Ulasan Film Okja (2017), Film Karya Bong Joon Ho Sebelum Parasite

film okja

Film Okja. Mungkin minggu ini Sushi terlalu naif kalau membicarakan tentang sutradara yang satu ini. Ya, Bong Joon Ho. Mungkin karena Sushi ikut senang saat ia memenangkan sejumlah penghargaan Oscar pada ajang Academy Awards di Amerika Serikat.

Sebelum ini Sushi membahas film Parasite dan The Host, yang berhasil meraih penghargaan tidak hanya di America Awards namun juga beberapa acara penghargaan lain di dunia.

Kali ini, kami akan membahas film Okja, karya sang sutradara ternama sebelum Parasite melejit pesat.

Sinopsis Okja (2017)

Okja Netflix
Sumber Foto: IMDB

Lagi-lagi, hampir sama seperti film di tahun 2006 karya  Bong Joon Ho sebelumnya “The Host”. Film ini berpusat pada binatang yang bermutasi.

Namun, pada The Host mutasi monster ikan tidak sengaja terjadi karena kecerobohan ahli kimia yang bekerja (bahkan bukan berasal dari Korea Selatan), dalam Okja mutasi ini sengaja dilakukan untuk mendapatkan  jenis “Babi Special” paling baik yang disebar di berbagai penjuru dunia.

Projek mutasi ini dilakukan oleh Lucy yang diperankan oleh Tilda Swinton (The Chronicles of Narnia, Moonrise Kingdom) di bawah perusahaan Perusahaan Mirando.

Sepuluh tahun kemudian ditemukan jenis babi paling bagus baik dari gen atau lainnya, kita pun tidak pernah tahu. Okja namanya.

Baca juga:  Nonton Film Knowing (2009) Sub Indo, Streaming Full Movie

Okja ini merupakan babi yang ditemukan oleh peternak tua dan kemudian cucunya, Mija mengambil alih untuk mengurus Okja sendirian karena rasa sayang Mija pada Okja.

Namun kemudian ia perwakilan Mirando dan ahli hewan, Dr. Johnny Wilcoxx mengatakan akan membeli Okja karena Okja merupakan produk perusahaan tempat ia bekerja.

Kakek Mija menjanjikan Mija akan menggantikan dengan sesuatu yang jauh tidah kalah dari Okja, namun tentu saja Mija tidak mau. Ia sudah terlanjur sayang dengan binatang peliharaannya itu.

Situasi menjadi semakin kacau ketika Okja sedang dalam proses dipindahkan menuju New York dari Korea Selatan menggunakan truk besar (karena beratnya mencapai Ton bukan Kilogram), mereka malah dicegat oleh Dewan Pembebasan Hewan.

Menyebabkan Mija dan Okja bisa kabur dari Dr. Johnny Wilcox dan Dewan Pembebasan Hewan. Lalu drama petualangan kejar-kejaran pun di mulai.

Oke kita mulai aja beberapa fakta menarik tentang film ini yah? Hehe

Fakta Menarik Okja (2017)

Fakta menarik film okja
Sumber Foto: IMDB

1. Box Office hingga 2 juta dolar AS

Seru deh! Nggak boong. Hehehe. NETFLIX sendiri akhirnya membeli hasil karya Bong Joon Ho ini dan sudah bisa ditonton melalui aplikasi NETFLIX Premium mulai 28 Juni 2017 lalu.

Dengan biaya produksi 50 Juta Dollar Amerika, film ini mendapatkan untung di minggu pemutaran pertama filmnya hingga 2 Juta Dollar Amerika. Wow, keren banget Bong Joon Ho!

2. Film ini bertaburan aktor dan aktris kece Hollywood dan Korea Selatan

Kalau kamu pecinta film, pasti kamu sudah kenal dengan Tilda Swinton (ia memerankan direktur Mirando), Jake Gyllenhaal (ia memerankan Dr. Johnny Wilcox), Lily Collins (ia memerankan aktivis hak asasi binatang dari Dewan Pembebasan Hewan).

Baca juga:  Nonton The King Eternal Monarch Episode 15 Sub Indo

Lalu dari Korea Selatan ada Ahn Seo-Hyun (ini pemeran utama kita, sang gadis pemilik yang merawat dan membesarkan Okja sendirian, pahlawan film ini lah), lalu ada Steven Yeun (anggota aktivis hak asasi binatang dari Dewan Pembebasan Hewan yang bekerja sebagai translator bagi  pihak Mija dan pihak Mirando).

Byun Hee-Bong (ia berperan sebagai kakek dari Mija). Jadi tentu saja ini menarik. Film yang berperang bukan hanya dalam ideologi, namun juga dalam tata bahasa.

3. Film ini dikecam oleh masyarakat Perancis

Pasalnya, masyarakat Perancis baru bisa menikmati film ini di NETFLIX tiga tahun setelah tahun ini tayang di pasaran dunia dan NETFLIX. Betapa masyarakat perancis yang mana tidak dimasukkan sama sekali dalam film, ini malah mendambakan dan ingin sekali menonton film ini. Kasihan yah.

4. Bong Joon Hoo juga masuk dalam Cannes Film Festival atau Festival Film Perancis.

Mungkin ini yang menjadi alasan masyarakat Perancis menggila ketika tahu mereka bisa menonton film ini di NETFLIX tiga tahun setelah film ini tayang. Tidak hanya itu, Bong Joon Ho pun mendapat nominasi sekaligus memenangkannya, Palme D’Or, penghargaan tertinggi dalam festival ini. Dan ya, Cannes Film Festival merupakan festival film terbaik di dunia  bagi para penikmat, pecinta, pembuat, ataupun kritikus film.

5. Bong mempunyai lawan yang tidak main-main dalam Cannes Film Festival

Ya, Bong memiliki lawan yang sama sakitnya dan tidak masuk akalnya dalam festival ini. Ia adalah Pedro Almodovar, sutradara dunia ternama yang berasal dari Spanyol. Film-film nya dinilai gila oleh para penikmat film. Bahkan dalam film yang kebanyakan berbahasa Spanyol, ia berhasil menggaet penikmat film dunia. Nanti akan sushi bahas ya? Mau gak? Berikan komentar di kolom komentar yah!

Baca juga:  Tempat Liburan Favorit Artis Korea Yang Wajib Kamu Kunjungi

6. RottenTomatoes memberikan nilai tinggi untuk film karya Bong Joon Ho ini.

Ingat situs ini kan? Yah! RottenTomatoes memberikan rating sebanyak 87% dari total review 217, dan memiliki nilai rata-rata film 7.4/10. Bagus banget nggak sih? Mengingat yang memberikan review di situs ini bukan hanya dari penikmat film saja.

Nah, penulis rasa udh cukup faktanya. Sudah cukup penasaran belum? Kalau sudah, silahkan ditonton jika kamu berlangganan NETFLIX secara premium yah!

Penutup

Akhir kata, Sushi mengucapkan minal aidhin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin! Selamat berpuasa, dan selamat menonton yah!

Written by Jonas Gogh

sticks and stones may break my bones, yes they will.

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
nonton Hi Bye Mama subtitle indonesia

Nonton Hi Bye Mama (2020) Full Episode Subtitle Indonesia

nonton girlfriend 2020 chinese drama sub indo

Nonton Girlfriend (2020) Chinese Drama Subtitle Indonesia