Spoiler Loki Episode 6: Terbukanya Gerbang Marvel Cinematic Multiverse

Akhirnya, final episode yang sudah ditunggu oleh penggemar serial Loki telah tiba. Kini, saatnya kita semua mengetahui siapa sosok yang tinggal di dalam sebuah Puri di balik Alioth.

Di sepanjang episode 3 sampai 5 yang tayang seminggu lalu, kita berkali-kali dikecoh oleh wujud asli The Time Keepers. Pada episode 6 kali ini, Sylvie dan Loki berhasil menyatukan sihir mereka dan membuka portal di dalam ‘limbo’, yang ternyata menyembunyikan sebuah Puri misterius.

Hmm … siapa ya yang tinggal di dalam sana?

Apakah sosok itu adalah Varian Loki yang lain?

Atau malah sesosok entitas yang jauh lebih kuat lagi?

Bukan ‘Tribute’, Melainkan Petunjuk

Mari kita mulai analisa melalui adegan pembukaan. Biasanya, ciri khas film dan serial produksi Marvel Studios selalu diiringi oleh musik mereka yang sangat khas. Namun pada episode penutup season 1 ini, tema “Marvel Studios” tidak diiringi oleh musik—melainkan, cuplikan dialog-dialog dan quote yang pernah diucapkan beberapa karakter.

Yang Sushi dengar; ada ‘Wakanda forever!‘ dari intonasi perang Infinity War, musik pengiring dansa Steve Rogers dan Peggy Carter, “glorious purpose” dari Classic Loki, dan masih banyak lagi. Semua menyatu dalam sebuah lingkaran waktu di sekeliling Puri.

Banyak yang mengira, dialog-dialog itu adalah tribute untuk para karakter Marvel—tetapi jika kamu jeli, sadarkah bahwa hal itu adalah petunjuk untuk isi episode 6 ini yang memiliki ending pencabangan garis waktu yang mereset ulang semua peristiwa di atas?

Benteng Akhir Waktu

Sahabat Sushi, siapa yang sejak adegan awal Sylvie dan Loki berdiri di depan Puri sudah tegang dan deg-degan menantikan siapa penghuni bangunan itu? Jujur saja, Sushi deg-degan banget loh! Suasana mencekam dan mistis bercampur jadi satu mengelilingi bangunan itu.

Jangankan Sushi, ternyata Sylvie pun juga sedikit gugup waktu akan menendang pintu. Baru kali ini Sylvie harus bertanya dulu ke Loki tentang apa yang harus ia lakukan. Hal ini membuktikan, bahwa efek psikis yang dialami Sylvie sangat mempengaruhi dirinya walaupun sudah bermodalkan dendam dan luka masa kecil.

Kehadiran Miss Minute yang cukup mengagetkan juga tak kalah pentingnya dalam episode ini. Seminggu lalu, salah satu narasumber Sushi iseng berpendapat mengenai Miss Minute seperti ini:

“Gimana ya jadinya, kalau ternyata akar dari semua ini tuh ulah dari Miss Minute? Dia nampak mencurigakan loh, dan ingat; dia tahu segalanya sampai ke penciptaan Time Variance Authority.”

Sushi tidak meragukan pendapat itu, karena Sushi juga berpikir serupa. Apa yang narasumber sushi katakan cukup masuk akal, bila mengingat Miss Minute termasuk sebuah Artificial Intelligence dan bank data dari penciptaan TVA.

Akhirnya penonton mengetahui, bahwa nama Puri tersebut adalah “Benteng Akhir Waktu”, yang mengindikasikan bahwa tempat itu juga bisa jadi penyebab kemunculan cabang Nexus atau malah kekacauan garis waktu.

Benar saja, setelah Miss Minute kembali ke TVA dan mengabari Ravonna, tingkahnya semakin aneh—Loki dan Sylvie malah menghadapi sosok misterius yang sedari tadi disebutkan oleh Miss Minute, yaitu: He Who Remains.

The He Who Remains

Sosok yang diperankan oleh Jonathan Majors ini sangat misterius, tetapi juga menjadi sebuah jawaban bahwa dalang di balik TVA adalah Kang the Conqueror. Ya! Kali ini teori yang dikemukakan fans benar adanya dan menjadi jawaban atas rasa penasaran penonton mengenai sosok asli The Time Keepers.

Yang mengonfirmasi kebenaran bahwa dia adalah Kang the Conqueror, adalah bentuk patung yang berdiri kantor TVA setelah peristiwa pencabangan garis waktu.

Di sana, seharusnya berdiri tiga sosok The Time Keepers yang legendaris, namun sejak Loki didorong oleh Sylvie kembali ke TVA, patung itu sudah berubah wujud—dan yang lebih mencekam; Mobius dan Hunter B-15 tidak mengenali Loki sama sekali!

Apakah sosok He Who Remains yang menampakkan diri di final episode ini adalah benar Kang the Conqueor? Sushi hanya bisa mengonfirmasi bahwa He Who Remains mungkin adalah Kang, tetapi dalam wujud varian yang lain.

Lalu di mana kah sosok aslinya? Kita akan sama-sama menemukan jawaban itu dalam Loki season ke 2 dan dalam Ant-man and The Wasp: Quantumania, yang sudah terkonfirmasi menampilkan Kang the Conqueror sebagai Villain utamanya.

The ‘Rey Skywalker’ Moment

Dalam episode ini, tak sedikit yang menyalahkan tindakan Sylvie yang dirasa gegabah. Tetapi yang kurang disadari penonton, posisi yang diberikan kepada Sylvie dan Loki sepintas membuat kita déjà vu pada situasi yang juga dihadapi oleh Rey ketika menghadapi Palpat ine di Star Wars: Rise of the Skywalker.

Di sana, Rey dihadapkan pada pilihan yang juga sulit; jika ia tidak membunuh Palpatine, maka rekan-rekannya akan gugur dalam perang. Namun jika ia membunuh Palpatine, maka Palpatine akan mendapatkan tubuh baru sebagai inangnya—karena ternyata, Rey adalah cucu Palpatine.

Begitu juga sengan Sylvie dan Loki; keduanya memiliki visi yang sama, tetapi satu langkah saja mereka salah mengambil keputusan, maka He Who Remains akan terbebas dari tubuh Variannya.

Dalam posisi se-sulit itu Sylvie terpaksa melakukannya, karena jika ia membiarkan He Who Remains hidup—lingkaran garis waktu tetap akan bercabang, karena memang itu yang He Who Remains inginkan.

Akibat dari Peristiwa Lingkaran Waktu

Menurut kamu, apa yang akan terjadi setelah lingkaran waktu ini bercabang; peristiwa nexus? Multiverse? Kekuatan jahat mulai menyeberang ke alam semesta?

Sejak Loki episode 6 ini di rilis, nama Marvel Cinematic Universe telah berganti menjadi Marvel Cinematic Multiverse—yang artinya “selamat datang dalam peristiwa terbukanya semua gerbang dari berbagai semesta.”.

Dan jangan lupa dengan bom alat pereset yang sempat dilakukan oleh Sylvie, cabang-cabang Nexus yang terjadi juga berkemungkinan menimbulkan sebuah peristiwa. Artinya, ada dua ledakan cabang garis waktu yang terjadi selama season pertama serial Loki.

Entah akan ada berapa banyak efek yang ditimbulkan dari peristiwa ini. Sushi menganalisa bahwa pencabangan garis waktu ini akan menimbulkan efek dalam Doctor Strange: in the Multiverse of Madness, Spiderman: No Way Home, dan Ant-man and The Wasp: Quantumania.

Di mana ketiga film itu akan benar-benar menampilkan sisi lain Marvel dalam dunia mistik, dan gambar di bawah ini mungkin akan menjadi kenyataan.

Penutup

Akhir kata, penantian panjang dari ending serial Loki season pertama ini memiliki akhir yang menakjubkan. Terlepas dari bebagai macam tanda tanya yang masih tersirat di benak kita, semua pasti akan menemukan jalannya melalui kisah-kisah dari Marvel Studios berikutnya.

Jangan lupa nyalakan tombol notifikasi, agar kamu tidak ketinggalan update dari Vian Everdeen dan sushi.id . Sampai bertemu dalam serial Loki season ke dua, dan selamat datang di dunia mistik Marvel Cinematic Multiverse!

Rating Sushi: Loki Episode 6
4.7

Analisa

Setelah sampai di puncak season akhirnya terjawab sudah bahwa lawan mereka adalah He Who Remains aka Immortus. Teori yang dilontarkan netizen kali ini tepat adanya, dan Sushi ucapkan selamat untuk kalian!

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Written by Vian Everdeen

"In a given space, only the Witch who cast the runes, can use her magic." ~Wanda Maximoff

nonton film sex/life subtitle indonesia

Nonton Film Sex/Life (2021) Subtitle Indonesia

Review Sindrom ‘Second Lead’: Kamu Pernah Begini Juga?