8 Film Pendek Romantis Terbaik Indonesia dan Mancanegara

film pendek romantis

Buat kamu para pecinta film, menonton film di bioskop pasti menjadi kegiatan favorit yang kamu ingin lakukan di akhir pekan, bukan? Tidak hanya di akhir pekan, rutinitas harian yang padat juga bisa terasa lebih ringan dengan menghibur diri melalui tontonan.

Namun rutinitas yang padat sering kali bikin jadwal nonton film jadi harus ditunda. Padahal sedang butuh hiburan banget. Nah, maka dari itu film pendek romantis cocok banget untuk kamu tonton setiap hari sebagai hiburan di tengah aktivitas harian yang padat.

Film pendek mulai banyak diproduksi dan dinikmati di berbagai layanan streaming baik yang berbayar maupun gratis. Berbagai genre sudah menghiasi daftar koleksi dunia perfilman kita. Salah satunya adalah genre paling favorit, yakni romance.

Film pendek dengan tema kisah cinta yang rimantis banyak diproduksi dan tentu saja memiliki nilai-nilai yang bisa kamu pelajari juga.

Khusus untuk kamu, Sushi.id telah merangkumkan beberapa rekomendasi film pendek romantis yang bisa kamu tonton di waktu senggang bersama pasangan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Satu Hari di Bulan November

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Romance, Drama
  • Sutradara: Luthfi Aulia Chandra, Rian Adianto, Befourion
  • Pemeran: Kevin Aprilio, Ryan Hazairin, Vicy Melanie

Rekomendasi film pendek romantis yang pertama adalah “Satu Hari di Bulan November” yang menceritakan tentang lika-liku kebanyakan pasangan saat menjelang masa pernikahan.

Banyak pasangan yang mengalami ujian berat ketika memutuskan untuk menikah. Salah satunya adalah dengan hadinya sang mantan sehingga membuat hati menjadi ragu-ragi.

Satu Hari di Bulan November adalah sebuah film pendek Indonesia romantis yang menggambarkan kegelisahan Clay yang hatinya masih mengganjal dengan kenangan masa lalunya. Suatu hari Clay pergi jalan-jalan untuk mencari hiburan di malam menjelang pernikahannya.

Tak disangka ia justru bertemu dengan sang mantan pacar, Bara, yang membuat kedua kembali bernostalgia.

The Division of Gravity

https://www.youtube.com/watch?v=xcZ8AUNwoLs

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Short, Drama
  • Sutradara: Rob Chiu
  • Pemeran: Rebecca Calder, Max Wrottesley
  • Perusahaan Produksi: Stink Productions
Baca juga:  10 Film Action Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Film pendek romantis selanjutnya yang tak kalah romantis adalah The Division of Gravity. Film produksi Stink Productions ini digawangi oleh sutradara Rob Chiu. Film ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang diperankan oleh Max Wrottesly dan Rebbeca Calder yang memiliki tekanan hidup yang berat.

Keduanya hidup secara damai hingga suatu ketika Rebecca dihadapkan dengan tekanan hidup yang berat. Akibatnya, hubungan mereka pun menjadi runyam dan keduanya memutuskan untuk saling menjauh untuk sementara waktu.

Di antara masa tersebut, keduanya mengalami masa-masa sulit dan menyedihkan. Bagaimana kisah selengkapnya? Langsung saja saksikan melalui kanal Youtube.

The Last 3 Minutes

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Short, Drama
  • Sutradara: Florence Van Thielen, Cindy Vinck, Gertjan Neetens
  • Pemeran: Florence Van Thielen, Laurens Windey

Film berdurasi 7 detik ini merupakan rekomendasi film pendek romantis selanjutnya. The Last 3 Minutes merupakan tugas sekolah yang dikerjakan oleh Florence Van Thielen, Cindy Vinck, dan Gertjan Neetens. Meskipun demikian, kisah yang disajikan tak kalah menarik dari film-film produksi profesional.

Diceritakan kisah tentang seorang pria yang baru putus dari kekasih wanitanya. Film pendek romantis ini dibuka dengan wajah sosok pria yang murung dan putus asa setelah putus dari kekasihnya.

Ia mendapatkan kesempatan selama 3 menit untuk menentukan nasib percintaannya dengan sang kekasih. Ia menuang minuman ke dalam gelas dan segala kebimbangan digambarkan dengan apik melalui adegan-adegan yang diperankan juga oleh Florence Van Thielen.

Bagaimana nasib percintaan keduanya? Saksikan kisah selengkapnya melalui kanal Youtube.

Thought of You

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Animation, Short
  • Sutradara: Ryan Jeremy Woodward
  • Pengisi Suara: Aaron Grady Shaw, Ashley Peterson, Michael Milkanin

Film pendek romantis selanjutnya ini tak kalah menarik dari yang lain. Thought of You diproduksi dalam bentuk film animasi yang menampilkan adegan-adegan tanpa dialog. Meskipun tak bersuara, namun memiliki pesan yang mendalam.

Dikisahkan seorang pria sedang menari dengan sesosok perempuan yang merupakan kekasihnya. Tarian tersebut menggambarkan momen-momen percintaan mereka, ketika mereka bertemu, merasakan rindu hingga momen ketikan keduanya harus berpisah. Lansung saja saksikan indahnya animasi romantis ini di Youtube.

Baca juga:  Nonton Sky Castle (2018) Sub Indonesia, Full Episode

Post-It Love

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Short, Romance
  • Sutradara: Simon Atkinson, Adam Townley
  • Pemeran: Charity Wakefield, Lee Ingleby
  • Perusahaan Produksi: Academy Films

Film pendek romantis “Post it love” menceritakan tentang sesosok pria dan wanita yang berada di sebuah kantor. Keduanya digambarkan sebagai rekan kerja yang saling jatuh cinta dan memendam perasaan masing-masing hingga waktu yang lama tanpa mengutarakan perasaan mereka melalui kata-kata.

Seiring berjalannya waktu, mereka pun mencoba mengungkapkan perasaannya. Karena tak mampu mengatakannya secara langsung, keduanya menggunakan kertas Post It untuk menunjukkan perasaan masing-masing. Namun apakah pesannya tersampaikan? Apakah perasaan keduanya bisa saling bertemu? Langsung saja simak kisah selengkapnya di Youtube.

Love Sick

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Short, Comedy, Romance
  • Sutradara: Kevin Lacy
  • Pemeran: Joshua Cameron, Tatum Langton, Heather Maughn

Film pendek romantis garapan Kevin Lacy ini menceritakan kisah seorang laki-laki yang sedang patah hati. Dirilis pada tahun 2011, Kevin Lacy menggambarkan sosok laki-laki ini sedang berjuang mencari tambatan hati yang baru demi menyembuhkan hatinya yang sedang patah.

Sang tokoh utama pun berharap gadis yang ia temui kemudian menjadi gadis impian dan satu-satunya cinta yang ia miliki hingga akhir hayat. Bagaimakah kisahnya untuk move on dari hubungan sebelumnya? Film berdurasi 4 menit 31 detik ini dapat kamu saksikan melalui kanal Youtube sang sutradara.

Please Say Something

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Animation, Short, Comedy
  • Sutradara: David O’Reilly
  • Perusahaan Produksi: David O’Reilly Animation

Banyak film pendek romantis yang dibuat dalam format animasi. Film Please Say Something menjadi salah satunya. Mengambil latar waktu di masa depan, film berdurasi 10 menit ini sukses menunjukkan kesan futuristik yang menarik.

Film pendek romantis garapan David O’Reilly ini menggambarkan hubungan seekor tikus jantan dengan seekor kucing betina. Keduanya memiliki hubungan percintaan yang menarik, terkadang akur dan tak jarang juga ribut.

Baca juga:  Nonton Streaming Into The Night (2020) Sub Indo

Animasi komedi ini pernah diputar di Sundance Film Festival, lho! Tidak hanya itu, film ini juga merupakan salah satu bagian dari NineNation, sebuah antologi film animasi yang dirilis oleh The World According the Short. Tunggu apalagi, langsung saja saksikan cerita selengkapnya di Youtube.

Paperman

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Animation, Short, Comedy
  • Sutradara: John Khars
  • Pengisi Suara: John Kahrs, Kari Wahlgren, Jack Goldenberg
  • Perusahaan Produksi: Walt Disney Animation Studios

Siapa yang tidak mengenal perusahaan produksi film animasi legendaris Walt Disney? Banyak sekali film-film keluaran Walt Disney yang sukses di pasaran. Film Paperman merupakan salah satu produk film pendek romantis yang dibuat dengan perpaduan 2D dan 3D. Dan tentu saja, teknologi yang digunakan pun sangat canggih serta inovatif.

Cerita film pendek romantis ini berfokus pada George, seorang pegawai asal New York yang sehari-hari bekerja di balik tumpukan kertas yang banyak. Pada suatu hari, George yang tengah menunggu kereta melihat gadis bernama Meg yang tengah mengejar kertas yang terbang.

Tanpa disadari George, kertas yang dia bawa tertiup angin dan salah satunya mendarat ke bibir Meg. Meg yang tertempel kertas itu bukannya marah, justru malah tertawa. Hal itu membuat George terheran-heran. Rupanya, kertas yang mengenai bibir Meg tersebut telah terisi oleh cap bibir Meg. Dari situlah, kisah antara keduanya berlangsung hingga film ini usai.

Perpaduan teknologi dan jalan cerita yang menarik telah mengantarkan film pendek romantis ini dalam meraih sejumlah penghargaan. Tak tanggung-tanggung, film ini menjadi pemenang Piala Oscar 2013 dalam kategori Best Animated Short Film. Langsung saja saksikan cerita selengkapnya di Youtube, ya!

Penutup

Itu tadi 8 rekomendasi film pendek romantis yang bisa kamu tonton sambil merefresh kembali mood setelah beraktivitas seharian. Jika kamu memiliki rekomendasi yang lain, silakan tulis di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk like dan bagikan artikel ini serta nantikan update lainnya hanya di Sushi.id. Sampai jumpa!

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Fitri Wahyuningsih

Fitri si naturalis. Punya pondok kayu sederhana di pegunungan dan menghabiskan masa tua dengan bercocok tanam adalah mimpinya.

Drama Korea Historical Romance

10 Drama Korea Historical Romance Terbaik Sepanjang Masa, Kisah Cinta Penuh Tantangan Politik

film korea tentang penyakit

11 Film Korea Tentang Penyakit, Hyun Bin Dibuang ke Pedalaman?