Film Peraih Piala Oscar, Nomadland, Siap Disaksikan di Disney+ Hotstar

Tontonan Bagus yang Wajib Masuk Watchlist!

Film Nomadland baru-baru ini menarik perhatian publik dunia. Melalui arahan sutradara asal Tiongkok Chloe Zhao, film ini berhasil masuk 10 nominasi di Piala Oscar edisi 2020 dan membawa pulang tiga piala, salah satunya sebagai pemenang nominasi Best Picture di ajang penghargaan dunia film bergengsi tersebut. Sebelum Oscar, Nomadland sudah banyak masuk banyak nominasi di beberapa ajang penghargaan, seperti British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) dan Golden Globe Award. Dengan sederet prestasi dan kualitas yang diperlihatkan dalam film tersebut, kini Nomadland bisa disaksikan di Disney+ Hotsar.

Nomadland

Perjalanan Panjang Demi Bertahan Hidup

Fim Nomadland diangkat dari buku non-fiksi karangan Jessica Bruder yang berjudul Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century. Berkisah tentang seorang wanita berusia enam puluhan asal negara bagian Nevada, Amerika Serikat bernama Fern. Di usia yang tak lagi muda dan hidup sendiri setelah suaminya meninggal dunia, Fern kehilangan pekerjaannya setelah pabrik papan gipsum yang berlokasi di daerahnya tutup permanen. Kecil kemungkinan ia bisa bertahan hidup di kota kecil, apalagi mendapatkan pekerjaan mengingat usianya yang sudah lanjut. Demi keberlangsungan hidup, Fern menjual semua asetnya dan membeli sebuah mobil van. Dengan mobil van tersebut, ia berkelana mengelilingi berbagai negara bagian Amerika Serikat demi mencari pekerjaan. Petualangan barunya dimulai saat memulai perjalanan dan bertemu dengan banyak orang dari beragam latar belakang.

 Berkelana Sambil Melihat Dunia Baru

Perjalanan Fern bukan sekadar “jalan-jalan santai” sambal sibuk mengabadikan tempat di sekitarnya. Melalui keputusannya untuk pergi dari rumah mengendari mobil van, Fern banyak mendapatkan pelajaran dan makna yang barangkali sebelumnya tidak pernah ia pikirkan. Lewat banyak pekerjaan musiman yang dilakoni, Fern bertemu banyak orang—sesama nomadic—dan saling berbagi cerita mengenai kehidupan pribadi masing-masing. Fern bertemu Swankie yang adalah pengidap kanker. Daripada menghabiskan waktu di rumah sakit, Swankie ingin membuat kenangan indah di jalan dengan bepergian, juga yang mengajari Fern cara bertahan hidup di jalan raya. Nomadik lainnya, David, baru saja mendapatkan cucu dan Fern mendorong David untuk bertemu cucunya meskipun awalnya ragu.  Sampai akhirnya, Fern bertemu dengan kakaknya di California dan mengatakan bahwa Fern sangat berani dan mandiri dalam menjalani hidup.

Baca juga:  Spoiler Tokyo Revengers Episode 21: Baji Tumbang?

Bukti Nyata Kehidupan Nomaden Amerika

Berbicara mengenai hidup berpindah alias nomaden, ini bukan sekadar hal yang sengaja dibuat demi kepentingan film. Nomaden telah banyak dijalani khususnya orang-orang yang tinggal di Amerika Serikat. Jika hanya berdiam di tempat asal tidak memberikan harapan, maka jalan lainnya ialah dengan bergerak alias berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Di film Nomadland ini banyak nomadic sungguhan yang terlibat dan mengambil peran, serta sebagai potret nyata adanya kehidupan lain di belantara Amerika Serikat. Kehidupan mereka mungkin banyak dihabiskan di jalan, yang lambat laun akan berubah menjadi tempat yang ada di hati. Menemukan keluarga dan dunia baru yang belum pernah terjamah sebelumnya.

Leave a Reply

Loading…

Written by Annisa Balqis

nonton undercover

Nonton Undercover (2021) Sub Indo, Streaming Full Episode

nonton adit sopo jarwo the movie

Nonton Adit Sopo Jarwo The Movie (2021), Streaming Online