Daftar Superhero Marvel dan Kekuatannya

Para Pahlawan dari Marvel Creme de la Creme

daftar superhero marvel dan kekuatannya

Marvel Comics adalah salah satu dari penerbit komik terbesar di dunia. Marvel Comics didirikan pertama kali di tahun 1939 berikut adalah Daftar Superhero Marvel dan Kekuatannya.

Selain DC Comics dan Dark Horse, Marvel Comics termasuk yang merilis jumlah komik, terutama genre superhero, terbanyak.

Walau sempat mati suri dan lama tidak merilis komik, Marvel melakukan reinventasi diri di tahun 1961. Saat itu, mereka merilis komik Fantastic Four, yang menjadi awal lahirnya tokoh-tokoh superhero lain.

Awalnya, Marvel Comics mulai melebarkan sayap ke rumah produksi film independen. Akan tetapi, kesuksesan film-film berdasarkan komik Marvel membuat kesuksesan rumah produksi ini meledak.

Ada banyak sekali film-film genre superhero adaptasi komik Marvel yang kini telah beredar. Hal ini menjadikan daftar superhero Marvel semakin dikenal publik.

Yang menarik dari karakter superhero adalah kekuatannya. Berkat kesuksesan MCU, atau Marvel Cinematic Universe, kita sudah melihat banyak sekali barisan superhero Marvel dan kekuatannya.

Kita akan berjalan melampaui setengah abad karya-karya Marvel Comics untuk lebih mengenal siapa saja daftar superhero Marvel dan kekuatannya. Simak satu per satu ya, geng.

Captain America

Diciptakan di tahun 1941, Steve Rogers awalnya hanya seorang pemuda pendek, kurus, dan penyakitan. Walau demikian, Steve memiliki hati emas dan karakter yang mulia.

Hal ini membuatnya pantas menerima serum percobaan yang dikembangkan untuk menciptakan tentara super. Serum ini mengubah Steve menjadi besar, berotot baja, memiliki kecepatan dan kekuatan super, dan jago bela diri.

Steve Rogers alias Captain America merupakan anggota Avengers yang pertama. Ia memimpin para superhero lain setelah ia ditemukan di dalam es dan kembali hidup di zaman modern.

Sumber kekuatan: Disuntik serum tentara super

Kekuatan super Captain America: Sangat kuat, gesit, stamina tinggi, kemampuan menyembuhkan diri, ahli strategi dan taktik, menguasai seni bela diri, memiliki perisai yang tidak bisa rusak dari bahan vibranium. Senjata: Perisai vibranium, difilm, ia diperankan oleh aktor Chris Evans.

Black Panther

Tokoh Black Panther pertama kali diperkenalkan tahun 1966. Ia adalah seorang raja dari sebuah negara di Afrika yang tersembunyi berkat kemajuan teknologi mereka.

Raja T’Challa adalah pemimpin negara Wakanda yang memperoleh kekayaan dan kemajuan teknologi berkat sumber daya alam utama mereka, Vibranium.

T’Challa juga salah satu superhero terkaya di Marvel, selain Tony Stark. Vibranium asal Wakanda juga digunakan para mutan di komik X-Men.

Layaknya seekor panther, T’Challa bisa melihat dalam kegelapan, bisa merasakan rasa takut dan jika ada yang membohonginya. Ia juga raja yang sangat adil dan bijaksana.

Sumber kekuatan: Rempah-rempah misterius berbentuk jantung yang diaplikasikan ke seluruh tubuhnya.

Kekuatan super Black Panther: Panca indra yang sangat tajam, kecepatan, seni bela diri, pertahanan sihir, gesit, ahli akrobat.

Senjata: Belati energi, cakar anti-metal, baju pelindung vibranium. Di film, ia diperankan oleh aktor Chadwick Boseman

Wolverine

 

Teori ‘evolusi loncat’ yang digunakan dalam komik X Men dalam Marvel Comics menjadikan beberapa manusia lahir dengan gen mutant. Mutasi genetic ini memberikan mereka kekuatan super yang istimewa.

James ‘Logan’ Howlett terlahir dengan kemampuan menyembuhkan diri yang luar biasa. Sel-selnya selalu memperbaiki diri. Hal ini membuatnya nyaris ‘immortal’.

Logan kebal terhadap luka, sembuh dengan cepat dan menjaganya tetap terlihat muda walau usianya sudah ratusan tahun. Saat Logan dijadikan subyek eksperimen dengan menanamkan logam adamantium, ia menjelma sebagai Wolverine.

Secara alamiah, Logan bisa mengeluarkan cakar-cakar panjang dari buku-buku jarinya. Sebelum ditanam adamantium, cakar itu berupa tulang. Setelah eskperimen, cakarnya itu menjadi bilah tajam logam.

Tokoh yang muncul pertama kali di tahun 1974 ini menjadi salah satu anggota manusia super X Men. Wolverine adalah salah satu superhero Marvel paling ikonik.

Sumber kekuatan: Lahir dengan DNA mutant

Kekuatan super Wolverine: Refleks, kelincahan, dan indra yang tajam, cakar adamantium yang bisa dikeluarkan kapan saja, kemampuan beregenerasi dan kerangka tubuh yang tidak bisa dipatahkan.

Senjata: Kekuatan tubuh, belati, katana, senjata api, dan cakar logam dari tangannya.

Di film, ia diperankan oleh aktor Hugh Jackman.

Baca juga:  Baca Komik The Great Mage Returns After 4000 Years

Hawkeye

Mungkin saja tokoh yang satu ini terinspirasi dari kisah rakyat legendaris Robin Hood. Hawkeye, yang memiliki nama asli Clint Barton, dimunculkan Marvel Comics pada tahun 1964.

Clint Barton, selain seorang Avenger, juga anggota agen S.H.I.E.L.D, organisasi rahasia yang menangani berbagai ancaman terhadap bumi. Ia memiliki keahlian memanah yang luar biasa walau ia tidak memiliki kekuatan super.

Keahliannya menggunakan busur dan panah sangat presisi dan akurat. Barton juga memiliki kemampuan ilmu bela diri, koordinasi tangan, mata, dan tubuh tinggi dengan refleks yang di sempurna.

Sumber kekuatan: Latihan memanah dan bela diri bertahun-tahun

Kekuatan super Hawkeye: Ahli memanah tepat pada sasaran, pembunuh berbahaya, ahli bela diri, ahli menggunakan belati dan pedang, pilot yang handal.

Senjata: Busur dan panah yang didesain dan dimodifikasi sendiri

Di film, ia diperankan oleh aktor Jeremy Renner.

Iron Man

 

Jika DC Comics punya Batman/Bruce Wayne sebagai bilyuner nyentrik merangkap vigilante di waktu senggangnya, maka Marvel Comics punya Iron Man/Tony Stark. Tony Stark adalah sponsor utama The Avengers.

Berkat otaknya yang jenius dan uang yang melimpah, Tony Stark berhasil merancang berbagai baju pelindung dan senjata yang bisa ia pakai saat memerangi kejahatan. Ia juga dikenal sebagai seorang dermawan.

Berbeda dengan Bruce Wayne yang menjaga rahasia identitasnya dari publik, Tony Stark justru secara terang-terangan mengungkap identitas aslinya. Bruce Wayne pendiam dan sedikit anti sosial, sedangkan Tony Stark sangat supel dan terbuka.

Sumber kekuatan: Latihan bela diri, dari baju pelindung dan senjata-senjata buatannya

Kekuatan super Iron Man: Otak jenius, baju pelindung yang dilengkapi berbagai senjata berteknologi canggih, perangkat mengobati diri, dan baju yang bisa terbang

Senjata: Senjata api, bom, granat, laser, dari baju pelindungnya.

Di film, ia diperankan oleh aktor Robert Downey Jr.

Scarlet Witch

 

Di beberapa versi komik, Scarlet Witch, yang punya nama asli Wanda Maximoff, adalah anak kembar. Saudara kembarnya, Pietro Maximoff, dikenal sebagai Quicksilver.

Mereka diceritakan berasal dari Sokovia, dan pertama kali muncul di Marvel Comics pada tahun 1964. Mereka berdua dulu dikatakan adalah anak dari Magneto, walau pada tahun 2014, fakta itu diubah.

Wanda atau Scarlet Witch adalah salah satu superhero terkuat di Marvel. Ia memiliki kemampuan yang memadukan kekuatan pikiran dan sihir.

Salah satu kekuatan Wanda yang paling besar sekaligus paling berbahaya adalah kemampuannya dalam mengubah-ubah realita dan menciptakan realita sendiri. Ia juga bisa memanipulasi waktu.

Sumber kekuatan: Salah satu subyek percobaan HYDRA

Kekuatan super Scarlet Witch: Telekinesis, telepati, teleportasi, kemampuan terbang, menciptakan realita dan waktu, memanipulasi api, cuaca dan energi.

Senjata: Pikiran dan tubuhnya. Di film, ia diperankan oleh aktris Elizabeth Olsen.

Hulk

 

Perpaduan antara kisah klasik Dr. Jekyll dan Mr. Hyde, Hulk adalah superhero yang tidak biasa. Ilmuwan Bruce Banner terpapar radiasi sinar gamma yang menyebabkan lahirnya sosok lain dalam tubuhnya.

Saat Bruce Banner tidak bisa mengendalikan emosi, sedang terpojok atau dalam tekanan, sosok ini akan muncul dan mengambil alih. Tubuhnya berubah menjadi raksasa berwarna hijau akibat sinar gamma.

Hulk, panggilan populernya, muncul di tahun 1962 dan sempat dihentikan komiknya karena kurang laku. Sekarang, Hulk adalah salah satu pahlawan super Marvel yang paling disukai.

Sumber kekuatan: Terekspos radiasi sinar gamma.

Kekuatan super Hulk: Kekuatan yang sangat besar, otot dan paru-paru super, kecepatan tinggi, stamina super, tahan banting, bisa bernapas dalam air, kebal peluru, regenerasi sel sangat cepat, bisa melompat sejauh bermil-mil, bisa menggerakkan planet.

Senjata: Kekuatan tubuhnya

Di film, ia diperankan oleh aktor Eric Bana, Edward Norton dan Mark Ruffalo.

Spider-Man

 

Satu dari sedikit superhero yang masih remaja, Peter Parker terasa sangat akrab karena karakternya yang sederhana. Orang tua Peter adalah agen-agen S.H.I.E.L.D.

Ia terkena gigitan laba-laba dalam laboratorium yang sedang bereksperimen dengan zat radioaktif. Hal ini memberikan Peter kekuatan super seperti laba-laba.

Peter Parker adalah karakter yang diciptakan pada tahun 1963. Ia sangat sederhana tapi juga cerdas. Hal ini membuatnya lebih istimewa.

Baca juga:  10 Film Laga Terbaik yang Dibintangi Iko Uwais

Sumber kekuatan: Digigit laba-laba radioaktif

Sumber kekuatan Spider Man: Kecepatan tinggi, indra tajam mendeteksi bahaya, jaring laba-laba yang bisa ia semprotkan.

Di film, ia diperankan oleh aktor Tobey Maguire, Andrew Garfield dan Tom Holland.

Ghost Rider

 

Johnny Blaze adalah atlit balapan motor yang menjual jiwanya kepada iblis akibat sebuah insiden. Walau demikian, Blaze adalah seorang yang berhati mulia.

Ia menjalankan tugasnya sebagai pemburu jiwa, dan menjadikannya kesempatan untuk menghukum mereka yang telah berdosa. Saat mengendarai motor gaibnya, ia bisa berbentuk sosok mengerikan.

Ghost Rider pertama kali muncul pada tahun 1972 dan sejak itu ia menjadi salah satu superhero Marvel yang termasuk unik. Hati-hati dengan tatapannya yang bisa membakarmu. Secara harfiah.

Sumber kekuatan: Menjual jiwanya kepada iblis.

Kekuatan super Ghost Rider: Sepeda motor gaib, kekebalan terhadap luka, kekuatan super, bisa menghasilkan api neraka, pandangan membakar sebagai hukuman.

Senjata: Rantai neraka yang bisa ia kendalikan dengan pikiran

Di film, ia diperankan oleh aktor Nicolas Cage.

Moon Knight

 

Superhero Moon Knight mendadak naik ke permukaan karena Disney+ mengumumkan serialnya yang segera dirilis. Moon Knight alias Marc Spector bukan hanya seorang ahli bela diri dan petinju, ia juga seorang detektif yang andal.

Sebagai pembela keadilan, penampilan Moon Knight cukup meyakinkan. Kostum superhero dan senjatanya juga memiliki aura horor yang mengingatkan kita pada The Mummy karya Universal Studio.

Tokoh Marc Spector berubah menjadi Moon Knight sesuai dengan fase-fase bulan. Karakter superhero unik ini pertama kali muncul di Marvel Comics pada tahun 1975.

Sumber kekuatan: Terkena cakaran manusia serigala yang merupakan perwujudan Dewa Bulan Mesir kuno, Khonsu.

Kekuatan super Moon Knight: Kekuatan super, kecepatan tinggi, stamina, kemampuan meramal, menerima kekuatan tertinggi saat bulan purnama.

Senjata: belati mesir, tongkat pemukul, panah kecil berbentuk bulan sabit.

Di film, ia diperankan oleh aktor Oscar Isaac.

Jean Grey

Salah satu mutant terkuat dalam semesta X Men atau yang dikategorikan sebagai mutant kelas A adalah Jean Grey. Ia punya alterego yang bernama Phoenix.

Selain memiliki kekuatan telepati yang sangat kuat, Jean juga memiliki kekuatan dari dalam dirinya yang bisa menghancurkan apapun yang ada di sekitarnya setara dengan kekuatan bom atom.

Karakter Jean Grey diperkenalkan pada tahun 1963 dan karakter ini sangat kompleks. Kekuatannya bisa menjadi hal baik tapi juga bisa menjadi buruk.

Jean Grey bisa melakukan perjalanan jarak jauh antar galaksi dengan kecepatan lebih tinggi dari kecepatan cahaya. Ia juga bisa mengendalikan pikiran orang lain.

Sumber kekuatan: Lahir dengan DNA mutant

Kekuatan super Jean Grey: Kemampuan bertelepati dan telekinesis yang sangat besar, bisa membaca dan mengendalikan pikiran orang lain, berkomunikasi dengan binatang, mengendalikan obyek di sekitarnya, menghasilkan ledakan energi, kecepatan di atas cahaya.

Senjata: Kekuatan mutantnya.

Di film, ia diperankan oleh aktris Famke Janssen dan Sophie Turner.

Captain Marvel

 

Seorang pilot pesawat tempur perempuan asal Amerika, Carol Danvers, terpapar teknologi alien dari bangsa Kree. Ia menjelma menjadi superhero unik dari hasil campuran ini.

Ia menjadi komandan tentara Kree dengan nama Mar-Vell dan merupakan salah satu superhero terkuat dalam semesta Mavel Comics. Walau ia berkelana dari galaksi ke galaksi, Carol tetap tidak melupakan asal usulnya, yaitu Bumi.

Captain Marvel di dalam komik juga memiliki beberapa variasi karakter dan variasi-variasi terdahulu, Captain Marvel ada yang laki-laki dan bukan perempuan. Karakter ini diciptakan pada tahun 1968.

Sumber kekuatan: Terpapar teknologi alien Kree

Kekuatan super Captain Marvel: Kekuatan super, kecepatan tinggi, stamina, kebal dari berbagai macam racun, bisa menyerap dan memanipulasi energi.

Senjata: Kekuatan tubuhnya dan Tali Nega

Di film, ia diperankan oleh aktris Brie Larsson. Bagi kamu yang mau nonton Captain Marvel subtitle Indonesia langsung saja akses Disney+ Hotstar.

Professor X

16 superhero marvel dan kekuatannya profesor X

Pemilik otak terkuat di dunia adalah Profesor Charles Xavier. Itulah yang menjadi cerita di komik Marvel X-Men. Profesor X, begitulah nama superheronya, mengendalikan semua lewat otaknya.

Selain jenius, Charles juga sangat peka terhadap isu-isu kemanusiaan. Ia selalu melihat hal-hal positif dari manusia dan ingin menjadikan hubungan antar orang biasa dengan para mutant menjadi lebih baik.

Baca juga:  5 Fakta Memikat The Sound of Magic

Profesor X memiliki kemampuan bertelepati yang terkuat dari semua superhero Marvel. Ia bisa bertelepati dan berkomunikasi dengan semua orang di dunia.

Ia bisa menemukan sasaran dari milyaran penduduk bumi berkat mesin buatannya, Cerebro, yang bisa melipatgandakan kekuatan otaknya. Ia juga bisa menemukan para mutant lain melalui Cerebro.

Charlex Xavier bisa membaca pikiran dan memori orang lain, bahkan memanipulasi dan mengendalikan pikiran orang. Ia juga bisa memproyeksi gelombang psionic, pengendalian pikiran dalam jumlah besar.

Sahabat karib sekaligus musuh besar Magneto ini pertama kali diciptakan pada tahun 1963. Profesor X sangat ikonik, dengan kepala plontos dan kursi rodanya yang khas.

Sumber kekuatan: Lahir dengan DNA mutant

Kekuatan Super Profesor X: Telepati terkuat, bisa membaca pikiran orang, bisa mengendalikan pikiran siapapun, menciptakan ilusi dalam pikiran, menemukan orang jarak jauh dengan mendengarkan pikirannya

Senjata: Kekuatan dirinya.

Di film, ia diperankan oleh aktor James McAvoy dan Patrick Stewart

Thor

 

Saat kemunculannya di tahun 1962 untuk yang pertama kalinya, Thor Odin Son, atau anak laki-laki dari Dewa Odin, Dewa tertinggi dari kepercayaan orang-orang Eropa Utara, Thor adalah salah satu anggota Avengers pertama.

Ia bukan hanya penerus takhta Asgard, kerajaan Odin, tapi juga pelindung dan pembela mereka yang lemah. Kekuatan Thor didapatkan saat ia berhasil mengalahkan ego dan menjunjung tinggi keadilan.

Setelah pantas mendapatkan kekuatan Thor, maka palu Mjolnir pun bisa ia kuasai. Palu Mjolnir yang selalu datang kapan saja Thor meraihnya membuatnya mampu mengendalikan kekuatan petir.

Karena termasuk dewa, Thor merupakan salah satu superhero dengan kekuatan terbesar dalam semesta Marvel. Ia juga sudah berusia sangat tua, ribuan tahun.

Sumber kekuatan: Ia adalah anak dewa Asgard

Kekuatan super Thor: Kekuatan Thor, yaitu petir, tenaga yang luar biasa, menguasai ilmu bela diri, menahan ledakan energi dan membengkokkan berbagai elemen, mengendalikan cuaca, memanipulasi energi.

Senjata: Palu Mjolnir, Kapak Warhammer.

Di film, ia diperankan oleh aktor Chris Hemsworth.

Doctor Strange

 

Penyihir Agung yang memukau penggemarnya lewat kemampuannya memanipulasi realita, memainkan garis waktu dan memprediksi masa depan sejak kemunculannya di tahun 1963. Doctor Strange memadukan kekuatan superhero dengan sihir.

Ia adalah Dr. Steven Strange, seorang dokter bedah saraf terbaik yang sedang di puncak karir, sebelum terkena kecelakaan mobil yang membuatnya tidak bisa membedah lagi. Hidupnya lalu berubah.

Ia lalu menyingkap dunia lain yang tersembunyi, yang menawarkan keahilian baru. Ia memasuki sebuah masyarakat rahasia di Tibet dan mempelajari ilmu sihir.

Ia berperan penting dalam berbagai peristiwa yang melibatkan para Avengers. Ia juga kadang muncul di saat-saat genting di mana para superhero membutuhkan bimbingan.

Sumber kekuatan: Mempelajari ilmu sihir dan dilatih oleh The Ancient One

Kekuatan super Doctor Strange: Menguasai ilmu bela diri, Manipulasi energi, waktu, realita, menghipnotis, menciptakan perisai dan sumber energi, memproyeksi angin dan api, membuka portal ke dimensi atau tempat lain, menembus benda padat, telekinesis, teleportasi, membuat diri tidak terlihat, terbang dengan jubah sihir.

Senjata: Jubah Levitasi, Mata Agamotto, Cakram Agamotto, dll

Di film, ia diperankan oleh aktor Benedict Cumberbatch.

Blade

 

Sosok Blade mungkin cukup kontroversial karena ia bukan hanya sekadar superhero, ia juga seorang vampir. Karena darah manusianya, ia bisa bebas berjalan di bawah sinar matahari, yang memberinya julukan The Daywalker.

Blade istimewa karena ia memiliki semua kekuatan vampir tapi tidak memiliki kelemahannya. Ia juga bisa menyembuhkan diri dengan cepat.

Sejak keunculannya di tahun1973, Blade adalah pelindung manusia dari serangan para vampir karena ia sangat mengenal perilaku vampir. Ia juga seorang pemburu vampir jahat.

Sumber kekuatan:  Gigitan vampir pada ibunya saat ia masih di dalam kandungan.

Kekuatan super Blade: Indera pendengaran, penciuman dan penglihatan tajam, kekuatan super, kecepatan, refleks seperti binatang, kebal terhadap gigitan vampir, ahli bertarung dengan pedang.

Senjata: Belati, peluru titanium, pedang dengan olesan asam, senjata api.

Di film, ia diperankan oleh aktor Wesley Snipes dan Mahershala Ali.

Penutup

Itulah daftar kekuatan dari ‘sedikit’ deretan para superhero dari Marvel Comics. Siapa saja superhero Marvel favorit kamu, geng? Menurut kamu, siapakah di antara daftar superhero Marvel dan kekuatannya di atas yang paling kuat?

Film-film superhero Marvel Cinematic Universe bisa kamu tonton di aplikasi Disney+ lho, gaes!

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Naila Fauzia

nonton crash landing on you sub indo

Link Nonton Crash Landing on You (2019) Sub Indo

film kapal selam terbaik

10 Film Kapal Selam Terbaik Tentang AS dan Rusia