Ulasan Film Parasite (2019), Film Pemenang Academy Awards 2020

Bong Joon Ho, sutradara Korea Selatan ini sudah lama menjalani karirnya menjadi sutradara. Sebelum menggarap film Parasite, ia sudah membuat lebih dari 10 film di negara asalnya.

Film Parasite tayang perdana pada 2019 dan setahun kemudian film ini berhasil meraih piala bergengsi dalam industri perfilman dunia, Academy Awards atau Oscar untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Asli Terbaik, dan Film Internasional Terbaik.

Tak hanya Oscar, Bong juga mendapatkan beberapa penghargaan di acara bergengsi lainnya seperti mendapatkan penghargaan Palme d’Or di Cannes Film Festival (penghargaan tertinggi di festival film Perancis).

Kemenangan Bong sendiri tak hanya dirayakan oleh dirinya, kru film, atau Korea Selatan sendiri, namun seluruh dunia turut bersorak merayakan ketika dirinya menerima penghargaan bahkan sapu bersih.

Kok bisa, sih, Film Parasite sapu bersih penghargaan?

film parasite

 

Baiklah kita bedah yah. Film ini mengangkat isu kelas sosial. Ya. Ada kelas atas dan kelas bawah.

Film dimulai dengan keluarga Kim yang memulai cerita ini dan menjadi cerita inti. Keluarga Kim adalah keluarga pengangguran dan tak punya harapan sama sekali.

Ayah sebagai kepala keluarga pun tidak ada kemampuan sama sekali selain kemampuannya menyetir mobil. Ia bahkan membiarkan fogging nyamuk demam berdarah masuk ke rumahnya yang lebih rendah dari jalanan karena gratis.

Dan seluruh anggota keluarganya menerima begitu saja. Sungguh, ayah yang tidak bertanggung jawab. Istri dari tuan Kim pun hanya bekerja sebagai pembuat bungkus karton pizza.

Pada awal film kita diperlihatkan keadaan kehidupan keluarga Kim yang sungguh menyedihkan. Lalu kemudian anak dari tuan Kim, Ki-Woo ditawari oleh temannya untuk menggantikannya sebagai guru privat Bahasa Inggris Park Da-Hye dari keluarga Park, karena temannya tersebut ingin melanjutkan kuliah di luar negeri.

Baca juga:  8 Fakta Menarik Liu YiFei, Pemeran Utama Film Mulan!

Awalnya Ki-Woo menolak, tapi kemudian ia menerimanya. Ia tidak tahu seperti apa keluarga Park ini.

Ia kemudian datang di hari pertama dan terkesima dengan seberapa kaya keluarga Park ini. Memang tajir banget sih. Penulis saja bengong dan ingin punya rumah semegah itu. Kim kemudian disambut oleh asisten rumah tangga Park.

Ia pun langsung dipertemukan dengan Istri tuan Park, Nyonya Choi-Yeon Gyo, ibu dari Park Da-Hye yang nantinya akan menjadi murid privat dari Ki-Woo. Nyonya Yeon Gyo adalah orang yang cukup naif.

Saking sayangnya dengan semuua anggota keluarganya, setiap ada momen-momen yang kurang cukup penting (menurut penulis) ia memikirkannya terlalu dalam. Ia pun mulai sesi mengajar dan akhirnya bertemu langsung dengan Park Da-Hye. Ia kemudian mengakhiri sesi mengajar dengan ditutup oleh Nyonya Yeon Gyo yang juga ingin mencari guru seni.

Disini lah intrik cerita semakin pelik. Ia bilang ia ingat seseorang lulusan kampus seni di Illinois, Chicago, Amerika Serikat. Yang ternyata adalah adik perempuannya sendiri Kim Ki-Jeong.

Beberapa hari kemudian ia membawa adik perempuannya, Kim Ki-Jeong untuk bertemu dengan Nyonya Yeon Gyo. Dan dengan kemampuan akting di dalam film, ia bisa langsung diterima oleh Nyonya Yeon Gyo.

Bahkan ia tidak hanya menjadi guru les privat seni dari anak Bungsu keluarga Park, Park Da-Soong. Ia juga memberikan terapi seni karena menurutnya Da-Song memiliki gangguan jiwa Skizoprenia.

Kemudian tidak lama, Ki-Jeong melancarkan salah satu serangan berikutnya dengan membuat supir keluarga Park dipecat. Bukan main rencananya.

Ia kemudian merekomendasikan ayahnya, Tuan Kim untuk menjadi supir pengganti. Tidak lama kemudian istri Tuan Kim pun bergabung menggantikan asisten rumah tangga Park, Park Chung-Suk. Benar-benar licik keluarga ini.

Baca juga:  Nonton Drama My Love from The Star (2013) Sub Indo

Naskah di Luar Nalar

film parasite

Film ini pantas mendapatkan penghargaan film di acara Academy Awards karena naskah yang dibikin oleh Bong sungguh diluar nalar. Dan Sushi tidak kasih spoiler kamu sepenuhnya lho! Akan ada alur cerita yang tidak disangka-sangka terjadi.

 

Tapi, nggak seru dong kalo di spoilerin sebanyak itu. Lebih baik kamu nonton film Parasite saja.

Bong melakukan sapu bersih penghargaan bertepatan dengan pandemik Corona yang menyebar di negara tetangga dirinya, Tiongkok.

Dalam hitungan bulan, negara asalnya Korea Selatan menjadi peringkat kedua terbesar di dunia pasien yang positif akan pandemi ini.

Namun Bong Joon Ho mengatakan di wawancara media Korea Selatan, ia akan mulai sering mencuci tangan dan memerangi virus ini.

Nah! Bong Joon Ho aja bisa tetap semangat berkarya di tengah virus yang sedang melanda dunia, masa kamu nggak?

Kamu sudah melakukan langkah apa untuk mencegah tertular virus Corona ini? Bagikan di kolom komentar di bawah, ya.

 

Written by Jonas Gogh

sticks and stones may break my bones, yes they will.

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
baca komik one piece

Situs Baca Komik One Piece Terlengkap Bahasa Indonesia

nonton itaewon class sub indonesia

Nonton Itaewon Class Full Episode (2020) Sub Indonesia