13 Film Horror Terbaik, Penakut Jangan Baca!

Halo, para pecinta horor! Dengan semua yang terjadi di dunia tahun ini, rasanya hampir tidak ada lagi yang dapat membuat kita lebih terkejut lagi. Tapi, bagi kalian para pecinta horor yang masih mendambakan sensasi thrill itu, artikel ini akan membahas 13 film horror terbaik yang pernah dibuat dari seluruh dunia.

Kapan terakhir kali kalian tidak bisa tidur karena ketakutan sehabis menonton film? Sensasi yang tidak nyaman, namun kita selalu mencari-cari lagi kesempatan untuk mengulanginya.

Untuk para pecinta film horor, di artikel kali ini penulis akan membahas dan merekomendasikan 13 film horror terbaik dari berbagai negara.

Film-film berikut ini dijamin merupakan film-film terbaik dan terseram yang pernah dibuat.

Jadi siapkan diri kalian karena ini akan menjadi artikel akan menjadi panduan pengalaman uji nyali kalian berikutnya! Tetap di dengan aman di rumah masing-masing tentunya!

Film Horror Terbaik

13 adalah angka mistis di berbagai kebudayaan, banyak yang mengasosiasikannya dengan unsur gelap dan hal-hal klenik lainnya.

Nah, dari sekian banyak film horror seram yang pernah dibuat, penulis telah merangkum 13 film horror yang tidak hanya seram tapi juga dapat diapresiasi sebagai sebuah karya film terbaik.

Berikut rangkuman rekomendasi film horror terbaik versi Sushi.id

The Thing (1982)

film-horror-terbaik-the-thing
The Thing (1982)

The Thing adalah film science fiction horror yang disutradarai oleh John Carpenter berdasarkan novel yang ditulis oleh John W. Campbell yang berjudul Who Goes There?

Film horror ini berkisah tentang sekelompok peneliti dari Amerika Serikat yang pergi ke Antartika. Di Antartika mereka harus berhadapan dengan sesosok makhluk parasit mengerikan yang dapat menyusup dan meniru organisme lain di sekitarnya.

Kelompok peneliti itu harus mengalami serangkaian mimpi buruk nyata dan teror demi menyelamatkan diri dari makhluk asing yang memburu mereka di tengah-tengah iklim berbahaya Kutub Utara.

Hereditary (2018)

ilm-horror-terbaik-hereditary
Hereditary (2018)

Hereditary merupakan film horror supernatural yang ditulis dan disutradarai oleh Ari Aster sebagai film pertamanya. Hereditary adalah salah satu film yang mengangkat reputasi A24 sebagai studio yang memproduksi film-film artistik yang dapat dinikmati oleh khalayak umum.

Film ini mengisahkan tentang seorang wanita bernama Annie dan keluarganya. Saat ibu Annie meninggal, ia sekeluarga harus melewati masa-masa berduka. Masing-masing anggota keluarga Annie kemudian menghadapi rasa duka itu dengan cara masing-masing, bahkan sampai berhubungan dengan hal-hal supernatural.

Mereka sekeluarga lalu mulai mengalami kejadian-kejadian yang semakin lama semakin mengerikan berupa gangguan-gangguan ghaib yang perlahan menyingkap rahasia kelam dan trauma antar generasi di keluarga mereka.

3.The Shining (1980)

film-horror-terbaik-the-shining
The Shining (1980)

Kalau berbicara tentang film horror terbaik yang pernah dibuat, tidak lengkap rasanya tanpa membahas tentang karya Stanley Kubrick, The Shining. Film horor yang diproduksi tahun 1980 ini telah mencapai status ikonik yang memberikan pengaruh besar dalam budaya populer dan film-film horor setelahnya.

Film ini mengisahkan tentang keluarga Torrance dimana sang kepala keluarga, Jack Torrance menerima pekerjaan sebagai penjaga sebuah hotel pada musim dingin. Jack Torrance adalah seorang mantan pemabuk dan juga penulis yang memiliki seorang putra, Danny, dan istrinya, Wendy.

Mereka semua ikut bersama Jack untuk menjaga sebuah hotel kuno. Ketika badai salju semakin parah, mereka semua terjebak di hotel itu sementara kejadian-kejadian aneh mulai bermunculan dan kewarasan Jack semakin memburuk. Apa yang akan terjadi pada keluarga yang terjebak dalam situasi mengerikan ini?

The Texas Chain Saw Massacre (1974)

film-horror-terbaik-the-texas-chain-saw-massacre
The Texas Chain Saw Massacre (1974)

The Texas Chain Saw Massacre adalah sebuah film horror legendaris dari Amerika. Film ini dirilis pada tahun 1974 dan disutradarai oleh Tobe Hooper.

Film ini mengisahkan tentang pengalaman mengerikan yang harus dialami sekelompok remaja yang menjadi korban keluarga kanibal di sebuah rumah tua terpencil. Gambaran-gambaran menakutkan di The Texas Chain Saw Massacre menjadi semakin efektif ketika film ini dipromosikan sebagai “berdasarkan kisah nyata” dengan tampilan yang mengesankan gaya dokumenter.

Walaupun sosok pembunuh dalam film ini memang berdasarkan sosok seorang pembunuh asli bernama Ed Gein, sebagian besar kisah film ini adalah fiksi. Tapi hal ini tidak mengurangi kengerian yang dialami penonton ketika menyaksikan film ini.

Noroi: The Curse (2005)

film-horror-terbaik-noroi
Noroi: The Curse (2005)

Noroi: The Curse, adalah film horror tahun 2005 dari Jepang yang disutradarai oleh Koji Shiraishi.

Film ini dibuat seolah-olah sebagai film dokumenter asli (mockumentary) yang menceritakan tentang sebuah investigasi oleh Masafumi Kobayashi terhadap fenomena supernatural.

Serangkaian kejadian paranormal yang awalnya terlihat tidak berhubungan akhirnya membawa Masafumi terlibat semakin jauh pada lika-liku menakutkan dan sebuah legenda kuno tentang sosok iblis bernama ‘Kagutaba”.

Noroi dengan cara penceritaanya yang tidak biasa, dianggap sebagai salah satu film horror ikonik dari Jepang bersama dengan Ring dan Ju-on.

Lake Mungo (2010)

Lake Mungo (2010)

Masih dengan film horror yang dikemas dengan gaya mockumentary, Lake Mungo tanpa keraguan adalah salah satu yang terbaik.

Film horror tahun 2010 dari Australia ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang mengalami musibah ketika salah satu anggota keluarga mereka, Alice, ditemukan tewas tenggelam.

Film ini membangun ketegangan dari rekaman wawancara dan kejadian-kejadian aneh yang dialami keluarga itu semenjak Alice meninggal. Apa sebenarnya yang menyebabkan kejadian-kejadian paranormal tersebut dan apa misteri dibalik meninggalnya Alice?

The Descent (2005)

The Descent (2005)

Kalau kalian memiliki klaustrofobia sebaiknya harus berpikir ulang sebelum menonton film horror yang satu ini. The Descent adalah film horror tahun 2005 yang disutradarai oleh Neil Marshall.

Film ini menceritakan tentang enam orang wanita yang mengadakan penjelajahan di sebuah gua. Sebuah musibah membuat mereka terjebak di dalam gua tersebut. Namun bahaya mengintai mereka tersembunyi di terowongan-terowongan gua terdalam.

Para penjelajah gua ini pun harus mencari jalan keluar sekaligus cara untuk menghadapi makhluk mengerikan yang mengancam nyawa mereka. Apakah mereka akan berhasil selamat?

8.The Wailing (2016)

film-horror-terbaik-the-wailing
The Wailing (2016)

The Wailing adalah sebuah film horror Korea Selatan tahun 2016 yang disutradarai oleh Na-Hong-jin.

Film ini berkisah tentang seorang petugas kepolisian yang menyelidiki serangkaian pembunuhan dan penyakit misterius di sebuah desa terpencil bernama Gokseong.

Polisi ini juga harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan putrinya dengan menemukan jawaban atas teka-teki mengerikan yang terjadi di sekitarnya.

The Wailing meraih kesuksesan dari segi komersial dan diakui oleh kritikus film sebagai salah satu film horror terbaik yang pernah dibuat.

Pengabdi Setan (1980)

film-horror-terbaik-pengabdi-setan
Pengabdi Setan (1980)

Sudah nonton Pengabdi Setan yang disutradarai Joko Anwar beberapa tahun lalu? Tahukah kalian bahwa Pengabdi Setan tahun 2017 adalah remake dari sebuah film produksi 1980? Pengabdi Setan adalah salah satu film horror Indonesia yang mendapat reputasi di skala internasional.

Berkisah tentang sebuah keluarga kaya yang tidak taat beragama dan mulai mengalami gangguan supernatural setelah Ibu mereka meninggal.

Sebagai salah satu film horror Indonesia yang dikenal di skala internasional, Pengabdi Setan karya Sisworo Gautama telah mencapai status cult-classic terlebih karena film ini sempat tidak tersedia dan sulit ditemukan selama beberapa tahun.

Kengerian dan suasana mencekam Pengabdi Setan versi asli ini tentunya unik dan sangat mendebarkan.

Audition (1999)

Audition (1999)

Kembali lagi ke film horror dari Jepang, kali ini yang akan menjadi sumber ketakutan bukanlah hantu, melainkan rahasia seorang istri muda. Audition adalah film horror tahun 1999 asal Jepang yang disutradarai Takashi Miike berdasarkan novel yang Ryu Murakami.

Film ini menceritakan tentang seorang duda, Aoyama, yang mengadakan audisi palsu untuk produksi film demi mencari istri baru.

Namun perkenalannya dengan Asami, seorang gadis jelita yang tampak sempurna untuk dijadikan istri, membawanya ke dalam serangkaian peristiwa mengerikan dan bahkan mengancam keselamatannya. 

Jacob’s Ladder (1990)

Jacob’s Ladder (1990)

Mengaburnya batas-batas kenyataan dan delirium, film horror yang satu ini akan memberikan kalian kesempatan untuk melihat teror yang dialami oleh sang protagonis. Jacob’s Ladder merupakan film horror tahun 1990 yang disutradarai oleh Adrian lyne dan ditulis oleh Bruce Joel Rubin.

Film ini mengisahkan tentang Jacob, yang dulunya adalah tentara Amerika Serikat pada saat Perang Vietnam. Akibat cedera dan trauma selama masa perang, Jacob mulai melihat berbagai hal aneh dan mengerikan.

Jacob mulai merasa diteror dengan penglihatan-penglihatan tersebut. Jacob bersusah-payah untuk memahami apa yang terjadi pada dirinya sementara kewarasannya semakin memburuk.

Hour’s of The Wolf (1968)

Hour’s of The Wolf (1968)

Daftar film horror ini rasanya tidak lengkap tanpa mencantumkan karya sang sutradara termahsyur dari Swedia, Ingmar Bergman. Hours of The Wolf adalah film psychological horror tahun 1968 yang disutradarai oleh Ingmar Bergman.

Film ini mengisahkan tentang menghilangnya seorang pelukis, Johan Borg, yang tinggal di sebuah pulau dengan istrinya, Alma.

Kehidupan pasangan ini pada suatu ketika terganggu oleh penglihatan dan penampakkan yang mengerikan disertai insomnia. Apa yang sebenarnya terjadi pada pelukis dan istrinya ini?

Martyrs (2008)

Martyrs (2008)

Rekomendasi film horror terakhir berasal dari Perancis. Martyrs adalah film horror tahun 2008 yang ditulis dan disutradarai oleh Pascal Laugier.

Martyrs menceritakan tentang perjalanan seorang gadis muda untuk membalas dendam kepada orang-orang yang pernah menculik dan menyiksanya dulu bersama temannya.

Namun, pembalasan dendam ini tidak semudah yang dibayangkan, karena kemudian mereka malah terperosok lebih jauh ke dalam pusaran kekejian yang lebih mengerikan. 

Penutup

Nah, pecinta horor sekalian, itu tadi adalah rekomendasi 13 film horror terbaik yang pernah dibuat dari berbagai negara. Penulis berharap rekomendasi ini dapat memberikan sensasi uji nyali yang dicari-cari ketika menonton.

Baca juga:  10 Anime Terbaik yang Wajib Tonton Sekali Seumur Hidup

Jangan lupa ikut juga artikel-artikel menarik lainnya seputar film hanya di Sushi.id!

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Written by Cottonmouth

A freelance Illustrator and writer. Currently working as one of SEO writers for Sushi.id.

nonton film the dude in me 2019 sub indo

Nonton Film The Dude In Me (2019) Sub Indo

film reza rahadian

8 Film Reza Rahadian Terbaik yang Banjir Penghargaan