Gak Cuma Samurai X, Ini 11 Anime Samurai Terbaik yang Wajib Kamu Tahu!

anime samurai

Jepang merupakan salah satu negara maju di Asia yang terkenal dengan budayanya. Industri hiburan di Jepang juga banyak digemari secara global, khususnya industri anime dan manga atau komik Jepang. Tak jarang, cerita-cerita manga dan anime ini pun mengangkat legenda dan cerita-cerita budaya Jepang, termasuk anime-anime tentang samurai.

Jika mendengar anime samurai, sudah pasti dong, tak bisa lepas dari anime fenomenal asal negeri sakura ini. Yup, betul sekali. Samurai X. Padahal anime dengan tema samurai ada lebih banyak lagi.

Nah untuk menambah referensi kamu tentang anime samurai, berikut ini Sushi.id sudah rangkumkan deretan anime samurai yang wajib kamu tahu. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

Gintama

  • Musim Perdana: Spring 2006
  • Total Episode : 201
  • Genre: Action, Comedy, Historical, Parody, Samurai, Sci-Fi, Shounen

Anime samurai yang pertama yakni Gintama. Anime ini diadaptasi dari komik Jepang dengan judul yang sama yang telah dipublikasikan sejak 2003. Sejak saat itu, manga karya Sorachi Hideaki ini terus menjadi salah satu manga terpopuler bahkan hingga sekarang.

Gintama bercerita tentang kehidupan sehari-hari tokoh utamanya, yaitu Sakata Gintoki, yang mendirikan usaha bernama “Yorozuya” bersama dua temannya dan satu anjing. Mereka bersedia mengerjakan tugas apa saja asalkan dibayar agar dapat membiayai kehidupan sehari-hari.

Setting cerita anime Gintama ini sendiri merupakan Jepang zaman Edo yang telah terinvasi alien (amanto) yang membuat Jepang zaman Edo di Gintama memiliki teknologi maju layaknya masa depan namun dengan budaya layaknya Jepang zaman Edo di dunia nyata.

Gintama sendiri sangat terkenal dengan komedinya yang sangat kocak, meskipun komedi Gintama sendiri kebanyakan berkaitan dengan kultur Jepang. Cus, langsung tonton anime ini dan kamu bakal ikut terhibur dengan tingkat Gintoki dkk.

Peace Maker Kurogane

  • Musim Perdana: Fall 2003
  • Total Episode : 24
  • Genre: Action, Comedy, Historical, Samurai, Shounen

Rekomendasi anime tentang samurai selanjutnya adalah Peace maker Kurogane yang diadaptasi dari serial manga fiksi sejarah yang ditulis oleh Nanae Kurono.

Ceritanya dimulai pada abad ke-19 Jepang sebelum Restorasi Meiji, serangkaian peristiwa yang menyebabkan perubahan besar dalam struktur politik dan sosial saat benih revolusi sedang ditanam.

Baca juga:  Review Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore

Cerita berpusat pada tokoh protagonis, Ichimura Tetsunosuke, yang bergabung dengan Shinsengumi (awalnya sebagai pelayan Hijikata Toshizō) sambil mencari kekuatan untuk membalas kematian orang tuanya di tangan pemberontak Chōshū. Bagaimana kisah selanjutnya, langsung saksikan di layanan streaming favorit kamu, ya!

Mushibugyou

  • Musim Perdana: Spring 2013
  • Total Episode : 26
  • Genre: Action, Historical, Super Power, Ecchi, Martial Arts, Samurai, Fantasy, Shounen

Anime tentang samurai selanjutnya bercerita tentang seorang samurai bernama Jinbei yang datang ke Edo menggantikan ayahnya yang dipanggil oleh Mushibugyou. Mushibugyou ini adalah sebuah kelompok yang terdiri atas ahli tarung yang ditugaskan untuk membasmi serangga-serangga raksasa yang sering muncul tanpa alasan di Tokyo.

Kotori kaget ketika ia yang awalnya harus menjembut ayah Jinbei justru mendapati sang anak. Ia pun sempat meragukan kekuatan Jinbei hingga suatu ketika Jinbei berhasil membasmi seekor serangga dan akhirnya Kotori meneruma Jinbei sebagai anggota Mushibugyou secara resmi.

Mushibugyou merupakan salah satu anime samurai terbaik yang disertai dengan unsur super power, martial arts dan kekuatan supernatural. Pastinya sangat seru untuk ditonton!

Sengoku Basara

  • Musim Perdana: Spring 2009
  • Total Episode : 12
  • Genre: Action, Historical, Martial Arts, Samurai, Super Power

Sengoku Basara sudah tidak diragukan lagi sebagai anime samurai terbaik selain Samurai X yang wajib kamu tonton. Ceritanya meliputi masa Sengoku Jepang dimana beberapa panglima perang terlibat dalam pertempuran dan politik dengan harapan dapat menyatukan negara di bawah pemerintahan pusat.

Nobunaga Oda telah menegaskan dirinya sebagai ornag yang paling berkuasa dengan kekuatan dan sumber daya militer hebat untuk menaklukan seluruh Jepang. Shingen Takeda dan prajurit kepercayaannya, Yukimura Sanada memimpin salah satu klan utama yang berdiri di jalan Nobunaga.

Suatu malam, Sanada diperintahkan untuk memimpin serangan rahasia terhadap Jenderal Kenshin Uesugi, yang kemudian digagalkan oleh Date Masamune dan pasukannya. Nobunaga terus mengerahkan pasukannya di Sengoku Basara dengan menguatkan pengaruhnya di seluruh negeri.

Basilisk: Kouga Ninpou Chou

  • Musim Perdana: Spring 2005
  • Total Episode: 24
  • Genre: Action, Adventure, Historical, Supernatural, Romance, Samurai, Fantasy

Basilik: Kouga Ninpou Chou merupakan anime bertama samurai yang mengambil setting pada tahun 1614 Masehi. Diceritakan dua klan ninja saling berperang. Masing-masing mendukung putra Tokugawa Hidetaka sebagai shogun berikutnya.

Baca juga:  Daftar Situs Nonton Drama China (Mandarin) Sub Indo Terlengkap

Masing-masing klan mengirim sepuluh perwakilan mereka untuk berperang sampai mati demi surat gulungan. Imbalan bagi klan yang menang akan mendapat dukungan dari pemerintahan Tokugawa selama seribu tahun berikutnya.

Afro Samurai

  • Episode: 5
  • Ditayangkan: Januari 2007 – Februari 2007

Anime tentang samurai selanjutnya berjudul Afro Samurai yang menawarkan ceritayang simpel namun penuh dengan adegan-adegan bertarung yang kadar violence yang sangat tinggi. Anime ini juga cocok untuk para pecinta anime yang tidak terlalu suka dengan episode panjang karena Afro Samurai hanya terdiri dari 5 episode.

Tidak hanya itu, Afro Samurai memang mengambil setting pada masa feudal namun tetap bisa menampilkan teknologi yang cukup baik. Anime ini menceritakan tentang ayah Afro Samurai yang merupakan samurai nomor satu di dunia, hingga ia dikalahkan oleh lawannya.

Gibiate

  • Musim Perdana: Summer 2020
  • Genre: Action, Fantasy, Horror, Martial Arts, Samurai

Mengambil latar cerita di Jepang pada tahun 2030, anime tentang samurai satu ini bercerita tentang infeksi sebuah virus yang menyerang manusia di seluruh penjuru dunia. Orang yang terinveksi akan menjadi monster yang disebut Gibia.

Di gurun Jepang yang gersang, sepasang samurai dan ninja memulai perjalanan dari era Edo awal, berusaha mencari obat virus Gibia dibantu seorang dokter. Mereka melakukan perjalanan berbahaya dan menghadapi berbagai serangan dari para Gibia dan penjahat.

Yoroiden Samurai Troopers (Ronin Warriors)

  • Episode: 39
  • Ditayangkan: April 1988 – Maret 1989

Ronin Warriors adalah anime klasik yang mengambil estetika samurai dan melakukan sesuatu yang baru dengannya. Diceritakan ada sembilan pakaian legendaris yang, ketika dikumpulkan, merupakan baju besi dari kaisar jahat Talpa.

Sang kaisar telah memperoleh 4 dari 5 pakaian legendaris tersebut dan berusaha mengumpulkan lima lainnya yang ternyata dipakai oleh lima manusia paling berani di Bumi. Tetapi ketika Talpa mencerai-beraikan mereka di bumi, itu tergantung pada seorang anak muda bernama Yuli dan seorang guru-siswa bernama Mia untuk menyatukan mereka kembali dan menghentikan invasi Talpa.

Bagamana kisah lengkapnya? Langsung saja ikuti serial ini, ya!

Mutsu Enmei Ryuu Gaiden: Shura no Toki

  • Episode: 26
  • Ditayangkan: April 2004 – September 2004
Baca juga:  Nonton Miracle in Cell No 7 (2013) Sub Indo

Anime tentang Samurai yang wajib kamu tahu selanjutnya adalah Mutsu Enmei Ryuu Gaiden: Shura no Toki. Anime ini bercerita tentang keluarga Mutsu yang mempraktekkan seni bela diri tanpa senjata yang disebut Mutsu Enmei-Ryu.

Sepanjang sejarah, keluarga Mutsu telah terlibat dengan banyak tokoh sejarah dan telah bertarung dengan banyak pejuang besar tetapi berhasil tetap tak terkalahkan. Time of Shura adalah kisah para pejuang keluarga Mutsu dan petualangan mereka.

Mugen no Juunin: Immortal

  • Musim Perdana: Fall 2019
  • Total Episode: 24
  • Genre: Action, Adventure, Historical, Supernatural, Drama, Martial Arts, Samurai, Seinen

Mugen no Juunin: Immortal adalah anime tentang samurai yang mengisahkan tentang Manji. Dia adalah seorang pendekar pedang yang dikutuk hidup abadi. Dia bosan hidup melihat kematian orang-orang yang dibunuhnya. Namun dirinya tak memiliki kemampuan lain selain membunuh.

Manji pun memutuskan untuk membunuh seratus orang jahat untuk membayar setiap orang baik yang telah ia bunuh. Dalam perjalanan ia bertemu dengan Rin, seorang gadis yang mencari perguruan pedang yang anggotanya telah membantai keluarganya. Manji dan Rin pun berkelana bersama dan berharap mendapatkan kedamaian.

Onihei

  • Episode: 13
  • Ditayangkan: Januari 2017 – April 2017

Rekomendasi anime tentang samurai selanjutnya adalah Onihei yang bercerita tentang Heizou Hasegawa, seorang kepala petugas Divisi Pencurian Arson pada periode Edo. Saat itu hidup penuh kedamaian berkat aturan keshogunan Tokugawa.

Meskipun demikian, kejahatan untuk meruntuhkan kedamaian selalu ada. Setan Heizou merupaka orang yang bertekad untuk menegakkan hukum dan perintah yang diberikan di Jepang selama periode Edo. Anime ini cocok buat kalian para pecinta anime yang banyak menunjukkan kehidupan sehari-hari seorang samurai. Jadi, jangan lupa ditonton, ya!

Penutup

Itu tadi deretan anime samurai selain Samurai X yang tak kalah seru dan wajib kamu tonton. Dari 11 anime samurai di atas, yang mana anime favoritmu? Tuliskan di kolom komentar, ya!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan anime-anime di atas bisa langsung mengakses situs nonton streaming anime favorit kamu atau kalau tersedia versi komiknya, bisa mengunjungi situs baca komik online Bahasa Indonesia.

Jangan lupa untuk like dan bagikan artikel ini. Nantikan update lainnya hanya di Sushi.id. Selamat menonton!

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Fitri Wahyuningsih

Fitri si naturalis. Punya pondok kayu sederhana di pegunungan dan menghabiskan masa tua dengan bercocok tanam adalah mimpinya.

Link Nonton A Business Proposal (2022) Sub Indo

Episode 9 Military Prosecutor Doberman

Military Prosecutor Doberman Episode 9, Ahn Bo Hyun Nekat Sampaikan Kebenaran?