Screenshot di PC atau laptop itu emang kadang ribet, guys! Tapi, kalau kamu menggunakan aplikasi yang tepat, melakukan screenshot di PC jadi enggak ribet.

Ketujuh aplikasi di bawah ini bisa kamu gunakan secara gratis 100 persen dan ukuran aplikasinya juga ringan-ringan, kok. Bisa digunakan di semua PC dan laptop, termasuk PC atau laptop yang low spek.

Langsung saja berikut ini aplikasinya.

Aplikasi Screenshot PC Bawaan Windows

Nah, sebenarnya kamu bisa langsung melakukan screenshot di PC kamu tanpa instal aplikasi pihak ketiga.  Karena Windows sendiri memang menyediakan aplikasi bawaan untuk screenshot.

Nah, enggak usah berlama-lama berikut ini aplikasi screenshot beserta caranya.

1. Dengan Mengetik Windows+PrtScn pada Keyboard

Ini adalah cara screenshot di PC paling mudah yang bisa kamu lakukan karena kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan aplikasi. Pada keyboard, kamu cukup menekan Windows+PrtScn.

aplikasi screenshot pc

Setelah itu, kamu buka aplikasi Paint lalu tekan CTRL+V atau klik kanan pada mouse kemudian pilih Paste.

Untuk menyimpan hasil screenshotnya, kamu buka File lalu pilih Save As. Gampang bangetkan caranya?

2. Snipping Tools

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan screenshot di PC kamu dengan aplikasi bawaan Windows bernama Snipping Tools.

Untuk memudahkan kamu, kamu cari saja aplikasi Snipping Tools di search box yang ada pada Taskbar seperti di bawah ini.

snipping tools

Setelah itu, kamu klik aplikasinya. Setelah terbuka, kamu klik New lalu pilih area yang ingin kamu screenshot, Setelah hasil screenshot kamu muncul, untuk menyimpannya, kamu pilih menu File dan Save As.

aplikasi screenshot pc

Aplikasi Screenshot PC Terbaik 2020

Kalau kamu mau ngerasa pakai aplikasi bawaan WIndows agak susah, kamu bisa coba beberapa aplikasi dari pihak ketiga berikut ini.

Aplikasi-aplikasi di bawah ini ringan, mudah dan juga simpel banget untuk digunakan digunakan. Enggak hanya itu,  download dan instalasinya juga cepat, kok!

Apa saja aplikasinya?

3. Lightshot

Lightshot adalah salah satu aplikasi screen capture terbaik dan rekomendasi pertama dari penulis. Pasalnya, hingga saat ini penulis masih mengandalkan aplikasi yang satu ini untuk men-capture layar dengan cepat.

Aplikasi ini tidak memiliki interface, untuk men-capture kamu tinggal menekan tombol Prntscr atau melalui Sytem Tray, seperti gambar di bawah ini.

lightshot

Setelah itu, kamu pilih area yang ingin kamu screenshot lalu klik icon Disket untuk menyimpan gambar tersebut.

aplikasi screenshot pc

Kalau mau kamu langsung edit, setelah kamu memilih area yang ingin kamu screenshot kamu pencet tombol pada keyboard CTRL+C dan Paste di Paint atau Adobe Photoshop untuk mengedit hasil Screenshot tersebut, Gampangkan caranya?

Download Lightshot untuk PC.

4. Greenshot

Selanjutnya, ada aplikasi Greenshot. Aplikasi ini cukup bagus dan bisa kamu andalkan untuk kamu yang enggak mau berlama-lama untuk men-screenshot layar dan langsung mengedit hasilnya.

Sama seperti Lightshot, aplikasi ini juga tidak menyediakan interface. Untuk men-capture bisa memencet Hotkey yang disediakan memencet tombol Prntscr atau melalui System Tray.

greenshot

Setelah selesai memilih area yang di-capture, kamu akan diberi opsi mau langsung disimpan ke PC atau diedit dulu melalui Paint atau panel editor lainnya yang tersedia, seperti gambar di bawah ini.

screenshot pc greenshot

Kalau kamu mencari aplikasi screenshot yang tidak muluk-muluk, Greenshot mungkin pilihan yang tepat untuk kamu.

Download Greenshot untuk PC.

5. PicPick

PicPick adalah salah satu aplikasi screen capture untuk PC dan laptop Windows terlengkap saat ini. Pasalnya, aplikasi ini kaya fitur. Dimulai dari pilihan penyeleksian area screenshot hingga pengeditan gambar.

Untuk fitur pilihan penyeleksian areanya, ada pilihan full screen, active window, scrolling window, region, fixed region, freehand, dan repeat last capture.

aplikasi screenshot pc terbaik windows

Untuk mode ngeditnya pun juga memiliki banyak fitur. Kamu bisa menambahkan efek-efek pada hasil capture-an kamu seperti invert, grayscale, blur, sharpen, dan masih banyak lagi.

aplikasi screenshot pc terbaik windows

Download PicPick untuk PC.

6. ShareX

ShareX enggak kalah bagus dari aplikasi screenshot yang telah penulis sebutkan sebelumnya. Aplikasi ini memiliki 13 pilihan penyeleksian area screen capture.

Selain itu, Share X juga mendukung perekaman video baik dalam bentuk Mp4 maupun GIF. Aplikasi ini juga mode Text Capture yang memungkinkan kamu menangkap gambar teks kemudian mengonversinya menjadi teks yang dapat disalin.

 

Selain itu, ada opsi Show cursor yang bisa kamu pilih agar kursor tidak hilang saat melakukan screenshot. Dengan segala kelebihannya, ShareX bisa dibilang salah satu program screenshot untuk PC terlengkap saat ini.

Download ShareX untuk PC.

7. Nimbus Screenshot

Terakhir dalam daftar ini, ada aplikasi Nimbus Screenshot. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang cukup modern dan fiturnya pun juga simpel, sedikit tapi pas.

Mode penyeleksian area screenshotnya hanya dua, yakni Full Screen dan Fragment. Meski demikian, kamu juga bisa menentukan sendiri ukuran penyeleksian melalui Custom Size.

nimbus screenshot 1

Fitur lainnya yakni untuk pengeditan di antaranya ada Pencil, Arrow, Rectangle, Ellipse, dan Crop. Ada pula fitur Draw a Numbered Tag yang bisa kamu pakai untuk menomori bagian-bagian tertentu dalam foto. Enggak ketinggalan, Nimbus Screenshot dilengkapi juga dengan fitur bluring dan croping.

Juga ada fitur Video Record yang bisa membantu kamu dalam merekam aktivitas pada layar komputer.

nimbus screenshot

Download Nimbus Screenshot untuk PC.

Penutup

Itulah dia beberapa aplikasi screenshot untuk PC dan laptop yang bisa kamu gunakan.

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Nasution

Categories: Teknologi

Nasution

IR grad student. Former Content Writer for big companies and small startups. SEO Writer for Sushi.id.

%d bloggers like this: