6 Film Korea dengan Plot Twist Tak Terduga

Mengolah Akhir Kisah yang Memicu Sumpah Serapah

film korea plot twist tak terduga

Film Korea dengan Plot Twist tak terduga – Saat seseorang menonton sebuah film, apa yang ia harapkan? Hiburan, pencerahan, bertambahnya wawasan? Akan tetapi, bagaimana dengan beberapa film yang malah membuat penontonnya syok?

Para pembuat film dari Korea Selatan memiliki kecenderungan untuk ‘mengerjai’ penontonnya dengan cara ini. Mereka membangun cerita yang sejak awal menghipnotis penonton ke satu arah, tapi mendadak dibelokkan secara tiba-tiba dan mengubah semua aturan tanpa peringatan.

Tidak hanya membuat kaget, seringkali film-film ini sangat piawai mengguncang perasaan dan membuat perasaan tidak enak yang tertinggal. Bahkan jauh setelah filmnya selesai ditonton.

Menariknya, film-film tersebut juga memiliki naskah yang mumpuni dan penyutradaraan yang berkelas. Belum lagi deretan aktor dan aktris yang terlibat. Biasanya mereka adalah bintang besar, aktor atau aktris ternama Korea Selatan.

Dibandingkan dengan industri perfilman terbesar di dunia, Hollywood, film-film produksi Korea Selatan memiliki lebih banyak film-film dengan plot twist yang mengejutkan, ‘sinting’, dan tentunya out of the box.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film-film Korea dengan plot-twist tak terduga yang pernah dibuat untuk kamu para penikmat film yang memiliki akhir cerita yang tidak biasa.

No Mercy (2010)

Film  korea dengan plot twist tak terduga yang pertama adalah No Mercy. Dirilis pada tahun 2010, film ini menceritakan seorang ahli forensik bernama Kang Min-ho, yang sedang melakukan penyelidikan sebuah kasus pembunuhan, dihubungi oleh sang pembunuh.

Sang pembunuh sadis ini, yang bernama Lee Seung-ho, mengaku telah menculik anak gadis Min-ho, dan mengancam akan membunuh anak itu jika Min-ho tidak mau melakukan apa yang ia minta.

Takut terjadi apa-apa pada anak gadisnya, Min-ho dengan terpaksa menutupi berbagai jejak yang ditinggalkan si pembunuh di mayat korban, agar semua bukti-bukti yang ada bisa terhapus.

Performa akting Sol Kyung-gu dan duetnya dengan aktor Ryu Seung-bum memang sangat kuat dan menjadi daya tarik utama dari film misteri ini. Selain itu, penyajian adegan-adegan pembunuhan sadisnya dan potongan-potongan tubuh manusia yang mengerikan sangat baik.

Walau teknologi CGI dan efek spesial di tahun itu belum begitu canggih, adegan-adegannya cukup meyakinkan karena didukung oleh skrip yang rapi dan eksekusi cerita yang baik.

Thriller mencekam ini sangat kelam dan menegangkan. Apalagi saat karakter Min-ho yang berada di bawah ancaman, tertekan dan ketakutan akan keselamatan anaknya, terpaksa melakukan semua yang diminta Seung-ho terhadap mayat korban.

Akhir film ini benar-benar tidak bisa ditebak dan membuat terperangah siapa saja yang menontonnya. Mungkin juga bukan hanya terperangah, tapi juga mungkin mengutuki penulis ceritanya.

  • Genre: Misteri, thriller, crime
  • Sutradara: Kim Hyeong-joon
  • Pemain: Sol Kyung-gu, Ryu Seung-bum
Baca juga:  Kaget, Arya Saloka Bikin Ekspresi Unik Saat Tanya Jawab Bareng Fans

Oldboy (2003)

Digadang-gadang sebagai salah satu film Korea terbaik sepanjang masa, Oldboy mengisahkan seorang lelaki secara paksa disekap dalam sebuah kamar selama lima belas tahun tanpa tahu kesalahannya. Dalam kurun waktu itu, ia hanya ditemani sebuah TV. Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya ia berhasil melarikan diri. Setelah berhasil keluar, lelaki ini mencari tahu siapa dalang dibalik penyekapannya selama belasan tahun itu.

Bersama seorang gadis pelayan restoran yang ia kenal setelah bebas mereka berdua mulai merencanakan pembalasan terhadap orang yang menahannya dalam ‘penjara’ itu. Akan tetapi, latar belakang mengapa ia sampai disekap sekian lama itu tidaklah disangka-sangka, dan pelakunya sendiri ternyata sudah menyiapkan senjata pamungkas untuk melumpuhkannya.

Oldboy merupakan salah satu pionir film bergaya noir ala Korea Selatan. Film ini lalu dianggap menjadi satu dari tiga bagian trilogi tidak resmi karya Park Chan-wook lainnya yaitu Sympathy for Mr. Vengeance dan Lady Vengeance.

Walau dari segi kisah sebenarnya film-film ini berdiri sendiri dan tidak berhubungan, tapi ketiga film ini memiliki tema yang sama yaitu pembalasan dendam. Trilogi tidak resmi Park Chan-wook ini kerap disebut dengan ‘The Vengeance Trilogy’. Oldboy sangat disukai kalangan kritikus film dan telah diadaptasi oleh Hollywood dengan sutradara Spike Lee.

Park Chan-wook adalah salah satu sutradara dari Korea Selatan yang paling terkenal dan sangat dihormati di dunia internasional. Film ini memang sarat dengan sentuhan khas ala Chan-wook, begitu brutal, tanpa basa-basi, dan penuh juga dengan humor gelap dan satir. Siapapun yang hendak menonton film ini ada baiknya untuk mempersiapkan mental terlebih dahulu.

  • Genre: Action, thriller, crime
  • Sutradara: Park Chan-wook
  • Pemain: Choi Min-sik, Yoo Ji-tae, Kang Hye-jung

A Tale of Two Sisters (2003)

Film korea dengan plot twist tak terduga yang satu ini bercerita tentang seorang gadis bernama Su-mi baru saja keluar dari rumah sakit jiwa akibat trauma mengerikan yang terjadi di masa lalunya. Setibanya di rumah, Su-mi harus menghadapi kehidupan baru dengan ayahnya yang baru menikah lagi. Su-mi dan adik perempuannya terpaksa tinggal bersama ibu tiri baru mereka yang misterius dan selalu memiliki agenda tersembunyi.

Su-mi juga kerap melihat ibu tiri mereka mencoba menyakiti mereka, terutama adiknya. Selain itu, ada kekuatan jahat yang menghantuinya di rumah itu, dan Su-mi semakin yakin bahwa rumah yang ia tempati itu berhantu.

Film ini unik karena memadukan horor supernatural dengan konflik psikologis yang rumit antara ibu, ayah dan anak-anaknya. Selain itu, penyajian ceritanya juga elegan tanpa mengumbar jumpscare. Kengerian dan terornya dibentuk dengan mengandalkan suasana kelam rumah dan penampilan Im So-jung yang meyakinkan sebagai gadis muda dengan gangguan kejiwaan dan depresi yang mendalam.

Baca juga:  Baca Manga Black Clover Chapter 252 Bahasa Indonesia

Sebagai tambahan, plot-twist film ini dianggap salah satu yang terbaik yang pernah dibuat untuk film bergenre horor. A Tale of Two Sisters sendiri telah diadaptasi oleh Hollywood menjadi film berjudul ‘The Uninvited’. Film AToTS ini bisa kamu nikmati di platform streaming VIU dan KlikFilm.

  • Genre: Horror
  • Sutradara: Kim Jee-won
  • Pemain: Im So-jung, Moon Geun-young, Yum Jung-ah

Mother (2009)

Pepatah ‘kasih ibu sepanjang masa’ menjadi landasan kisah di film ini. Sutradara bertangan dingin yang tahun lalu melesat popularitasnya berkat film ‘Parasite’ yang mendunia, Bong Joon-ho, dengan sabar mengupas lembar demi lembar tabir konflik yang membungkus karakter seorang janda paruh baya (yang diperankan aktris legendaris Kim Hye-ja) yang membesarkan anak lelaki satu-satunya yang terbelakang mental (diperankan aktor Won Bin yang tampil brilian).

Si ibu harus melakukan segala yang ia bisa untuk melindungi anaknya saat seorang gadis terbunuh di kota kecil itu dan semua bukti yang ada mengarah ke anak lelakinya. Sistem hukum berat sebelah dan penyelidikan polisi yang asal-asalan benar-benar merugikan mereka. Si ibu tidak memiliki pilihan lain, selain menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri.

Film ini disebut-sebut sebagai salah satu masterpiece karya Bong Joon-ho, selain The Host, Memories of Murder, Snowpiercer, dan tentunya Parasite. Konklusi yang disajikan kepada penonton bukan saja mengejutkan, tapi juga menyentuh perasaan terdalam yang pasti bisa dimengerti oleh semua ibu.

  • Genre: Drama, crime
  • Sutradara: Bong Joon-ho
  • Pemain: Kim Hye-ja, Won Bin

Forgotten (2017)

Forgotten menjadi salah satu film korea dengan plot twist tak terduga lantaran menghadirkan berbagai misteri yang menyangkut sebuah keluarga.

Jin-seok (diperankan oleh aktor Kang Ha-Neul) dan keluarganya pindah ke rumah baru. Ia memiliki seorang kakak laki-laki yang bernama Yoo-seok. Jin-seok menderita penyakit sejenis auto-immune yang membuatnya tergantung pada obat-obatan. Namun, pada suatu malam, Jin-seok melihat kakaknya diculik oleh sekelompok orang dan hal itu benar-benar mengguncangnya.

Misteri dimulai saat Yoo-seok pulang kembali ke rumah setelah hilang selama 19 hari. Yoo-seok tidak ingat apa yang terjadi pada dirinya selama diculik. Namun, Jin-seok mulai mencurigai tingkah Yoo-seok yang menjadi berbeda dan merasa bahwa Yoo-seok yang kembali ke rumah mereka bukanlah kakaknya.

Selain misteri tentang siapakah sosok asli Yoo-seok itu, Jin-seok juga kerap terganggu dengan hal-hal aneh yang tidak bisa dijelaskan yang terjadi di rumahnya.

Ada misteri apa sebenarnya yang terjadi pada keluarga mereka? Dan, siapa penghuni lama rumah yang mereka tempati sekarang? Apakah mereka pernah melakukan kejahatan dan kini ada kekuatan gelap yang mengganggu mereka?

Baca juga:  8 Artis Korea yang Memiliki Akun YouTube, Kurang Pede?

Film ini harus diikuti dengan konsentrasi yang penuh dan mata yang jeli. Jika tidak, maka kamu bisa melewatkan banyak petunjuk yang diselipkan di mana-mana sejak awal film dimulai. Plot twist film ini luar biasa cerdas dan tidak tertebak.

Salut untuk penulis skenario sekaligus sutradara Jang Hang-jun yang begitu cerdas meramu belitan konflik dan misteri dengan akhir kisah yang benar-benar mengguncang otak. Film ini bisa kamu tonton di Netflix.

  • Genre: Thriller, drama
  • Sutradara: Jang Hang-jun
  • Pemain: Kim Ha-neul, Kim Mu-yeol

The Wailing (2016)

The Wailing mungkin merupakan pembuka jalan bagi film Korea lainnya seperti Parasite. The Wailing yang diputar pertama kali di festival film bergengsi Cannes menghasilkan decak kagum dan kebanjiran kritik positif dari kritikus film seluruh dunia karena berhasil memberikan tontonan horor yang tidak saja menyeramkan, tapi juga dengan konsep yang menyegarkan.

Menggunakan latar kisah yang cukup akrab bagi masyarakat Asia, yaitu sosok yang dipercayai sebagai manifestasi iblis berwujud manusia dan dituduh menjadi biang keladi berbagai teror yang dialami masyarakat sekitar. Polisi Jong-goo (diperankan aktor Kwak Do-won) yang tinggal di sebuah desa kecil dibingungkan oleh sebuah wabah yang menyerang warga.

Perilaku mereka menjadi mirip zombie, tapi sebagian percaya bahwa itu adalah ciri-ciri kerasukan iblis. Warga menuding seorang lelaki tua berkebangsaan Jepang yang tinggal terisolir di pinggiran hutan sebagai sosok iblis.

Polisi tambah bingung saat seorang gadis muda yang muncul entah dari mana menyatakan bahwa ia datang untuk mengusir kekuatan jahat yang dibawa oleh si iblis. Bagaimana cara ia mengetahui mana yang memang bermaksud baik dan yang mana iblis sesungguhnya?

Di sini, penonton benar-benar dibuat bingung siapa yang harus dipercaya. Plot twist yang tidak terduga dan menipu penonton berkali-kali memang sangat cerdas dan akan sulit untuk diulangi oleh film manapun di masa depan.

Publik dan kritikus film internasional pun dibuat bingung dan terkejut dengan akhir kisah The Wailing. Hal ini membuat The Wailing berjaya di berbagai festival film internasional dan mengokohkan posisi Korea Selatan sebagai salah satu ‘ancaman’ terbesar Hollywood dari segi kualitas cerita. Film ini bisa dilihat di platform streaming VIU dan KlikFilm.

  • Genre: Horror
  • Sutradara: Na Hong-jin
  • Pemain: Kwak Do-won, Hwang Jung-min, Jun Kunimura

Penutup

Demikian pembahasan mengenai 6 film Korea dengan Jaw-Dropping Plot-Twist terbaik versi Sushi.id. Dari keenam film di atas manakah yang jadi favoritmu?

Kamu bisa saksikan semua film di atas di situs nonton film online atau unduh filmnya di situs download film.

 

Leave a Reply

Loading…

Written by Naila Fauzia

nonton a perfect fit

Nonton A Perfect Fit (2021) Full Movie, Link Streaming

nonton film chronicles of the ghostly tribe

Nonton Film Chronicles of the Ghostly Tribe (2015) Sub Indo