Wandavision Episode 8: Ritual Sang Penyihir

“Aku seperti diterjang ombak yang besar … lagi, lagi dan lagi. Saat aku mulai berdiri, ombak itu datang kembali ….” ~Wanda Maximoff.

Aku yakin dan percaya, kita semua pernah berada di posisi Wanda. Menghadapi realita dunia, yang menahan kita untuk mengungkapkan rasa.

Saat mencoba untuk bangkit, selalu ada penghalang yang membuat kita jauh dari kata ‘harapan’; entah kita dijatuhkan oleh keadaan, atau dijatuhkan oleh manusia-manusia yang sulit melihat kita tenang dan bahagia.

Denial yang menjadi depresi

Wanda melihat tubuh Vision dibongkar

Di episode 7, Wanda telah mencurahkan semua kesadarannya lewat energi, yang kemudian memperluas dinding membran hex. Ia bangun dalam keadaan depresi; malas beranjak dari tempat tidur, ucapan yang tidak terkontrol, juga perasaan hampa dan tak diinginkan.

Setelah kejadian malam itu, Tommy dan Billy tidak sengaja menjadi korban masa depresif Wanda, hingga ia menitipkan keduanya pada Agnes; yang ternyata memiliki maksud lain dalam membantu Wanda.

Kehidupan Wanda kembali terlibat dalam sebuah masalah besar, di tengah duka dan trauma yang masih menaunginya. Kali ini, ia berhadapan dengan sosok yang tega mengorek masa lalunya, demi memuaskan hasrat keserakahan akan keabadian.

Agatha Harkness dari Salem

Salem Witch Trials

Berawal dari keingintahuannya dalam mempelajari sihir baru, Agatha mencoba praktik sihir terlarang yang membuat Evanora Harkness, ibunya, kecewa dan menghukumnya dengan adat istiadat Salem. Adegan pengeksekusian Agatha sendiri, diadaptasi dari kejadian nyata Salem Witch Trials tahun 1692-1693, di lokasi yang sama: Massachusetts.

Baca juga:  Anti Mainstream! Selain Genre K-pop, Wajib Tahu Genre K-HipHop Lewat Channel Youtube Ini

Hukuman yang dilakukan oleh Witch Coven yang menangkap Agatha adalah ritual pembersihan/hukuman bagi penyihir yang berani mencoba sihir terlarang, ilmu hitam, dan keabadian. Di WandaVision, adalah contoh hukuman bila dilakukan oleh sesama penyihir dan dalam kasus ini, Agatha kedapatan menyerap energi dari dimensi kegelapan.

Belati Bodkin

Sebaliknya, jika pemeriksaan dilakukan oleh pihak berwajib atau pihak gereja, biasanya menggunakan garam kasar, air suci dan juga belati bodkin.
Penusukan dengan belati bodkin perlu dilakukan, karena setiap penyihir memiliki tanda sihir di bagian tubuh tertentu (untuk jenis penyihir ritual).

Pendeta dan Witch Coven

Evanora Harkness

Panggilan ‘Ibu’ yang diucapkan Agatha kepada Evanora memiliki dua makna. Bisa jadi panggilan itu ia ucapkan kepada Imam Penyihir, yang biasanya lebih akrab disebut High Priestess yang menaungi kelompok mereka, itu lah mengapa Evanora memiliki crown pada energi klimaksnya.

Namun bisa jadi, panggilan tersebut sekaligus memohon ampun kepada Evanora Harkness yang adalah ibu kandung Agatha –sejalan ekspresi Agatha yang sebegitu terluka, dikhianati ibunya yang ternyata tidak percaya kalau ia bisa menjadi sosok yang baik dan membantu sesama.
Sekali lagi, dendam terkadang menciptakan musuh kita sendiri di masa mendatang.

Klasifikasi Penyihir

Sinar sihir yang dipancarkan olen Agatha, Evanora, Loki, Wanda dan Doctor Strange bisa berbeda warna, karena berasal dari pancaran aura dari si penyihir sendiri. Namun bisa juga berasal dari Ratu si penyihir tersebut (sebagai contoh, ada pada anggota Witch Coven Evanora) atau asal sumber kekuatan penyihir.

Dalam wawasan okultisme dan pagan yang aku pelajari, penyihir dibedakan dalam beberapa klasifikasi:

  • Penyihir Ritual (Witch untuk wanita dan Wizard untuk pria)

Muriel

Seperti Muriel (Hansel and Gretel), Ravena (Snow White’s Queen), Enchantress (DC), Agatha Harkness dan Harry Potter, yang menggunakan mantra tertentu berbahasa Latin atau Yunani dalam praktik sihir mereka. Juga menggunakan rune dan diagram sihir untuk mengunci gerakan dan kekuatan targetnya.

  • Penyihir Agung (Sage)

Gandald the White

Seperti Ancient One, Gandalf the White, Dumbledore, Merlin dan Doctor Strange. Penyihir Agung adalah tingkatan paling tinggi dalam ilmu sihir, biasanya mampu menaklukan lawan hanya dengan jentikan jari tanpa harus merapal mantra atau membuat ramuan tertentu.

  • Penyihir Spiritual (indigo)

The Soul of Scarlet Witch

Wanda Maximoff masuk dalam kategori Penyihir Spiritual untuk mempermudah klasifikasi, karena ciri-ciri kemampuannya mirip dengan penyihir indigo yang sudah memiliki bakat sihir sejak lahir atau memiliki kemampuannya berdasarkan spirit yang menaungi si penyihir. Contoh lain ada pada Rose the Hat – Abra – Danny (The Shinning, Doctor Sleep), Raven (DC), David Stutler (Sorcerer Aprentice), Ana (Season of The Witch), Gretel (Hansel and Gretel).

Baca juga:  10 Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Terbaik

Korban Sandera Penyihir

Tali sihir yang digunakan oleh Agatha, sama seperti yang juga digunakan Doctor Strange saat melawan Thanos di planet Titan. Tali aura tersebut bukanlah tali sembarangan, karena energi tersebut miliki kemampuan setara dengan Lasso of Hestia; semakin mencoba ingin lepas, maka semakin panas atau membentuk duri di kulit si korban.

Itu lah sebabnya, mengapa Tommy dan Billy tidak mudah melepaskan ikatan Agatha walau penonton berpikir terlihat sangat mudah (hanya tinggal mundur sedikit saja).

Tujuan Agatha dan Aura Seorang Penyihir di Westview

Setiap penyihir, dari golongan apapun, pasti peka terhadap membran dan energi penyihir lain di sekitar mereka; selama mereka masih berpijak pada bumi yang sama.

Agatha tidak menyerang Doctor Strange dan langsung menuju Wanda, karena bagian dari ledakan aura sihir Wanda menyampaikan isi hati penyihirnya. Jadi, dengan kondisi Wanda yang penuh trauma dan kesedihan, akhirnya Agatha memanfaatkan keadaan tersebut untuk berpura-pura peduli pada Wanda.

Tujuan Agatha mengorek semua itu adalah untuk menambah kemampuannya yang sudah diperkuat oleh kekuatan dimensi kegelapan. Selain itu, dengan menyerap energi dari penyihir lain, Agatha akan memperoleh kekebalan, keabadian, serta adaptasi kekuatan sesuai dengan kemampuan penyihir yang menjadi inangnya.

Semoga versi wawasanku ini cukup mencerahkan pembaca walau terlepas dari dasar-dasar komik MCU. 😉

Buat kamu yang ingin nonton Wandavision season 1 langsung saja akses Disney Plus HotStar atau situs nonton film online gratis yang pada artikel sebelumnya telah Sushi.id rekomendasikan.

Written by Vian Everdeen

Nonton Melting Me Softly (2019) Sub Indonesia Full Episode

baca komik manga boruto bahasa indonesia

Baca Komik Boruto Bahasa Indonesia