9 Film Action Tentang Pembajakan Terbaik Di Dunia

Genre Lama yang Selalu Memperbarui Diri

9 film action tentang pembajakan gambar utama

Ada banyak sekali kisah-kisah tentang pembajakan transportasi umum yang sudah diangkat ke layar lebar. Sebagian fiksi, sebagian lagi dari kisah nyata. Berikut adalah 9 Film Action Tentang Pembajakan

Apa sebenarnya tujuan dari pembajakan tersebut? Umumnya, para pembajak menginginkan sesuatu dan menggunakan keselamatan para penumpang alat transportasi sebagai jaminannya.

Mereka biasanya sudah menyiapkan rencana pembajakan jauh-jauh hari. Dengan sabar dan cermat, mereka mempelajari pola dan jadwal, serta kebiasaan dan aturan dari alat transportasi sasaran.

Tujuan utamanya umumnya adalah uang. Walau ada juga beberapa pembajakan yang bertujuan untuk mendapatkan otoritas yang bersifat politik dengan cara memaksa dan mengancam.

Sushi memilih 9 film aksi tentang pembajakan transportasi umum sebagai referensi kalian yang suka dengan film-film jenis ini.

Apa saja 9 film aksi tentang pembajakan tersebut? Yuk dibaca satu-satu ya, gengs!

The Delta Force (1986)

9 film action tentang pembajakan gambar 10

Kalau kalian ingin tahu penjelasan dibalik semua meme-meme yang menunjukkan betapa kuat dan tangguhnya ikon aksi 80-an, Chuck Norris, mungkin film ini adalah jawabannya.

The Delta Force mungkin terasa jadul, tapi film ini merupakan adalah cetak biru genre aksi dalam perindustrian perfilman dunia. Chuck Norris dan aktor legendaris Lee Marvin berperan di dalamnya.

Film ini bercerita tentang pembajakan pesawat oleh sekelompok teroris asal Lebanon pendukung Ayatollah Khomeini. Aksi mereka dihadang oleh pasukan elit Delta Force yang dipimpin Norris.

Film ini disutradarai oleh Menahem Golan, yang juga salah satu pemilik perusahaan film The Cannon Group bersama sepupunya Yoram Globus. Perusahaan film memiliki spesialisasi film aksi bujet rendah.

Kamu bisa menikmati aksi keren dan heroic Chuck Norris dan rekan-rekannya saat menyelamatkan para sandera dan trik-trik cerdik mereka untuk melumpuhkan para teroris.

Air Force One (1997)

9 film action tentang pembajakan gambar 8

Salah satu film blockbuster tersukses Harrison Ford ini mengukuhkan statusnya sebagai action icon yang classy untuk era 90-an. Film ini disutradarai oleh Wolfgang Petersen.

Ford memerankan presiden Amerika Serikat yang sedang dalam perjalanan di dalam pesawat kepresidenan, Air Force One, waktu pesawat itu dibajak sekelompok teroris Rusia.

Mereka menyusup sebagai kru dan wartawan yang memang sebagian ikut rombongan presiden, dan menyandera semua orang di pesawat agar tuntutan mereka dipenuhi.

Baca juga:  Nonton Dark Hole (2021) Sub Indo, Streaming Episode 1-12

Gembong teroris mereka dipenjara di Rusia. Mereka mengancam akan membunuh istri dan anak presiden Amerika jika tidak meminta presiden Rusia agar membebaskan atasan mereka itu.

Film ini tegang dari awal hingga akhir. Aksi-aksi heroiknya sangat memorable dan menjadi barometer film-film bergenre sama lainnya hingga sekarang.

Apalagi, tokoh antagonisnya juga diperankan oleh salah satu aktor terbaik Hollywood, Gary Oldman. Film ini benar-benar menjadi film action yang sangat keren dan menghibur.

Executive Decision (1996)

9 film action tentang pembajakan gambar 7

Executive Decision menceritakan satu lagi peristiwa pembajakan di dalam pesawat yang menyusupi para penumpang sebelum lepas landas. Film ini juga meraih angka box office yang cukup sukses.

Diperankan oleh aktor Kurt Russel, film ini disutradarai oleh sutradara Stuart Baird yang pada waktu itu adalah sutradara pemula dan film ini adalah besutannya yang perdana.

Bintang aksi terbesar masa itu, Steven Seagal, berperan di film ini sebagai komandan pasukan anti teror, dan plotnya cukup mengejutkan saat karakternya tewas saat di awal film.

Selain Russel dan Seagal, film ini juga dibintangi aktris Halle Berry, John Leguizamo, Oliver Platt, Joe Morton, David Suchet, dan B.D. Wong.

Film Executive Decision dianggap cukup menghibur dengan menggunakan formula klasik film-film aksi dan thriller sebelumnya. Walau tidak punya konsep baru, tapi ketegangannya maksimal dan seru.

Para kritik menyebut bahwa walau plotnya memiliki beberapa kelemahan dan ada jalan cerita yang sedikit dipaksakan, hal itu tidak mengurangi hiburan untuk penontonnya.

Non-Stop (2014)

9 film action tentang pembajakan gambar 6

Karir Liam Neeson mungkin terbilang unik. Aktor ini sebelumnya lebih dikenal sebagai aktor drama karena sangat bagus membintangi film-film seperti Schindler’s List dan Kinsey.

Namun, justru saat usianya menginjak 60-an, Neeson menjelma sebagai ikon aksi baru berkat film aksi berbujet rendah Taken, yang tidak disangka-sangka sukses besar di box office.

Setelah kesuksesan Taken, Liam Neeson sepertinya betah dalam genre ini. Salah satu sutradara yang pernah bekerja dengannya berkomentar, “Liam sudah 62 tahun. Ia ingin mencoba semuanya.”

Non-Stop disutradarai oleh Jaume Collet-Serra, sutradara asal Spanyol-Amerika. Ini adalah kerjasama keduanya bersama Liam Neeson setelah film Unknown.

Non-Stop juga sukses secara komersil di box office. Film ini bercerita tentang mantan polisi yang alkoholik sehingga kini bekerja sebagai Air Marshal (petugas keamanan khusus di pesawat).

Baca juga:  Terungkap! 10 Kemiripan & Perbedaan Film Monster Hunter Dibanding Game-nya

Ia harus menemukan seorang pembunuh di dalam pesawat setelah menerima ancaman lewat SMS bahwa satu per satu penumpang akan dieksekusi hingga uang yang diminta sang pembunuh dibayarkan.

Emergency Declaration (2021)

9 film action tentang pembajakan gambar 3

Film Emergency Declaration menceritakan tentang pembajakan pesawat dengan teror berwujud senjata biologis ini termasuk film baru yang masih diputar di bioskop-bioskop. Eksekusinya yang unik membuat film ini tetap istimewa.

Walau plotnya sudah sering digunakan, film asal Korea Selatan ini memiliki penceritaan yang unik karena ada perpaduan ketegangan saat virus menyerang para penumpang dengan drama yang menyentuh.

Seorang ilmuwan muda ingin membalaskan dendamnya dengan melepaskan virus berbahaya dengan daya mematikan tinggi di dalam pesawat. Pilot akhirnya mengumumkan keadaan darurat.

Berbagai masalah mulai dari tewasnya penumpang dan awak pesawat satu per satu, hingga kesulitan mendapatkan tempat untuk mendaratkan pesawat, membuat film ini menjadi penuh ketegangan.

Film ini disutradarai oleh Han Jae-rim dan dibintangi banyak bintang besar Korea Selatan. Sebut saja aktor Song Kang-ho, Lee Byung-hun, dan Kim Nam-gil sebagai pemeran utama.

Ada juga aktris Jeon Do-yeon, Kim So-jin, dan aktor muda Im Si-wan yang tampil meyakinkan sebagai teroris. Aktris cilik Kim Bo-min juga mencuri perhatian sebagai anak dari Lee Byung-hun.

Neerja (2016)

9 film action tentang pembajakan gambar 4

Kali ini Sushi akan membahas film tentang pembajakan pesawat dari India. Film ini berjudul Neerja, yang merupakan nama dari seorang pramugari yang bertugas di penerbangan Pan Am 73 tahun 1986.

Selain berbeda karena film ini diambil dari sudut pandang si pramugari, film ini juga istimewa karena dibuat berdasarkan sebuah kisah nyata.

Neerja Bhanot adalah pramugari muda yang tewas saat dengan berani melindungi para penumpang di pesawat yang sedang mereka tumpangi. Sekelompok teroris membajak pesawat itu.

Sutradara Ram Madhvani membesut film ini dengan aktris Sonam Kapoor sebagai Neerja, yang menerima banyak pujian atas aktingnya. Film ini juga merajai box office di India.

Thriller yang mencekam dipadu dengan kisah heroik Neerja menjadikan film ini patut kamu tonton. Walau akhir cerita sudah banyak diketahui karena ini kisah nyata, Neerja tetap menghibur.

Under Siege (1992)

9 film action tentang pembajakan gambar 5

Popularitas aktor laga Steven Seagal mungkin sekarang sudah terbenam jauh di bawah. Akan tetapi, di era 90-an dia adalah raja film aksi. Salah satu film terbaiknya adalah Under Siege.

Baca juga:  Daftar Situs Download Film Sub Indo Terbaru 2020 | Legal

Film ini disutradarai oleh Andrew Davis dan menjadi salah satu box office terbesar tahun 1992. Steven Seagal sendiri berperan sebagai mantan anggota Navy SEAL di atas kapal perang US Navy Missouri.

Kapal tersebut diserang oleh sekelompok pembajak yang menyamar sebagai band penghibur awak kapal. Tokoh teroris utama diperankan dengan brilian oleh aktor Tommy Lee Jones.

Film Under Siege ini juga memperoleh dua nominasi piala Oscar dalam kategori teknik suara. Selain menegangkan, film ini memiliki sejumlah adegan aksi yang memukau.

Captain Phillips (2013)

9 film action tentang pembajakan gambar

Captain Phillips juga merupakan film yang dibuat berdasarkan peristiwa nyata pembajakan kapal kargo Maersk Alabama di tahun 2009. Film ini disutradarai oleh Paul Greengrass.

Kapal Alabama milik perusahaan kargo Maersk dipimpin oleh Captain Phillips yang dibintangi aktor legendaris peraih dua piala Oscar, Tom Hanks.

Ia harus menghadapi sekelompok bajak laut bersenjata asal Somalia yang dikepalai Abduwali Muse yang dibintangi Barkhad Abdi. Abdi mendapatkan nominasi Oscar untuk perannya di sini.

Film ini bukan hanya banjir pujian kritikus tapi juga sukses secara komersil, mendapatkan box office sebesar $220 juta dari bujetnya yang hanya $55 juta.

Captain Phillips sendiri menerima enam nominasi Oscar termasuk nominasi film terbaik, naskah adaptasi terbaik, dan aktor pemeran pendukung terbaik.

Selain punya adegan-adegan yang menegangkan, tapi interaksi antara sang kapten dengan sang bajak laut juga menarik untuk disimak. Thriller ini memadukan aksi dan drama sekaligus dengan pas.

The Taking of Pelham 123 (2009)

9 film action tentang pembajakan gambar 1

Di tahun 1974, film tentang pembajakan kereta api berjudul The Taking of Pelham 123 dirilis. Lalu, pada tahun 2009, sutradara Tony Scott, adik dari sutradara Ridley Scott, membuat remakenya.

Di film remakenya ini, aktor Denzel Washington dan John Travolta berperan sebagai petugas kereta api dan pembajak kereta api. Plotnya kurang lebih sama dengan film aslinya.

Sang petugas kereta api harus bernegosiasi alot dengan sang pembajak. Nyawa sejumlah besar penumpang yang berada di dalam gerbong kereta tersebut adalah taruhannya.

Walau film ini menerima ulasan yang tidak terlalu bagus dan hasil box office yang biasa-biasa saja, tapi penampilan dua aktor ternama Denzel Washington dan John Travolta menarik untuk disimak.

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Naila Fauzia

12 Film Drama Indonesia Terbaik Sepanjang Massa

10 Film Jadul Indonesia Tahun 1990 Terbaik Sepanjang Sejarah