9 Film dan Drakor Terbaik Jun Ji-hyun yang Wajib Kamu Tonton

Aktris Termahal Korea Selatan yang Selalu Tampil Maksimal

9 drakor dan film terbaik jun ji hyun gambar utama

Sosok aktris yang satu ini memang luar biasa. Jun Ji-hyun (atau kadang menggunakan nama Gianna Jun) adalah aktris dengan bayaran tertinggi di Korea Selatan saat ini.

Wang Ji-hyun mengawali karirnya sebagai model dan saat hendak debut di dunia akting pada tahun 1998, ia mengubah namanya menjadi Jun Ji-hyun.

Dengan postur tubuh langsing dengan tinggi 173 cm, rambut panjang tergerai indah dan wajah cantik yang asli tanpa sentuhan operasi plastik, Jun Ji-hyun memang sulit ditandingi secara fisik. Apalagi, ia memiliki jangkauan kemampuan akting yang luas sekali.

Ia bisa dengan mudah menyesuaikan diri dan masuk ke dalam karakter yang ia perankan secara total. Semua peran bisa ia lakoni dengan sempurna, baik itu di genre komedi, action, romance, thriller, dan horor. Total sudah ada 19 drakor dan film yang ia bintangi dalam filmografinya.

Sebelum menikmati penampilan terbaru Jun Ji-hyun di drakor terbarunya, Mount Jiri (Cliffhanger), yang akan tayang akhir Oktober mendatang, yuk kita lihat daftar proyek drakor dan film terbaik Jun Ji-hyun yang membuat karirnya tetap stabil di puncak.

The Thieves (2012 – film)

The Thieves mencatatkan sejarah perfilman Korea sebagai film di posisi 6 dalam sepuluh besar film terlaris dalam sejarah box office Korea. Bercerita tentang sekelompok pencuri profesional yang bekerja sama untuk merampok sebuah kalung berlian seharga 20 juta dollar di sebuah kasino di Macau.

Jun Ji-hyun berperan sebagai salah satu pencuri yang mahir dalam hal daki mendaki gedung-gedung tinggi dan beraksi ala pemain akrobat. Di sini, Jun Ji-hyun juga beradu akting kembali dengan aktor Lee Jung-jae yang pernah dua kali bermain bersama dirinya di film Il Mare dan Assassination.

Jun Ji-hyun juga berhasil membangun chemistry yang memikat dengan superstar Kim Soo-hyun yang saat itu masih terhitung junior. Walau usianya lebih tua, tapi Jun Ji-hyun tetap pantas beradegan mesra dengan Kim Soo-hyun.

The Thieves mengingatkan kita pada film Ocean’s Eleven. Selain memiliki ensamble cast penuh bintang, film ini juga seru, penuh adegan aksi menegangkan dan punya plot-twist berkali-kali yang mengejutkan.

My Sassy Girl (2001 – film)

Film bergenre romcom dengan sedikit sentuhan melodrama ini dianggap menjadi salah satu film terbaik produksi Korea Selatan, sekaligus menjadi film yang melesatkan popularitas Jun Ji-hyun di kancah perfilman Korea.

My Sassy Girl juga masih menempati urutan pertama film terlaris sepanjang masa dalam kategori film komedi. Bahkan, untuk wilayah Asia, My Sassy Girl menyamai kesuksesan film Titanic dan memegang peranan penting dalam menyebarkan hallyu (gelombang Korea).

Baca juga:  Daftar Drama Korea Sekuel yang Akan Tayang di Tahun 2021

Jun Ji-hyun berperan sebagai The Girl (karena di film tersebut namanya tidak pernah disebutkan) yang hidupnya sangat kompleks akibat masa lalu percintaannya yang membuatnya memiliki perubahan suasana hati sangat drastis.

Di film ini, ia dipasangkan dengan komedian Cha Tae-hyun. Jun Ji-hyun tampil sangat meyakinkan sebagai seorang gadis yang mengalami emosi naik turun dan berubah-ubah sikap, tapi tetap menampilkan kesan manis dan kadang menerbitkan rasa kasihan.

Kisah cinta yang kompleks, dinamika naik turun, bertemu berpisah hingga sampai klimaks di akhir film membuat My Sassy Girl akan menjadi salah satu film yang bakal meninggalkan kesan mendalam pada diri penontonnya.

Il Mare (2000 – film)

Il Mare (Siworae) mengisahkan tentang rumah di tepi pantai tempat dua insan menempatinya dalam waktu yang terpisah selama dua tahun. Jun Ji-hyun sebagai Eun-joo hidup di tahun 1999 dan Sung-hyun (diperankan aktor Lee Jung-jae) hidup di rumah yang sama pada tahun 1997.

Anehnya, walau hidup di dua waktu yang berbeda, mereka berdua bisa saling berkomunikasi lewat surat-surat yang mereka kirimkan melalui sebuah kotak pos misterius yang terpasang di depan rumah tersebut.

Film romantis ini dibeli hak ciptanya oleh perusahaan film Warner Brothers dan diremake oleh Holywood dengan judul The Lake House yang dibintangi oleh Sandra Bullock dan Keanu Reeves.

Penampilan Jun Ji-hyun di film ini sangat kalem dan pendiam, memendam perasaan cinta terhadap sosok lelaki di masa lalu yang belum pernah ia temui.

Kelanjutan nasib pasangan yang terjebak perbedaan waktu ini sempat membuat penontonnya cemas. Apakah mereka akan berhasil bertemu di satu titik waktu yang telah mereka tentukan? Walau ada sentuhan fantasinya, tapi Il Mare tetap menjadi salah satu film Jun Ji-hyun yang temanis.

Legends of the Blue Sea (2016 – drakor)

Legenda seorang putri duyung di zaman Joseon yang jatuh cinta pada seorang kepala desa, tapi karena niat jahat orang-orang di sekitar mereka, kisah cinta mereka harus kandas secara tragis. Berabad-abad kemudian, di zaman modern, kedua insan ini ternyata terlahir kembali, dan sejarah terulang lagi.

Jun Ji-hyun seperti biasa tampil total, sebagai duyung yang bijaksana tapi saat menjadi manusia, ia bisa tampil kocak dan meyakinkan, terutama saat menghadapi berbagai fasilitas dan kemajuan teknologi yang dimiliki manusia.

Saking bagusnya ia bermain sebagai dua karakter di drakor ini, pengaruhnya membuat lawan mainnya, aktor Lee Min-ho, yang selama ini kebanyakan Cuma main sebagai karakter satu dimensi (anak orang kaya), ‘terpaksa’ mengimbangi kemampuan akting Jun Ji-hyun dan bisa tampil memikat juga.

Chemistry yang dibangun oleh mereka berdua sangat kuat dan menjadikan drakor fantasi romantis ini menjadi salah satu drakor dengan rating tertinggi pada masa tayangnya.

Baca juga:  Nonton Film Spirits Homecoming (2015) Sub Indo, Full Movie

Akting Jun Ji-hyun di sini juga mendapat banyak pujian karena selain tampil polos dan lucu, ia juga bisa menampilkan karakter yang dalam secara emosional juga kematangan akting yang menonjol.

Daisy (2006 – film)

Daisy disutradarai oleh Andrew Lau, yang juga menyutradarai film Hong Kong legendaris trilogy Infernal Affairs. Di film ini, Jun Ji-hyun memerankan seorang gadis yang terlibat dalam intrik berbelit antara dua lelaki sekaligus, seorang pembunuh bayaran yang jatuh cinta padanya dan seorang polisi interpol.

Dengan latar film yang dilakukan di Belanda, Jun Ji-hyun kali ini tampil sebagai seorang pelukis yang kemudian penasaran akan sosok misterius yang kerap mengiriminya bunga daisy.

Di film ini, Jun Ji-hyun dipasangkan dengan aktor ternama Jung Woo-sung sebagai si pembunuh dan aktor Lee Sung-jae sebagai si polisi.

Daisy bukan film pericintaan biasa, melainkan sebuah kisah humanis yang memiliki akhir tragis. Di film ini, Jun Ji-hyun kembali dipuji penampilannya dan karena keputusannya memilih naskah yang unik dan tidak biasa.

The Berlin File (2013 – film)

Film bergenre suspense dan thriller ini meraih sukses secara komersil di Korea dan sempat diputar di beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat. Jun Ji-hyun di sini berperan sebagai istri seorang mata-mata dari Korea Utara (diperankan aktor Ha Jung-woo) yang dijebak dan dicurigai sebagai double-agent.

Jun Ji-hyun, yang di sini berperan sebagai seorang penerjemah dan bekerja di kedutaan besar Korea Utara di Berlin, Jerman, kembali tampil memukau.

Penampilannya sebagai seorang penerjemah yang lalu dituduh membocorkan informasi mengenai perdagangan senjata kepada agen-agen Korea Selatan yang menginginkan akses ke sebuah rekening milik pejabat Korea Utara dipuji-puji banyak kritikus.

Jun Ji-hyun sekali lagi membuktikan jika ia benar-benar piawai memerankan karakter apapun, termasuk di film thriller bercampur aksi yang memiliki plot kelam dan cukup berat.

 

My Love from the Star (2017 – drakor)

Jun Ji-hyun kembali menampilkan sisi komedinya di drakor yang sukses berat ini. Saking suksesnya, Indonesia pun tidak ketinggalan membuat sinetron dengan kisah yang sama bahkan dengan judul yang sama hanya di-Indonesia-kan, yang berbuntut dengan dituntutnya televisi swasta yang menayangkan drama ini oleh SBS, distributor resmi drakor ini, secara hukum.

Karena menyukai chemistry mereka di The Thieves, Jun Ji-hyun kembali dipasangkan dengan Kim Soo-hyun di drakor My Love from The Star. Jun Ji-hyun berperan sebagai seorang bintang film terkenal yang sangat cantik, tapi agak bodoh, yang awalnya sedikit egois tapi memiliki hati yang baik.

Ia jatuh cinta dengan seorang lelaki misterius yang sebenarnya adalah alien yang terdampar di bumi pada tahun 1609, dan ketinggalan pesawatnya. Ia baru bisa kembali lagi ke planetnya 400 tahun kemudian, pas sekali saat ia berkenalan dengan si bintang film.

Baca juga:  Nonton Film Private Tutor Advanced Course (2016) Sub Indo

Selain lucu dan romantis, drakor ini juga memiliki banyak momen yang memeras air mata. Akting Jun Ji-hyun sangat meyakinkan sebagai seorang gadis yang sedang dirundung patah hati saat merindukan kekasihnya. Buat kamu yang penasaran, yuk, nonton My Love from the Star.

Assassination (2015 – film)

Assassination adalah film layar lebar terakhir yang dibintangi Jun Ji hyun sebelum ia mengambil hiatus panjang, menikah dan melahirkan dua orang anak. Assassination sendiri duduk di posisi 8 film terlaris sepanjang sejarah perfilman Korea.

Jun Ji-hyun kembali memerankan dua karakter, sepasang gadis kembar yang bernasib sangat bertolak belakang karena terpisah sejak bayi. Yang satu tetap sebagai anak pejabat Korea yang mendukung Jepang dan yang satu lagi adalah anggota tentara pemberontakan yang memperjuangkan kemerdekaan Korea.

Film ini juga merupakan reuni antara Jun Ji-hyun dengan aktor Ha Jung-woo setelah The Berlin File dan dengan aktor Lee Jung-jae yang pernah adu akting dengannya di film Il Mare dan The Thieves.

Assassination merupakan film berbobot yang dijuluki film berlatar perang dengan plot yang rumit dan kompleks yang kini sudah tidak pernah dibuat lagi oleh Hollywood.

Ketepatan Jun Ji-hyun mengambil keputusan saat memilih proyek yang ia bintangi juga patut diacungi jempol karena proyek-proyek yang ia pilih rata-rata mendulang sukses besar.

 

Kingdom: Ashin of the North (2021 – film)

 

Saat muncul sebagai cameo di episode terakhir musim kedua serial Kingdom yang bergenre horor, spekulasi bahwa Jun Ji-hyun akan diajak bergabung di jajaran pemain serial tersebut akhirnya terjawab.

Karakter Jun Ji-hyun di Kingdomlalu muncul di sebuah film prekuel khusus yang dibuat sebelum musim ketiga Kingdom tayang tahun depan. Prekuel tersebut diberi judul Ashin of the North.

Film pendamping serial Kingdom ini khusus menceritakan sejarah dan latar belakang seorang perempuan bernama Ashin, yang akan memiliki peran penting di musim ketiganya nanti.

Selain di serial Kingdom, Jun Ji-hyun juga akan adu akting dengan Ju Ji-hoon di Mount Jiri mendatang. Sudahlah namanya mirip, terus sama-sama cantik dan ganteng. Bakal seru nih.

Penutup

Biasanya, jika seorang aktris sudah menikah dan memiliki anak, karirnya akan meredup. Akan tetapi, tampaknya hal itu tidak berlaku bagi Jun Ji-hyun. Bahkan, setelah hiatus lama sekalipun untuk lebih memusatkan perhatian pada keluarganya, ia tetap dicari para produser dan sutradara film.

Mari kita tunggu penampilan Jun Ji-hyun tahun depan di salah satu serial tersukses milik raksasa platform Netflix, Kingdom dan di drakor terbarunya Mount Jiri yang akan tayang sebentar lagi.

Leave a Reply

Loading…

Written by Naila Fauzia

drakor tentang inner beauty

5 Drakor Tentang Inner Beauty yang Menginspirasi

drama kim seon ho

5 Drama Terbaik Kim Seon Ho Selain “Hometown Cha-Cha-Cha”