Rekomendasi Film Korea Tentang Zombie di 2020

Mayat Hidup yang Berevolusi di Tangan Sineas Korea. Ini dia rekomendasi film Korea tentang zombie di tahun 2020.

3 film zombie korea terbaru

Dalam genre film zombie atau ‘Zombie Apocalypse’, Korea Selatan mungkin masih terbilang baru. Setelah genre ini sudah nyaris habis diperah oleh Hollywood, Korea akhirnya mulai menapaki genre film zombie ini, berawal dengan Train to Busan di tahun 2016.

Uniknya, Train to Busan langsung menggebrak dan kesuksesannya yang masif membuka jalan bagi perindustrian film zombie Korea untuk mengeskplorasi lebih jauh lagi film dengan genre ini.

Zombie ‘Made in Korea’ juga memiliki ciri khas tersendiri. Jika ingin dibandingkan, zombie Korea ini mirip dengan para zombie yang muncul di film Hollywood berjudul World War Z  atau 28 Days Later.

Gerakan para zombienya cepat, buas, dan liar. Mirip anjing yang terinfeksi rabies. Zombie jenis ini berbeda dengan zombie-zombie yang tampil di serial Barat, The Walking Dead.

Nah, kamu mau tahu film zombie Korea apa saja yang belum lama ini dirilis? Yuk kita bahas  film zombie Korea 2020 yang pastinya bakal seru dan menegangkan.

#Alive (2020)

Alive adalah film zombie yang rilis di tahun 2020 setelah film Peninsula dirilis. Berdekatan memang, tetapi keduanya memiliki premis yang berbeda.

Alive memilih untuk fokus pada solo survival. Bagaimana cara seseorang bertahan di dalam apartemennya selama hampir dua bulan, sementara tidak ada akses jalan keluar aman karena dipenuhi warga yang sudah terinfeksi virus.

Sutradara Cho Il-hyung menggambarkan bagaimana pertahanan mental seorang pemuda yang hobi main game (diperankan aktor Yooh Ah-in) dari masih utuh alias waras, lalu terdeteriorasi hingga nyaris ke titik depresi, walau belum sampai gila.

Baca juga:  Nonton BLACKPINK Reality Show 24/365 | Plus Subtitle

Adegan-adegannya lebih banyak menunjukkan bagaimana si pemuda menghabiskan hari-hari terperangkap sendirian di apartemennya. Yang menarik adalah melihat bagaimana kondisi, baik si pemuda maupun apartemennya, secara perlahan memburuk.

Si pemuda dari yang masih antusias mendengarkan berita atau mencoba berkomunikasi lewat media sosial, hingga akhirnya dia tidak peduli lagi dan depresi.

Apartemennya sejak masih terawat (kulkas masih berisi, TV masih menyiarkan berita rutin, telepon genggam dan internet masih berfungsi) hingga semuanya mati, makanan habis, listrik mati dll.

Hal itu berubah saat si pemuda melihat bahwa ada penyintas lain yang tinggal di gedung seberang apartemennya. Seorang gadis (diperankan aktris Park Shin-hye) mengirimkan sinyal komunikasi kepadanya.

Mereka mulai mencari jalan agar bisa bertemu dan mencoba mencari bantuan bersama-sama sebelum proses evakuasi warga selesai dan mereka tidak mau tertinggal. Sungguh usaha yang sulit karena lorong-lorong apartemen, jalanan di bawah dan semua akses sudah dipenuhi zombie yang sangat sensitif dengan suara dan bergerak dengan cepat.

Film ini juga mengungkapkan bagaimana manusia bisa berubah 180 derajat saat mereka memikirkan dirinya sendiri, atau cara mereka menghadapi kehilangan orang-orang yang mereka cintai.

Film ini bisa menjaga tempo ketegangan dengan cukup baik. Tokoh-tokohnya memang hanya sedikit, sehingga plot yang ada cukup untuk membangun karakter-karakternya. Sayang, di tengah film ceritanya melambat, tapi rupanya itu untuk memberi ruang satu sub plot lain yang ditutup dengan naiknya kembali tempo ketegangan.

Film ini juga mendukung atmosfer lockdown yang sedang dirasakan seluruh penduduk dunia saat ini di tengah-tengah pandemic Covid19. Akhirnya punya gaya yang sangat Hollywood, tapi tidak mengurangi kualitas filmnya.

Mau nonton #Alive? Kamu bisa langsung mengakses melalui situs JustWatch berikut ini.

Powered by JustWatch

 

Baca juga:  Joe Taslim di Film Mortal Kombat | Premier dari Rumah via CATCHPLAY+

Peninsula (2020)

 

Peninsula merupakan lanjutan dari film zombie 2020 berbiaya besar pertama Korea, Train to Busan. Walau memiliki latar dan tempat yang sama, tapi cerita Peninsula berdiri sendiri dan tidak berhubungan dengan ToB.

Ada sedikit penurunan tempo dan ketegangan dari film pertamanya, tapi bukan berarti sekuelnya ini mengecewakan. Film ini tetap seru dengan koreografi aksinya lebih besar dan megah.

Mengambil latar waktu 4 tahun setelah peristiwa di film ToB, wabah zombie di Korea sudah berhasil diisolir. Namun, Korea masih menjadi zona terlarang.

Ada beberapa orang penyintas yang berhasil pergi ke Hong Kong dan ingin mengambil uang tunai dalam jumlah besar yang terlantar di sebuah truk di Seoul. Akhirnya, mereka mengumpulkan orang-orang yang mau dibayar untuk kembali ke Korea dengan dibekali senjata, untuk mengambil uang tersebut.

Konflik dalam Peninsula lebih menekankan pada drama antar penyintas yang masih bertahan di sana dan porsi aksi dengan para zombienya diperkecil. Spesial efek untuk adegan aksi dan set produksi negara Korea yang sudah hancur dan mencekam benar2 dibuat lebih besar, meyakinkan, dan rapi.

CGI dan make up yang digunakan sudah tidak kalah dengan produksi Hollywood. Jumlah zombienya lebih banyak, tapi lebih menjadi props dan hiasan saja.

Jagoannya, aktor Kang Dong-won, juga sangat bad ass walau di sini tampil dekil. Yah, aktor utamanya harus dipilih yang punya kharisma besar juga, mengingat di film sebelumnya yang muncul adalah si superstar Gong Yoo. Dan seperti biasa, bukan film Korea namanya kalau dramanya tidak mengaduk emosi.

Baca juga:  Nonton Fix You (2020) Sub Indo, Streaming Drama Korea

Bagi kamu yang mau nonton Peninsula (4/5*) bisa langsung akses VIU melalui JustWatch berikut ini.

Powered by JustWatch

 

Penutup

Ternyata pada tahun 2020, Korea Selatan juga menyimpan film zombie yang keren dan seru ya!

Mereka tidak kalah dan bahkan berhasil membalap Hollywood dalam genre ini. Asyik kan, gaes? Film zombie Korea yang mana yang akan kamu tonton duluan?

Lebih seru lagi kalau nontonnya rame-rame bareng teman-teman terdekat kamu. Pasti seru teriak-teriak dan heboh bareng. Selamat menikmati rekomendasi 3 film zombie Korea dari sushi.id ya!

Leave a Reply

Loading…

Written by Naila Fauzia

nonton antares

Nonton Film Antares (2021) Full Movie, Link Streaming

nonton little mom

Nonton Little Mom The Series (2021) Full Episode