10 Drama Korea Terbaik Tentang Kesehatan Mental

10 Drama Korea Terbaik Tentang Kesehatan Mental

Tinggal di jaman serba cepat dan kekinian tetap ada kurangnya. Kita dituntut selalu ‘lebih’. Alhasil, kesehatan mental jadi topik yang berkembang di kalangan anak muda jaman sekarang. Korea juga tidak ketinggalan, bahkan dijadikan sebagai tema dalam karya mereka. Penasaran? Ini dia 10 Drama Korea Terbaik Tentang Kesehatan Mental, versi Sushi.Id!

Kesehatan mental lagi booming dibicarakan dan dikampanyekan dimana-mana.

Maklum kita hidup di jaman serba modern, dengan tekanan sosial yang tinggi. Sehingga generasi anak muda cenderung lebih rentan depresi, mengalami gangguan kecemasan dan bentuk kelainan jiwa lainnya.

Termasuk di Korea Selatan, tema ini pun marak di bicarakan baik secara publik terbuka maupun melalui dunia maya.

Sebagai negara dengan standar pendidikan yang tinggi, tingkat stres pada remaja pun tidak kalah tingginya.

Bahkan yang sudah kerjapun di tuntut untuk selalu berkontribusi lebih. Baik dalam karir, kehidupan sosial, dalam keluarga, ataupun kontribusinya bagi Negara.

Ditambah lagi dengan budaya 빠리빠리 (ppali ppali), atau budaya cepat-cepat yang jadi budaya kuat di Korea sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

Alhasil, banyak yang ‘sakit’ di Korea. Mulai dari trauma masa kecil, tekanan sosial, ataupun karena lelah mental.

Tapi, bukan berarti tema yang satu ini tidak ada relevansinya dengan kita di Indonesia. Kita pun turut merasakan hal yang sama dengan anak muda di Korea.

Nah, buat kamu yang penasaran apa aja sih drama Korea terbaik tentang kesehatan mental. Silahkan cek dibawah ini ya!

10 Drama Korea Terbaik Tentang Kesehatan Mental

Setelah digitalisasi masuk di Indonesia, kita jadi semakin mengerti pentingnya menjaga kesehatan mental.

Tingkat stress, iri karena yang lain terlihat selalu lebih oke, belum lagi karena beban sosial. Bikin kepala mumet!

Tidak heran tema-tema seperti ini diangkat oleh produser dan sutradara asal negeri Ginseng untuk dijadikan tema dalam karya olahan mereka.

Tidak tanggung-tanggung, semua hasil karya besutannya bagus-bagus banget! Jalan cerita bikin kita kerasan nonton, pemerannya, OST, gaya baju, bahkan sampai lokasi shooting-nya.

Dari pada berlama-lama lagi, langsung aja yuk cek list 10 Drama Korea Terbaik Tentang Kesehatan Mental dibawah ini. Semoga tayangan favoritmu masuk dalam list ini ya!

It’s Okay To Not Be Okay (2020)

Siapa yang tidak kenal dengan drama yang satu ini? Dari awal kemunculannya, It’s Okay To Not Be Okay sudah disebut-sebut sebagai salah satu drama terpopuler di tahun 2020.

Menggabungkan 2 TOP visual Korea Selatan, Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji. Alhasil, publik sudah dibikin klepek-klepek hanya dari poster teaser-nya saja.

Baca juga:  Spoiler One Piece Episode 937 Terbaru, Rahasia Tonoyasu!

It’s Okay To Not Be Okay menceritakan tentang Moon Gang Tae (Kim SooHyun), seorang perawat di Rumah Sakit Jiwa OK. Saking sibuknya, ia tidak punya waktu untuk cinta.

Suatu hari ia bertemu dengan Go Moon Young (Seo YeJi), penulis buku anak-anak populer yang anti-sosial dan tidak percaya akan cinta.

Pertemuan mereka membuat kehidupan keduanya berubah. Dimulai dari obsesi Go Moon Young terhadap Moon Gang Te, rupanya membawa keduanya pada fase baru kehidupan mereka.

Kenyataan masa lalu yang pahit, sampai ketakutan untuk memulai hubungan cinta. Belum lagi luka-luka emosional yang selama ini mereka pendam.

Pastinya bikin drama ini semakin menarik dan wajib kamu nonton! Yang mau nonton, silahkan cek link-nya dibawah ini:

Nonton It’s Okay to Not Be Okay (2020) Sub Indo

It’s Okay, That’s Love (2014)

Diperankan oleh aktor ganteng Jo In Sung; pangeran Asia kocak, Lee Gwang Soo; Do Kyung Soo (DO) dari idol grup EXO; dan aktris cantik Gong Hyo Jin. It’s Okay, That’s Love adalah drama wajib yang harus kamu nonton!

Jang Jae Yeol (Jo In Sung) adalah seorang novelis dan DJ terkenal yang menderita gangguan obsesif-kompulsif. Akibat gangguan jiwa yang dideritanya, ia hanya bisa tidur di bak mandi dan suka berhalusinasi hal-hal aneh.

Dalam suatu acara TV, Ia bertemu dengan Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin), seorang psikiater yang tidak mau komitmen berpacaran karena trauma melihat perselingkuhan orangtuanya.

Mengenal Jae Yeol, membuat insting Hae Soo sebagai dokter muncul. Ia berniat untuk mengobati Jae Yeol sampai sembuh. Tanpa tahu, ia juga ikut terobati dari luka batinnya.

Menggabungkan aktor dan aktris papan atas Korea, dan humor komedi yang bakal bikin kamu ketawa ngakak. Pastikan It’s Okay, That’s Love masuk dalam list nonton drama Korea tentang Kesehatan Mental favoritmu!

Kill Me Heal Me (2015)

 

Drama Korea tentang Kesehatan Mental selanjutnya adalah Kill Me Heal Me, yang di tayangkan tahun 2015 lalu.

Meski sudah cukup lama dirilis, Kill Me Heal Me masih patut dianjungi jempol. Jalan ceritanya yang anti mainstream, pemerannya oke banget dan OST-nya legendaris!

Trauma masa kecil yang mendalam membuat Cha Do Hyun, alias Cha Joon Young (Ji Sung) punya kepribadian ganda, hingga sampai 7.

Dibantu oleh psiktiater Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum), Cha Do Hyun berusaha untuk sembuh dari sakit yang dialaminya.

Plot twist disana sini bakal bikin kamu gemas dan geregatan. Belum lagi pemeran pendukungnya yang bikin jalan cerita dalam Kill Me Heal Me semakin menarik.

Misalnya Park Seo Joon yang berperan sebagai Oh Ri On, saudara kembar Oh Ri Jin yang terkenal nakal dan playboy.

SKY Castle (2018)

Drama ini bercerita tentang kehidupan para konglomerat di Korea. Mereka tinggal di kawasan elit bernama SKY Castle, yang dihuni oleh para dokter dan profesor terbaik di Korea.

Baca juga:  Nonton Film The Flu (2013) Sub Indo, Streaming Full Movie

Masing-masing istri punya ambisi untuk menjadi suaminya bersinar dan lebih sukses dibanding yang lain. Anak-anakpun di didik untuk berprestasi di segala bidang.

Mereka berambisi agar anak-anak mereka bisa masuk Universitas terbaik, hingga rela mengeluarkan uang jutaan won untuk biaya kursusnya.

Saking ambisinya, banyak dari mereka yang mulai jadi aneh. Gangguan kecemasan dan emosi, termasuk gangguan tidur saking stres-nya. Ada bahkan yang sampai bunuh diri!

Wah! Seru dan menegangkan menyaksikan senggol bacok antar ibu-ibu kompleks kaya raya. Pastinya Drama Korea Kesehatan Mental yang ini wajib banget kamu nonton!

Nonton Sky Castle (2018) Sub Indonesia, Full Episode

Fix You (2020)

Satu lagi drama Korea tentang kesehatan mental dari tahun 2020! Yang satu ini berjudul Fix You, atau lebih dikenal Soul Mechanic.

Shin Ha Kyung berperan sebagai seorang dokter spesialis penyakit jiwa bernama Lee Shi Joon. ia memang beda sendiri ketimbang rekan kerjanya yang lain.

Ia lebih percaya bahwa penyakit dan gangguan jiwa hanya bisa di ‘sembuh’kan, bukan di ‘obati’. Sehingga Lee Shi Joon rela melakukan apa saja demi kesembuhan pasiennya.

Salah satu pasien Shi Joon adalah Han Woo Joo (Jung So Min), seorang aktris musikal yang sedang naik daun.

Kisah perjalanan penyembuhan Woo Joo oleh dokter Shi Joon, bakal bikin kamu puas ketawa. Ada-ada aja kelakuannya yang bisa bikin kamu terbahak-bahak.

Nonton Fix You (2020) Sub Indo, Streaming Drama Korea

Chocolate (2019)

Yang suka drama melow bikin galau, pasti bakal jatuh cinta dengan Chocolate yang tayang tahun 2019 lalu.

Mengisahkan tentang seorang dokter bedah syaraf bernama Lee Kang (Yoon Kye Sang), yang tumbuh besar di desa kecil dekat pantai. Meski ia terlihat dingin, kaku dan galak, Lee Kang sebenarnya seorang pria yang sensitif dan hangat.

Waktu kecil, ia bermimpi menjadi seorang koki. Namun ada sesuatu hal yang terjadi sampai akhirnya ia beralih menjadi dokter.

Disatu sisi, Moon Cha Young (Ha Ji Won) adalah seorang Koki terkenal.

Saat Cha Young kecil, ia pernah bertemu dengan Lee Kang dan makan masakan yang dibuat olehnya. Momen itu adalah momen yang paling membahagiakan dalam hidup Cha Young. Hingga akhirnya menjadikannya seorang Koki ternama.

Kejadian demi kejadian membawa keduanya kembali bertemu setelah berpuluh-puluh tahun. Simak kisah perjalanan mereka dengan nonton keseruan drama Korea bertajuk kesehatan mental ini ya!

Secret Garden (2011)

Salah satu tren Hallyu Wave yang bikin masyarakat Indonesia jadi ketagihan nonton karya besulatan negara Ginseng adalah Secret Garden.

Gil Ra Im (Ha Ji Won) adalah seorang pemeran pengganti wanita yang karena kecantikannya, jadi dibenci oleh artis-artis top.

Suatu hari ia bertemu dengan seorang CEO arogan dan sombong, Kim Joo Won (Hyun Bin) yang mengiranya adalah Park Chae Rin, seorang artis papan atas Korea.

Baca juga:  Nonton After Met You (2019) Full Movie, Film Indonesia

Kesalahpahaman ini menjadi mereka berdua cek-cok terus! Sampai akhirnya mereka tanpa sadar bertukar tubuh!

Kejadian yang diluar nalar ini membuat mereka lebih mengenal satu dengan yang lain. Termasuk saling menyembuhkan luka batin dan trauma masa lalu yang mereka alami.

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

Satu lagi drama Korea tentang kesehatan mental yang harus kamu nonton!

Kim Bok Joo (Lee Sung Kyung) adalah seorang atlit muda angkat besi dan mahasiswi di Universitas Olahraga Haneol. Ayahnya juga seorang mantan atlit angkat besi, yang kini beralih profesi menjadi juragan restoran ayam goreng.

Meski punya ukuran badan lebih besar dibanding perempuan seusianya, Bok Joo sebenarnya sangat feminim dan lembut. Ia juga sensitif dan hangat.

Teman baiknya, Jung Joon Hyung (Nam Joo Hyuk) adalah seorang atlit renang yang punya trauma sehingga selalu didiskualifikasi.

Bersama mereka berdua berusaha untuk mengatasi masalah dan trauma masa lalu yang menghantui kehidupan mereka. Bok Joo yang minder dan Joon Hyung punya gangguan kecemasan.

Hyde Jekyll Me (2015)

Satu lagi drama Korea tentang kesehatan mental yang diperankan oleh si ganteng, Hyun Bin!

Direktur taman hiburan Wonderland, Goo Seo Jin (Hyun Bin) punya kepribadian ganda. Ia bisa menjadi Hyde yang hangat dan penuh cinta; atau Jekyll, si dingin tapi sangat maskulin.

Suatu hari Jang Ha Na (Han Ji Min) mendengar kabar taman hiburan Wonderland akan diubah menjadi lebih kekinian. Ia yang tidak setuju mendengar kabar tersebut, langsung begegas menemui pemilik Wonderland.

Disanalah mereka berdua bertemu. Jang Ha Na yang bersikeras tidak mau Wonderland diubah karena disana tersimpan kenangannya bersama ayahnya; berhadapan dengan Seo Jin dengan 2 kepribadian.

Seru banget menyaksikan perjalanan Ha Na dan Seo Jin, serta adu argumen mereka karena taman hiburan Wonderland. Nonton yah!

What’s Wrong With Secretary Kim (2018)

What’s Wrong with Secretary Kim bercerita tentang Lee Young Joon, wakil direktur perusahaan besar Yumyeong Group. Ia ganteng, pintar, kaya, tapi sayang narsis kelewatan!

Lee Young Joon juga sosok yang serius, egois, sangat perfectionist dan tidak pernah memberikan kesempatan kedua kepada siapapun.

Disamping Lee Young Joon selalu ada Kim Mi So, seketarisnya. Secretary Kim sudah bekerja selama 9 tahun untuk bosnya yang narsis ini.

Namun Kim Mi So sudah bertekat untuk berhenti dari pekerjaannya. Ia sudah cukup dengan semua perlakuan dan kelakuan aneh nyeleneh Lee Young Joon. Ia sudah tidak tahan lagi!

Hal itu diungkapkannya saat mereka pulang dari suatu pesta besar. Bukannya malah nerima, Lee Young Joon malah salah paham! Ia merasa Kim Mi So berhenti karena jatuh cinta padanya! Astaga!

Akankah Kim Mi So dapat berhenti dari Yumyeong Group? Bisakah Kim Mi So yang ilfeel setengah mati bisa suka dengan Lee Young Joon?

Lengkapnya nonton langsung dibawah ini ya:

Nonton What’s Wrong with Secretary Kim Sub Indo

Written by Winny

a daughter, a scout, an enterpreneur, a social worker, a part-time writer, a history enthusiast!

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

Loading…

0
oh my ghost sub indo

Nonton Oh My Ghost Sub Indo (2015), Full Episode 1-16

nonton Film Tilik

Nonton Film Tilik (2018), Full Movie Streaming Online