3 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton The Crowned Clown

Raja Zalim Berdarah Ningrat atau Badut Jalanan Berhati Mulia?

the crowned clown featured

The Crowned Clown – Drakor bergenre saeguk (genre dengan latar sejarah masa lalu) selalu memiliki risiko besar. Drakor genre ini benar-benar diharapkan untuk sukses, karena biaya produksinya sudah pasti memakan biaya tinggi.

Latar zaman dahulu, props dan busana, make-up, pelatih bahasa dan koreografer tarung membutuhkan banyak tenaga dan tentunya modal yang tidak sedikit. Rating tetap menjadi ukuran sukses atau tidaknya sebuah drakor.

Walau naskah dan produksinya sudah bagus, drakor saeguk tetap harus menarik minat penonton secara luas untuk memperoleh rating tinggi. The Crowned Clown adalah salah satu dari drakor saeguk yang sukses dan memperoleh rating sangat tinggi.

Bukan hanya karena produksinya yang rapi dan tidak main-main, tapi drakor ini memiliki naskah yang sangat bagus hasil karya penulis Kim Sun-deok dan Shin Ha-eun. Penceritaannya pun dieksekusi dengan mulus oleh sutradara Kim Hee-won.

Drakor ini juga beruntung mendapatkan jajaran pemain yang berpenampilan sungguh prima dan memiliki chemistry yang kuat satu sama lain. Walau drakor ini sudah selesai masa tayangnya di tahun 2019 silam, tapi kali ini Netflix menayangkannya kembali untuk jangkauan penonton yang lebih global.

Mari kita simak 3 alasan mengapa kamu wajib nonton The Crowned Clown. Tentunya, hanya di sushi.id ya gengs!

Remake Dari Film Masquerade

Di tahun 2012, Masquerade mencetak sukses di box office Korea Selatan sebagai salah satu film Kerajaan Korea terbaik di tahun itu. Film yang dibintangi oleh Lee Byung-hun dan Han Hyo-joo ini menceritakan kisah saat Korea pada masa dinasti Joseon yang bergejolak akibat kepemimpinan Raja Lee Hun yang zalim.

Serial The Crowned Clown adalah versi panjang dan lebih detil daripada Masquerade. Setelah menyingkirkan musuh-musuhnya, termasuk calon penerus takhta yang sah dan juga adiknya sendiri, Raja Lee Hun mulai dihantui rasa bersalah.

Baca juga:  Variety Show Korea Terbaik Bulan Juli 2020, Running Man Tidak Termasuk?

Ia sering kehilangan kewarasan dan menjadi paranoid. TIngkah laku raja yang mencemaskan itu membuat para penasihat kerajaan bersitegang satu sama lain karena ada beberapa kubu yang ingin melakukan kudeta dan sebagian lagi masih setia dengan raja.

Penasihat raja yang paling setia mengusulkan aja untuk beristirahat sejenak, tapi hal itu mustahil dilakukan, karena kursi kepemimpinan tidak bisa dibiarkan kosong. Akan tetapi, jalan keluar yang tidak disangka-sangka tiba di depan mata.

Kepala Sekretaris kerajaan yang tetap memiliki keyakinan pada kekuasaan yang sah bertemu dengan seorang aktor komedi panggung keliling yang wajahnya benar-benar persis dengan raja. Diusulkan bahwa sementara raja beristirahat, si aktor, Ha Sun, akan berpura-pura dan menggantikan raja di istana.

Selain versi filmnya yang sangat sukses, drakornya pun mengalami kesuksesan yang sama. Pertarungan antara baik dan buruk dirangkai dalam berbagai intrik dan pertarungan. Saling tikam dari belakang, fitnah yang bertebaran, dan adu kecerdasan berperan penting dalam mencapai tujuan. Ketulusan, nilai-nilai luhur dan budi baik harus bisa menang melawan rasa iri, dengki dan hasrat mabuk kekuasaan walau hal itu teramat sulit.

Drakor ini cocok untuk penonton yang menyukai drama berlatar sejarah dan sarat politik kerajaan yang dinamis dan sering bikin gregetan.

Drakor Berkualitas dan Romance yang Manis

the crowned clown 1

Latar dinasti Joseon selalu menarik untuk dilihat. Drama Korea The Crowned Clown menampilkan set produksi yang terlihat mahal karena sangat memerhatikan detil-detil khas zaman dinasti Joseon baik dari set kerajaan, taman, busana, dan aksesorisnya.

Selain itu, drakor ini juga memiliki scoring musik yang sangat megah dan melankolis, sesuai dengan emosi yang dibawakan di setiap adegan.

Karena versi serial ini memiliki 16 episode, The Crowned Clown ini memiliki keleluasaan untuk mengembangkan karakter-karakter utama dan karakter-karakter pendukung secara lebih baik.

Konflik-konflik yang diciptakan bisa lebih banyak dan melibatkan lebih banyak karakter. Penceritaannya juga bisa lebih rumit dan detil karena durasi yang lebih panjang.

Baca juga:  5 Drama Korea yang Diperpanjang Karena Terlalu Populer!

Selain itu, drakor ini memiliki sinematografi yang sangat cantik dan palet-palet warna yang lembut melankolis sehingga sangat mendukung kisah cinta yang diselipkan di dalamnya. Chemistry antara Yeo Jin-goo dan aktris cantik Lee Se-young sangat kental dan meyakinkan.

Penonton dibuat tersipu saat sang raja gadungan melihat sang permaisuri. Ia langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Sedangkan sang permaisuri heran dan terpikat dengan ‘suami’nya yang mendadak berubah menjadi sosok yang simpatik dan baik hati.

Tumbuhnya rasa cinta antara mereka berdua terbangun dengan perlahan, lembut, dan manis. Hal ini jelas akan memicu konflik dan bisa menyebabkan rasa was-was penonton yang pasti mengkhawatirkan nasib percintaan mereka jika sang raja asli kembali.

Oh ya, jangan lewatkan cameo dari aktor terkenal Jang Hyuk, yang walau hanya tampil di satu scene episode perdana, tetap saja mencuri perhatian.

Penampilan Dualisme Memukau dari Yeo Jin-goo

the crowned clown 2

Memerankan dua karakter yang sangat bertolak belakang sekaligus bukanlah pekerjaan yang mudah. Akan tetapi, aktor muda Yeo Jin-goo bisa melakukannya dengan sempurna.

Akting Yeo Jin-goo sebagai raja yang zalim setengah gila dan sebagai aktor komedi yang polos namun sangat berbudi lihur sangat dahsyat dan mengunci mata penonton ke layar TV. Adalah pekerjaan yang sulit jika sebuah karakter sudah pernah dibawakan aktor lain dengan sempurna.

Karakter Raja Lee Hun sekaligus aktor komedi Ha Sun pernah dibawakan dengan begitu meyakinkan oleh aktor Lee Byung hun sehingga siapapun aktor yang memerankan karakter-karakter itu lagi pasti akan dibandingkan dengan Lee Byung-hun. Yeo Jin-goo bisa membuktikan jika dirinya juga aktor hebat walau usianya masih sangat muda.

Sedikit trivia tentang Yeo Jin-goo, aktor kelahiran Korea Selatan tanggal 13 Agustus 1997 ini punya julukan unik yaitu “Song Kang-ho versi low budget”. Jelas ini bukan hinaan. Song Kang-ho adalah salah satu aktor legendaris terhebat di Korea Selatan dan sangat populer. Tentu saja honornya tinggi.

Namun, karena Yeo Jin-goo masih terhitung ‘anak baru’, jelas honornya tidak setinggi Song Kang-ho. Jadi, jika mereka memasang Yeo Jin-goo, itu sama dengan mendapatkan kualitas setaraf Song Kang-ho dengan biaya yang lebih ekonomis.

Baca juga:  5 Novel Erotic Romance Terbaik, Selain Fifty Shade of Grey!

Debutnya dimulai di film melodrama Sad Movie di tahun 2005. Setelah itu ia membintangi banyak sekali film dan drakor sebagai pemeran pendukung. Yeo Jin-goo yang tampan dan memiliki senyum yang cemerlang ini juga sering berperan menjadi versi muda dari berbagai karakter utama di banyak film dan drakor.

Ia memerankan karakter versi muda Kim Soo-hyun di drakor Moon Embraces the Sun dan juga versi mudanya aktor Ji Chang-wook di drakor Warrior Baek Dong-soo. Di Moon Embraces the Sun sendiri Yeo Jin-goo memenangkan piala untuk kategori Aktor Cilik Terbaik dalam MBC Awards di tahun 2012.

Namanya semakin meroket di drakor Hwayi: A Monster Boy di tahun 2013 di mana di sini ia memenangkan penghargaan paling bergengsi perfilman Korea The Blue Dragon Awards untuk kategori Aktor Terbaik.

Selain di The Crowned Clown dan judul-judul yang sudah disebutkan di atas, penampilan cemerlang Yeo Jin-goo lainnya bisa dilihat di film The Long Way Home, Warriors of the Dawn (2017) dan di 1987: When The Day Comes (2017). Di sini Yeo Jin-goo muncul sebagai cameo mahasiswa yang tewas dibunuh apparat saat pergolakan politik di Korea Selatan pada tahun 1987.

Selain film, ia juga bermain di drakor populer Hotel Del Luna, mengisi suara kecerdasan artifisial di drakor Start Up, dan Beyond Evil, drakor yang memenangkan kategori serial terbaik Baeksang Arts Awards 2021 kemarin.

Penutup

Nah, bisa dibayangkan kan kerennya drakor ini?

The Crowned Clown bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin tontonan menghibur sekaligus berkualitas sementara kamu di rumah aja berhubung PPKM yang diperpanjang terus. The Crowned Clown sudah tersedia di Netflix atau di situs nonton drama Korea lainnya.

Selamat menonton ya, geng!

Leave a Reply

Loading…

Written by Naila Fauzia

Nonton Film Box Room (2014) Full Movie Gratis

nonton the witch diner

Nonton The Witch Diner (2021) Full Episode Sub Indo