7 Film Tentang Basket Terbaik Buat Kamu Pecinta Olahraga

film tentang basket terbaik

Film tentang basket dan olahraga pada umumnya memang tidak lebih banyak diproduksi dibandingkan dengan tema lainnya. Namun hal tersebut tidak berarti film bertemakan olahraga sepi peminat.

Pada 2018 lalu, Sinema Imaji disebut-sebut sebagai pelopor film basket pertama di Indonesia. Film berjudul Mata Dewa sukses mewarnai deretan film olahraga nasional dengan aktor utama Brandon Salim.

Meskipun di Indonesia belum banyak film tentang basket, Hollywood sudah lebih dulu memproduksi berbagai film dengan tema olahraga.

Apalagi dengan adanya bintang NBA legendari Michael Jordan, membuat bola basket menjadi lambang supremasi nasional di Amerika. Tak heran jika kemudian Hollywood banyak memproduksi film bertemakan basket.

Inovasi dan kreativitas pun ditambahkan untuk membuat film tentang basket menjadi lebih menarik untuk ditonton. Mulai dari bumbu-bumbu komedi, kisah inspiratif, drama, hingga fantasi ditambahkan untuk membuat film tersebut lebih memukau.

Untuk itu, Sushi.id sudah merangkum film tentang basket terbaik untuk menemani waktu luangmu, berikut ulasan lengkapnya.

Thunderstruck (2012)

· Tahun Rilis: 2012
· Genre: Comedy, Family, Fantasy
· Sutradara: John Whitesell
· Pemeran: Kevin Durant, Taylor Gray, Jim Belushi
· Perusahaan Produksi: Stunts Unlimited, Warner Premiere

Thunderstruck berkisah tentang seorang remaja bernama Brian yang gemar bermain basket dan sangat mengidolakan pemain basket bernama Kevin Durant. Sayangnya, Brain tidak mahir dalam olahraga tersebut.

Hingga suatu waktu, ayah Brain mengajaknya menonton sang idola bertanding. Di tengah pertandingan, ada sebuah games hiburan dan Brian ikut di dalamnya. Seusai bermain game tersebut, ia bertemu dengan idolanya, dan Kevin pun memberikan hadiah bola basket kepada Brian.

Setelah pertemuannya itu, keajaiban muncul dalam hidup Brian. Saat bermain basket, tiba-tiba kemampuannya berubah seperti Kevin Durant. Ia pun menjadi jago dan masuk ke dalam tim basket di sekolahnya.

Sementara di sisi lain, Kevin Durant malah kehilangan kemampuannya dalam bermain basket. Penampilannya dalam setiap pertandingan selalu jelek. Hingga dia melihat Brain bermain basket dan menyadari sesuatu. Bumbu komedi dalam film ini membuatnya jadi semakin menarik untuk ditonton.

Baca juga:  Nonton The Invisible Guest (2017) Sub Indo | Streaming & Download Gratis!

Hurricane Season (2009)

· Tahun Rilis: 2009
· Genre: Drama, Sport
· Sutradara: Tim Story
· Pemeran: Forest Whitaker, Isaiah Washington, Shad Moss
· Perusahaan Produksi: Dimension Films, IAM Entertainment, The Story Company

Film ini diadaptasi dari sebuah kisah nyata. Hurricane Season menceritakan tentang sebuah kota yang hancur akibat badai katrina yang terjadi di New Orleans. Suasana tragedi digambarkan melalui kondisi kota yang hancur, aktivitas masyarakat yang menjadi lesu, semangat memudar, dan suasana duka melambung di setiap sudut kota.

Di tengah keterpurukan, Allen Collins mencoba menghidupkan gairah kota tempat tinggalnya tersebut. Dia kemudian membentuk tim basket dan melatih tim basket di sebuat SMA di New Orleans. Sebagai bentuk motivasi untuk membangun mental masyarakat di kotanya, ia bersama timnya mengikuti sebuah kompetisi basket.

Dengan perasaan kesedihan dan semangat juang yang sama, mereka memenangkan kejuaraan basket tingkat nasional. Dengan capaiannya tersebut, Collins bersama timnya berhasil membuat masyarakat kota New Orleans lepas dari kesedihan akibat hantaman badai Katrina.

Glory Road (2006)

· Tahun Rilis: 2006
· Genre: Biography, Drama, Sport
· Sutradara: James Gartner
· Pemeran: Josh Lucas, Derek Luke, Austin Nichols
· Perusahaan Produksi: Walt Disney Pictures, Jerry Bruckheimer Films, Texas Western Productions

Film bergenre biografi-drama ini menyajikan masa-masa kelam dimana isu rasial menjadi penyakit kronis di Amerika. Di beberapa lapisan masyarakat, warga berkulit hitam tidak boleh memiliki peran sentral. Termasuk dalam bidang olahraga basket.

Berangkat dari sebuah kisah nyata di Amerika pada periode 60-an, film tentang basket satu ini menceritakan seorang pelatih basket bernama Don Haskins. Ia melatih sebuah klub bernama Texas Western College. Pelatih ini begitu spesial, ia merekrut semua pemain berbakat ke dalam timnya, termasuk orang-orang kulit hitam.

Baca juga:  The Sound of Music Hadir di Disneyplus untuk Temani Akhir Pekan Bareng Keluarga

Coach Carter (2005)

· Tahun Rilis: 2005
· Genre: Biography, Drama, Sport
· Sutradara: Thomas Carter
· Pemeran: Samuel L. Jackson, Rick Gonzalez, Robert Ri’chard
· Perusahaan Produksi: Coach Carter, MTV Films, Expedition Films
· Sinopsis & Review Coach Carter

Satu lagi film tentang basket terbaik yang diangkat dari kisah nyata. Film yang dibintangi oleh aktor Samuel L. Jackson ini bercerita tentang seorang mantan atlet basket bernama Ken Carter yang memiliki sebuah toko perlengkapan olahraga tiba-tiba menerima pekerjaan pelatih basket di SMA Richmond.

Melihat anggota pemain tim basketnya tidak kompak, ia mulai menerapkan latihan yang keras dan disiplin kepada mereka. Carter ingin membentuk tim basketnya dengan karakter yang kuat dan tangguh. Sebagai seorang pelatih tingkat sekolah, ia pun selalu memperhatikan nilai akademis dari setiap anak didiknya.

Film ini cukup inspiratif karena mempertontonkan sikap kepemimpinan yang tegas dan bijaksana dari Ken Carter.

Space Jam (1996)

· Tahun Rilis: 1996
· Genre: Animation, Adventure, Comedy
· Sutradara: Joe Pytka
· Pemeran: Michael Jordan, Wayne Knight, Theresa Randle
· Perusahaan Produksi: Warner Bros. Family Entertainment, Northern Lights Entertainment, Courtside Seats Productions

Space Jam menjadi rekomendasi film animasi tentang basket yang unik. Film ini menggabungkan dunia fantasi dan realitas yang sangat menghibur.

Dikisahkan sekawanan karakter Looney Tunes menyebrang ke dunia manusia untuk menemui sang mega bintang NBA Michael Jordan untuk hal tertentu.

Singkat cerita, mereka dan Michael Jordan pun membentuk sebuah tim basket untuk melawan para alien. Dengan kekonyolan karakter animasi, bagaimana aksi Michael Jordan dalam film tersebut? Langsung tonton film ini, ya!

Baca juga:  Nonton Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Sub Indo

Above The Rim (1994)

· Tahun Rilis: 1994
· Genre: Crime, Drama, Sport
· Sutradara: Jeff Pollack
· Pemeran: Duane Martin, Tupac Shakur, Leon
· Perusahaan Produksi: New Line Cinema

Kyle Watson adalah seorang pemain basket berbakat yang berkeinginan menjadi atlet nasional. Kehidupannya yang kompleks membuatnya dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit.

Kyle memiliki seorang teman pengedar narkoba, dihadapkan pada pilihan berkuliah atau melanjutkan mimpinya sebagai pemain basket, hingga dihadapkan pada berbagai realita tentang pelatih basketnya yang baru.

Konflik semakin rumit ketika temannya yang seorang pengedar narkoba ternyata adik sang pelatih yang juga merupakan pacar baru ibu Kyle.

The Way Back (2020)

· Tahun Rilis: 2020
· Genre: Drama, Sport
· Sutradara: Gavin O’Connor
· Pemeran: Ben Affleck, Al Madrigal, Michaela Watkins, Janina Gavankar
· Perusahaan Produksi: Warner Bros. Pictures

Film bertemakan basket terbaru ini menceritakan seorang tokoh bernama Jack Cunningham. Ia adalah mantan superstar bola basket sekolah menengah yang tiba-tiba menghilang karena alasan yang tidak diketahui.

Beberapa tahun kemudian, dia kini bekerja sebagai ironworker dan seorang pecandu alkohol – hal yang menghancurkan pernikahan dan harapannya untuk kehidupan yang lebih baik.

Kehidupan yang kacau ini berubah menjadi lebih baik ketika Jack mendapat kesempatan untuk menjadi pelatih bola basket sekolahnya dulu.

Meski gagal meraih box office akibat pandemi Covid-19, The Way Back mendapat respons yang positif dari kritikus yang memuji penampilan Ben Affleck.

Penutup

Penasaran dengan cerita lengkap film-film tentang basket di atas? Dari seluruh rekomendasi yang ada, mana nih yang jadi favoritmu?

Beberapa film di atas bisa kamu tonton di situs nonton film online gratis maupun berbayar seperti Viu, Netflix, dan lainnya.

Jangan lupa ikuti terus artikel menarik lainnya dari Sushi.id, ya!

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Fitri Wahyuningsih

Fitri si naturalis. Punya pondok kayu sederhana di pegunungan dan menghabiskan masa tua dengan bercocok tanam adalah mimpinya.

cara berlangganan netflix terbaru 2021

Cara Daftar dan Berlangganan Netflix Terbaru 2022, Mulai Rp54 Ribu

nonton all of us are dead sub indo

Link Nonton All of Us Are Dead (2022) Sub Indo