Urutan Menonton Film Star Wars Saga

Perang Bintang dan Kisah Kepahlawanan Abadi

urutan film star wars saga

Once upon a time, in a galaxy far, far away… seorang George Lucas memiliki mimpi. Ia bermimpi menceritakan imajinasi dan visinya tentang perang antar bintang.

Tokoh-tokoh dalam kisah Star Wars sudah sangat terkenal dan melegenda. Akan tetapi, tidak semua tahu asal mulanya.

George Lucas, yang sejak kecil sudah menjadi penggila film, tumbuh besar dengan suguhan sinematografi megah para sineas legendaris. Ia ingin mengikuti jejak mereka.

Lucas penggemar berat film-film western klasik dan juga film kolosal. Ia ingin mewujudkan fantasinya yang terinspirasi film-film tersebut.

Ide tersebut berhasil ia eksekusi dalam film A New Hope, yang pertama kali dirilis tahun 1977. Walau demikian, A New Hope bukan awal saga ini.

Lucas telah menulis sebuah kisah maha panjang yang ia bagi dalam tiga bagian trilogi. Niatnya, akan ia eksekusi satu per satu.

Itulah mengapa, urutan menonton Star Wars Saga agak membingungkan bagi penonton yang tidak mengikuti sejarah Star Wars dari awal. Sushi akan mengurutkan triple trilogy ditambah satu spin-off ini secara kronologis.

Supaya kalian tidak bingung, inilah urutan film Star Wars Saga yang disusun berdasarkan waktu peristiwa ceritanya. Mari kita mulai dari yang pertama hingga yang terakhir ya, gengs!

The Phantom Menace (1999) Episode I

Dua ksatria Jedi, Qui Gon Jin dan anak didiknya calon Jedi Obi Wan Kenobi dikirim Konsul Jedi untuk mengawal Ratu Amidala. Kekaisaran yang menganut sistem diktator memburu Ratu.

Mereka melarikan diri ke Planet Tattoine. Di Tattooine, mereka bertemu dengan seorang anak yang memiliki kekuatan luar biasa.

Qui Gon curiga bahwa anak ini lah yang disebut-sebut dalam ramalan Jedi sebagai Sang Pembawa Keseimbangan dalam The Force. Nama anak itu adalah Anakin.

The Force adalah kekuatan yang diimani para Jedi sebagai kekuatan tertinggi. Saat The Force mulai tidak seimbang, maka diperlukan seseorang yang memiliki kekuatan besar untuk mengendalikan The Force.

Baca juga:  Nonton The World of the Married Sub Indo, Episode 1-16

Anakin lalu dibawa oleh kedua Jedi tersebut untuk diuji di hadapan Konsul Jedi. Anakin pun berpisah dengan ibunya.

Attack of the Clones (2002) Episode II

Anakin sudah tumbuh dewasa. Ia resmi menjadi anak didik Obi Wan Kenobi yang sudah resmi menjadi ksatria Jedi.

Di satu sisi, kekaisaran yang dipimpin oleh Senator Palpatine yang lalim, diam-diam membangun kekuatan militer. Tentara kekaisaran ini disebut para Clones yang canggih.

Palpatine diduga pengikut aliran kekuatan jahat dan gelap bernama Sith. Sith ibaratnya adalah kebalikan dari The Force.

Anakin, yang sejak kecil jatuh hati dengan Ratu Amidala, kini terang-terangan menyatakan cintanya. Amidala pun menerima cinta Anakin dan mereka menikah.

Saat para clones menyerang, para ksatria Jedi turun tangan melawan. Anakin dan Obi Wan mulai berseberangan jalan dan Anakin tergoda oleh para Sith yang mengambil jalan gelap.

Revenge of the Sith (2005) Episode III

Anakin semakin berkembang kekuatan dan keahliannya. Ia terus mendesak Obi Wan untuk menjadikannya ksatria Jedi resmi.

Penolakan Obi Wan dimanfaatkan oleh Palpatine yang sudah lama mengincar Anakin. Palpatine terus membujuk Anakin untuk bergabung dengan para Sith.

Anakin akhirnya lepas kendali. Ia bahkan membunuh beberapa ksatria Jedi dan akhirnya harus berhadapan dengan gurunya sendiri, Obi Wan.

Obi Wan menang dan Anakin terluka parah. Sayang, ia diselamatkan oleh Palpatine dan lahirlah sosok penjahat paling terkenal di jagat raya, Darth Vader.

Amidala melahirkan anak kembar, Luke dan Leia. Obi Wan dan kepala konsul Jedi, Master Yoda memutuskan untuk menyembunyikan kedua bayi itu.

Rogue One: A Star Wars Story (2016) spin-off

Rogue One merupakan spin-off dari keseluruhan Star Wars saga yang berjumlah sembilan bagian. Film ini khusus bercerita tentang sekelompok pejuang kemerdekaan The Republic.

Baca juga:  Nonton Doctor Strange In The Multiverse of Madness (2022) Sub Indo

Princess Leia memimpin pemberontakan dan membutuhkan salinan cetak biru dari kapal perang milik The Empire. Untuk memperolehnya, harus ada yang menyusup ke markas musuh.

Rogue One menceritakan satu pasukan yang menjalankan misi sukarela untuk mendapatkan cetak biru tersebut. Tanpa mereka, perjuangan kemerdekaan tidak akan berhasil.

Rapinya struktur cerita yang disusun oleh George Lucas patut diacungi jempol. Jika diperhatikan, di babak IV A New Hope, semua pesawat Rogue disebutkan, kecuali Rogue One.

Mengapa demikian? Kamu harus saksikan dulu filmnya, Rogue One: A Star Wars Story yang super seru dan heroik.

 

A New Hope (1977) Episode IV

Princess Leia Organa memimpin perjuangan para tentara kemerdekaan The Republic yang melawan kuasa lalim Kekaisaran di bawah Darth Vader yang bengis. Leia diculik oleh Darth Vader.

Luke Skywalker, bertemu dengan ksatria Jedi, Obi Wan Kenobi, dan mulai berlatih. Obi Wan melatih Luke mengendalikan kekuatannya dengan The Force.

Luke dan Obi Wan, bekerja sama dengan seorang pilot penyelundup bernama Han Solo, rekannya Chewbacca, dan dua buah android R2-D2 dan C-3PO, hendak membebaskan Leia.

The Empire Strikes Back (1980) Episode V

Pasukan kekaisaran semakin kuat dan mengancam. Leia, Han Solo, Chewbacca, R2-D2 dan C-3PO melanjutkan perjuangan mereka melawan Darth Vader.

Darth Vader tanpa putus asa membujuk Luke Skywalker untuk bergabung dengannya. Apalagi setelah ia mengetahui bahwa Luke memiliki kekuatan yang mirip dirinya.

Luke, yang butuh guru baru, mengunjungi planet Dagobah. Di sana adalah tempat  bersembunyinya ksatria Jedi terhebat Master Yoda.

Walau sudah sangat tua dan sakit, Master Yoda tetap melatih Luke. Akhirnya, Luke berhasil menguasai The Force.

 Return of the Jedi (1983) Episode VI

Rencana Darth Vader membangun Death Star untuk menghancurkan banyak planet terwujud. Para pemberontak harus menghancurkannya.

Selain itu, Luke Skywalker sudah menjadi ksatria Jedi. Ia adalah satu-satunya yang bisa membawa Darth Vader kembali ke sisi baik.

Luke dan Leia merasa berkewajiban menyelamatkan ayah mereka itu. Selain itu, mereka bertekad mewujudkan perdamaian di seluruh semesta.

Anakin Skywalker, atau Darth Vader, memang telah diramalkan menjadi sosok yang akan menyeimbangkan The Force. Hidup dan matinya membuat The Force seimbang kembali.

 The Force Awakens (2015) Episode VII

Tiga puluh tahun berlalu. Seorang gadis bernama Rey berkenalan dengan Finn, seorang stormtrooper. Mereka mendengar tentara pemberontak sedang mencari Luke Skywalker.

Baca juga:  Review Miracle on Cell No 7

Luke dianggap bisa membantu tentara pejuang kemerdekaan, yang dipimpin Jenderal Leia Organa, dari First Order. First Order bangkit dari abu kekalahan Kekaisaran dahulu.

Sosok yang menonjol dari First Order adalah Kylo Ren, komandan stormtroopers. Ambisinya adalah membabat habis pemberontakan pejuang kemerdekaan.

Dalam perjalanan mereka mencari Luke, Rey, Finn dan seorang pilot bernama Poe Dameron dan androidnya BB8, bertemu dengan Han Solo dan Chewbacca.

The Last Jedi (2017) Episode VIII

Rey berhasil menemukan Luke Skywalker. Luke akhirnya setuju melatih Rey ilmu Jedi karena bakat Rey yang bisa mengendalikan The Force.

Anehnya, batin Rey terhubung erat dengan Kylo Ren, yang sama-sama menguasai The Force. Kylo Ren sedang berada di persimpangan jalan, menjadi sepenuhnya jahat atau kembali ke The Force.

Kylo Ren masih mengabdi pada pemimpin First Order, Emperor Snoke. Walau demikian, Luke Skywalker tidak tinggal diam.

Peperangan antara pejuang kemerdekaan dengan First Order pun dimulai. Kini, keputusan berada di tangan Rey dan Kylo Ren.

The Rise of Skywalker (2019) Episode IX

Rencana akbar First Order akhirnya terkuak. Sosok mengerikan di masa lalu ternyata kembali lagi.

Rey sedang mencari jati diri dan mengungkap misteri masa lalunya. Benarkah ia sebenarnya milik kekuatan jahat, ordo kuno Sith?

Penutup yang epk dan megah ini menyelesaikan keseluruhan saga dengan akhir yang pahit manis. Dalam kemenangan, selalu ada kegetiran.

Rise of Skywalker bukan hanya memberikan penutup yang memuaskan, tapi juga bibit-bibit awal kisah baru yang bisa dikembangkan. George Lucas pun bisa tidur nyenyak.

Penutup

Walau tidak semua filmnya mendapat skor sempurna, tidak bisa dipungkiri bahwa saga Star Wars adalah salah satu fondasi industri perfilman dunia. George Lucas yang visioner merupakan pembaharu dalam genre science fiction.

Kisah Star Wars akan tetap hidup, diceritakan dan ditonton lagi oleh generasi-generasi penerus. Tokoh-tokohnya akan terus mengisi ruang imajinasi.

Sebab, kisah perang antara kejahatan dan kebaikan, perjuangan heroik para pahlawannya, dipadu nilai-nilai persahabatan, cinta, keluarga, kesetiaan dan keberanian akan abadi selamanya.

Mau nonton urutan film Star Wars di atas, langsung saja akses situs nonton film online sub Indonesia pilihan Sushi.id

 

 

Comments

Leave a Reply

Loading…

Written by Naila Fauzia

nonton forecasting love and weather sub Indo

Link Nonton Forecasting Love and Weather (2022) Sub Indo

nonton twenty five twenty one sub indo

Link Nonton Twenty Five Twenty One (2022) Sub Indo