6 Rekomendasi Film Lesbian Korea, Kamu Harus Tahu!

film lesbian korea

Sebagaimana halnya Jepang yang terkenal dengan budaya Timur yang kental, Korea Selatan juga merupakan negara dengan adat ketimuran yang sangat dijunjung tinggi. Norma-norma sosial ketimuran masih sangat dipercaya dan diterapkan oleh mereka, termasuk persoalan LGBT yang masih menjadi hal yang tabu di sana.

Secara hukum, hubungan pasangan homoseksual di Korea Selatan memang tak masuk pelanggaran, tetapi pemerintah Korea Selatan tetap tidak mengesahkan pernikahan di antara mereka. Selain itu, diskriminasi terhadap LGBT juga masih jamak ditemukan. Militer pun melarang keras homoseksualitas dan menjatuhi hukuman hingga satu tahun bagi yang terlibat. Sementara kelompok fundamentalis agama sering melakukan protes anti-LGBT.

Sebagai upaya mendorong kesadaran dan simpati terhadap isu-isu LGBT, industri perfilman Korea Selatan pun turut menyuarakan hak-hak kaum LGBT melalui berbagai judul film. Film Korea dengan tema LGBT memang tidak umum dan pastinya mendapatkan banyak sekali tantangan dalam setiap proses produksi maupun pemasarannya.

Nah, untuk kamu pada pecinta drama dan film Korea, berikut ini Sushi.id telah rangkumkan untukmu 6 rekomendasi film lesbian Korea yang bisa menjadi referensimu. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Mine

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, misteri
  • Sutradara: Lee Na-jung
  • Pemain: Lee Bo-young, Kim Seo-hyung, Cha Hak-yeon, Park Hyuk-kwon
  • Perusahaan Produksi: JS Pictures, Studio Dragon

Film lesbian Korea yang pertama adalah Mine yang rilis pada tahun 2021. Film ini memuat kisah dua perempuan yang ingin mengaktulisasikan dirinya dari stigma dan stereotipe tentang perempuan yang beredar di masyarakat.

Jung Seo Hyun (Kim Seo Hyung) merupakan salah satu dari perempuan tersebut yang berjuang di lingkungan chaebol atau keluarga konglomerat Korea. Hidupnya penuh persaingan dan ia tidak bisa melupakan cinta pertamanya yang bernama Choi Suji (Kim Jung Hwa).

Kisah cinta keduanya tampak sangat menyentuh dan menjadi pasangan favorit di kalangan para pecinta sinema lesbian. Selain itu, Kim Seo Hyun juga disebut-sebut mirip dengan Cate Blanchett oleh para komunitas lesbian. Dirinya juga pernah diprotes oleh kelompok fundamentalis agama yang kecewa ketika dirinya memainkan peran seorang lesbian.

Baca juga:  Cara Nonton Gratis di Aplikasi Vidio Mudah dan Cepat | April 2020

Yuk, nonton drakor Mine di Netflix.

The Handmaiden

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Drama, romance, thriller
  • Sutradara: Park Chan-wook
  • Pemain: Kim Min-hee, Kim Tae-ri, Ha Jung-woo, Cho Jin-woong
  • Perusahaan Produksi: Moho Film, Yong Film

The Handmaiden merupakan salah satu film lesbian Korea Selatan yang paling terkenal. Kisahnya penuh dengan lika-liku. Bagi kamu yang menyukai plot twist, film ini cocok untukmu karena banyak kejutan-kejutan di dalamnya.

Berlatar belakang ketika Korea masih di bawah kepemimpian Jepang, Handmaiden menceritakan kisah Agassi atau sang nona (Kim Min-hee) dan pelayannya, Nam Sook-hee (Kim Tae Ri). Kisahnya dimulai ketika Nam Sook-hee semacam dijadikan kambing hitam untuk suatu rencana licik antara Agassi dan Count Fujiwara (Ha Jung-woo) yang akan menikahinya.

Namun, Agassi mulai jatuh cinta pada Nam Sook-hee yang digambarkan dengan lembut melalui gestur dan tatapan dalam tiga babak film. Keduanya pun menyusun rencana rahasia yang akan membebaskan mereka dari laki-laki yang menjadi beban hidupnya.

Alice: Crack of Season

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Short, drama
  • Sutradara: Chae Ga-hee
  • Pemain: Hee Ryung Jang, Ryu Won

Film lesbian Korea selanjutnya adalah Alice Crack of Season yang rilis pada tahun 2016. Film ini mengisahkan tentang manisnya kisah percintaan semasa sekolah. Sejak awal film, kamu sudah disuguhi dengan adegan manis, yakni Yoon Hye (Jang Hee-ryung) dan Da Joo (Ryu-won) yang saling berbagi headset di kelas.

Seperti halnya kisah cinta remaja pada umumnya, film pendek Korea bertema lesbian ini juga tak luput dari penggambaran kegalauan sang pemain. Film berdurasi 19 menit ini mampu menyajikan adegan mendebarkan ketika sang tokoh utama menyangka bahwa perasaannya akan berbalas, namun sayangnya tidak.

Baca juga:  Nonton Ginny and Georgia (2021) Sub Indo, Full Episode

Secara umum, film Alice: Crack of Season ini tampak seperti film persahabatan antara dua orang remaja perempuan. Namun, film lesbian Korea satu ini menampilkan kesan bahwa pasangan lesbian bisa digambarkan melalui tatapan matanya, tanpa adegan-adegan vulgar.

Coming of Age House of Hummingbird

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Kim Bora
  • Pemain: Park Ji-hoo, Kim Sae-byuk, Jung In-gi, Lee Seung-yeon, Park Soo-yeon
  • Perusahaan Produksi: Epiphany Film, Mass Ornament Films

Disutradarai oleh Kim Bora, Film lesbian Korea satu ini menyoroti tetang kisah remaja menuju dewasa dari tokoh Eun-hee (Park Ji-hoo). Film ini mengisahkan Eun-hee yang berusia 14 tahun dan hubungannya dengan keluarganya. Secara umum, film ini juga tampak seperti film keluarga pada umumnya.

Digambarkan Eun-hee dengan seluruh aspek kehidupannya mulai dari pertemanan hingga mendapatkan mentor untuk lebih mengarahkan dirinya di usia remaja, hingga urusan percintaannya. Awalanya Eun-hee remaja tumbuh sebagai remaja heteroseksual dan memiliki pasangan. Namun secara diam-diam, ia menyadari jati dirinya.

Tanpa sepengetahuan orang tuanya, Eun-hee berpacaran dengan seorang remaja perempuan lainnya yang telah menyatakan cinta kepadanya. Film lesbian ini menampilkan kisah cinta biseksual, dimana sutradara Kim Bora ingin menyatakan bahwa perasaan suka tidak terbatas pada satu jenis kelamin saja.

Fantasy of The Girls

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Teen-romance, Lesbian
  • Sutradara: Ahn Jeong-min
  • Pemain: No. Jeong-ee, Nara, Jo Soo Hyang

Film lesbian Korea selanjutnya mengisahkan Bong Sun-hwa (Roh Jeong-eui), siswa kelas satu SMA yang terkenal ceria. Dengan kepribadiannya tersebut, ia diminta oleh seniornya Soo Yeon (Jo Soo-hyang) untuk berperan sebagai Juliet sementara Romeo diperankan oleh kakak kelas Lee Ha-nam (Kwon Na-ra) yang menjadi idola semua orang di sekolah karena kecantikannya.

Baca juga:  Nonton Was It Love (2020) Sub Indo, Streaming Episode 1-12

Film ini menceritakan seputar cinta segitiga di sekolah. Bong Sun-hwa atau Juliet yang dimabuk cinta oleh Romeo, benar-benar jatuh cinta dengan Lee Ha-nam. Apalagi seniornya itu memiliki perwatakan semacam tsundere menggemaskan, tapi tidak menyebalkan karena bukan laki-laki yang konstipasi secara emosional.

Di sisi lain, Bong Sun-hwa merasa ragu untuk mengakui perasaannya karena stigma terhadap komunitas LGBT. Belum lagi dia curiga kalau Soo Yeon memiliki hubungan spesial dengan Lee Ha-nam. Fantasy of The Girls menjadi film romantis remaja yang menampilkan cinta monyet tanpa gestur yang sengaja dibesar-besarkan sampai memuakkan. Latar belakang di sekolah khusus perempuan juga membuat film ini berbeda dengan film romansa lainnya.

Moonlit Winter

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Romance
  • Sutradara: Lim Dae-hyung
  • Pemain: Kim Hee-ae, Yūko Nakamura,  Kim So-hye

Film lesbian Korea yang selanjutnya adalah MoonliteWinter yang rilis pada tahun 2019. Film in tidak hanya menyoroti kisah cinta pasangan lesbian, tetapi juga mengenai hubungan ibu dan anak perempuannya. Di film ini, kamu akan melihat bagaimana rasa kesepian seorang perempuan lesbian yang terpaksa menikag dengan laki-laki karena terbentur norma sosial.

Cerita keterpaksaan tersebut membuat Moonlit Winter terasa lebih nyata dan dekat dengan fenomena yang dirasanya oleh komunitas LGBT. Dikisahkan Sae Bom ((Kim So-hye) yang menemukan kumpulan surat milik ibunya Yoon-hee (Kim Hee-ae) dari mantan kekasihnya, Jun (Yuko Nakamura). Sae-bom yang kerap menyaksikan ibunya yang terus sedih bahkan ketika menikah dengan ayahnya kemudian ingin mempertemukan ibunya dengan Jun di Jepang.

Penutup

Itu tadi 6 daftar film lesbian Korea yang perlu kamu ketahui. Jika kamu memiliki rekomendasi lainnya, silakan tuliskan di kolom komentar, yaaa!

Jangan lupa untuk like dan bagikan tulisan ini, ya, dan nantikan ulasan film lainnya hanya di Sushi.id.

 

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Fitri Wahyuningsih

Fitri si naturalis. Punya pondok kayu sederhana di pegunungan dan menghabiskan masa tua dengan bercocok tanam adalah mimpinya.

queendom 2 sub indo

Link Nonton Queendom 2 Sub Indo

5 fakta memikat the sound of magic gambar utama

5 Fakta Memikat The Sound of Magic