7 Film Mirip Jurassic World: Dominion yang Harus Kamu Tahu

film seperti Jurassic

Film tentang hewan purba bukanlah hal baru dalam dunia film. Film bertema sama seperti Jurassic World: Dominion telah ada sejak tahun 1920-an. Dengan teknologi terbatas, film bertema dinosaurus banyak menghiasi layar lebar.

Sementara itu, dinosaurus sendiri telah lama menjadi salah satu aspek paling populer. Terutama dalam sejarah film di planet ini. Dinosaurus menimbulkan imaji-imaji yang beragam, seperti apa hewan purba ini dan bagaimana mereka binasa.

Meskipun tidak banyak film dinosaurus seperti yang dipikirkan orang-orang. Berupa film yang memiliki daya tarik alami dan menakjubkan. Paling tidak, film yang bergenre petualangan, aksi, dan fantasi dengan tema makhluk purba dapat kamu ketahui dari ulasan berikut ini.

Berikut ini telah Sushi.id himpun beberapa film bergenre seperti Jurassic World: Dominion. Yaitu film-film yang akan selalu membuatmu berfantasi tentang makhluk purba. Tentunya film-film yang akan menambah informasi terkait dinosaurus, kingkong, dan beberapa makhluk purba lainnya.

The Lost World (1925)

The-lost-world

Film The Lost World merupakan film yang cukup tua dengan tema dinosaurus. Film yang rilis pada 1925 ini diadaptasi dari novel  karya Arthur Conan Doyle. Novel ini terbit pada 1912, jauh sebelum dunia heboh dengan jenis dinosaurus modern.

Dengan teknologi film yang masih sederhana, alias belum secanggih hari ini. Seperti film tahun 1920-an, format film The Lost World masih berupa silent movie dan tanpa warna. Dalam film ini, dinosaurus digambarkan dengan cara special effect stop-motion. Stop motion dinosaurus pertama ini dikerjakan oleh Willis O’brien.

Sebagai film bertema dinosaurus pertama, The Lost World telah dimuseumkan. Ia menjadi bagian dari arsip yang dilakukan oleh Library of Congress. Oleh karena itu, The Lost World menjadi penanda sejarah tentang film yang bertema dinosaurus. Sebagaimana tema serupa yang sedang tayang di bioskop, Jurassic World: Dominion.

One Million B.C. (1940)

one-million.bc

Film bergenre petualangan, fantasi, dan romance ini rilis pada 1940. Disutradarai oleh Hal Roach Jr. dan Hal Roach. Di samping itu, film ini diperankan oleh Victor Mature, Corela Landis, dan Lon Chaney Jr. Meski film One Million B.C mengedepankan romantisisme, tetapi tema hewan purba masih terasa hidup di dalamnya.

Baca juga:  Daftar Situs Download Buku Gratis PDF dan EPUB Terbaik di 2022

One Million B.C sendiri merupakan andalan studio United Artists. Film ini merupakan generasi lebih baru dibandingkan The Lost World. Maka, tidak heran film ini menggunakan perlengkapan yang lebih kompleks dan memadai. Yaitu dengan menggunakan hewan asli seperti buaya kecil dan iguana yang dipasangin kostum.

Dengan adanya hewan asli tersebut itulah, tampilan film ini lebih meyakinkan. Seolah-olah, dinosaurus yang sesungguhnya hadir kembali ke dunia dan bertarung dengan sangat nyata. Pertarungan itu terasa sangat orsinil dan menegangkan.

Oleh karena itu, film One Million B.C yang mengusung tema dinosaurus seperti Jurassic World Dominion memperoleh nominasi award. Film ini dinyatakan berhasil dan masuk nominasi Academy Awards di kategori Best Special Effect. Meskipun pada akhirnya tidak membawa pulang piala Oscar, kamu perlu menonton film yang epik ini.

The Beast from 20,000 Fathoms (1953)

the-beast-from-20000-fathoms

Film The Beast from 20,000 Fathoms resmi rilis pada 1953. Lebih muda lagi daripada One Million B.C dan film The Lost World. Film tersebut bergenre horror dan sci-fi dengan sutradara Eugene Lourie. Dan pemerannya adalah Paul Hubschmid, Paula Raymond, dan Cecil Kellaway.

The Beast from 20,000 Fathoms merupakan film bertema dinosaurus. Oleh karena itu, dinosaurus dalam film ini ditampilkan dengan special effects stop-motion. Akan tetapi dalam film ini, stop-motion yang digunakan sudah lebih berkembang dibandingkan dengan film The Lost World.

Film The Beast from 20,000 Fathoms dianggap sebagai karya terbaik karya Ray Harryhausen. Ia merupakan seorang ahli special effects terbaik pada zamannya. Berkat kehebatan tangan Ray, dinosaurus di film ini tampil lebih nyata daripada film pendahulunya.

Cerita film The Beast from 20,000 Fathoms adalah tentang munculnya dinosaurus fiktif. Ia bernama Rhedosaurus. Dikisahkan, rhedosaurus muncul dikarenakan suatu percobaan kimiawi. Akibat percobaan nuklir, maka monster yang ada di dalam bumi terbangun dan keluar. Ia keluar dari dalam perut bumi, kemudian merusak tempat tinggal manusia.

Baca juga:  Kim Woo Bin Comeback, Tonton Lagi Lima Dramanya yang Paling Populer

The Valley of Gwangi (1969)

The-Valley-of-Gwangi-1969

Selain film-film dinosaurus di atas, masih ada film yang memunculkan dinosaurus lain. Inilah film The Valley of Gwangi yang rilis pada 1969 dengan genre aksi dan petualangan. Film ini dibintangi oleh James Franciscus, Gila Golan, dan Richard Carlson. Di samping itu, film ini disutdarai langsung oleh Jim O’Connolly.

The Valley of Gwangi menghadirkan dinosaurus yang sedang beradu dengan para cowboy. Maka, fokus ceritanya adalah dinosaurus yang bertarung dengan manusia. Secara garis besar, jalan ceritanya pun tentang pertarungan satu dan pertarungan lainnya.

Kabarnya, film The Valley of Gwangi merupakan karya terakhir Ray Harryhausen. Tidak perlu heran jika tampilan dinosaurus dalam film tersebut lebih baik daripada film-film sejenis sebelumnya.

Format yang diaplikasikan dalam film ini lebih modern. Yang disebut Technicolor. Secara warna dan grafis tentu lebih menarik dan lebih kompleks. Contohnya, tyrannosaurus yang berwarna biru terlihat sangat jelas dan nyata. Selain itu, jenis dinosaurus bernama Pterodactyl juga hadir dengan momok mengerikan berkat technicolor.

Nah, beberapa film di atas merupakan awal mula lahirnya film dinosaurus lainnya. Misalnya pada 1993, lahir film Jurassic Park garapan Steven Spielberg hingga sekuel keenamnya baru-baru ini. Tidak hanya tentang dinosaurus, bahkan makhluk purba lainnya pun dihadirkan dalam film-film berikutnya.

King Kong (2005)

King Kong 2005

Film King Kong yang rilis pada 2005 ini juga menampilkan dinosaurus. Akan tetapi, dinosaurus dalam film ini bukan sebagai fokus utamanya. Meski begitu, film garapan sutradara Peter Jackson ini sama-sama bergenre aksi, petualangan dan drama. Maka, alur cerita di dalamnya sangatlah kompleks dan seperti kisah nyata.

Dalam beberapa adegan, dinosaurus hadir menghidupkan cerita dramanya. Namun, yang tidak kalah menarik ialah ketika ada perterungan antara tiga Vastatosaurus Rex dengan King Kong. Vastatosaurus Rex adalah keturuan Tyannosaurus Rex yang ganas dan menyeramkan.

Dengan teknologi yang lebih canggih, pertarungan King Kong dengan Vastatosaurus Rex benar-benar menegangkan. Buasnya sang King Kong dan ganasnya sang makhluk purba Vastatosaurus Rex semakin membuat film ini memacu andrenalin. Jika kamu senang film yang membuat kamu deg-degan dan ngeri, kamu perlu tonton film ini!

Baca juga:  10 Pemain Spiderman Paling Sukses, Nomor Satu Bukan Tom Holland!

Godzilla (2014)

Godzilla-2014

Berselang hampir satu abad, film Godzilla hadir sebagai film yang lebih modern. Film yang rilis pada 2014 ini menampilkan aksi dan petualngan yang seru. Godzilla hadir dengan tubuh yang sangat besar. Seolah-olah satu spesies dengan dinosaurus.

Film Godzilla sendiri merupakan garapan sutradara Gareth Edwards. Dengan berdasarkan referensi sang kreator Akira Watanabe, Godzilla hadir sebagai penyelamat manusia dari serangan monster-monster buas yang lain.

Akira Watanabe menjadikan Tyrannosaurus, Iguanodon, Stegosaurus dan Alligator sebagai bahan dasar. Maka terciptalah bentuk pertama yang diberi nama Gojira. Selain itu, ditegaskan juga bahwa ia terinspirasi dari kesuksesan film The Beast from 20,000 Fathoms.

Bagaimana, Geng? Masih seru kan menyimak perkembangan film-film makhluk purba lainnya. Makanya, bacalah sampai selesai.

Godzilla: King of the Monsters (2019)

godzilla-king-of-the-monsters

Film Godzilla: King of the Monsters merupakan film monster yang berasal dari Amerika Serikat. Film yang rilis pada 2019 ini tentu saja sangat menarik dan menampilkan gambar yang jauh lebih nyata. Dengan dukungan teknologi yang lebih modern, film dengan tema seperti Jurassic World: Dominion akan lebih banyak lagi.

Godzilla: King of the Monsters sendiri garapan Michael Dougherty. Ia sebagai penulis skenarionya dengan Zach Shields. Maka, film ini semakin banyak menarik banyak peminat karena kehadiran makhluk-makhluk serem itu lebih menegangkan dari pada ketemu monyet di dunia nyata.

Film ini bercerita tentang Emma Russell. Ia dikisahkan sebagai seorang ahli paleobiologi untuk organisasi Cryptocryptical Monarch. Ia sedang melakukan penilitian tentang makhluk raksasa yang benama Titans. Namun, jalan cerita membawanya kepada kejadian yang diluar dugaannya. Kalau kamu mau tahu, coba tonton saja.

Penutup

Demikian berbagai film yang mengadirkan dinosaurus di dalamnya. Film yang saya sebutkan di atas merupakan film yang hadir untuk kamu. Tentu dengan tema yang nyaris sama dengan film Jurassic World: Dominion.

Jangan lewatkan untuk berkomentar. Bila kamu ada saran dan penemuan lain tentang film yang bertema sama seperti Jurassic World: Dominion. Tulis di kolom kementar, Geng.

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Muafiqul Khalid

Buzz-Lightyear

Buzz Lightyear dari LGBT hingga Gunung Salju Mencair