel berjudul sama karya William Peter Blatty yang dirilis di tahun 1971, dan disutradarai oleh William Friedkin.

The Exorcist sering disebut-sebut sebagai ‘Ibu’ dari semua film horor bergenre exorcisme atau ritual pengusiran iblis dari tubuh manusia.

Linda Blair, aktris cilik yang memerankan karakter Regan, gadis yang kerasukan iblis, membuat dirinya menjadi ikon horor terseram hingga sekarang. Make up yang diterapkan pada Blair sangat ikonik.

The Exorcist dianggap sebagai film horor terseram sepanjang masa hingga ke zaman modern, dan naskahnya sendiri memenangkan naskah terbaik di ajang Academy Awards.

Baca juga:  Spoiler Tokyo Revengers Episode 21: Baji Tumbang?

Walau secara teknis mungkin banyak horor baru yang lebih canggih, tapi atmosfer kengerian dan kekuatan naskah dari film The Exorcist ini tidak lekang dimakan waktu.

The Wailing (2016)

10 Film Menyambut Halloween gambar 3

Bergerak ke timur, kali ini giliran horor dari Korea Selatan yang masuk kategori horor terbaik dan terseram. The Wailing disutradarai oleh Na Hong-jin dan sukses secara kritik dan komersial.

Diperankan oleh beberapa aktor ternama Korea seperti Kwak Do-won, Hwang Jung-min dan Chun Woo-hee, The Wailing memberikan nuansa yang berbeda dari horor-horor lainnya.

Latarnya adalah sebuah pedesaan terpencil bernama Gokseong. Serentetan kematian misterius penduduknya yang seperti kerasukan dan terinfeksi penyakit menyebarkan teror mengerikan.

Para penduduk mulai mencurigai seorang kakek yang diduga berkebangsaan Jepang yang tinggal sendirian di hutan. Banyak yang percaya bahwa ia adalah jelmaan iblis.

Polisi yang menangani kasus-kasus ini harus menentukan langkah yang diambil. Apakah ia harus melindungi si kakek yang bisa jadi difitnah, atau memercayai histeria penduduk?

A Tale of Two Sisters (2003)

10 Film Menyambut Halloween gambar 5

Film ini mungkin paling diingat berkat plot-twistnya yang luar biasa mengagetkan sekaligus membingungkan. Naskah yang kuat dan para pemeran yang cemerlang mendukung atmosfer horornya.

Film ini juga minim aspek teknis dan CGI, tapi tidak gagal memberikan nuansa misterius dan menyeramkan. Warna yang kelam juga memberikan suasana depresif saat menontonnya.

Hal ini membuat penonton kebingungan dan terus menebak-nebak apa yang sebenarnya terjadi. Selain teror supernatural, teror psikologis juga terasa amat kuat di dalam ceritanya.

Film ini disutradarai oleh Kim Jee-woon dan dibintangi oleh aktris Im Soo-jung, Yum Jung-ah, dan Moon Geun-young.

A Tale of Two Sisters juga dinobatkan sebagai salah satu horor terbaik dari Korea Selatan dan sudah diremake oleh Hollywood dengan film berjudul The Uninvited (2009).

Ringu (1998)

10 Film Menyambut Halloween gambar 10

Bergeser ke negri sakura, Jepang juga cukup piawai menghasilkan banyak horor-horor berkualitas. Salah satunya adalah Ringu.

Ringu menjadi salah satu ikon pop horor terkenal berkat legenda kaset video terkutuknya. Jika kau nekad menontonnya, kau akan mati dalam waktu 7 hari.

Setelah hal itu benar-benar terjadi, seorang wartawan mulai menyelidiki kasus itu. Semuanya berawal dari seorang anak perempuan bernama Sadako yang memiliki kekuatan supernatural.

Film ini disutradarai oleh Hideo Nakata dan diadaptasi dari novel karya Koji Suzuki yang beredar tahun 1991. Film ini diadaptasi oleh Hollywood dengan judul The Ring.

Sadako sendiri menjadi hantu paling ikonik dan menetapkan standar baru bagi urusan perhantuan. Cara kemunculannya, gerakannya yang merangkak dan patah-patah, sangat menakutkan penonton.

Penampilannya yang mengenakan gaun putih panjang dan rambut hitam menutupi wajah sekarang ditiru oleh hampir semua film-film horor sejenis.

Baca juga:  Yuk Kenalan Dengan Yoson An, Pujaan Hati Mulan!

Ju-On: The Curse (2000)

10 Film Menyambut Halloween gambar 6

Ju-on: The Curse atau yang dikenal dengan judul Ju-on saja, adalah film horor supernatural Jepang yang dirilis tahun 2000 dan disutradarai oleh Takashi Shimizu.

Film Ju-on sendiri memiliki kisah secara keseluruhan yang dibagi menjadi enam bagian, tapi film pertamanya adalah yang paling seram dan juga yang paling sukses.

Film ini menceritakan sebuah keluarga yang menempati rumah baru mereka di Jepang, tapi ada kekuatan jahat yang menyerang mereka dari rumah itu.

Belakangan diketahui bahwa, di rumah itu telah terjadi peristiwa mengerikan yang tragis waktu seorang ayah membunuh istri dan anaknya sendiri karena kecemburuannya terhadap sang istri.

Yang menakutkan adalah, siapapun yang masuk ke rumah itu akan terkena kutukan kemarahan arwah-arwah yang mati di dalamnya. Walau melarikan diri, kutukan itu menempel terus hingga mereka mati.

Film ini juga sudah diadaptasi oleh Hollywood dan dirilis dengan judul The Grudge. Dua film pertama adaptasinya juga masih menggunakan lokasi di Jepang dan Amerika.

Franchise Halloween (1978-2022)

10 Film Menyambut Halloween gambar 1

Tidak sah rasanya jika memberikan referensi film-film horor yang cocok untuk suasana Halloween tanpa mengikutsertakan film Halloween sendiri.

Franchise Halloween ini adalah salah satu yang tertua, dan yang terpanjang di Hollywood. Terhitung sejak film Halloween yang pertama di tahun 1978, sudah ada dua belas film di dalam franchise ini.

Karakter utamanya adalah pembunuh berantai dengan kelainan mental bernama Michael Myers, yang dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa setelah ia membunuh kakaknya sendiri waktu ia masih kecil.

Michael melarikan diri lima belas tahun kemudian dan mulai aksi membunuhnya di negara bagian Illinois. Ia selalu memulai aksinya di hari Halloween.

Film pertamanya disutradarai oleh sutradara spesialis horor legendaris, John Carpenter dan aktris yang kerap kembali sebagai karakter utama Laurie Strode dibintangi oleh Jamie Lee Curtis.

Banyaknya sekuel, prekuel, dan reboot yang dilakukan dalam franchise ini tentunya bakal membingungkan sebagian penonton. Terutama mereka yang tidak mengikuti urutannya sejak awal.

Kabarnya, film Halloween Ends yang dijadwalkan rilis tanggal 14 Oktober 2022 mendatang, sekalian menyambut Halloween 2022, bakal menjadi kisah penutup seluruh franchise ini.

Penutup

Nah, gengs. Kira-kira, film horor mana yang bakal kamu pilih supaya perayaan Halloween tahun ini tambah meriah?

Jangan lupa. Masih banyak sub-genre yang bisa dipilih dalam genre horor yang juga pernah diulas oleh Sushi.

Selain supernatural, ada slasher, thriller, vampire,bahkan zombie yang siap menakuti-nakuti kalian semua.

Selamat menjerit-jerit, ya gengs! Happy Halloween!

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Naila Fauzia

10 Rekomendasi Film Thailand Tentang Sekolah Terbaik

Nonton Film Noktah Merah Perkawinan

Link Nonton Noktah Merah Perkawinan (2022) Full Movie