7 Film Tentang Bencana Alam Terbaik yang Bikin Tegang

film tentang bencana alam

Film tentang bencana alam banyak diminati karena cukup menegangkan dan membuat ngeri. Tak jarang, tema ini juga mampu membangkitkan emosi penonton.

Hal ini karena campuran bermacam genre bersatu dalam sebuah film yang memiliki situasi dan aksi-aksi menegangkan namun tak jarang juga dibumbui dengan drama dan romansa.

Selain itu, film bertemakan bencana alam biasanya juga menampilkan pelajaran-pelajaran penting yang bisa kita tiru. Misalnya bagaimana cara untuk bertahan hidup, menjaga emosi, dan sebagainya.

Untuk itu, Sushi.id telah merangkumnya dalam 10 film tentang bencana alam terbaik berikut ini.

2012 (2019)

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: Roland Emmerich
  • Pemeran: John Cusack, Chiwetel Ejiofor, Amanda Peet, Thandie Newton, Oliver Platt, Danny Glover, Woody Harrelson
  • Perusahaan produksi: Centropolis Entertainment, The Mark Gordon Company

Film ini sempat heboh karena adanya ramalan suku Maya tentang hari kiamat yang akan terjadi pada tahun 2012. Kalender mereka dipercaya menjadi patokan umur bumi dan pada tahun 2012, peradaban manusia akan musnah.

Selain itu, NASA juga mengeluarkan berita mengenai letupan badai matahari paling kuat dalam 150 tahun membuat berita kiamat semakin heboh.

Hal inilah yang membuat sutradara kondang Roland Emmerich membuat film kehancuran dunia dengan judul “2012” yang bercerita tentang goyahnya lempengan dunia akibat naiknya suhu di inti bumi. Ini terjadi setelah adanya badai matahari yang mengakibatkan rapuhnya semen penahan lempengan dunia supaya tetap stabil.

Pemerintah yang tahu akan hal ini jauh-jauh hari langsung mengambil siasat guna mengantisipasi musnahnya seluruh umat bumi.

Pemerintah membuat sebuah bahtera yang bisa menampung sekitar 100.000 orang ‘pilihan’ saja; ilmuwan, dokter, arsitek dan orang-orang yang dianggap mampu membuat dunia baru.

Dalam film tentang bencana alam ini kita bisa melihat bagaimana keluarga saling menjaga, orang-orang menjadi egois dan memanfaatkan keadaan, juga seluruh survivor yang bertahan untuk hidup walaupun harus mengorbankan nyawa mereka.

 

Contagion (2011)

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Drama, Thriller
  • Sutradara: Steven Soderbergh
  • Pemeran: Marion Cotillard, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet
  • Perusahaan produksi: Participant Media, Imagenation Abu Dhabi, Double Feature Films
Baca juga:  7 Film Indonesia Komedi Romantis Terbaik yang Paling Lucu

Sejak wabah Covid-19 menyerang  dunia, film tentang bencana alam berupa wabah kembali naik daun. Salah satunya film Contagion besutan sutradara Steven Soderbergh ini yang kembali diminati penonton.

Film ini mengisahkan tentang penyebaran virus mematikan yang dapat membunuh manusia dalam hitungan jam. Salah satu korbannya adalah Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) istri dari Mitch Emhoff (Matt Damon).

Beth meninggal secara mengenaskan akibat tertular virus yang kabarnya berasal dari China tersebut. Bukan hanya di Amerika Serikat, virus ini juga menyebar ke beberapa belahan dunia lainnya.

Mirip dengan penyebaran virus Covid-19, virus dalam film ini juga kabarnya berasal dari hewan babi dan juga kelelawar. Selain cerita yang menarik, aktor-aktor kenamaan lainnya juga terlibat dalam film ini. Diantaranya Jude Law (The Grand Budapest Hotel), Marion Cotillard (Allied) sampai Kate Winslet (Titanic).

Buat kamu yang mau nonton film Contagion, bisa langsung mengakses tautan yang barusan kami cantumkan.

The Day After Tomorrow (2004)

  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: Roland Emmerich
  • Pemeran: Dennis Quaid, Jake Gyllenhaal, Emmy Rossum
  • Distributor: 20th Century Fox

Film ini dibuka dengan adegan terbelahnya daratan es di Benua Antartika disusul pengumpulan seluruh ilmuwan di New Delhi untuk membicarakan akibat pemanasan global tersebut. Tagline film ini “Where you will be (Dimanakah kau akan berada)”benar-benar membuat ngeri penontonnya.

Film ini menggambarkan murka alam akibat perilaku manusia yang semena-mena. Pemanasan global menjadi tak terkendali membuat banjir, kebakaran hutan, dan bencana alam lainnya. Digawangi oleh sutradara Roland Emmerich, selama pembuatan film ini berlangsung, seluruh kru mengikuti misi pengurangan emisi karbon.

The Day After Tomorrow bercerita tentang Jack Hall yang sedang melakukan ekspedisi di Benua Antartika bersama kedua temannya, Jasson dan Frank. Saat tiba di sana, mereka menemukan fakta bahwa lapisan es telah menipis.

Baca juga:  Nonton Melting Me Softly (2019) Sub Indonesia Full Episode

Di sisi lain, putra Jack Hall yang bernama Sam sedang menghadiri acara bersama teman-temannya di New York. Namun, saat acara, hujan tidak berhenti-henti. Sejak saat itulah, bencana alam mulai menyerang beberapa bagian di dunia. Akhirnya mereka sadar bahwa sudah memasuki zaman es baru.

 

The Perfect Storm (2000)

  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Action, Adventure, Drama
  • Sutradara: Wolfgang Petersen
  • Pemeran: George Clooney, Mark Wahlberg, John Hawkes, Diane Lane, William Fichtner
  • Perusahaan Produksi: Baltimore Pictures, Radiant Productions

Dikisahkan, seorang nelayan yang punya masalah karena tangkapan ikannya tidak terlalu banyak. Ia merasa direndahkan oleh sang majikan.

Ia memutuskan untuk mengajak krunya untuk memancing lagi, padahal mereka baru saja tiba dari memancing di lautan. Tentu saja ada pro dan kontra, tapi pada akhirnya mereka pun menyetujuinya dengan dijanjikan tangkapan yang memuaskan.

Sayangnya, hasil tangkapan mereka masih sama saja dan justru makin sedikit. Karena ambisius sang kapten, mereka masih tetap memancing ikan di lautan, hingga akhirnya ombak besar menerjang.

Sulit untuk bertahan hidup di atas lautan dengan ombak besar. Bagaimana kisah selanjutnya? Langsung tonton filmnya, ya!

The Impossible (2012)

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Adventure, Drama, History
  • Sutradara: Juan Antonio Bayona
  • Pemeran: Naomi Watts, Ewan McGregor, Tom Holland
  • Perusahaan Produksi: Apaches Entertainment, Telecinco Cinema

Film ini diambil dari kisah nyata yang terjadi pada 26 Desember 2004. Bahkan bencana alam ini juga mengenai Indonesia, yaitu Aceh. Namun film ini berfokus pada tsunami yang melanda Kota Khao Lak, Thailand.

Berawal keluarga yang sedang berlibur, yaitu sepasang suami istri Henry dan Maria. Serta ketiga anaknya yang bernama Thomas, Simon, dan Lucas.

Akhirnya bencana alam tsunami datang dan menyerang villa yang mereka tempati dan tak jauh dari pantai.

Hal itu pun membuat mereka terseret ombak bersama jutaan orang lainnya. Keluarga mereka pun terpisah dan hilang entah kemana.

Baca juga:  5 Fakta Menarik Animasi Terbaru 'Turning Red'

San Andreas (2015)

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Adventure, Drama, Thriller
  • Sutradara: Brad Peyton
  • Pemeran: Dwayne Johnson,Carla Gugino, Alexandra Daddario, Ioan Gruffudd, Archie Panjabi, Paul Giamatti
  • Perusahaan Produksi: Village Roadshow Pictures, Ratpac-Dune Entertainment, Flynn Picture Company

Film tentang bencana alam selanjutnya adalah San Andreas.  Film yang bercerita tentang gempa bumi di kota San Fransisco ini dibintangi oleh aktor terkenal Dwayne Johnson.

Berawal dari seorang pilot helikopter dari petugas pemadam kebakaran bernama Ray. Bencana alam gempa bumi berkekuatan 9 SR menyerang kota California.

Hal ini pun membuat Ray dan mantan istrinya ingin menyelamatkan anaknya di San Fransisco. Namun, untuk menjemput anaknya, mereka perlu melewati banyak rintangan dan halangan.

Greenland (2020)

  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi
  • Sutradara: Ric Roman Waugh
  • Pemeran: Gerard Butler, Morena Baccarin, Scott Glenn, Andrew Bachelor, David Denman
  • Perusahaan Produksi: Thunder Road Films, G-BASE Anton

John Garrity (Gerard Butler) merupakan seorang insinyur bangunan yang terkenal dengan projek-proyek besarnya. Ketika pulang ke rumah mantan istrinya Allison Garrity (Morena Baccarin), John mendapatkan kabar bahwa bumi akan diterjang meteor Clarke.

John, Allison, dan anak lelakinya Nathan mendapatkan “tiket” untuk evakuasi, namun Nathan tidak boleh naik pesawat karena penyakit yang dideritanya.

Terpisah dengan anak dan istrinya membuat keluarga mereka terpecah belah. Bagaimana aksi John dalam menyelamatkan keluarganya dari bencana alam? Langsung tonton saja filmnya.

Buat kamu yang mau nonton Greenland, bisa langsung saja akses tautan yang barusan kami cantunkan.

Penutup

Nah, sampai di sini dulu pembahasan mengenai film tentang bencana alam yang wajib kamu tonton. Dari sejumlah Film yang disajikan, manakah yang menjadi favorit kamu?

Kalau kamu penasaran sama filmnya, yuk, langsung akses situs nonton film online sub Indonesia.

Jangan lupa like, komen, dan share artikel ini ya. Ikuti terus perkembangan terbaru seputar film atau artikel menarik lainnya hanya di Sushi.id.

 

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Fitri Wahyuningsih

Fitri si naturalis. Punya pondok kayu sederhana di pegunungan dan menghabiskan masa tua dengan bercocok tanam adalah mimpinya.

film tom cruise terbaik

10 Film Tom Cruise Terbaik, Mana Favoritmu?

nonton Thirty-Nine sub indo

Link Nonton Thirty-Nine (2022) Sub Indo