Mau baca Novel Populer Indonesia ? Nih kami punya rekomendasi bacaan dari Novel Tere Liye yang bisa menjadi teman kamu selama work from home (WFH), lho.

Bagi sebagian orang bahkan anak milenial mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Tere Liye, quotenya sering berseliweran di situs kanal berbagi youtube maupun status di media sosial.

Tulisan-tulisannya menjadi inspirasi banyak orang dalam menjalani hidup karena banyak kata motivasi berharga yang mampu menumbuhkan semangat.

Darwis yang kita kenal sebagai Tere Liye merupakan penulis yang cukup kompeten dan sangat diperhitungkan setiap karya yang dihasilkan. Dia telah menghasilkan puluhan karya yang kebanyakan telah menjadi best seller, wihh keren kan

So, untuk kalian yang sedang work from home (WFH) atau yang lagi mencari buku bacaan. Kita sudah mengumpulkan beberapa rekomendasi.

6 Novel Tere Liye Yang Paling Rekomendasi Untuk Kalian baca

Bagi kalian yang kurang suka dengan Novel bertema romansa, tenang jangan khawatir, novel Tere Liye ada juga yang bertema tentang politik, bahkan keuangan. ia sebagai penulis berusaha memberikan sudut pandang lain kepada pembaca untuk melihat dunia.

Jadi, apa saja karya terbaik Tere Liye?

1. Negeri Para Bedebah

negeri para bedebah

Yang pertama adalah novel Para Bedebah. Baru baru ini Negeri para bedebah banyak di perbincangkan di media sosial bahkan sempat trending twitter, karena ada sejumlah pria yang terduga kasus vandalisme ditangkap polisi, yang jadi perhatian disini novel ini dijadikan barang bukti, wihh ngeri ya.

Eits tenang, di sini kita tidak akan bahas tentang keterkaitan Kasus vandalisme dengan Para Bedebah. Pasalnya, Para Bedebah tidak ada kaitan dengan aksi vandalisme.

Novel ini berisikan tentang masalah keuangan dunia. konflik ini berawal dari jatuhnya Bank Semesta. dan semakin rumit katika Thomas membawa kabur om liem yang merupakan tersangka atas Bank Semesta.

Karakter Thomas, merupakan konsultan keuangan terkemuka. Ia berpetualang dengan pintar, berani, dan licin. Ia cerdik mempengaruhi orang lain dalam menghadapi konflik, melesat cepat namun penuh perhitungan dan taktik.

Tere Liye berhasil menggambarkan pengetahuan dia yang cukup luas tentang dunia keuangan. Karena pada dasanya Tere Liye merupakan seorang akuntan yang gemar menulis novel dan dia lebih suka disebur sebagai akuntan

Novel yang terbit tahun 2014 ini, sangat cocok buat kamu yang suka atau bahkan mempelajari dunia Akuntan.

2. Rembulan Yang Tenggelam di Langit Wajahmu

novel tere liye rembulan tenggelam di wajahmu

Novel terbitan tahun 2009 tebal 427 halaman ini bercerita tentang kehidupan seorang lelaki bernama Rehan Raujana.

Nama yang diberikan oleh ibu panti yang mengasuhnya, Pria yang kehidupannya tak beruntung ini  menuruti obsesi hingga perlahan-lahan memperbaiki kehidupannya untuk menemukan kepuasan diri. Naik turun kehidupan akhirnya mengatarkan Ray (nama panggilan setelah dewasa) menemukan makna hidupnya

Novel ini berhasil membuat pembaca larut dengan memikirkan pertanyaan yang harus dijawab, dari pertanyaan “untuk apa kamu hidup” hingga ujung takdir.

Tere Liye berhasil menyajikan kisah ini dengan sangat unik, karena dikemas dalam alur mundur melalui perjalan metafisik yang amat fantastic dan menarik.

Satu hal yang menarik dari Rembulan Yang Tenggelam di Langit Wajahmu adalah semua orang selalu diberikan kesempatan untuk kembali, sebelum akhir hayatnya, sebelum semuanya benar benar terlambat, karena setiap manusia diberikan mendapatkan penjelasan atas berbagai pertanyaan yang mengganjal hidupnya.

3. Pulang

novel tere liye pulang

Rekomendasi Novel Tere Liye ketiga bertemakan tentang keluarga dan persahabatan. Novel ini berkisah tentang sosok Bujang yang tinggal di Bukit Barisan besama Samad dan Midah, keluarganya jauh dari hiruk pikuk perkotaan, menjadikan mereka hidup sederhana dan tanpa pernah mengecap bangku sekolah. Midah dengan telaten mengajari bujang berhitung hingga Agama

Konflik ini terjadi ketika Bujang diajak oleh teman ayahnya untuk membasmi babi hutan, setelah itu Bujang diajak oleh Tauke untuk pergi ke kota dan dia pun diangkat sebagai anggota keluarga Tong. Lambat laun, cerita memuncak ketika salah seorang anggota keluarga Tong melakukan pengkhianatan.

Tere Liye berhasil memberikan pemahaman tentang apa sebenarnya makna “Pulang”, diceritakan dengan alur mudur yang cukup menyentuh.

Ada sepenggal kata yang cukup menarik dalam Pulang: “Sungguh, Sejauh apapun kehidupan menyesatkan, segenap apa pun hitamnya jalan yang ditempuh. Tuhan selalu memanggil kami untuk “Pulang”.

Pulang bisa kamu download di situs download novel Pdf!

4. Tentang Kamu

novel tere liye tentang kamu

Sekilas ketika kita baca Judulnya akan mengira bahwa Tentang Kamu tentang roman picisan dari bab awal hingga epilog, tapi ternyata tidak.

Tentang kamu ini bercerita tentang kisah perjalanan Zaman Zulkarnaen, pemuda asal Indonesia yang bekerja di salah satu firma hukum Belgrave Square, London. Zaman (Panggilan akrabnya) menapaki cerita kliennya seorang wanita tua yang memiliki kartu identitas London, bernama Sri Ningsih

Satu per satu rentetan penelusurannya terkait ahli waris Sri Ningsih. Dari sopir bus hingga cerita penghianatan yang dialami Ningsih. Sri Ningsih, seorang wanita miskin, sederhana, tangguh, berasal dari keluarga sederhana di Pulau Bungin, Sumbawa, NTB. Sebelum kematiannya, Sri Ningsih menulis surat wasiat untuk ahli waris hartanya sebesar 19 trilliun rupiah.

Dalam Novel ini, Tere Liye berhasil mengaduk emosi para pembacanya, rekomendasi dibaca buat kamu yang suka tentang hal yang misterius dan penuh rahasia, kata kata dirangkai pun sangat mengalir.

5. Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

daun yang jatuh tak pernah membenci angin

Novel yang berjudul “Daun Yang Jatuh Tidak Pernah yang membenci Angin” adalah salah satu dari banyak karya terbaik Tere Liye, tema yang di angkat adalah tentang cinta.

Novel ini berkisah Tania seorang anak kecil dari keluarga miskin yang sejak ditinggal ayahnya harus berjuang keras mencari uang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah maupun kontrakan. Hingga datang seorang pria yang siap menjanjikan masa depan cerah bagi keluarganya, namun seiring waktu perasaan Tania tumbuh menjadi cinta padanya.

Kedua tokoh yang saling mencintai tapi tak bisa mengungkapkan lalu memutuskan untuk saling memendam rasa. Tere Liye berhasil menyajikan lika liku kehidupan yang menyakitkan dalam novelnya yang satu ini.

Pesan yang bisa disampaikan dalam novel ini seperti dalam kutipannya, bahwa hidup harus menerima. Penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus mengerti. Pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami. Pemahaman yang tulus. Tak peduli lewat apa penerimaan dan pemahaman itu datang, tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan.   

6. Hafalan Sholat Delisa

novel tere liye hafalan sholat delisa

Bagi kamu yang suka nonton film online, Hafalan Sholat Delisa, sudah tak asing lagi dengan novel ini. Pasalnya film yang di bintangi Reza Rahardian dan Nirina Dzubir itu diadaptasi dari novel karya Tere Liye ini.

Novel terbitan tahun 2007 tersebut bercerita tentang Delisa, gadis kecil asal Aceh berusia 5 tahun tengah berupaya menghafalkan gerakan maupun bacaan shalat sebagai tugas dari sekolahnya dengan hadiah berupa kalung cantik dari ibunya sebagai iming-iming.

Ketika Delisa menyetorkan bacaan shalatnya, bersamaan pula bencana alam tsunami menerjang wilayahnya, keinginan mendapatkan hadiah harus tertahan karena harus mencari keluarganya yang terpisah.

Tere Liye berhasil membawa kita pada penghayatan yang begitu dalam lewat karakter Delisa. Tentang keikhlasan, ketaqwaan kepada Tuhan, ketabahan dan juga mengajarkan bahwa bagaimanapun masalah mendera hidup kita, selalua ada Tuhan yang menjadi penolong.

So, bagi kalian yang sudah pernah nonton filmnya dan penasaran sensasi membaca novelnya, yang cukup menguras air mata ini, boleh banget baca Hafalan Solat Delisa yang satu ini.

Penutup

Jadi, Itulah 6 Novel Tere Liye terbaik yang bisa kamu baca selama WFH.

Dari ulasan diatas novel mana yang paling kamu suka?

Atau untukmu yang belum pernah membaca satupun bukunya, judul mana yang paling bikin penasaran?

Ikuti terus informasi seputar buku dari Sushi.id!

 


Elok Nuri

Anak DKV menyukai sastra dan puisi, dunia Tulisan mulai di geluti sejak santri, aktif di kegiatan komunitas sosial dan jurnalis.