Urutan Film Doctor Strange yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Nonton Multiverse of Madness

Buat para pecinta Marvel, tentu sudah tidak asing lagi dengan deretan superhero seperti Captain Amerika, Spiderman, Hulk, Iron Man, hingga Doctor Strange yang ada dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Film-film Marvel mampu membuat penontonnya terpukau dengan cerita yang seru, aksi-aksi keren dan tentu saja, karakter superhero yang ikonik.

Setiap  film MCU pasti sukses menyedot perhatian para penggemarnya. Tak ketinggalan juga film terbaru MCU yakni Doctor Strange in The Multiverse of Madness yang tayang beberapa waktu yang lalu. Doctor Strange sendiri merupakan sosok dokter ahli yang kemudian menjadi seorang penyihir terkuat dalam aksi penyelamatan bumi.

Film Doctor Strange in Multiverse of Madness ini merupakan film layar lebar pembuka MCU Fase 4 dan merupakan film terbesar Marvel di tahun ini. Doctor Strange sendiri telah muncul di beberapa film dan serial Marvel lainnya yang saling terhubung.

Untuk lebih memahami film Doctor Strange in The Multiverse of Madness dengan baik, kamu disarankan untuk menonton beberapa film yang telah tayang sebelumnya. Apalagi film terbarunya ini fokus membahas kehidupan Stephen Strange dan Scarlet Witch.

Buat kamu para pecinta Marvel Studio yang sudah tidak asing lagi dengan film-film MCU, tidak ada salahnya untuk menonton kembali film-film yang berhubungan dengan Doctor Strange agar ingatanmu kembali fresh ketika menonton film terbarunya ini.

Untuk itu, Sushi.id akan membahas urutan film yang wajib kamu tonton sebelum nonton film Doctor Strange in The Multiverse of Madness. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Doctor Strange

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Adventure, Fantasi
  • Sutradara: Scott Derrickson
  • Pemeran: Benedict Cumberbatch, Chiwetel Ejiofor, Rachel McAdams, Benedict Wong, Michael Stuhlbarg, Benjamin Bratt, Scott Adkins, Mads Mikkelsen, Tilda Swinton
  • Perusahaan Produksi: Marvel Studios

Doctor Strange debut solo untuk pertama kalinya pada tahun 2016 di Film Doctor Strange. Film ini menceritakan tentang seorang dokter ahli bedah syaraf yang sangat sombong bernama Stephen Strange (Benedict Cumberbatch). Hidupnya mendadak berubah drastis setelah kemampuan tangannya menjadi terbatas akibat kecelakaan.

Strange kemudian bertekad untuk memulihkan kembali lengannya. Usahanya tersebut mempertemukan sang doktor bedah dengan seornag penyihir bernama The Ancient One (Tilda Swinton), yang kemudian mengangkat Strange menjadi murid, dengan tujuan menjadikan ia sebagai pelindung alam manusia. Kali ini Strange harus mengesampingkan egonya, dan menggunakan segala kemampuannya untuk mnenjadi perantara antara dimensi manusia dan dimensi lain.

Baca juga:  Review Pengabdi Setan 2 Communion

Dalam film ini juga diceritakan awal kisah cinta Strange dengan Dr. Christine Palmer (Rachel McAdams). Film ini wajib banget kamu tonton terlebih dahulu sebab pada trailer Multivers of Madness, ditampilkan gaun pengantin. Namun siapakah sang pengantin pria? Kuy lah, nonton Doctor Strange 2016!

Inhuman

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Adventure, Sci-fi, Drama
  • Kreator: Scott Buck
  • Pemeran: Anson Mount, Serinda Swan, Ken Leung
  • Perusahaan Produksi: ABC Studios, Marvel Television, Devilina Productions

Inhumans adalah serial televisi Amerika yang diproduksi oleh stasiun televisi ABC berdasarkan Komik Marvel dengan judul yang sama. Serial ini termasuk dalam alur Marvel Cinematic Universe (MCU) di mana seri ini berbagi alur cerita dengan film-film dan serial televisi Marvel.

Meskipun tak seterkenal yang lain, Inhuman termasuk film yang perlu kamu tonton sebelum menonton Doctor Strange 2. Pasalnya, serial ini berpusat pada Black Bolt, yang diperankan oleh Anson Mount. Sedikit spoiler, Black Bolt akan muncul dalam film Multiverse of Madness. Munculnya BlackBolt pun disebut menjadi pembuka bagi serial ini untuk masuk ke dalam realitas dunia MCU.

Avengers: Infinity War

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Action, Adventure, Sci-fi
  • Sutradara: Anthony Russo, Joe Russo
  • Pemeran: Robert Downey Jr., Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Chris Evans, Scarlett Johansson, Benedict Cumberbatch
  • Perusahaan Produksi: Marvel Studios

Setelah memperoleh Batu kekuatan, salah satu dari enam Batu Infinity, dari planet Xandar, Thanos dan para letnannya yakni Ebony Maw, Cull Obsidian, Proxima Midnight, dan Corvus Glaive, mencegat pesawat ruang angkasa yang membawa korban selamat dari kehancuran Asgard.

Ketika mereka mengekstraksi Space stone dari Tesseract, Thanos menaklukkan Thor, mengalahkan Hulk, dan membunuh Loki. Pada debut “Avengers”, Dr. Strange juga diculik oleh Ebony Maw yang mengejar Time Stone. Ia kemudian diselamatkan oleh Tony Stark dan Peter Parker.

Keduanya menjadi bukti betapa kuatnya dia saat melawan Thanos. Pasalnya Avengers hanya memiliki satu Infinity Stone dibandingkan dengan Thanos yang punya empat. Selain penting untuk memahami film Doctor Strange selanjutnya, film ini juga memainkan peran penting dalam membangun latar belakang tokoh Wanda, yang juga masih akan berlanjut ke “Multiverse of Madness.”

Baca juga:  Nonton Extraction (2020) Sub Indonesia, Full Movie HD

Buat menyegarkan ingatanmu, yuk, nonton Avengers: Infinity War!

WandaVision

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Comedy, Drama
  • Sutradara: Matt Shakman
  • Pemeran: Elizabeth Olsen, Paul Bettany, Debra Jo Rupp, Fred Melamed, athryn Hahn, Teyonah Parris, Randall Park, Kat Dennings, Evan Peters
  • Perusahaan Produksi: Marvel Studios

Berlatar setelah peristiwa Avengers: Endgame (2019), Wanda Maximoff dan Vision mulai curiga bahwa hal-hal tidak seperti yang terlihat ketika keduanya menjalani kehidupan pinggiran kota yang ideal. Serial drama dengan 9 episode ini memberi detail plot penting yang mengatur peristiwa “Multiverse of Madness.”

Seri ini menggambarkan bagaimana kesedihan Wanda atas kematian Vision dan putra kembarnya yang ia ciptakan secara ajaib. Rasa kehilangannya membawa ia ke kota kecil Westview di New Jersey dan menerima identitasnya sebagai penyihir merah.

Ia kemudian mempelajari Darkhold, sebuah buku mantra yang memungkinkan dia untuk bersatu kembali dengan keluarganya yang sekarang tidak ada. Dalam “Multiverse of Madness,” Wanda yang putus asa masih berjuang untuk memproses kematian Vision asli di “Avengers: Infinity War,” serta upayanya untuk melarikan diri dari fantasi yang dia ciptakan di “WandaVision.”

Nonton WandaVision season 1 di Hotstar!

What If…?

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action-adventure, Anthology, Science fiction, Superhero
  • Sutradara: Bryan Andrews
  • Pemeran: Jeffrey Wright, Chadwick Boseman, Tom Hiddleston, Karen Gillan, Jeremy Renner, Hayley Atwell, Sebastian Stan
  • Perusahaan Produksi: Marvel Studios

Urutan film yang wajib kamu tonton sebelum film Doctor Strange 2 selanjurnya adalah What If… yang rilis pada tahun 2021 lalu. Serial antologi dengan 9 episode ini menjadi serial yang lebih disarankan untuk kamu tonton dibandingkan Loki. Hal ini karena cerita Loki pada dasarnya telah diatur di luar garis waktu film Doctor Strange 2.

Dalam serial What If, beberapa konteks penting yang dapat menunjang pemahaman ketika menonton Doctor Strange, dapat mulai ditemukan sejak episode 4. Dalam episode tersebut diceritakan tentang Strange Supreme yakni varian yang dibuat setelah Strange kehilangan pacarnya, Christine, dalam kecelakaan mobil dan termakan oleh ilmu hitam.

Dalam trailernya, tampak seolah-olah carian Strange Supreme akanemnjadi antagonis utama dalam Multiverse of Madness. Selain itu, varian Doctor Strange yang ada di film juga sudah digambarkan lebih dulu di serial animasi ini, pada episode 4, 8, dan 9.

Baca juga:  7 Film Italia Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Spider-Man: No Way Home

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Adventure, Superhero
  • Sutradara: Jon Watts
  • Pemeran: Tom Holland, Zendaya, Benedict Cumberbatch, Jacob Batalon, Jon Favreau
  • Produksi: Columbia Pictures, Marvel Studios, Pascal Pictures

Saat terakhir kita melihat Dr. Strange, dia baru saja membuat semua orang melupakan keberadaan Peter Parker untuk menghentikan ledakan multiverse.

Ini diperlukan karena mantra gagal yang dibuat Dr. Strange yang dirancang untuk membuat semua orang lupa bahwa Peter adalah Spider-Man, yang akhirnya hanya menarik Spider-Man dan penjahat dari alam semesta MCU alternatif ke dalam yang sama.

Pada akhir “Spider-Man: No Way Home,” mantra itu tampaknya berhasil, tetapi masih harus dilihat apakah atau bagaimana konsekuensi dari tindakan Dr. Strange akan berperan dalam “Multiverse of Madness.

X-Men Trilogy

  • Tahun Rilis: 2000 – 2006
  • Genre: Action, Adventure, Superhero
  • Sutradara: Bryan Singer, Brett Ratner
  • Pemeran: Patrick Stewart, Hugh Jackman, Ian McKellen
  • Produksi: Marvel Entertainment, The Donners’ Company, Bad Hat Harry Productions, Dune Entertainment, Ingenious Media, Kinberg Genre, TSG Entertainment

Meskipun tidak menyinggung terlalu jauh mengenai Doctor Strange, film  Original X-men Trilogy yang rilis pada tahun 2000-2006 ini juga menjadi poin penting dalam Multiverse of Madness, lho! Pasalnya, dalam Doctor Strange 2, diperlihatkan adanya kelompok iluminati yang dibuat oleh Stephen Strange sebelum dirinya hilang. Karakter X-Men disebut akan mulai dimasukkan ke dalam MCU, setelah film Doctor Strange In The Multiverse of Madness.

Penutup

Nah, itu tadi urutan beberapa film dan serial yang wajib kamu tonton sebelum menonton film Doctor Strange 2. Sebetulnya ada lebih banyak lagi film-film Marvel yang bisa kamu tonton agar pemahamanmu tentang Multiverse of Madness menjadi lebih utuh.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa menyaksikan film Captain Amerika, Iron Man, The Avengers, Black Panther, Ant-man, The Eternals, Sang Chi, dll. juga untuk menambah informasi.

Selain itu, jangan lupa untuk like dan bagikan artikel ini, ya! Sampai jumpa di update selanjutnya. Selamat menonton!

 

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Fitri Wahyuningsih

Fitri si naturalis. Punya pondok kayu sederhana di pegunungan dan menghabiskan masa tua dengan bercocok tanam adalah mimpinya.

fakta kkn desa penari

Beberapa Fakta Lokasi Syutting KKN Desa Penari

Nonton Film Kopi Pahit

Link Nonton Film Kopi Pahit (2022) Full Movie