Spoiler Loki Episode 5: Lika Liku Loki-Loki

Mengupas siapa dalang di balik Time Variance Authority

Hai teman-teman, kalau kemarin ada Luca, kali ini ada Loki sebagai penghibur kamu!

Menuju ke dalam dua episode akhir dari serial Loki, cerita yang disuguhkan semakin menarik dan memunculkan banyak petunjuk serta easter egg yang tidak tanggung-tanggung banyaknya.

Setelah terdapat secercah harapan hidup Loki pasca credit scene yang menampilkan sosok Varian Loki yang lain; Boastful Loki, Alligator Loki, Classic Loki, dan Kid Loki—kini penonton dibuat penasaran dengan berapa banyaknya Varian dari Loki, dan dimana kah sekarang Loki berada.

Dalam episode 5 yang tayang pada hari rabu lalu, selain banyaknya easter egg dari versi komik; kali ini kita diajak menginterogasi Ravonna Renslayer bersama Sylvie Laufeydottir, mengenai kebenaran tentang The Time Keeper dan apa sebenarnya ‘tujuan mulia’ yang ingin dijaga oleh Time Variance Authority.

Bila ternyata The Time Keeper adalah robot android yang dikendalikan, lalu siapakah dalang di balik semua ini?

Apakah episode ini cukup menjawab rasa penasaran tersebut?

The Void and The Alioth

The Void adalah sebuah ruang kehampaan waktu—tempat dimana semua hal dan Varian yang mengalami prune oleh tindakan anggota TVA. Di sana, hampir seluruh Varian ataupun peristiwa yang mengacaukan The Sacred Timeline dihapuskan.

Tindakan pembinasaan itu dilakukan oleh Alioth—gumpalan awan hitam yang membinasakan para Varian yang mengalami prune atau objek lain yang mencoba bermain dengan kesakralan garis waktu. Sebagai contohnya, kejadian sebuah kapal yang tiba-tiba masuk ke dalam The Void, mengambil adaptasi dari peristiwa nyata bernama “The Philadelphia Experiment”.

Selain berbentuk awan hitam, Alioth memiliki sebuah kepala yang mirip dengan anjing iblis seperti dalam versi komiknya.

Dalam The Void, Loki dan Loki-Loki yang lain (halah, Sushi bingung nyebutnya! hahaha.) berusaha bertahan hidup menghindari Alioth. Dan beruntungnya, kebijaksanaan Classic Loki membuat Loki akhirnya mendapatkan penjelasan mengenai asal usul The Void.

Karena di dalam tempat ini, banyak sekali benda dan gedung yang sangat relateable dengan kehidupan di garis waktu utama selama pasca Avengers terbentuk hingga Thanos datang ke Bumi. Benda-benda dan gedung yang menjadi easter egg bagi fans tersebut antara lain:

  • New York Sanctum
  • Statue of Living Tribunal
  • Giant Yellowjacket Helmet
  • Thanos-copter
  • Helicarrier
  • Ronan’s Dark Aster
  • Red Skull’s Getaway Plane
  • Qeng Tower (Avengers Tower yang dibeli oleh perusahaan Qeng)
  • Throg (varian Thor dalam wujud katak)
  • Mjolnir
Baca juga:  Nonton Avengers Infinity War (2018) Sub Indo

Apakah semua benda dan gedung itu nyata? Ya! Tetapi dalam status varian—bukan dari timeline utama. Dari benda-benda tersebut, Sushi menganalisa bahwa perbuatan TVA sudah terjadi sejak beberapa tahun lamanya, hingga menyebabkan ‘kekacauan’ dalam pola pikir mereka sendiri. Dan untuk ‘menghapus’ jejak dari perbuatan mereka, TVA menciptakan Alioth sebagai penjaga ruang kehampaan waktu yang dijaga oleh sosok The Time Keeper yang misterius.

Kamu Loki, Dia Loki, Mereka juga Loki

Menariknya dari episode 5 kali ini, selain bertemu dengan tiga loki pada credit scene episode 4—penonton dimanjakan oleh kehadiran varian Loki lain dari berbagai jenis, yang uniknya dikepalai oleh sosok fenomenal yaitu President Loki.

Walaupun penampilannya (yang juga diperankan oleh Tom Hiddleston) cukup singkat, tetapi kharismanya tidak terkurangi dan memberi sedikit adegan gore dari penampilannya yang kocak. Bagaimana tidak, setelah ia menghina Alligator Loki, President Loki malah kehilangan sebelah tangannya! Hahaha.

Penampilan terbaik dari para varian ini, Sushi secara khusus memberikan penghargaan kepada Classic Loki (Richard E. Grant). Ia nampak sangat berpengalaman dan diluar ekspektasi!

Walaupun pada awal kemunculannya di credit scene sempat menjadi bahan tertawaan netizen, nyatanya, kemampuan dari Classic Loki ini berhasil mematahkan bullying tersebut dan berhasil mengambil spotlight di antara Sylvie dan Loki sendiri.

Kehebatannya dalam menciptakan ilusi Asgard, menunjukkan bahwa Classic Loki memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan kenangan yang sangat kuat sebelum Asgard dalam peristiwa nexusnya dihancurkan. Menurut Sushi, kemampuan Classic Loki ini selaras dengan penggunaan mantra Patronus dalam sihir Harry Potter.

Ketika akhirnya Classic Loki mengorbankan diri, jujur saja Sushi tidak bisa menyembunyikan kesedihan. Tetapi dengan kalimatnya yang mengatakan bahwa ia ‘berhasil mengelabui Thanos’, kenapa Sushi curiga Classic Loki masih hidup ya gaes? Hmmm….

Baca juga:  15 Film Animasi Terbaik Dunia Yang Wajib Ditonton!

Sylvie Vs Ravonna Renslayer

Adegan yang paling ditunggu dari pembukaan film ini, jelas adalah adegan interogasi yang dilakukan Sylvie kepada Ravonna. Pasalnya, kerena Ravonna lah Loki ‘tewas’ dan mengalami prune! Menjengkelkan bukan?

Dalam penginterogasiannya, Ravonna masih terlihat ingin mengelabui Sylvie dan sempat menggunakan peran Miss Minute untuk mengulur waktu, agar para Hunter dapat mengepung Sylvie. Lantaran Sylvie juga adalah The God of Mischief, tentunya dia lebih berpengalaman dalam tipu muslihat dan kalimat jebakan yang dilontarkan lawannya.

Yang menurut Sushi sangat cerdas, ketika akhirnya Sylvie ‘bunuh diri’ dengan cara melakukan prune pada tubuhnya. Hal ini dia lakukan, karena Sylvie juga yakin bahwa ia bisa menyelamatkan Loki dan Mobius yang terjebak dalam The Void.

Apalagi setelah mendengarkan penjelasan soal The Void Spacecraft atau disebut juga prototype penciptaan. Banyak yang mengira, maksud Miss Minute adalah ‘The Void’ tempat Loki dan Mobius terbuang—tempat itu hanyalah jebakan pengulur waktu dari Ravonna. Jadi, tanpa berpikir panjang, Sylvie melakukan prune kepada dirinya sendiri agar ia bisa masuk ke dalam The Void demi mencari jawaban tentang sosok di balik penciptaan TVA.

Welcome Back, Mobius!

Mobius adalah sosok karakter paling bijak dan baik hati, yang berhasil menarik simpati dari penonton. Walau Mobius sempat tidak percaya kepada Loki dan Sylvie, tetapi sikap tulus dan hati nurani Mobius membuatnya menjadi sosok yang sangat kebapakan dan dicintai.

Di akhir kisah nanti, kita semua pasti ingin tahu bagaimana kehidupan Mobius saat kembali ke kehidupan sebenarnya. Ia layak dan pantas mendapatkan itu.

Kasih sayang Mobius kepada Loki amat nampak di episode ini, terlihat ketika Loki akhirnya berpelukan dengan Mobius, membuat perasaan penonton menjadi hangat. Apalagi ketika ia berkata ‘Kamu adalah favoritku’ kepada Sylvie, respek dari penonton sangat besar kepadanya. Kini, tugas Mobius adalah membereskan kekacauan di TVA, dan Loki juga Sylvie menyelesaikan masalah secara gaib.

Sebuah ‘Limbo’ dan Pencipta yang Masih Misterius

Dalam sebuah kesempatan Ravonna mengunjungi Hunter B-15. Sushi sempat mengira ia juga terkena prune saat bertarung membantu Loki dan Sylvie. Ternyata setelah diperlihatkan kondisinya yang ‘dikurung’ dalam sebuah sel hologram, Sushi merasa lega.

Baca juga:  Download dan Nonton Film Parasite (2019) Sub Indonesia

Ravonna bertanya apakah B-15 dipengaruhi oleh Sylvie, dan jawabannya sangat cerdas dan masuk akal. Pasalnya, B-15 pun merasa kehidupannya sudah direnggut oleh TVA. Ia ikut membenci Renslayer karena bersikukuh bahwa The Time Keeper itu nyata, dan tetap pada prinsipnya untuk menjaga kesakralan garis waktu sampai semua jawaban ditemukan.

Masalahnya, apakah jawaban dan hal yang dicari oleh Ravonna, Loki dan Sylvie mengenai penciptaan TVA itu nyata?

Apalagi setelah melawan Alioth, Loki dan Sylvie menemukan sebuah ‘limbo’–semesta kecil di luar realitas asli, mirip seperti dunia ciptaan Magik–yang berisi sebuah kastil misterius. Dalam episode ke 6 nanti, kita sama-sama akan mengetahui, siapa yang menghuni kastil tersebut.

Sushi sendiri berpendapat, bahwa pencipta TVA sebenarnya tidak jauh dari pengaruh dan ulah Loki dan segala kecerdikannya dalam membuat tipu muslihat. Dan semoga semua jawaban itu akan tampil di episode terakhir yang akan tayang hari rabu mendatang.

Penutup

Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, mungkin juga mewakili rasa penasaranmu yang seharusnya bisa terjawab di episode 6 mendatang:

  • Menurut kamu, siapakah dalang di balik semua ini?
  • Apakah TVA benar-benar akan hancur?
  • Bagaimana nasib Sylvie selanjutnya?
  • Siapakah ‘pemeran’ The Time Keeper sebenarnya?
  • Apa maksud dari pernyataan The Time Keeper tentang ‘kamu adalah keturunan kami’ yang diucapkan pada Sylvie?

Semoga kita mendapatkan jawabannya di episode mendatang, yang pastinya akan lebih seru dan menegangkan dari episode 5 kali ini!

Jangan lupa aktifkan notifikasi kamu, agar tidak ketinggalan update dari Vian Everdeen dan sushi.id yang akan membantu menemukan jawaban dari rasa penasaranmu. Sampai bertemu dalam review berikunya!

Review Sushi: Loki Episode 5
5

Kesimpulan

Sushi nggak bisa berkata banyak, tetapi jelas episode ini adalah yang terbaik kedua setelah episode 4. Dan Sushi berikan penghormatan kepada Classic Loki, atas kehebatannya dalam melawan Alioth.

Leave a Reply

Loading…

Written by Vian Everdeen

"In a given space, only the Witch who cast the runes, can use her magic." ~Wanda Maximoff

nonton copa america brazil vs argentin live streaming

Final Copa America 2020: Jelang Laga Brazil vs Argentina

Review Tokyo Revengers (2021): Kisah Perjalanan Waktu Sang Pahlawan Cengeng