Nonton Raya and the Last Dragon (2021) Sub Indo

nonton raya and the last dragon sub indo full movie

Di awal 2021, Disney tak mau ketinggalan merilis film animasi terbarunya. Bertajuk Raya and the Last Dragon, film animasi tersebut bercerita tentang petualangan Raya menyelamatkan Kumandra dari Druun, roh jahat. Ingin tahu rincian filmnya? Yuk, simak artikel nonton Raya and the Last Dragon beserta rekomendasi situs streaming dan download dengan sub Indo yang bisa kamu akses baik itu secara gratis maupun berbayar.

Film ini memang telah lama ditunggu oleh masyarakat Indonesia lantaran mengambil latar cerita, lokasi, dan penokohan dari Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia. Ini otomatis membuat Raya and the Last Dragon menjadi film pertama yang menggambarkan budaya Asia Tenggara.

Film besutan Walt Disney ini memang mengambil banyak cerminan budaya Asia Tenggara. Ketika kamu menonton Raya and the Last Dragon kamu juga akan mendengar suara alat musik gamelan sebagai latar musiknya. Bahkan ada pula orang yang tengah membuat batik.

Selain budaya Indonesia, kamu juga akan melihat pakaian yang mirip dari pakaian adat Malaysia, serta tongkat yang dipakai Raya tampak seperti tongkat eskrima yang merupakan senjata utama bela diri dari Filipina.

Raya and the Last Dragon menceritakan lima suku: Fang, Heart, Tail, Spine, dan Talon. Nah, kelima suku ini mencerminkan masyarakat dan budaya Asia Tenggara yang sangat beragam.

Seperti film-film animasi Disney lainnya, film ini juga memberikan pesan moral yakni mengenai persatuan kelompok masyarakat yang dalam film tersebut terpecah-pecah.

Informasi Raya and the Last Dragon (2021)

sinopsis raya and the last dragon (2021)
Hasil Tangkapan Layar dari Channel YouTube Walt Disney Animation Studios

Raya and the Last Dragon merupakan film animasi bergenre aksi, petualangan, dan fantasi yang diproduksi oleh sineas Amerika Serikat. Berada di bawah naungan rumah produksi Walt Disney Pictures dan Walt Disney Animation Studios, film tersebut didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Ini juga merupakan film ke-59 yang diproduksi oleh Walt Disney.

Film Raya and the Last Dragon ditulis oleh Qui Nguyen dan Adele Lim, dan diarahkan sutradara Don Hall bersama dengan Carlos Lopez Estrada. Hall dan Estrada dibantu Paul Briggs dan John Ripa yang memegang posisi asisten suradara.

Sementara itu untuk posisi produser dipegang oleh Osnat Shurer dan Peter Del Vecho dan komposernya adalah James Newton yang sebelumnya merupakan komposer film The Hunger Games dan Maleficent.

Dilihat dari deretan kru film tersebut, tentu nama-nama mereka sudah tidak asing lagi di industri perfilman Hollywood. Terlebih James Newton Howard sebelumnya sudah 8 kali masuk nominasi Academy Awards.

Baca juga:  Nonton Bad Romance The Series (2016) Sub Indo, Full Episode

Sudah semakin penasaran dengan filmnya? Berikut adalah sinopsis film Raya and the Last Dragon, beserta situs nonton bioskop online untuk streaming dan download layar lebar tersebut.

Detal Film

  • Judul: Raya and the Last Dragon
  • Genre: Animasi, action, petualangan, fantasi
  • Sutradara: Carlos Lopez Estrada, Don Hall
  • Penulis: Qui Nguyen dan Adele Lim 
  • Musik: James Newton Howard
  • Perusahaan produksi: Walt Disney Pictures dan Walt Disney Animation Studios
  • Distributor: Walt Disney Studios Motion Pictures
  • Durasi: 107 menit
  • Negara:Amerika Serikat
  • Bahasa: Inggris
  • Rilis: 3 Maret 2021 di Indonesia dan Belanda, 5 Maret 2021 di Amerika Serikat
  • Box Office: 2,5 juta dolar AS
  • Rating: 7.7/10 (IMDB)

Pengisi Suara

  • Kelly Marie Tran sebagai Raya
  • Awkwafina sebagai Sisu
  • Izaac Wang sebagai Boun
  • Gemma Chan sebagai Namaari.
  • Jona Xiao sebagai Namaari muda.
  • Daniel Dae Kim sebagai Chief Benja
  • Benedict Wong sebagai Tong
  • Sandra Oh sebagai Virana
  • Thalia Tran sebagai Little Noi
  • Lucille Soong sebagai Dang Hu
  • Alan Tudyk sebagai Tuk Tuk

Sinopsis Raya and the Last Dragon (2021)

Film ini diawali dengan memperlihatkan sebuah lokasi bernama Kumandra. Sebelum diserang oleh Druun yang merupakan roh jahat, Kumandra sangatlah makmur. Penyerangan yang dilakukan Druun membuat naga-naga Kumandra menggunakan sihir mereka yang tersisa untuk membuat sebuah bola guna menyerang roh jahat tersebut dan menghidupkan kembali semua orang.

Setelah kejadian itu, terjadilah perebutan kekuasaan untuk memiliki bola naga tersebut sehingga masyarakat Kumandra terbagi menjadi beberapa suku, berdasarkan penempatan mereka di sungai: Fang, Heart, Tail, Spine, dan Talon.

500 tahun kemudian, Kepala Suku Heart melatih putrinya Raya untuk menjaga bola naga. Selama pesta dengan lima suku tersebut, Raya berteman dengan putri Kepala Virana dari suku Fang, Namaari, karena kesamaan minat mereka pada naga.

Namaari memberi Raya liontin naga dan Raya juga menunjukkan padanya lokasi bola naga miliknya hanya untuk membuat Suku Fang yang berusaha mencurinya. Perseteruan pun terjadi ketika seluruh suku mengetahui hal tersebut dan bola itu hancur. Druun si roh jahat terbangun lantaran tiap suku berusaha mencuri bola naga, dengan Kepala suku Heart menjadi korban pertama.

Enam tahun kemudian, Raya mencari ujung sungai untuk memanggil Sisu, seekor naga yang menciptakan bola itu dan satu-satunya yang masih hidup, untuk membantunya memperbaiki kepingan bola yang hilang.

Saat berada di bekas wilayah Suku Tail, Raya akhirnya berhasil memanggil Sisu yang mengaku tidak menciptakan orb tersebut, tetapi bisa menggunakan kekuatannya. Mereka menemukan kepingan kedua dari bola tersebut di kuil Tail yang hancur, memberikan Sisu kekuatan untuk berubah bentuk.

Baca juga:  Nonton The Wind Guardians Sub Indo, Streaming Full Movie

Setelah itu, mereka bertemu dengan Namaari dan sukunya. Pertikaian antara Raya dan Namaari terjadi tetapi Boun, yang kehilangan keluarganya karena Druun, datang dan membantu Raya melarikan diri. Meskipun Boun ramah, Raya menolak untuk mengungkapkan pencariannya.

Mereka tiba di Talon untuk mengklaim kepingan bola ketiga, di mana Raya bertemu dengan  Noi Kecil dan trio sahabatnya yang mirip monyet, Ongis. Setelah itu, Raya menyelamatkan Sisu dari Talon dan berhasil mendapatkan kepingan bila ketiga. Ini memungkinkan SIsu untuk menyemburkan kabut.

Kemudian, kelompok itu tiba di Spine, dan Raya bersama dengan Sisu memasuki desa dan bertemu Tong, seorang pejuang yang menakutkan dan satu-satunya yang selamat dari desa itu. Anggota kelompok lainnya tiba untuk memperingatkan mereka tentang kedatangan Namaari. Raya terlibat perkelahian dengan Namari sementara yang lain melarikan diri, dengan Sisu membantunya.

Kembali ke perahu, Raya menceritakan tentang Sisu kepada teman-temannya dan mereka semua setuju untuk bekerja sama, dengan Tong menyerahkan bola Spine kepada Sisu, memberinya kekuatan untuk menguasai hujan.

Saat mereka semakin dekat dengan suku Fang, Sisu ingin Raya memberikan kepingan terakhir. Ketika Raya menolak, Sisu membawanya kembali ke apa yang tersisa dari suku Heart dan menceritakan bagaimana dia dipercaya oleh saudara-saudaranya untuk menyelamatkan Kumandra.

Raya menyerah dan memutuskan untuk memberikan Namaari liontin naga sebagai lambang perdamaian. Raya dan Sisu bertemu secara pribadi dengan Namaari, tetapi saat melihat bola miliknya, Namaari mengancam mereka. Sisu mencoba membujuknya, tetapi secara tidak sengaja ditembak oleh Namaari dan jatuh ke sungai yang mulai mengering.

Fang diserang oleh Druun saat Raya masuk untuk menghadapi Namaari yang kehilangan ibunya Keduanya bertarung sementara teman Raya menyelamatkan orang-orang dari Druun. Raya bersiap untuk menjatuhkan Namaari, tetapi setelah melihat penyesalannya, mereka lari untuk membantu teman-temannya.

Nonton Raya and the Last Dragon (2021) Sub Indo, Streaming dan Download Full Movie

Lantas berhasilkah Raya dan kawan-kawan mengalahkan Druun si roh jahat? Kalau kamu ingin menyaksikan akhir dari film tersebut, nonton saja melalui situs nonton film online berikut ini.

Sushi.id hanya memberikan informasi terkait situs nonton online dan download gratis yang masih aktif hingga saat ini. Sushi.id tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang diakibatkan karena artikel ini.

CGV Indo

CGV Indo
http://104.219.250.236/raya-and-the-last-dragon-2021/play/?ep=2&sv=2

Buat kamu yang malas ke bioskop karena pandemi, tenang! Karena film ini sudah tersedia secara daring di situs CGV Indo. Kamu dapat mengakses situs CGV Indo secara gratis untuk nonton Raya and the Last Dragon secara streaming.

Baca juga:  Nonton Water and Fire (2013) Sub Indo, Full Movie Streaming

Ketika kamu sudah masuk ke situsnya, kamu dapat langsung memilih server B720p lantaran server utama loading-nya sangat lama. Kemudian, klik tombol Play. Untuk loading memang agak lama, tapi tunggu saja nanti film akan diputar.

Berbicara soal kualitas gambarnya, sudah sangat jernih dengan kualitas gambar 720p. Selain itu, untuk kualitas audio pun sudah stereo.

Teks terjemahan Bahasa Indonesia sudah cukup baik. Kemudian, huruf yang berwarna putih juga membuatnya mudah terbaca dan tidak menutupi film.

Bagi penggemar film animasi Barat, CGV Indo juga menyediakan berbagai judul film menarik lainnya seperti Maleficient, Frozen 2, dan masih banyak lagi!

Kelebihan:

  • Akses gratis
  • Kualitas gambar jernih
  • Subtitle Indonesia
  • Terdapat tiga pilihan server

Kekurangan:

  • Loadingnya cukup lama
  • Terdapat banner iklan dengan kata-kata yang tidak sopan tapi kamu dapat menggunakan fitur layar penuh agar tidak terganggu dengan iklan
  • Tidak menyediakan layanan download film. Download film silakan gunakan aplikasi pihak ketiga seperti IDM untuk kamu pengguna laptop berbasis Windows 10

BioskopKeren

download dan nonton streaming raya and the last dragon sub indo full movie bioskopkeren
https://bioskopkeren.mobi/nonton-movie-raya-and-the-last-dragon-2021-subtitle-indonesia/

Alternatif lainnya adalah BioskopKeren. Nonton Raya and the Last Dragon sub Indo full movie di sini proses loading-nya tidak selama situs yang telah kami sebutkan pada poin sebelumnya.

Setelah kamu masuk ke situsnya dan mengklik tombol Play, film akan langsung diputar dengan cepat. Teks terjemahan Bahasa Indonesia pun akan langsung muncul dengan kualitas terjemahan yang cukup baik.

Sayangnya, soal kualitas gambarnya tidak sebagus CGV Indo. Kendati begitu, masih layak tonton. Saran kami, BioskopKeren lebih cocok digunakan bagi kamu yang mau menyaksikan secara streaming Raya and the Last Dragon sub Indo di smartphone.

Menariknya, BioskopKeren juga menyediakan menu download. Caranya, klik logo download (anak panah kebawah) yang berada di sebelah kanan bawah video player. Kemudian, pilih Download Video. Untuk ukuran file filmnya sekitar 986 MB. Sementara subtitle Indonesia dapat kamu download secara terpisah. BioskopKeren juga telah mencamtumkan tautan untuk men-download subtitle gratis.

Kelebihan:

  • Pemutaran film cepat
  • Tidak banyak iklan
  • Subtitle Indonesia
  • Akses gratis
  • Terdapat menu download film dan download subtitle gratis

Kekurangan:

  • Kualitas gambar kurang jernih

Penutup

Demikian artikel mengenai film animasi Disney, Raya and the Last Dragon, beserta rekomendasi situs untuk nonton online full movie dengan sub Indo yang dapat kamu akses secara gratis. Patut dicatat, bahwa film ini juga sedang tayang di bioskop Indonesia sejak awal Maret 2021.

Semoga artikel ini membantu!

Baca juga informasi seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Andini.

Written by Andin A.

Former content writer for big companies and small startups. Currently working as SEO Writer for Sushi.id. Sometimes I read politics and international affairs. Contact me: [email protected]

mermaid prince the beginning 2020 sub indo

Nonton Mermaid Prince: The Beginning (2020) Sub Indo

nonton film greenland sub indo

Nonton Film Greenland (2020) Sub Indo, Full Movie