Baca Manga Berserk: Epik Petualangan Kelam di Dunia Fantasi

Berserk manga

Baca Manga Berserk. Himbauan untuk tetap di rumah pada masa pandemik sudah memasuki minggu kesekian bagi banyak orang. Seringkali, hanya di rumah saja bisa bikin suntuk. Nah, kalau kamu sudah bosan dan suntuk daripada mengeluh dan meratapi nasib, mari kita berpetualang. Petualangan ini bisa dilakukan bahkan tanpa harus meninggalkan kamar. Sudah siap?

Nah, sekarang bayangkan sebuah dunia antah-berantah dimana para raja masih memerintah negeri-negeri manusia. Para peri masih berterbangan di padang-padang bunga, pusaka magis tersembunyi menunggu untuk ditemukan serta sihir yang benar-benar hidup dan nyata.

Belum cukup menarik?

Bagaimana kalau dengan: kesatria hantu gentayangan membalas dendam, tentara-tentara bayaran yang bertarung untuk uang, iblis dan monster yang berkeliaran meneror manusia, sekte sesat yang mengerikan di tengah-tengah kekacauan dan peperangan yang tidak berkesudahan?

Hal-hal tersebut adalah sedikit dari gambaran yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan Berserk.

Baca Manga Berserk: Epik Petualangan Kelam di Dunia Fantasi

berserk manga

Berserk adalah sebuah serial manga (komik jepang) yang ditulis dan diilustrasikan oleh mangaka (komikus) Kentaro Miura.

Berserk berlatar di sebuah dunia antah-berantah dengan suasana mirip Eropa abad pertengahan.

Manga ini melalui kisah petualangan fantasi, mengangkat tema-tema tentang kepahlawanan, persahabatan, ketidak-adilan dalam masyarakat serta pertanyaan-pertanyaan tentang sifat manusia: apakah sebenarnya manusia pada dasarnya jahat atau baik?

Walaupun tidak seterkenal One Piece, Naruto atau manga petualangan populer lainnya, Berserk merupakan salah satu manga yang cukup berpengaruh di budaya pop Jepang.

Berserk mulai diserialisasikan pada tahun 1989 di sebuah majalah manga bulanan Monthly Animal House yang sekarang sudah tidak terbit lagi dan digantikan dengan majalah Young Animal, dimana serial Berserk masih berlanjut sampai sekarang.

Baca juga:  6 Anime Terbaru 2020 yang Paling Ditunggu!

Coba bayangkan itu, serial ini ternyata lebih tua dibandingkan One Piece (1997) dan Naruto (1997) dan masih berlanjut hingga sekarang! Sungguh sebuah dedikasi dari komikusnya.

Sinopsis Berserk

guts berserk

Berserk bercerita tentang petualangan para tokoh utamanya: Guts, seorang petarung tangguh yang mengembara; Griffith, seorang pemimpin karismatik tentara bayaran dengan nama Band of The Hawk atau “Gerombolan Elang”; Casca, seorang prajurit perempuan lihai tangan kanan Griffith; dan berbagai tokoh manusia serta makhluk magis lainnya yang mereka temui dalam perjalanan mereka.

Tidak seperti kisah petualangan yang mungkin biasa kita dengar, Berserk memiliki cara bercerita yang lebih pesimistik dan lebih suram.

Alih-alih para kesatria berkuda putih gagah berani, Guts dan Griffith adalah bagian dari tentara bayaran yang bertarung bukan untuk tujuan mulia melainkan untuk siapapun yang sanggup membayar.

Guts adalah sosok pahlawan yang tidak biasa dengan sisi gelap dalam hatinya; selain itu Griffith bukan hanya sekedar sosok juru selamat tapi juga merupakan sosok ambisius dengan kepentingan-kepentingan pribadi yang ingin dicapai melalui pasukan bayaran yang dipimpinnya.

Terdapat juga tokoh magis seperti Kesatria Tengkorak yang sepertinya gentayangan mengembara dari negeri ke negeri demi membalaskan dendam masa lalunya; para monster dan iblis mengerikan yang berkeliaran meneror manusia di berbagai tempat dan disebut dengan Apostles; serta empat entitas misterius yang sangat kuat dan mengerikan.

Empat entitas ini disebut dengan “Tangan Tuhan” dan banyak ikut campur memanipulasi berbagai kejadian dan takdir di dunia Berserk.

Gambaran kekerasan tanpa tendeng aling-aling dalam pertarungan-pertarungan dahsyat di Berserk membuatnya menjadi salah satu komik yang cukup berpengaruh dalam budaya pop Jepang seperti yang sudah disebutkan.

Baca juga:  14 Rekomendasi Film Netflix Terbaik di Juli 2020

Di dunia dimana hanya yang terlahir tangguh dapat bertahan sementara yang lemah akan semakin tertindas dan binasa.

Alur Cerita dan Ilustrasi Gambar yang Detail

Selain karena penceritaan yang tidak biasa ditemukan dalam genre manga fantasi pada umumnya dengan sudut pandang yang lebih pesimistik, kelam dan gambaran kekerasan yang brutal, Berserk juga terkenal karena illustrasi yang sangat bagus.

Komikus Berserk, Kentaro Miura, telah konsisten membuat ilustrasi-ilustrasi yang sangat rumit secara teknis dan kualitas yang mumpuni selama bertahun-tahun.

Dengan detail gambar di setiap halaman bahkan panel, seperti dibuat dengan perhatian penuh dan ketelitian, seperti tidak ada bagian yang terlewat dari perhatian sang komikus.

Mengikuti cerita di lembar-lembar halaman Berserk yang penuh detail ini akan terasa seperti sebuah petualangan ke dunia fantasi kelam, dimana sang bandit dapat menyelamatkanmu dari monster dan tanda dari langit tak selalu berarti baik.*

Penulis: Cottonmouth

Sumber Foto: Istimewa

 

Written by Cottonmouth

A freelance Illustrator and writer. Currently working as one of SEO writers for Sushi.id.

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0

Nonton Film The Call of The Wild (2020) Full Movie Sub Indo

download novel pdf

Situs Download Novel Pdf dan EPUB Gratis Terbaik di 2020