Nonton Film Tilik (2018), Full Movie Streaming Online

nonton Film Tilik

Film terbaik Indonesia tidak hanya di distribusikan melalui layar lebar, namun banyak sineas Indonesia yang memanfaatkan platform digital untuk memasarkan filmnya, termasuk film pendek yang lagi viral satu ini? Mau tahu film apakah itu? Yuk langsung saja nonton Film Tilik.

Film Tilik merupakan film garapan sutradara Wahyu Agung Prasetyo yang diproduksi oleh Ravacana Film dengan durasi 30 menit.

Bintang utama film ini adalah bu Tejo yang diperankan Siti Fauziah Saekhoni, ia sudah sering terlibat dalam produksi film layar lebar seperti Mencari Hilal, Talak 3, Sultan Agung, Bumi Manusia, dan Mekkah I’m Comming.

Film ini memiliki latar tempat Bantul dan Sleman di produksi tahun 2018, yang mengisahkan segerombolan ibu-ibu desa yang berencana menjenguk bu lurah yang sakit, disepanjang perjalanan banyak obrolan obrolan yang bikin greget dengan logat jawa cukup kental.

Selain sukses di tonton jutaan orang film ini juga berhasil meraih banyak penghargaan seperti kategori Film Pendek Terpilih di ajang Piala Maya 2018. Selain itu film ini juga menjadi Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Pada 2018 lalu Tilik berhasil meraih penghargaan kategori Film Pendek Terpilih Piala Maya 2018. Selain itu film ini juga menjadi Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Informasi Film Tilik (2019)

nonton Film Tilik Sinopsis

  • Judul: Tilik
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Wahyu Agung Prasetyo
  • Produser: Elene Rosmeisara
  • Penulis: Agus Sumartono
  • Produksi: Ravacana Films
  • Durasi: 30 menit
  • Rilis: 17 Agustus 2020 (kanal YouTube Rancana Film)
  • Rating: 7.0/10 (IMDb)
  • Negara: Indonesia
  • Bahasa: Jawa
Baca juga:  Nonton The King: Eternal Monarch (2020) Sub Indonesia

Pemain

  • Sit Fauziah Saekhoni sebagai Bu Tejo
  • Brilliana Desy Alfira sebagai Yu Ning
  • Gotrek sebagai supir truk
  • Angelina Risti sebagai Bu Tri
  • Dyah Mulani
  • Luly Syahkisrani
  • Hardiansyah Yoga Pratama
  • Tri Sudarsono Gotrek
  • Ratna Indriastuti

Sinopsis Film Tilik (2018)

Tilik dalam bahasa Jawa berarti menjenguk, film ini memiliki latar sebuah jalan pedesaan di daerah Sleman dan Bantul Yokyakarta. Film ini menceritakan perjalanan sekelompok ibu-ibu yang ingin menjenguk bu Lurah yang tengah dirawat di Rumah Sakit.

Seperti halnya budaya Jawa ketika ada orang yang sakit, maka masyarakat berbodong-bondong menjenguknya. Para ibu ibu tersebut menaiki truk milik warga menuju rumah sakit. Ada kisaran 10 orang dalam rombongan.

Mereka mengetahui kalau bu Lurah sakit lewat Yu Ning, Yu Ning sendiri mendapat kabar tersebut dari Dian. Disepanjang perjalanan ada satu tokoh yang paling banyak di bicarakan tak lain adalah dian.

Bu Tejo dengan asiknya membicarakan kembang desa bernama Dian, Dian dikabarkan merupakan kekasih anak pak Lurah. Dian memiliki paras yang cantik bahkan menjadi primadona di kampungnya.

Bu Tejo menyebut dian merupakan wanita yang tidak benar, hal itu ia simpulkan lewat laman facebook dan kabar burung, bahkan Bu Tejo menceritakan pernah emlihat Dian sedang muntah-muntah, dengan cepat menyimpulkan bahwa Dian hamil.

Yu Ning sebagai kerabat kurang terima dengan yang dibicarakan Bu Tejo, beberapa kali Yu Ning mencoba mengingatkan Bu Tejo agar lebih hati hati dengan ucapannya, bahkan bisa jadi semua kabar yang di bicarakan Bu Tejo salah dan akan menimbulkan fitnah.

Cara Bu Tejo memprovokasi ibu-ibu lainnya untuk mendukung ceritanya membuat kamu yang menontonnya ikut gregetan. Bahkan Yu Ning dan Bu Tejo sempat adu mulut untuk mempertahankan argument masing masing.

Baca juga:  Nonton One Piece Episode 936 Sub Indo, Streaming Terbaru

Ada kejadian lucu ditengan perjalanan, saat para rombongan ditilang polisi karena menggunakan truk untuk dijadikan kendaraan utama menjenguk Bu Lurah. Di dalam aturan UU transportasi, Truk dilarang digunakan untuk mengangut manusia.

Bu Tejo dan kawan kawan, yang mednengar itu langsung adu mulut dengan polisi, bahkan polisi mau dicokot (digigit) oleh para ibu ibu tersebut.

Apakah berita yang Bu Tejo ceritakan benar adanya tentang Dian? Lantas siapakah sebenernya sosok Dian terebut.

Fakta Film Tilik (2018)

Selain mengulas sinopsisnya, Sushi.id juga merangkum beberapa fakta menarik tentang film Tilik ini, yuk simak ulasan berikut:

  1. Brilliana Desy Alfira yang berperan sebagai Yu Ning mengungkapkan bahwa Dian merupakan keponakan dari Yu Ning itu sendiri.
  2. Film di kerjakan dengan observasi terlebih dahulu untuk mengetahui budaya Tilik di daerah Bantul, Yogyakarta.
  3. Proses pembuatan film memakan waktu 8-9 bulan, mulai dari supervisi naskah sekitar 2-4 bulan hingga proses editing memakan waktu sekitar 2-3 bulan lamanya.
  4. Para pemain diarahkan tidak menghafal naskah, tetapi lebih memahami inti dan mengaplikasikan pada diri sendiri.
  5. Pemilihan pemain atau talent tidak melalui proses casting.
  6. Siti Fauziah atau Bu Tejo mendapat bullyan dari netizen, bahkan ia sampai menangis berhari-hari.
  7. Hingga artikel ini di tulis 27 Agustus 2020 jumlah penonton film ini telah mencapai 15 juta penonton.

Situs Nonton Film Tilik (2018) Sub Indo, Full Movie

Bagi kamu yang belum sempat menonton dan penasaran ingin menontonya, Sushi.id sudah menyendiak situs nonton film online yang bisa kamu akses untuk nonton film Tilik.

“Sushi.id hanya memberikan informasi terkait situs nonton online dan download gratis yang masih aktif hingga saat ini. Sushi.id tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang diakibatkan karena artikel ini.”

Youtube

nonton film tilik YouTube

Siapa yang tidak mengenal YouTube? Situs berbagi video ini kiranya di Indonesia sudah tidak asing lagi di telinga baik kaum muda hingga tua.

Baca juga:  Nonton Film The Captain (2019) Sub Indo, Full Movie

Youtube menjadi situs utama dan juga merupakan situs resmi bagi kamu yang mau nonton film Tilik. Dengan seiring perkembangan teknologi informasi di mana jaringan internet mudah diakses, pertumbuhan perangkat mobile terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sampai harga paket internet yang kini relatif terjangkau, menjadikan pamor YouTube kian tak terbendung sebagai kanal rujukan penggunanya untuk mencari informasi, hiburan, maupun lainnya.

Film Tilik bisa kamu akses dengan mudah lewat situs inui, bahkan secara otomatis film yang berbahasa jawa ini sudah ada teks terjemahan bahasa Indonesia.

Terkait resolusi videonya, Film Tilik memiliki banyak pilihan resolusi video mulai dari 144p, 240p, 360p, 480p sampai 1080 HD. Cara mengganti resolusinya, kamu cukup klik ikon pengaturan yang berada di bawah video player-nya.

Tampilan Youtube banyak tersedia film, jika kiamu terganggu bisa menggunakan fitur Full screan. Iklan tetap ada tapi tidak terlalu mengganggu. Kalau mau nonton bebas iklan, kamu bisa berlangganan YouTube Premium.

Kelebihan:

  • Kualitas video bagus
  • Ada terjemahan teks bahasa Indonesia
  • Ada pilihan full screan
  • Full Movie

Kekurangan:

  • Kalau mau bebas iklan harus ada biaya berlangganan dengan Youtube Premium

Penutup

Film Tilik mampu menyajikan cerita yang ringan, dan sengat relevan dengan kehidupan masyarakat pada umumnya bahkan cerita film ini mudah diterima dengan baik.

Meskipun terkesan ringan tapi banyak pesan yang kita bisa diambil dari film ini adalah mengenai prasangka dan informasi benar dalam menyebarkan berita.

Bagi kamu yang mau nonton Film Tilik bisa akses lewat situs nonton rekomendasi Sushi.id diatas, jangan lupa share, koment artikel ini ya

Ikuti terus artikel menarik lainnya seputar Film di Sushi.id

Written by Elok Nuri

Anak DKV menyukai sastra dan puisi, dunia Tulisan mulai di geluti sejak santri, aktif di kegiatan komunitas sosial dan jurnalis.

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
10 Drama Korea Terbaik Tentang Kesehatan Mental

10 Drama Korea Terbaik Tentang Kesehatan Mental

black adam flm sushi

4 Fakta Terbaru Film Black Adam DC Universe