10 Film Musikal Terbaik Agar Kita Bisa Nyanyi Terus!

Nyanyi terus sampai pagi!

rekomendasi film musikal nyanyi

Inilah rekomendasi 10 film musikal agar kita bisa nyanyi terus sampai subuh.

Selain main video game, dua kegiatan penghibur diiri yang paling efektif, adalah nonton film dan bernyanyi. Keduanya ini sudah sering kita buktikan, bisa membuat stress langsung pergi. Apalagi kalau kita mengkombinasikan keduanya, makin sirna saja stres yang tadinya kita rasakan.

Dan tentunya untuk mendapatkan kombinasi tersebut, satu-satunya cara adalah dengan nonton film musikal. Faktanya, sudah ada puluhan lebih film musikal keren yang dirilis. Namun dari semuanya, berikut adalah 10 film musikal yang sangat penulis rekomendasikan.

Oh ya sebelum mulai, film musikal yang masuk daftar ini, adalah yang sebagian besar filmnya menampilkan sesi musikal atau penceritaan filmnya disampaikan dengan bernyanyi.

Pitch Perfect (2012)

Rekomendasi film musikal agar bisa kita nyanyi terus yang pertama, adalah film Pitch Perfect yang pertama. Memang, film ini adalah trilogi. Namun tetap saja yang masih berkesan hingga detik ini adalah yang memulai semuanya.

Selain premisnya masih sangat simpel, semua pilihan lagu-lagunya, sangat bisa kita nyanyikan dan bahkan nostalgiakan. Lihat saja deretan lagunya:

‘Don’t You (Forget About Me)’ – Simple Minds

‘Just the Way You Are’ – Bruno Mars

‘Since U Been Gone’ – Kelly Clarkson

‘Give Me Everything’ – Pitbull feat. Ne-Yo

‘The Sign’ – Ace of Base

‘No Diggity’ – Blackstreet

Selain itu, seluruh penampilan dan chemistry seluruh anggota Barden Bellas-nya sangatlah kompak. Sehingga kitapun betah dalam menyaksikan storyline filmnya yang sangat standar itu.

Cinderella (2021)

Rekomendasi film musikal agar bisa kita nyanyi terus selanjutnya, adalah film adaptasi kisah anak Cinderella yang baru saja dirilis 3 September 2021 lalu di platform streaming film, Amazon.

Film ini menampilkan penyanyi asal Kuba yang sedang ngetop saat ini, Camila Cabello sebagai Cinderella barunya. Cinderella versi moderen ini, kini masih hype banget. Selain karena versi ini terlihat dan terasa sangat kekinian, juga film ini sedang mengalami kontroversi panas.

Pasalnya sosok fairy godmother atau ibu perinya mengalami perombakan yang membuat sebagian besar menjadi tidak nyaman. Spesifiknya, kini ibu perinya adalah seorang pria (fairy godfather dong jadinya!) yang diperankan oleh Billy Porter (Like a Boss).

Selain itu unsur SJW nya sangat kuat banget. Tapi untungnya kontroversi ini tidak lantas membuat kita menjadi gak suka dengan filmnya. Karena selain penampilan Cabello dan aktor lainnya keren, juga sajian lagu-lagunya adalah lagu-lagi jadul dan kekinian yang pasti akrab di telinga.

‘Perfect’ – Ed Sheeran

‘Rhythm Nation’ – Janet Jackson

‘Somebody to Love’ – Queen

‘Material Girl’ – Madonna

‘Am I Wrong’ – Nico & Vinz

‘Seven Nation Army’ – The White Stripes

Once (2007)

Apakah kalian pernah mendengar lagu romantis berjudul ‘Falling Slowly’ yang kamu dengar di video tersebut? Pasti pernah deh. Karena walau kamu belum menonton film yang menjadi soundtrack-nya ini, faktanya, lagunya ini ngetop banget.

Once adalah film drama romantis musikal independen dari Irlandia milik sineas, John Carney (Begin Again). Filmnya mengisahkan musisi jalanan pria tanpa nama (Glen Hansard) yang mengamen setiap harinya demi menghidupi diri sehari-hari.

Namun selain alasan tersebut, alasan lainnya juga dikarenakan ia adalah musisi handal. Dan suatu hari, musik kerennya ini, sukses memikat hati seorang gadis asal Republik ceko yang berprofesi sebagai penjual bunga (Marketa Irglova).

Tertarik, si gadis meminta tolong ke si pria untuk mengajarkannya lagu yang memikat hatinya tersebut. Dan awal yang agak klise ini, pada akhirny bebruah manis. Keduanya menjadi sepasang kekasih. Namun tentunya dalam perjalanannya, keduanya menemui bebrgaai masalah dan halangan.

Baca juga:  Review WandaVision Episode 9: Sisi Lain Westview, Kota yang Patah Hati

Selain ‘Falling Slowly’, film ini juga menyuguhkan lagu-lagu orisinil filmnya yang gak kalah enaknya. Dijamin walau kamu gak tahu lagu-lagunya di awal, kamu bakalan ikut nyanyi juga walau salah-salah liriknya.

La La Land (2016)

Inilah film drama musikal yang sempat membuat heboh ajang penghargaan Oscar 2017 silam. Kala itu film ini disalah sebutkan sebagai pemenang film terbaiknya padahal, yang memenangkan, adalah Moonlight.

Namun walau tidak menang, tetap saja La La Land, adalah film musikal yang asyik banget. Mulai dari tampilannya yang colorful, kisah yang sangay relatable, dan tentunya lagu-lagu soundtrack-nya yang enak banget untuk didendangkan.

‘City of Stars’ adalah salah satu yang kerap kita nyanyikan atau bahkan melakukan cover-nya di Youtube. Walau demikian, lagu-lagu lainnya pun sekali lagi, juga sangat asyik. Dan yang kerennya, La La Land sangat bisa dinikmati bagi kita-kita yang gak suka film musikal sekalipun.

 

Rocketman (2019)

Pasca kesuksesan Bohemian Rhapsody (2018), minat audiens terhadap film biopik musikal kembali tinggi. Dan Rocketman, bisa kita katakan muncul di saat yang sangat tepat.

Sesuai judulnya, film ini adalah biopik musikal dari penyanyi solo legendaris, Elton John. Sosoknya disini diperankan oleh Taron Egerton (Kingsman). Yang unik dari film ini, walaupun mengisahkan kisah nyata dari hidup penyanyi pria super flamboyan ini, namun semuanya dikemas layaknya seperti film fantasi.

Dan Egerton, baik dari tampang maupun vokal, mirip banget dengan sosok Elton-nya. Kesemua ini ditambah lagi dengan penceritaannya yang menerapkan gabungan antara musikal dan “normal” pada umumnya. Maksudnya, sebagian filmnya ditampilkan dengan dialog, namun sebagaian lagi dengan lagu-lagu hit Elton yang dianggap pas untuk mewakili adegannya.

Lagu-lagu Elton yang disajikannya pun adalah yang pasti akan membuat kita langsung bernostalgia dan berdendang sendiri.

‘I Want Love’

‘Saturday Night’s Alright (For Fighting)’

‘Your Song’

‘Crocodille Rock’

‘Tiny Dancer’

‘Rocket Man’

Across the Universe (2007)

Bagi kita-kita yang nge-fans berat dengan grup Rock N’ Roll legendaris The Beatles, maka kamu WAJIB banget nonton film ini.

Karena Across the Universe adalah film drama musikal super kreatif yang mengadaptasi judul beserta isi lirik lagu-lagu The Beatles. Film arahan Julie Taymor (Firda) ini mengisahkan pekerja galangan kapal di Liverpool, Inggriss, Jude (Jim Sturgess).

Ia kemudian pergi ke Amerika Serikat untuk menemui ayahnya yang seorang tentara yang mana, gak pernah ia tahu dan kenal dari kecil. Singkat kata setelah bertemu dengan ayahnya yang gak ia sangka-sangka, ia kemudian berkenalan dengan wanita cantik bernama Lucy (Evan Rachel Wood).

Dan setelahnya, kisahnya pun tentu berfokus pada jatuh bangunnya drama cinta keduanya. Walau kisahnya sangat pasaran, namun dengan kemasan filmnya yang sangat keren, alhasil membuat Across the Universe sangat beda dan gak bosan-bosannya untuk kita tonton berulang kali.

Baca juga:  Final Bulutangkis Greysia/Apriani di Olimpiade 2020, Siang Ini

Terlebih sekali lagi, filmnya menampilkan segudang lagu hit Beatles yang akan membuat kita gak berhenti-hentinya bernyanyi seperti,

‘Girl’

‘Hold Me Tight’

‘It Wont’s Belong’

‘All My Loving’

‘If I Fell’

‘Why Don’t We Do it on the Road’

Dan sebagainya. Oh ya hampir kelupaan, Film ini dari awal sampai akhir penyampaian ceritanya adalah dengan bernyanyi. Dialognya super duper minim.

Jadi ya, mungkin bagi kamu yang gak suka tipe film musikal seperti ini, akan bosan banget. Tapi kalau yang suka, serasa seperti di surgawi musik.

Sing (2016)

Mungkin inilah satu-satunya film animasi musikal masa kini yang sangat enteng ceritanya, namun juga bisa menjadi sumber edukasi musik bagi mereka yang generasi 2000an dan 2010an.

Pasalnya film ini menampilkan segudang lagu jadul yang sangat asyik dan tentunya bisa langsung mereka sukai. Dan tentunya bagi kita yang generasi 60an sampai 90an, akan benar-benar bernyanyi hingga tetangga menggedor pintu kita.

Sebelum mengingatkan lagu-lagu apa saja yang di dalamnya, mari kita kilas balik dulu sejenak dengan plot filmnya. Sing mengisahkan seekor koala, Buster Moon (Matthew McConaughey) yang memiliki teater musikalnya sendiri.

https://www.youtube.com/watch?v=pHZneOidj9A

Setelah bertahun-tahun sukses, sayangnya teater ini harus menghadapi kebangkrutan. Bertekad untuk tetap mempertahankan bisnisnya ini, Buster pun berinisiatif untuk mengadakan kompetisi bernyanyi dengan hadiah $1.000.

Namun asistennya, seekor Iguana, Miss Crawly, melakukan typo. Alhasil, bukannya $1.000, namun malah $100.000. Tak ayal, jumlah uang ini membuat banyak warga sekitar menjadi tertarik. Yang mana salah satunya, adalah gajah wanita yang bersuara indah tapi memiliki masalah kepercayaan diri, Meena (Tori Kelly).

Namun ketika akhirnya skandal typo ini terungkap, tentynya hal ini membuat semuanya menjadi kacau balau. Pokoknya film ini fun banget untuk disaksikan. Nah sekarang, mari kita kilas balik lagu-lagu hit yang tampil di filmnya berikut ini.

‘Venus’ – Shocking Blue (kemudian di tahun 80an di-cover oleh Bananarama)

‘Bamboleo’ – Gypsy King

‘Hallelujah’  – Leonard Cohen

‘Under Pressure’  Queen feat. David Bowie

‘Golden Slumbers – The Beatles

‘Shake it Off’  – Taylor Swift

Rock Star (2001)

Kalau kamu pecinta film musikal, suka musik Rock klasik 80an, atau fans Mark Wahlberg (Ted), pastinya tahu sih, film musikal ber-genre dan menyorot kehidupan musisi rock klasik dari generasi  tersebut ini.

Belum lagi soundtrack-nya, ‘We All Die Young’ yang aslinya dinyanyikan oleh grup pelantun lagu balada Rock klasik, ‘She’s Gone’, sangat pas dan membuat tenggorokan kita langsung sakit-sakit setelah ikut menyanyikannya.

Rock Star berlatar pada pertengahan 80an dan mengisahkan pria asal Pittsburgh, Pennsylvania, Chris Cole (Wahlberg), yang seorang musisi Rock dan memiliki band bernama Blood Pollution. Nah band-nya ini didedikasikan sebagai band tribute / cover dari grup idola Chris, Steel Dragon.

Pada suatu malam, ketika Chris yang memiliki nama panggila panggung Izzy ini, menonton konser Steel Dragon, vokalis utama band-nya, Bobby Beers (Jason Flemyng), menadahkan mikrofonnya ke Izzy. Dan tak disangka, teriakan Izzy sangat lantang. Pokoknya, rocker banget.

Singkat kata setelah peristiwa ini, lalu Izzy keluar dari Blood Pollution dan, Bobby yang dipecat, akhirnya Izzy resmi ditunjuk sebagai vokalis baru band-nya. Dan kehidpan super liar ala Rocker pun akhirnya dirasakan oleh Izzy.

Baca juga:  Review The Tomorrow War: Footage SBY, Netizen Tidak Overproud

Film ini juga menampilkan Jennifer Aniston (Friends) sebagai pacar Izzy, Emily Poule. Dijamin ketika menyaksikan filmnya ini, kamu akan teriak terus menyanyikan lagi demi lagu yang ditampilkan di filmnya.

Rock of Ages (2012)

Rock of Ages adalah adaptasi dari pentas musikal broadway bernama sama. Filmnya berlatar pada tahun 1987 dan mengisahkan Sherrie Christian (Julianne Hough) yang hijrah ke Los Angeles, untuk menjadi soerang penyanyi.

Di tempat lain, Drew Boley (Diego Boneta), adalah seorang bartender yang juga memiliki impian untuk menjadi musisi. Namun ironisnya, ia selalu mengalami demam panggung yang amat sangat. Nah keduanya kemudian bertemu dan jatuh cinta satu sama lain.

Nah bar tempat Drew bekerja sedang menghadapi kebangkrutan. Bertekas untuk menjaga bar-nya, pemilik klub bar-nya, Dennis Dupree (Alec Baldwin), nekad untuk memanggil sosok rocker top yang memiliki attitude yang gak peduli dengan apapun, Stacee Jaxx (Tom Cruise).

Kedatangan Jaxx ini ternyata juga membuat drama tersendiri yang akhirnya membuat Drew & Sherrie putus. Walau demikian, tak memungkiri kalau Jaxx adalah sosok yang sangat vital, tidak hanya bagi bar Dennis, namun juga keseluruhan ceritanya ini.

Rock of Ages tidak hanya memiliki kisah yang mudah dipahami, dan menampilkan banyak aktor super top, namun juga, menampilkan segudang lagu kalsik Rock yang pasti kamu akan langsung nyanyikan. Dan gak menutup kemungkinan, akan membuatmu terinspirasi untuk membuat band tribute Rock Classic sendiri.

Beberapa lagu diantaranya adalah:

‘Sister Christian’ – Night Ranger

‘Paradise City’ – Guns N’ Roses

‘Pour Some Sugar on Me’ – Def Leppard

‘Every Rose Has Its Thorn’ – Poison

‘Wanted Dead or Alive’ – Bon Jovi

‘Here I Go Again’ – Whitesnake                       

‘Don’t Stop Believin’ – Journey

A Star is Born (2018)

A Star is Born sebenarnya adalah film musikal yang sudah eksis sejak tahun 1937. Namun karena kisahnya memang bisa didaur ulang dengan keadaan perkembangan dunianya, alhasil film ini pun mengalami 3 kali remake.

Dan rilisan 2018-nya ini, adalah remake ketiganya. Dalam remake termoderen-nya ini, filmnya berfokus pada sosok pelayan bar, Ally (Lady Gaga) yang melakukan sesi tribute vokal, menyanyikan lagu klasik Edith Piaf, ‘La Vie En Rose’.

Terpesona dengan penampilannya, penyanyi Rock-Country top, Jackson Maine (Bradley Cooper), pun mencoba untuk mengenalnya lebih jauh. Singkat kata, keduanya pun menjadi sepasang suami istri, dan mereka pun sering tur bareng.

Namun di tengah melodi indah yang mereka buat bersama, terdapat kesumbangan yang membuat kehidupan pernikahan mereka menjadi sumbang. Spesifiknya, Jackson tidak bisa lepas dari ketergantungan alkoholnya. Sehingga tak heran, beberapa kali perbuatannya ini mengacaukan segalanya.

Walau demikian. Ally tidak menyerah pada suaminya dan terus mencoba untuk menolongnya. Selain  memiliki kisah inspiratif dan pesan untuk tidak mengkonsumsi alkohol, dan depresi, film ini juga menyuguhkan lagu-lagu orisinil yang langsung terdengar sangat renyah di kedua telinga.

Tentunya dua diantaranya, adalah ‘Shallow’ dan ‘I’ll Never Love Again’. Yang mana keduanya kerap dijadikan lagu langganan karaoke maupun kompetisi-kompetisi nyanyi. Dan memang, dua lagu ini, sangat enak untuk dinyanyikan.

Penutup

Itulah tadi 10 rekomendasi film musikal agar kita bisa nyanyi terus-menerus sepanjang hari. Semoga rekomendasinya, bisa membuat suara kalian makin mantap dalam bernyanyi!

Leave a Reply

Loading…

Written by Marvin Ciputra

Film Christopher Nolan Warner Bros

5 Rekomendasi Film Christopher Nolan Yang Diproduksi Oleh Warner Bros

sinopsis no time to die

Sinopsis No Time to Die (2021), Film James Bond Terakhir Daniel Craig