6 Film Thriller Terbaik yang Paling Menegangkan

film thriller terbaik

Meski sering dipadukan dengan genre horror dan action, film thriller adalah salah satu genre film yang paling sulit digambarkan. Alih-alih menampilkan gore dan kengerian seperti yang muncul di film horor, film thriller terbaik selalu menyajikan cerita yang penuh konflik, twist, dan ketegangan.

Film genre ini umumnya mengisahkan tentang bagaimana manusia mengatasi rasa takut mereka untuk tetap hidup. Hal ini berbeda dari film horor yang umumnya berfokus pada manusia yang sedang sekarat.

Nah untuk kalian yang suka nonton thriller, berikut 6 rekomendasi film yang harus ada dalam daftar tontonan-mu!

Film Thriller Terbaik

Langsung saja, inilah daftar lengkap berdasarkan rating di IMDb yang wajib kamu tonton. Bahkan film-film ini penuh misteri yang membuatmu semakin penasaran, loh!

The Dark Knight (2008)

Film yang menempati posisi pertama pada genre thriller terbaik berdasarkan rating adalah The Dark Knight. Dirilis pada tahun 2008 dan mendapatkan rating 9.0/10 dengan lebih dari 2,2 juta voted.

Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini bercerita tentang sekelompok penjahat yang merampok sebuah bank di kota Gotham.

Para penjahat ini saling membunuh dan menyisakan satu orang, Joker (Heath Ledger) yang berhasil melarikan diri dengan membawa kabur uang dalam jumlah yang sangat banyak.

Untuk membasmi organisasi kriminal dari kota Gotham, Batman (Christian Bale), Jaksa Wilayah Harvey Dent (Aaron Eckhart) dan Letnan James Gordon (Gary Oldman) membentuk sebuah aliansi.

Berbagai adegan pembunuhan dan menegangkan terjadi, Joker yang membunuh salah satu ketua mafia, Gambol (Michael Jai White) dan mengambil alih organisasi penjahat serta menawarkan dirinya untuk mengurus Batman.

Salah satu aktor pada film ini, Heath Ledger berhasil memenangkan Academy Awards dalam kategori penampilan aktor terbaik. Sayangnya, sebelum The Dark Knight resmo rilis, Heath ditemukan tewas di apartemennya karena overdosis.

Sampai saat ini di situs resmi IMDb, film thriller dengan rating tertinggi masih ditempati oleh The Dark Knight.

Rilis: 14 Juli 2008
Produser: Christopher Nolan, Charles Roven, Emma Thomas
Pemeran: Christian Bale, Michael Caine, Heath Ledger, Morgan Freeman
Studio: Legendary Pictures Syncopy Inc.
Genre: Thriller/Adventure
Durasi: 2 jam 32 menit
Rating: 9.0/10 IMDb

Baca juga:  8 Artis Korea yang Memiliki Akun YouTube, Kurang Pede?

Inception (2010)

Selanjutnya, kita beralih ke film thriller yang dipadukan dengan science fiction. Film yang dirilis pada Juli 2010 dan disutradarai oleh Christopher Nolan ini merupakan film dengan rating tertinggi kedua.

Film thriller terbaik yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini bercerita tentang Cobb (Leonardo DiCaprio) dan Arthur (Joseph Gordon-Levitt), mereka melakukan spionase menggunakan teknologi militer eksperimental guna mendapatkan informasi berharga melalui dunia mimpi.

Target terakhir mereka adalah seorang pengusaha asal Jepang Mr. Saito (Ken Watanabe) dan ternyata dirinyalah dibalik semua misi yang terlihat mustahil guna untuk menguji Cobb atas uji coba teknologi militer.

Sebagai gantinya, Saito berjanji menggunakan pengaruhnya untuk membersihkan nama Cobb dari tuduhan pembunuhan dan membiarkan Cobb hidup bebas bersama keluarganya.

Film yang berlatar dunia bawah sadar atas pengaruh teknologi percobaan ini menghadirkan sederet adegan menegangkan. Beragam misteri yang dibalut science fiction menjadi tontonan menarik lho!

Film Inception mendapatkan banyak penghargaan Academy Awards dalam kategori Visual Effect, Sound Mixing, Cinematography dan berbagai macam penghargaan lainnya.

Rilis: 8 Juli 2010
Produser: Christopher Nolan, Emma Thomas
Pemeran: Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Ellen Page, Tom Hardy, Ken Watanabe
Studio: Legendary Pictures Syncopy Inc.
Genre: Thriller/Action
Durasi: 2 jam 28 menit
Rating: 8.8/10 IMDb

Parasite (2019)

Film yang bercerita tentang Keluarga Kim, yang terdiri dari sang ayah Kim Ki-taek (Song Kang-ho), istrinya Park Chung-suk (Jang Hye-jin), putranya Kim Ki-woo (Choi Woo-shik), dan putrinya Kim Ki-jeong (Park So-Dam). Mereka tinggal di apartemen semi-bawah tanah yang kecil dan kumuh.

Pekerjaan harian keluarga Kim adalah melipat kotak pizza, dengan penghasilan yang sangat kecil dan mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Suatu hari, teman Ki-woo, Min-hyuk (Park Seo-joon) mengunjungi keluarga Kim dan memberikan pekerjaan kepada Ki-Woo sebagai guru privat bahasa inggris untuk mengajar di keluarga yang kaya raya.

Berbagai macam adegan dengan alur cerita menegangkan yang tidak mudah ditebak menjadikan Parasite (2019) berada pada urutan ke tiga film thriller dengan rating tertinggi versi IMDb.

Baca juga:  8 Game Cacing Terbaik Android yang Lagi Hits | Bikin Nostalgia!

Salah satu film thriller terbaik ini memenangkan piala Oscar 2020 dalam kategori Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay, Best Foreign Language Film.

Rilis: 21 Mei 2019
Produser: Bong Joon-ho, Kwak Sin-ae, Jang Young-hwan
Pemeran: Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, Park So-dam
Studio: Barunson E&A Corp
Genre: Thriller/Comedy
Durasi: 2 jam 12 menit
Rating: 8.6/10 IMDb

Interstellar (2014)

Interstellar mengisahkan bumi di masa depan yang tidak lagi mampu menopang kebutuhan umat manusia.

Ladang-ladang pertanian sering rusak akibat badai debu yang menerjang daratan, dan umat manusia di ujung kepunahan.

Cooper (Matthew McConaughey) seorang mantan pilot uji coba NASA yang menjadi petani dan tinggal bersama putranya, Tom (Timothée Chalamet) dan putrinya, Murph (Mackenzie Foy) yang masih berusia sepuluh tahun.

Berbagai misteri anomali yang dialami oleh Murph membawa mereka pada sebuah penyelidikan ilmiah. Cooper menemukan bahwa kejanggalan tersebut memandunya ke pangkalan rahasia NASA yang dipimpin Profesor Brand (Michael Caine).

Profesor Brand mengungkapkan kepada Cooper bahwa perjuangan manusia untuk bertahan hidup di bumi semakin sia-sia. Ia mengusulkan solusi mencari galaksi lain.

Cooper direkrut untuk menerbangkan Endurance, sebuah wahana antariksa dengan misi mencari planet layak dihuni manusia.

Interstellar tidak hanya menyuguhkan berbagai macam adegan yang mendebarkan, namun juga menyajikan berbagai macam teori-teori fisika dan tentang semesta.

Interstellar mendapatkan berbagai macam penghargaan bergengsi di antaranya Academy Award for Best Visual Effect tahun 2015, Empire Award for Best Film, Empire Award for Best Director dan masih banyak lainnya.

Rilis: 26 Oktober 2014
Produser: Emma Thomas, Christopher Nolan, Lynda Obst
Pemeran: Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chastain, Michael Caine
Studio: Legendary Pictures Syncopy Inc.
Genre: Thriller/Adventure/Sci-fi
Durasi: 2 jam 49 menit
Rating: 8.6/10 IMDb

Se7en (1995)

Film yang tayang perdana pada tahun 1995 ini berkisah tentang seorang detektif bernama William Somerset (Morgan Freeman) yang akan segera pensiun dan rekannya yang juga detektif, David Mills (Brad Pitt) yang baru saja pindah tugas.

Somerset dan Mills menyelidiki serangkaian pembunuhan berantai. Diawali dengan kematian pengacara yang dipaksa untuk memotong tubuhnya sendiri dan memakannya.

Baca juga:  8 Film Indonesia Terbaru di 2020 yang Siap Menghiburmu

Adegan demi adegan pada film ini penuh teka teki dan mendebarkan. Detektif Somerset dan Mills menggunakan catatan perpustakaan untuk mengidentifikasi dan melacak pelaku, John Doe (Kevin Spacey).

Pencarian kedua detektif ini menuntun mereka ke sebuah apartemen tempat John Doe tinggal dan menyekap para korbannya.

Di apartemen tersebut mereka menemukan ratusan buku catatan yang mengungkapkan psikopat Doe, serta petunjuk untuk pembunuhan berantai lainnya.

Film yang dibintangi Morgan Freeman ini memenangkan penghargaan MTV Movie Awards kategori best movie pada tahun 1996, serta 22nd Saturn Awards kategori Best Action or Adventure film.

Rilis: 15 September 1995
Produser: Arnold Kopelson, Phyllis Carlyle
Pemeran: Brad Pitt, Morgan Freeman, Gwyneth Paltrow, John C. McGinley
Studio: Cecchi Gori Pictures, Juno Pix
Genre: Thriller/Crime/Mystery
Durasi: 2 jam 7 menit
Rating: 8.6/10 IMDb

The Silence of the Lambs (1991)

Film thriller terbaik terakhir yang masuk dalam list pada artikel ini adalah The Silence of The Lamb (1992).

Bercerita tentang seorang anggota FBI, Clarice Starling (Jodie Foster) yang ditugaskan untuk mewawancarai seorang dokter, Hannibal Lecter (Anthony Hopkins), mantan psikiater dan pembunuh berantai kanibalistik.

Starling melakukan perjalanan ke rumah sakit negara bagian Baltimore dalam mengejar pembunuh berantai psikopat bernama Buffalo Bill (Ted Levine) yang membunuh wanita muda dengan cara sadis.

Di rumah tahanan tempat Lecter berada, Starling mendapatkan informasi yang berharga tentang kematian seorang pasien yang ditemukan mayatnya dengan keadaan kepala terlepas dari tubuhnya.

Lecter memberitahu Starling jika mayat tersebut terhubung dengan Buffalo Bill sang psikopat pembunuh berantai yang paling sadis. Korbannya selalu dikuliti.

Rilis: 30 Januari 1991
Produser: Kenneth Utt, Edward Saxon, Ron Bozman
Pemeran: Jodie Foster, Anthony Hopkins, Scott Glenn, Ted Levine
Studio: Strong Heart Productions
Genre: Thriller/Crime
Durasi: 1 jam 58 menit
Rating: 8.6/10 IMDb

Penutup

Itulah dia rekomendasi film Thriller dengan rating tertinggi yang harus ada pada list daftar tontonan-mu!

Film mana yang sudah atau belum kamu tonton nih? Mending buruan nonton filmnya di situs nonton film online favoritmu!

Jangan lupa share dan ikuti terus artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya hanya di Sushi.id!

Written by Tamrin

Penyuka diksi dan seorang data enthusiast, sesekali waktu menulis kata-kata.

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
sapardi djoko damono

Membaca Rindu Sapardi dalam Puisinya yang Penuh Misteri!

8 Drama Boys Love BL China Terbaik

8 Drama BL Series China Wajib Kamu Nonton!