Mendapatkan penghargaan Oscar adalah kebanggaan tersendiri untuk para pembuat film, aktor, aktris, kru dan film itu sendiri.

Sebatas mendapatkan nominasi juga rasanya sudah menjadi level tersendiri dalam dunia perfilman.

Namun, mungkin enggak sih menang dan dapat nominasi Oscar tapi penjualan box office-nya melempem?

Film Peraih Oscar yang Justru Gagal di Box Office

Kali ini penulis akan membahas tentang film-film yang berhasil menang Oscar atau mendapatkan nominasi Oscar.

Sayangnya pendapatkan Box Office film-film ini tidak menguntungkan.

Marriage Story

Menang oscar tapi pendapatan Rendah fulm Marriage Story

sumber: wikipedia

Marriage Story yang disutradarai oleh Noah Baumbach dan dirilis pada tahun 2019 ini mengeluarkan budget sebesar 18 miliar dolar loh, geng.

Wah banyak sekali yaaa. Sayangnya, penjualan filmnya di box office hanya berhasil meraup 2,3 miliar dolar saja, geng.

Padahal film yang menceritakan keluarga, kehidupan pernikahan, pengorbanan dan keputusan yang berat ini top banget loh.

Bahkan, Laura Dern berhasil memenangkan Oscar dalam Best Supporting Actress.

The Irishman

sumber: wikipedia

Buat pencinta film berbau action dan bunuh-bunuhan, pasti tahu banget film The Irishman, sutradara Martin Scorsese berhasil membuat filmnya dengan sangat apik.

Dirilis pada tahun 2019, The Irishman berhasil mendapatkan banyak sekali nominasi penghargaan oscar, walaupun sayangnya tidak menang, geng.

Nominasi yang didapatkan: Best Picture, Best supporting actor, best director, best adapted screenplay, best sinematografi, best production design, Best costume design.

Baca juga:  Nonton The Human Centipede 1 (First Sequence) Full Movie

Film The Irishman sendiri menghabiskan biaya 159 – 250 miliar dolar, sayangnya pendapatkan dari penjualan box officenya hanya 8 miliar saja. Jauh banget ya!

Missing Link

sumber: wikipedia

Film animasi super bagus dan animasinya bagus banget, gaes! Pastes banget mendapatkan nominasi: Best animated Feature.

Sayangnya film garapan Chris Butler pada tahun 2019 ini mengeluarkan biaya sebesar 102,3 miliar dolar, nah tapi pendapatan box officenya hanya mencapai 26,2 miliar dolar.

Roma

sumber: wikipedia

Roma adalah film Netflix yang disutradari oleh Alfonso Cuarón pada tahun 2018. Drama tentang kehidupan yang disampaikan pada film ini sangat menyentuh sekali.

Selain mendapatkan nominasi oscar 2019 pada kategori Best Picture, Roma sendiri menerima banyak penghargaan loh, geng.

Bahkan berhasil masuk dalam 10 nominasi 91st Academy Awards, pernah memenangkan Best Foreign Language Film, Best Cinematography dan juga Best Director.

Benar-benar film yang bagus sekali dengan alur cerita yang sangat dalam dan menyentuh.

Biaya yang dikeluarkan untuk film Roma adalah 15 miliar dolar sedangkan pendapatan box office yang diterimanya adalah 5,1 miliar dolar.

Cats

sumber: wikipedia

Animasi Cats juga menjadi nominasi Oscar 2020 melalui lagu Beautiful Ghosts yang dibawakan oleh Taylor Swift. Lagu tersebut sebelumnya menjadi nomine di Golden Globes 2020.

Sayangnya, Cats belum berhasil meraih penghargaan itu ke atas panggung, walaupun lagunya sangat indah ya, geng. Siapa Swifties di sini?

Film dengan biaya produksi 95 juta dolar AS itu gagal balik modal, karena hanya mendapatkan 69,7 juta dolar AS dari bioskop seluruh dunia.

Cats rugi besar setelah mendapat banyak kritik pedas dan review buruk. Film ini setidaknya telah kehilangan sebesar 71 juta dolar atau setara dengan Rp985 miliar.

Children of Men” (2006)

sumber: wikipedia

Children of Men adalah film dengan genre action-thriller yang mencengangkan. Garapan sutradara Alfonso Cuarón sepertinya memang tidak perlu diragukan ya.

Baca juga:  Apakah Menikah Hanya untuk Kesenangan Sesaat atau untuk Mengabdi?

Children of Men dirilis pada tahun 2006 dan berhasil meraih nominasi Oscar 2006 kategori: Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, and Best Film Editing

Film Children of Men sendiri merogoh biaya 76 miliar dolar dengan pendapatan box office 70 miliar dolar, jadi rugi sebanyak 6 miliar dolar, geng.

The Last Station

sumber: wikipedia

Kamu suka nonton film biografi? Kalau ia, wajib banget nonton The Last Station karya sutradara Michael Hoffman pada tahun 2009.

The Last Station merupakan film biografi yang diangkat dari novel Jay’s Parini pada tahun 1990, geng.

Kamu akan mendapatkan banyak petuah-petuah dari film ini seakan diwarisi ilmu oleh film ini.

Budget yang dikeluarkan untuk The Last Station adalah sebesar 18 miliar dolar dengan pendapatan box office sekitar 13,6 miliar dolar saja.

Padahal The Last Station berhasil masuk ke nominasi Oscar 2010 pada kategori aktris Terbaik untuk peran yang dimainkan oleh Helen Mirren, loh.

The Assassination of Jesse James by the Coward Robert Ford” (2007)

sumber: wikipedia

Berhasil masuk ke nominasi Oscar 2008 rupanya benar-benar bukan jaminan untuk mendapatkan keuntungan besar ya.

The Assassination of Jesse James by the Coward Robert Ford karya sutradara Andrew Dominik ini mengalami kerugian yang cukup banyak loh, gaes.

Dengan biaya yang dikeluarkan sebesar 30 miliar dolar, film ini hanya berhasil mendapatkan 15 miliar dolar dari penjualan di Box Office.

Padahal aktor sekelas Brad Pitt pun sudah digandeng ke dalam film ini.

Tapi bukan berarti filmnya jelek ya, geng. Karena Film ini berhasil meraih nominasi Oscar 2008 pada kategori: best cinematografi dan best perfomance by an actor in a supporting role.

Penutup

Wah, kaget ya, gaes, dengan daftar film-film di atas dan total kerugian yang didapatkannya.

Baca juga:  5 Superhero Marvel yang Gak Guna, HULK dan Baby Groot Termasuk?

Ternyata mendapatkan nominasi bukan jaminan kesuksesan, gaes.


Stella Marline

Seorang idealist yang mencoba untuk berkompromi dengan situasi dunia yang fana ini. Memasukan karakter pada sebuah tulisan adalah seni yang dapat membuat tulisan menjadi hidup dan tantangan tertentu setiap kali menulis.